Educatrip.com – JAKARTA-Industri game China mencetak rekor baru dengan penjualan game Black Myth: Wukong yang berhasil mencapai 10 juta unit hanya dalam waktu tiga hari setelah dirilis. Game aksi dengan latar belakang mitologi China ini berhasil memecahkan rekor penjualan global hanya beberapa hari setelah peluncurannya pada tanggal 20 Agustus 2024 lalu. Bahkan pada hari ke-10, game ini masih menjadi yang terlaris secara global dan menempati peringkat kedua di Amerika Serikat dengan pendapatan sebesar Rp92 ribu di platform Steam.
“Black Myth: Wukong telah membuktikan bahwa game AAA buatan China dapat mencapai penjualan global yang sangat tinggi,” ujar salah satu investor dari pengembang Game Science, Dino Ying, seperti dilansir oleh Wionews, Kamis (5/9/2024). Ying juga mengungkapkan bahwa ia mengetahui sedikitnya satu game AAA lainnya yang sedang dalam pengembangan, meskipun ia menolak memberikan informasi lebih lanjut. Ia juga memprediksi bahwa pengembang game AAA asing akan semakin menyesuaikan diri dengan para gamer China, serta merilis game tersebut secara global sejak awal.
Pasarnya yang besar, dengan jumlah gamer mencapai 600 juta, memberikan peluang yang signifikan bagi pengembang game China. Ivan Su, seorang analis senior di Morningstar, menjelaskan bahwa alasan China sebelumnya tidak mengembangkan game AAA-nya sendiri adalah karena proses produksinya yang memakan waktu dan biaya yang besar. Namun, dengan jumlah pemain yang mencapai 1 juta secara bersamaan, China adalah negara yang sangat potensial bagi industri game.
Kesuksesan Black Myth: Wukong juga dikaitkan dengan elemen budaya lokal yang dihadirkan dalam game tersebut. “Game buatan China sering kali menampilkan elemen budaya yang kaya dan menarik bagi audiens global,” kata Ashley Dudarenok, pendiri konsultan digital China ChoZan. Keunikan budaya yang dihadirkan dalam game ini membedakannya dari game yang dikembangkan di wilayah lain.
Pengembang game tersebut juga menyoroti pentingnya elemen budaya dalam menciptakan game yang sukses. Dalam pengembangan game ini, mereka melakukan pemindaian dan replikasi desain dari kuil-kuil kuno China untuk menciptakan nuansa yang lebih imersif.
Terobosan yang dicapai oleh Black Myth: Wukong menandakan era baru bagi industri game China, baik itu pengembang arus utama maupun indie, untuk menciptakan dampak global yang signifikan.