10 Wisata Makassar Keren Terpopuler Hits 2020

Kota makasar merupakan ibu kota utama di pulau Sulawesi dan juga merupakan kota terbesar ke-5 di Indonesia. Kota ini Tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang khasnya saja, Kota yang dijuluki sebagai mutiara Sulawesi selatan ini memiliki banyak keindahan alam yang masih asri dan alami, serta banyak tempat wisata yang bersejarah. Tak heran jika kota ini memiliki banyak tempat wisata yang indah. berikut beberapa tempat wisata makasar yang harus kamu kunjungi ketika berada di kota makasar

Taman Nasional Banti Murung

Taman Nasional Banti Murung

Wisata ini terletak di kabupaten maros atau sekitar 45 km dari pusa kota makasar, tempat ini memiliki luas sekitar 43.750 hektar . taman nasional ini memiliki beberapaa objek wisata makasar seperti gua, bukit kapur dan air terjun. taman nasional ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani dari inggris yaitu Alfred russel Wallace. Saat itu juga Wallace menyebut tempat ini sebagai kerajaan kupu-kupu . karena ada 250 jenis kupu-kupu disini. 

Bahkan kupu-kupu itu sendiri di jadikan mascot tempat wisata ini,  bisa dilihat terdapat kupu-kupu raksasa dipintu gerbang masuk taman nasional batimurung ini . Untuk masuk ke tempat wisata ini, hanya perlu membayar 20.000 per orang . Anda bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang masih berupa ulat hingga berubah menjadi kupu-kupu yang cantik, bermain flaying fox, berenang dikolam yang sudah disediakan, bermain di bawah air terjun atau menjelajahi masuk gua yang ada di kawasan wisata ini

Pantai Losari

Pantai Losari

Berkunjung ke temat wisata ini memang sudah menjadi kewajiban jika berlibur ke kota Makassar. pantai losari yang terletak di sebelah barat kota makasar ini memiliki keunikan yang berbeda dengan pantai biasanya . jika pantai lain dikenal dengan indah pasirnya. namun uniknya, pantai losari ini tidak memiliki pasir karena di tepian pantai ini dipenuhi dengan beton. Meskipun tidak memiliki pasir, Pantai ini  selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat proses matahari tenggelam

Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam atau fort Rotterdam yang menyimpan banyak filosofi ini teletak tidak jauh dari tepat wisata pantai losari . benteng ini dibangun pada masa raja ke-9 kerajaan gowa tallo pada tahun 1545 . benteng ini dibangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, lalu bangunan ini disempurnakan oleh raja ke-14. Awalnya nama benteng ini adalah “benteng ujung padang” namun pada saat benteng ini jatuh ke tanah belanda, lalu diganti nama menjadi fort Rotterdam yang namnya menjadi popular hingga saat ini.

Di dalam kawasan benteng ini terdapat 13 bangunan dan 5 buah menara, satu buah menara di pintu utama masuk dan empat buah menara lain ada di setiap sudut kawasan benteng ini.  Selain itu, ada juga sebuah museum yang disebut museum La gologi yang di dalamnya berisi koleksi koleksi benda-benda sisa kebesaran kerajaan dahulu .

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 18:00 . untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan biaya atau gratis .  namun untuk masuk museum dikenakan biaya tiket sebesar 7.500 per orang . sedangkan untuk museum La galigo buka setiap selasa – minggu, mulai pukul 08:00 sampai 12:30.

Taman laut Taka Bonerate

Taman laut Taka Bonerate

Taman laut yang berada di kota benteng kepulauan selayar merupakan pintu utama untuk menuju taman laut nasional, dan wisata ini juga merupakan wilayah atol ketiga terbesar dan juga merupakan pintu gerbang Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives. Taka bonerate merupakan surganya bagi para penyelam, terutama bagi pencinta snorkeling karena air laut yang jernih serta terumbu karang yang cantik yang memiliki luas 530.75 hektar dan 220.000 hektar dari luas hamparan laguna dan atol.

Kehidupan bawah laut di taka bonerate memiliki 242 spesies karang, 112 spesies algo makro serta 526 spesies ikan karang yang berwarna-warni. Untuk bisa menyelam di laut ini harus mendapatkan izin dahulu dari balai taman nasional dengan cara membawa karu identitas dan membayar biaya sebesar Rp.25.000 untuk wisatawan domestic dan Rp.60.000 untuk wisatawan mancanegara.

Pemandian Air Panas Lejia

Pemandian Air Panas Lejia

Salah satu wisata makasar pemandian air panas lejja ini terletak dikawasan hutan lindung marioriawa kabupaten soppeng.pemandangan di sekitar kolam pemandian yang sangat indah dengan dipenuhi pepohonan rindang dan udara yang sanat sejuk. Pemandian air panas ini memiliki 5 buah kolam dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda. Suhu terpanas dari sumber air ini sekitar 60 derajat celcius. Untuk dapat berendam di kolam air panas ini, hanya perlu membayar sebesar 5000 rupiah untuk dewasa dan 3.500 rupiah untuk anak-anak.

Danau Tempe

Danau Tempe

Danau tempe terletak di bagian barat kabupaten wajo yang bertepatan di kecamatan tempe Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan sabbangparu. Danau ini memegang rekor danau alami terbesar ke-2 di selawesi. Danau yan dikelilingi pergunungan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Dengan 23 sungai yang mengalir dan bermuara membuat danau ini memiliki kekayaan ikan aitr awar yang melimpah.

