8 Destinasi Wisata Purbalingga yang Keren & Asik Terpopuler Hits 2020

Purbalingga yang masuk dalam Kawasan wisata Jawa Tengah ini menyimpan banyak tempat wisata menarik untuk anda kunjungi. Mulai dari wisata buatan, wisata alam, wisata religi, hingga desa wisata. Purbalingga berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di Utara, Kabupaten Banjarnega di bagian Timur dan selatan serta Banyumas di Barat. Purbalingga berada dicekungan yang diapit beberapa pegunungan. Di sebelah utara merupakan rangkaian pegunungan (Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng). Bagian Selatan merupakan daerah yang di aliri dua sungai besar yaitu kali Serayu dan anak sungainya. Selain itu ada juga sungai kali Pekacangan. Ibu kota Purbalingga berada di bagian barat wilayah kabupaten, 21 kilometer dari sebelah timur Purwokerto.

Jika anda mempunyai niatan untuk berlibur dikota Purbalingga berikut sudah kami sajikan destinasi wisata Purbalingga yang menarik untuk dikunjungi dan cocok untuk mengisi waktu liburan bersama sanak saudara.

Owabong Purbalingga

Owabong Purbalingga

Salah satu tempat wisata di Purbalingga yang menjadi icon kota Purbaligga adalah Owabong. Owabong merupakan tempat wisata wahana air. Wisata Owabong ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Selain wahana permainan air ada juga kebun binatang, sangat cocok untuk anda yang membawa anak kecil, sekaligus untuk mengenalkan berbagai macam jenis binatang kepada anak-anak. Bahkan pengunjung bisa berfoto Bersama dengan didampingi pengasuh binatang. 

Banyak pilihan wahana yang bisa dinimkati pengunjung, seperti wahana Waterpark, Cottage, Usman Janattin dan Sanggaluri. Di zona Sanggalari pengunjung dapat menikmati permainan edukasi, karena area ini ada beberapa permainan yang bisa menambah dan mengasah pengetahuna pengunjung, seperti Wahana IPTEK, Museum Uang, Taman Batu, Taman kelinci, Kluster Optik, Edukasi Manasik Haji, dan masih banyak yang lain. Untuk pengunjung yang senang mengabadikan moment, Zona Usman Jannattin adalah zona yang cocok, karena zona ini menyediakan spot foto yang bagus untuk menambah dan mempercantik foto, seperti Taman Lampion, Istana Balon, Bom-Bom Car dan Kereta Mini. 

Untuk masuk ke Wahana ini dikenakan tarif  Rp18.000 hingga Rp23.000. Untuk menikmati wahana permainan didalamnya, pengunjung harus membayar lagi. Kisaran harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp50.000 tergantung wahana apa saja yang ingin pengunjung pakai.

Curug Tempuran Purbalingga

Curug Tempuran Purbalingga

Wisata Curug Tempuran di Bojongsari Purbalingga Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Curug Tempuran di Bojongsari Purbalingga Jawa Tengah adalah tempat wisata purbalingga yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda.

Di wisata Curug Tempuran ini anda bisa berenang dan berendam sambil menikmati keindahan alam sekitar. Dengan air terjun yang adem bisa memberikan sensasi menenangkan untuk pengunjung, selain itu berenang dan bermain air pengunjung bisa memancing di curug ini, nah kegiatan memancing ini sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi memancing. Selain beberapa hal diatas yang bisa pengunjung nikmati, ada juga fasilitas-fasilitas untuk menambah kenyamanan bagi pengunjung. Seperti mushola, toilet, area peristirahatan dan area parkir. 

Untuk menuju Curug Tempuran, lokasi ini sangat mudah untuk di telusuri karena jalan yang memadai. Jika dari perumahan warga, pengunjung cukup berjalan kaki sekitar 10-15 menit melewati perkebunan dan persawahan warga

Igir Wringin Purbalingga

Igir Wringin Purbalingga

Igir Wringin merupakan salah satu destinasi wisata alam Purbalingga. Igir Wringin berada di kawasan puncak tertinggi di kawasan pegunungan Wringin yang memiliki ketinggian sekitar 640 meter di atas permukaan laut, sedangkan puncak Igir Wringin memiliki ketinggian sekitar 612 meter di atas permukaan laut.

Untuk menikmati puncak Igir Wringin, dari tempat parkir pengunjung masih harus berjalan kaki kurang lebih selama 1,5 jam. Bagi kamu yang menyukai trekking Igir Wringin ini sangat cocok untuk anda. Selama pendakian anda bisa akan bertemu dengan pos-pos yang sudah disediakan. Saat pengunjung sampai pada pos ke 2, pengunjung bisa langsung menuju puncak Igir Wringin atau mampir ke air terjun Luwang Areng. 

Lokasi Igir Wringin terletak di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa tengah, atau 10 KM dari pusat Kabupaten Purbalingga melalui Jalan. Sersan Sayuti. 

Wisata Pemandian Situ Tirta Marta Purbalingga

Situ Tirta Marta Purbalingga

Wisata Pemandian Situ Tirta Marta di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Pemandian Situ Tirta Marta di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Pesona yang diberikan Situ Tirta Marta adalah sumber air yang alami, jika anda mandi disini maka anda akan merasakan kesegaran yang tiada habisnya. Selain sumber air yang alami, Situ Tirta Marta ini mempunyai air yang sangat jernih, hingga dasar dari telaga ini terlihat, pemandangannya semakin indah ditambah dengan pohon-pohon yang rindang. Selain mandi, pengunjung bisa melakukan snorkling sambil menikmati pemandangan di dasar telaga. Nah, bagian anda yang ingin berfoto sambil menyelam air, disediakan spot foto yang bagus dan keren untuk pengunjung. Seperti foto Bersama motor klasik di bawah air, menonton tv di dalam air, dan berkemah dalam air. 

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung juga lengkap seperti muhsola, area parkir, warung makan, kamar mandi dan toilet hingga tempat peristirahatan.

Wisata Purbalingga Gunung Slamet

gunung slamet purbalingga

Gunung slamet sangat popular sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta ke dua tertinggi di Pulau Jawa setelah Semeru. Ketinggiannya mencapai 3.428 MDPL.Jalur pendakian standar adalah dari Blambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Jalur populer lain adalah dari Baturraden dan dari Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari di Kabupaten Pemalang. Selain itu ada pula jalur yang baru saja diresmikan tahun 2013 lalu, yaitu jalur Dhipajaya yang terletak di Kabupaten Pemalang.

Pendakian Gunung Slamet dikenal cukup sulit karena hampir di sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air. Pendaki disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah. Faktor penyulit lain adalah kabut. Kabut di Gunung Slamet sangat mudah berubah-ubah dan pekat. Jalur pendakian lainnya adalah melalui objek wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal. Meskipun terjal, rute ini menyajikan pemandangan yang paling baik. Kawasan Guci dapat ditempuh dari Slawi menuju daerah Tuwel melewati Lebaksiu.

Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga

Wisata Purbalingga memang banyak menyimpan keindahan yang wajib dirasakan oleh wisatawan. Objek wisata selanjutnya adalah Goa Lawa. Destinasi wisata alam Purbalinnga yang cukup terkenal. Dinamai Gua Lawa karena di dalamnya terdapat banyak hewan kelelawar. Gua Lawa (Golaga) merupakan gua vulkanik yang terbentuk dari lava pegunungan aktif yang meleleh dan mengalami pendinginan selama ribuan hingga jutaan tahun. Pada proses pendinginan inilah terbentuk stalgtit dan stalagmit yang indah. Berlokasi di Desa Siwarak, RT 1, Karangreja, Siwarak, letak gua bukan di lerengnya melainkan di bukit.

Ciri-ciri dari gua vulkanik biasanya terdapat lorong dan air terjun secara alami. Gua ini memiliki panjang sekitar 1,5 km dengan ketinggian sekitar 900 Mdpl sehingga udaranya terasa sejuk. Di dalam gua juga terdapat 14 gua kecil seperti Gua Pancuran Slamet, Gua Sendang Slamet, Gua Dada Lawa, dan lain-lain. Setiap gua memiliki cerita masing-masing. Di Goa Lawa ini pengunjung dapat meminum kopi sambil menikmati keindahan goa lawa. Di dalam goa terdapat kedai kopi yang telah disediakan oleh pemerintah Purbalingga untuk menarik wisatawan.

Harga yang ditawarkan pun masih standar kafe-kafe pada umumnya. Selain menikmati kopi, pengunjung juga bisa sambil berofot, karena didalam goa terdapat spot-spot yang tak kalah kerennya, seperti lampu warna warni yang di pasang di langit-langit goa, pemerintah juga menyediakan hamparan rumput dan pohon pinus yang ditujukan untuk pengunjung agar dapat bebas berfoto-foto. Untuk tiket masuk ke Goa Lawa pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp7.000 sampai Rp15.000. Lokasi Goa Lawa berjarak 27 Kilometer dari pusat Kota Purbalingga

Pucak Sendaren Purbalingga

Pucak Sendaren Purbalingga

Puncak Sendaren menawarkan pemandangan indah panorama alam. Objek wisata satu ini memiliki ketinggian 682 meter di atas permukaan laut, disekitarnya ada spot-spot foto yang keren yang sudah disediakan pengelola. Salah satu spot favorit pengunjung adalah jembatan bambu. Jembatan bambu adalah sebuah jembatan dengan Panjang sekitar 10 meter yang dibuat di ujung tebing dengan tujuan agar pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan suasana berbeda. Selain jembatan bamboo, dikawasan Puncak Sendaren juga ada spot Susush Burung, sebuah rumah pohon yang dibangun dengan bentuk menyerupai rumah burung. Spot selfie seperti ini banyak digemari oleh kalangan muda karena sedang hits-hits nya.

Untuk bisa menikmati pemandangan di Puncak Sendaren pengunjung terlebih dahulu harus mendaki menuju puncak, setelah sampai di puncak pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sunset dan sunrise yang cantik dan indah. Puncak Sendaren juga menyediakan area camping ground yang dapat digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda jika pengunjung ingin bermalam.

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas ini sangat cocok menjadi tujuan wisata untuk wisata keluarga. Karena Purbasari Pancuran Mas merupakan tempat wisata sekaligus edukasi Pendidikan. Bahkan, tempat wisata ini meraih penghargaan dalam Indonesia Sustainable Tourism Award tahun 2018 dari Kemeterian Pariwisata untuk kategori tata kelola. Wahana-wahana yang terdapat di Purbasari Pancuran Mas pun cukup beragam, seperti Planet Aquarium Toyoshuka. Planet Aquarium Toyoshuka tergolong wahana baru di tempat wisata ini. Wahana satu ini cocok banget buat kamu yang ingin melihat berbagai jenis ikan dengan akuarium yang tidak biasa.

Pasalnya akuarium ini memiliki ukuran lebar 15 m, panjang 25 m dan tinggi 8 m. Sehingga kamu dan keluarga dapat menyusuri sepanjang akuarium untuk mengamati ikan yang beraneka ragam. Selain itu juga ada River World, wahana River World khusus untuk ikan air tawar dari berbagai belan dunia. Salah satu ikan yang menjadi ikon di wahana ini yaitu Arapaima gigas, ikan asli perairan Amazon.

Ada juga Exotic Bird Park, Setelah kamu mengeksplorasi kedua wahana sebelumnya, kamu bisa melihat beragam jenis burung di wahana Bird Park. Kamu pun bisa mengamati sekitar 75 jenis burung yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Dan masih banyak lagi yang bisa kamu nikmati jika berlibur ke Purbasari Pancuran Mas ini.

Cukup banyak yang menarik objek wisata Purbalingga. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mau berkunjung kemana saja jika sedang berlibur di Purbalingga

Leave a Comment