Tak heran jika Danau ini termasuk penghasil ikan tawar terbanyak didunia. Di atas danau terdapat banyak rumah apung dengan jala-jala yang digunakan untuk menangkap ikan milik para nelayan setempat. Karena dana ini juga sebagai sumbermata pencaharian warga sekitar. Di danau ini anda bisa memancing ikan ataupun berkeliling danau unuk menikmati pemandangan indah danau dengan menyewa perahu nelayan.

Di wisata ini anda juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan dan sayuran segar di sekitar danau tempe. Wisata danau tempe ini tidak memiliki jam operasional khusus karena danau ini buka 24 jam, dan pengunjungpun tidak perlu membeli tiket untuk masuk ke danau tempe ini.

Setiap tanggal 23 agustus selalu diadakan acara ritual tahunan yang rutin diselanggrakan yaitu ritual nelayan yang disebut dengan meccera tappareng. Ritual ini bertujuan untuk mensucikan danau dengan ditandai penyembelihan sapi yang dipimpin oleh kepala nelayan yang diikuti berbagai pertunjukan seni dan perlombaan yang menarik.

Pulau Lae lae

Pulau Lae lae

Pulau ini termasuk wilayah kecamatan ujung pandang, kota Makassar Sulawesi selatan dengan luas  sekitar 0,04 km² dan dihuni oleh 420 keluarga atau sekitar 1780 jiwa. Pulau ini tidak jauh dari pantai losari karena jaraknya bisa ditempuh sekiar 1,5 km dari pesisir pantai losari, bisa ditempuh dengan perahu penyebrangan dan menghabiskan waktu kurang lebih 5 menit dan mengeluarkan biaya sekitar 15,000 – 30,000. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan sunset yang indah dan menawan. Deretan pohon kering dengan pasir yang putih memberikan keindahan di pantai ini dan sangat cocok untuk untuk bersantai sambil melihat sunset yang indah.

Pulau Kondigareng Keke

Pulau Kondigareng Keke

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni di Sulawesi selatan . jaraknya 14 km dari pantai losari Makassar atau sekitar 20 sampai 30 menit dari pulau samalona dan 15 km dari dermaga kayu bangkoa, Makassar. Untuk sampai ke pulau ini menggunakan perahu yang melalui dermaga kayu bangkoa . perahu ini hanya akan berangkat 1 hari sekali pada pagi hari. Perahu yang hanya bisa memuat 30-60 orang dengan tarif 15,000 perorang.

Monumen Mandala Makasar

Monumen Mandala Makasar

Monument ini terletak di sebelah selatan pusat kota Makassar yang teatnya di jl jendral sudirman. Monument ini dibangun pada tanggal 11 januari 1994, dan diresmikan oleh mantan presiden ke dua Indonesia yaitu  H.M. soeharto pada tanggal 19 desember 1995. monumen mandala ini dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kembali irian barat atau papua dari tangan penjajah belanda pada tahun 1962.

Monumen ini berbentuk segitiga yang konon katanya merupakan simbol dari tiga komando rakyat atau trikora, sedangkan pada bagian bawah dan atas bangunan ini terdapat relief yang berbentuk kobaran api yang menandakan semangat juang trikora.

Monuman ini mempunyai tinggi 73-75 meter dari permukaan tanah dan memiliki empat lantai, untuk Lantai pertama terdapat diaroma relief dan replika pakaian dan gambaran perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad XVII. lantai kedua terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat dan mengembalikannya ke NKRI.

Dan lantai ketiga terdapat replika ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta irian barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan dan pakaian yang dipergunakan pada saat operasi mandala. Sedangkan dilantai keempat adalah ruang pandang untuk pengunjung yang ingin melihat kota Makassar dari ketinggian 73-75 meter.

Selain itu ada juga ruangan yang dugunakan sebagai ruang gallery serta ruang pertemuan dan dibagian belakang monumen ada terdapat sebuah panggung yang biasa digunakan untuk acara-aara tertentu. Untuk tiket masuk anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 perorang

Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa

Museum balla lompoa berada di jalan sulthan hassanuddin no.48, ungguminasa, Somba Opu, Kabupatan Gowa, Sulawesi Selatan. Terletak di kota Sungguminasa perbatasan kota Makassar. Museum balla lompoa yang artinya dalam bahasa Makassar yaitu rumah,dan lompoa yaitu besar . jadi arti dari muse mini adalah rumah yang besar. Museum ini merupakan rekonrusi dari instaa kerajaan gowa yang di dirikan oleh pemerintah raja gowa yang ke-31 pada tahun 1936.

Bangunan dari museum ini berbentuk rumah khas orang bugis, yaitu rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Bangunan ini memiliki  dua bagian, bangunan pertama yaitu ruang utama seluas 60 x 40 meter yang di dalamnya terdapat kamar pribadi raja, tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, bilik kerajaan dengan luas bilik berukuran 6 x 5 meter, dan ruang teras untuk penerima tamu seluas 40 x 4,5 meter.

Bangunan ini banyak dilengkapi jendela yang merupakan ciri khas rumah bugis dengan ukuran masing-masing jendela 0,5 x 0,5 meter. Museum ini merupakan tempat penyimpanan koleksi benda-benda kerajaan gowa. Untuk harga masuk ke muse ini cukup membayar Rp 5,000 .museum ini buka setiap hari dari pukul 08:00-16:00.

Nahh, itu tadi 10 wisata Makassar yang wajib di kunjung saat berlibur ke kota Makassar. Semoga bermanfaat dan selamat liburann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *