39 Air Terjun di Malang yang Indah & Mempesona Cocok untuk Mengisi Waktu Liburan

Malang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Ketika mendengar kata Malang kebanyakan masyarakat langsung membayangkan yang indah-indah. Pasalnya kota ini terkenal akan banyaknya destinasi wisata Malang yang ditawarkan. Entah itu wisata alam, wisata sejarah ataupun wisata hiburan. Oleh karena itu tak sedikit orang yang akan jatuh cinta dengan Malang dan mereka pun yang sudah mengunjungi kota ini pasti akan merindu.

Sobat travelers pun harus menjajali wisata-wisata yang ada di Malang untuk merasakan suasana Malang yang membuat banyak orang jatuh cinta. Salah satunya wisata yang perlu sobat travelers jajali adalah wisata alam air terjun. Dimana Malang sendiri terkenal akan air terjunnya, karena di kota inilah banyak disuguhkan air terjun yang begitu mempesona. Nah dan untuk kali ini educatrip akan berbagi informasi mengenai beberapa air terjun yang ada di Malang, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

Daftar Air Terjun di Malang yang Bagus dan Hits

1. Coban Rais

Coban Rais Batu Malang

Coban Rais merupakan salah satu destinasi wisata batu yang ada di Kota Malang. Sebelum dikenal dengan nama Coba Rais, wisata ini lebih dikenal terlebih dahulu dengan nama Coban Sabrangan. Sabrangan dalam Bahasa Jawa berarti menyeberang, hal ini sesuai dengan faktanya dimana ketika sobat travelers hendak menuju Coban Rais ini perlu untuk menyeberang sungai terlebih dahulu.

Air terjun di Coban Rais ini berada pada ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl, yang tepatnya terletak di perbukitan Paderman. Ketinggian air terjun yang mengalir ini mencapai 75 meter dengan sudut kemiringannya yaitu 90 derajat. Sobat travelers harus mengeluarkan tenaga ekstra dalam menghadapi medan yang terjal untuk dapat sampai ke lokasi air terjun.

Perjalanan menuju lokasi air terjun ini memanglah sangat menantang, seperti halnya sobat travelers sedang mendaki gunung. Sobat travelers akan menempuh jarak sepanjang 7 KM untuk sampai ke lokasi air terjun, dengan waktu tempuh sekitar 15 – 30 menit. Namun semua lelah dan kesah akan terbayarkan dengan keindahan dari air terjun ini.

Pada wisata Coban Rais ini tidak hanya ada air terjun saja, wahana-wahana lain yang tentunya tidak kalah menarik pun ada. Wahana lain yang ada di Coban Rais diantaranya adalah Rumah Hobbit, Batu Flower Garden, Gardu Pandang.

Harga tiket masuk air terjun Coban Rais ini yaitu Rp 10.000 per orang. Untuk parkir kendaraan sobat travelers akan dikenakan tarif yaitu Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316

2. Coban Nirwana

Coban Nirwana

Coban Nirwana memiliki banyak sebutan di kalangan masyarakat, diantaranya ada yang menyebutnya Tundo Nirwana dan juga Curug Gedangan. Disebut Curug Gedangan karena lokasi air terjun ini berada di Desa Gedangan. Coban Nirwana merupakan wisata baru yang ada di Malang, namun populeritasnya sedang naik daun di kalangan masyarakat, banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengincar indahnya spot air terjun ini.

Menjadi destinasi wisata baru, tidak heran jika Coban Nirwana ini masih terasa sangat asri sekali. Suasana damai akan sobat travelers rasakan ketika sobat menginjakkan kaki di wisata ini. sobat travelers akan dimanjakan dengan keunikan area sekitar air terjun. Pemandangan epic pun akan sobat dapatkan, nah tentunya jangan sampai terlewatkan untuk mengabadikan momen dengan latar belakang air terjun ini sobat.

Tarif tiket masuk Coban Nirwana yaitu Rp 5.000 per orang. Untuk area parkir kendaraan, karena wisata ini masih terbilang baru jadi belum tersedia area parkir. Untuk itu ketika sobat travelers berkunjung ke Coban Nirwan, sobat perlu menitipkan motor kepada warga setempat dan membayarnya secara sukarela.

Gedangan, Krajan Lor Gedangan, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178

 3. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok kawasan wisata Pantai Banyu Anjlok. Pasalnya Pantai Banyu Anjlok ini tidak hanya sebatas menawarkan keindahan pantainya, namun air terjun pun dihadirkan di wisata Banyu Anjlok ini. Hal ini tentunya membuat wisatawan berebut untuk mengincar pesona wisata Banyu Anjlok.

Nah sobat travelers untuk sampai ke lokasi air terjun terdapat beberapa pilihan di antaranya adalah dengan berajalan kaki, naik ojek dan naik perahu. Pertama dengan berjalan kaki sobat travelers akan memakan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai ke lokasi. Jalan kaki ini sangat cocok buat kalian para pecinta petualangan.

Kemudian yang kedua yaitu dengan naik ojek. Tarif untuk naik ojek biasanya adalah Rp 25.000 per orang. Pilihan yang terakhir yaitu dengan naik perahu. Naik perahu ini sangat cocok buat sobat travelers ketika berkunjung bersama keluarga ataupun kerabat lainnya. Tarif untuk naik perahu yaitu Rp 400.000 (8 orang penumpang).

Dengan sobat travelers naik perahu, sobat mendapatkan keuntungan. Dimana sobat travelers juga dapat menikmati 3 pantai diantaranya Pantai Banyu Anjlok, Pantai Teluk Kletakan dan Pantai Bolu-Bolu. Menyerukan bukan sobat?

Sesuai dengan namanya yaitu Banyu Anjlok yang merupakan Bahasa Jawa dan memiliki arti “air jatuh”, air terjun ini aliran airnya langsung jatuh ke pantai. Air terjun yang mengalir serasa begitu sejuk, sehingga sobat travelers pastinya ingin berlama-lama bermain air.

Tarif untuk tiket masuk Air Terjun Banyu Anjlok yaitu Rp 5.000 per orang dan untuk tarif parkir kendaraan yaitu Rp 5.000 (mobil dan motor).

Gunung, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182

4. Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Air Terjun Sumber Pitu

Warga setempat sering menyebut Air Terjun Sumber Pitu dengan sebutan Coban Sumber Pitu Pujon. Nama wisata ini berasal dari Bahasa Jawa yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu air terjun yang memiliki tujuh sumber. Hal ini sesuai faktanya di mana pada air terjun ini terdapat tujuh air terjun yang saling berdekatan. Tujuan air terjun tersebut memenuhi tebing yang memiliki lebar kurang lebih 50 meter.

Air Terjun Sumber Pitu ini terdapat dua di Kota Malang yaitu di daerah Duwet Krajan dan daerah Punjon Malang. Nah dan untuk yang saat ini kita bahasa yaitu Air Terjun Sumber Pitu yang berada di Punjon Malang.

Jarak lokasi air terjun dengan pos informasi yaitu sekitar 2 KM.  Di pos informasi sobat travelers akan diberikan berbagai informasi yang terkait dengan Air Terjun Sumber Pitu. Pada perjalanan menuju lokasi air terjun, sobat travelers akan menyaksikan pemandangan yaitu hijaunya perkebunan sayur milik warga setempat.

Ketika sobat travelers telah mendekati lokasi air terjun, maka suara gemercik air yang berjatuhan akan terdengar. Sobat travelers masih harus tetap mendaki lagi untuk mencapai air terjun utama ketika berada 100 meter dari air terjun.

Keunikan dari Air Terjun Sumber Pitu ini yaitu pada saat musim kemarau datang aliran air terjun ini masih tetap mengalir, jadi sobat travelers tak perlu risau jika musim kemarau tiba. Justru dengan tetap mengalirnya air terjun in , sobat dapat mendinginkan badan dari hawa panas pada musim kemarau.

Desa Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pandesari, Malang, Jawa Timur 65391

5. Coban Pelangi

Coban Pelangi

Coban Pelangi ini terletak di kawasan pegunungan yang terjal. Untuk mencapai lokasi air terjun sobat travelers harus melalui medan perbukitan yang terjal dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Setelah menyusuri perbukitan selama kurang lebih 15 menit, sobat travelers masih harus menyusuri jalan yang berada di atas anak sungai.

Tentunya dengan sobat travelers berkunjung ke Coban Pelangi ini merupakan pengalaman traveling yang sangat berharga. Sobat travelers akan mendapatkan pengalaman baru. Selain itu sobat travelers akan menemukan pemandangan tersembunyi di Malang dengan pesona alam yang begitu menajubkan.

Mata sobat travelers akan dimanjakan dengan aliran air yang mengalir dari tebing setinggi 30 meter. Jika cuaca mendukung sobat travelers akan melihat indahnya pelangi yang terbias di tebing-tebing tempat air mengalir. Nah adanya pelangi yang terbias di tebing inilah yang menjadi awal mula penamaan air terjun ini menjadi Coban Pelangi.

Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur 65157

6. Coban Talun

  • Coban Talun

Perjalanan menuju kawasan Coban Talun tentunya akan sedikit menguras tenaga kita. Pasalnya dengan kondisi wisata yang masih alami, membuat sobat travelers harus melewati hutan rimbun. Tak jarang apabila dalam perjalanan sobat travelers akan mendengar kicauan burung-burung yang menyapa. Suhu dan suasana yang sobat rasakan di Coban Talun ini akan membuat damai sehingga dapat meredakan beban yang sedang dialami sobat travelers.

Perjalanan yang akan ditempuh sobat travelers untuk sampai ke lokasi air terjun adalah kurang lebih 30 menit. Setelah melewati perjalanan sobat travelers akan disapa dengan pesona alam Coban Talun, yang membuat sobat tak sabar untuk bercengkrama bermain air. Air terjun ini berada pada ketinggian 950 mdpl dengan ketinggian air terjuan yaitu kurang lebih 75 meter. Curah hujan di kawasan Coban Talun yaitu 1800 mm/tahun.

Pada saat musim kemarau tiba, air terjun ini tidak akan surut karena air yang mengalir ini berasal dari Sungai Brantas. Debit air pada saat musim kemarau pun cukup deras, nah dengan begitu apalagi pada saat musim penghujan pastinya akan lebih mempesona dengan debit air yang semakin deras.

Namun sobat travelers tidak boleh mendekati air terjun, karena melihat debit air yang dihasilkan cukup deras khususnya pada musim penghujan.

Di kawasan Coban Talun tidak hanya terdapat air terjun saja, namun wahana-wahana lain yang tak kalah menarikpun hadir di wisata Coban Talun ini. Adapun wahana yang lain diantaranya adalah kebun bunga, sobat travelers pun dapat berwisata kuliner dan wahana permainan.

Jika sobat travelers ingin membeli kenang-kenangan pun di Coban Talun ini tersedia. Dimana sobat travelers dapat membelinya di toko souvenir yang ada di Coban Talun. Souvenir yang ditawarkan pun beragam mulai dari aksesoris hingga pakaian. Harganya pun masih terjangkau yaitu mulai dari Rp 10.000.

Tarif tiket masuk kawasan wisata Coban Talun ini yaitu Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk tarif kendaraan parkir yaitu Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336

7. Coban Kethak

Wisata air terjun di Malang yang selanjutnya adalah Coban Kethak yang berlokasi di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Yang unik dari air terjun baru di Malang ini yaitu terdapat batu berbentuk kepala singa yang ada di bawah aliran air terjun. Untuk suasananya sendiri hampir sama dengan coban lain yang adem dan asri. Harga tiket masuknya pun terbilang cukup murah meriah, yakni sebesar Rp.5.000,-.

Kelebihan Coban Kethak yang kedua adalah memiliki luas area sekitar 4 hektar dan banyak ditumbuhi pohon durian dan alpukat. Akses jalannya pun terbilang cukup mudah dilalui, yaitu persis di samping jalan raya hutan Pait, atau sekitar 15 km dari Kecamatan Pujon. Anda tak perlu bingung untuk bisa menemukan lokasi ini.

Setelah tiba di jalan raya hutan Piat , Anda harus melewati jalan bebatuan sepanjang 25 meter melewati bangunan-bangunan yang terbuat dari bambu. View pemandangan Coban Kethak akan terlihat begitu Anda sampai di lokasi. Anda akan disuguhkan dengan sebuah air terjun deras yang memecah tebing berhiaskan akar-akar pohon liar yang berair dingin.

Malang, Desa, Pait Utara, Pait, Kec. Kasembon, Malang, Jawa Timur 65393

8. Coban Gintung

Lokasi Coban Gintung berada di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. Anda harus menempuh perjalanan yang jauhnya sekitar 75 km dari pusat Kota Malang dengan menggunakan motor atau mobil.

Akses jalan yang dapat Anda tempuh yaitu jalur Malang – Turen – Dampit – Ampel Gading. Setelah sampai di Kecamatan Ampel Gading, bertanyalah kepada warga setempat atau bisa juga mengikuti papan penunjuk arah yang sudah banyak tersebar di pinggir jalan.

Spot menarik di Coban Gintung yaitu terdapat sebuah rumah pohon yang terletak di samping air terjun. Rumah inilah yang menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berswa foto. Disini Anda juga bisa menikmati suasana asri dan sejuknya udara yang diproduksi oleh pohon-pohon tinggi menjulang.

Yang perlu harus diperhatikan yaitu, Anda harus rela untuk antri bergiliran dengan wisatawan lain jika ingin memasuki rumah pohon. Hal tersebut karena kapasitas rumah pohon itu hanya dapat menampung untuk 4 orang saja. Untuk harga tiket masuk Coban Gintung saat ini masih gratis, cuma dikenakan tarif parkir sebesar Rp.5000,- (motor) dan Rp.10.000,- (mobil).

Area Wasah/Kebun, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, East Java 65183

9. Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Perlu diketahui, di Malang terdapat 2 air terjun dengan nama yang sama, yaitu Air Terjun Sumber Pitu. Lokasinya ada di Kecamatan Tumpang dan di Kecamatan Pujon. Jarak antar keduanya cukup jauh, butuh waktu 2 jam perjalanan dari Tumpang – Pujon.

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang atau Umbulan Pitu berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Konon katanya terdapat 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga mengeluarkan air dan jadilah air terjun sumber pitu.

Sumber Pitu adalah air terjun terindah di Malang yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Tujuh air terjun setinggi sekitar 70 meter di tengah hutan panorama indah yang mempesona. Di sekitar air terjun terdapat hamparan rumput hijau yang bisa dipakai untuk bersantai sembari menikmati udara yang sejuk.

Jika ingin menuju Air Terjun Sumber Pitu, kalau dari Pasar Tumpang, maka Anda harus menempuh perjalanan hingga Balai Desa Wringinanom, ke arah Gubuk Klakah. Tepat di depan Balai Desa Wringinanom, ambillah arah ke kiri. Di sana terdapat jalan utama menuju lokasi wisata ini.

Setibanya di tempat parkir, sobat traveler masih harus berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar 3-4 km, melalui hamparan perkebunan apel dan sayur-mayur yang hijau. Anda akan ditemani view pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan menuju air terjun sumber pitu.

Untuk tarif Harga tiket masuk air terjun Sumber Pitu Tumpang sekitar Rp.12.500,-, tapi mungkin sekarang sudah berubah dan kondisi air terjun sudah ada penambahan kolam untuk menampung air yang jatuh dari atas. Oya, keuntungan Anda jika berkunjung ke Sumber Pitu ini adalah anda bisa sekalian mampir ke Air Terjun Ringin Gantung yang lokasinya tak jauh dari sini.

Krajan, Duwet Krajan, Kec. Tumpang, Malang, Jawa Timur 65156

10. Air Terjun Ringin Gantung

Hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, terdapat Air Terjun Ringin Gantung yang memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Air terjun ini dinamai “Ringin Gantung” karena terdapat sebuah pohon beringin yang menempel pada sisi sebelah barat air terjun.

Lokasi dan alamat Air Terjun Ringin Gantung berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Nah, apabila anda ingin berkunjung kesini, bisa sekaligus mampir juga ke Sumber Pitu Tumpang. Untuk harga tiket masuk ke Ringin Gantung sepertinya masih gratis, namun untuk jaga-jaga siapkan saja uang Rp.15.000,- s/d Rp.25.000,-.

Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, East Java 65156

11. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu berada di aliran sungai Glidih yang merupakan perbatasan kecamatan Ampel Gading Malang dan kecamatan Pronojiwo Lumajang. Lebih tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Walaupun secara geografis terletak di Lumajang, namun air terjun indah ini cukup populer di Malang. Oleh karena itukami turut memasuk air terjun ini ke dalam daftar air terjun di Malang. Air terjun yang juga dikenal dengan sebutan Coban Sewu atau Grojogan Sewu ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa indah. Sumber air berderet sepanjang tebing yang berbentuk lengkungan nan indah dan megah.

Air terjun setinggi 180 meter ini dihiasi dengan tumbuhan hijau yang menempel di area dinding tebing yang berwarna kecokelatan. Suara deru air terjun yang memecah kesunyian seolah mengundang wisatawan untuk turun tebing dan merasakan kesegaran percikannya.

Dari ujung kanan ke ujung kiri tebing, sumber air mengalir sangat deras. Bukan hanya dari puncak air terjun, melainkan juga dari tengah dan dasar tebing. Benar-benar tempat yang bagus, keren, dan instagramable untuk hunting foto.

Perjalanan dari Kota Malang dapat dapat melalui rute Pasar Gadang – Bululawang – Turen – Dampit – Ampel Gading – Gapura Perbatasan – Air Terjun Tumpak Sewu. Sedangkan jika dari arah Kota Lumajang, Anda bisa melewati jalur Pasirian – Jembatan Gladak Perak – Piket Nol – Air Terjun Tumpak Sewu.

Akses jalan dari kedua kota tersebut sudah cukup bagus dan mudah dilewati untuk semua kendaraan. Hanya saja, jalurnya berkelok dengan ruas jalan tidak terlalu lebar. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati ya!

Untuk kendaraan yang Anda bawa dapat diparkir di lokasi yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Biaya parkir dibanderol dengan harga Rp. 5.000,- / motor. Setelah memarkir kendaraan, Anda harus membeli tiket masuk yang dibanderol Rp. 5.000,00/ orang. Namun, tiket ini hanya berlaku untuk lokasi atas saja (tempat untuk melihat panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari atas tebing).

Apabila anda menginginkan sensasi yang lebih dengan melihat Air Tejun Tumpak Sewu lebih dekat, maka harus menempuh perjalanan dengan menyusuri jalan setapak. Trek ini lumayan ekstrim dengan meniti tangga dari bambu seadanya dan sebagian harus turun dengan berpegangan seutas tali. Jadi lebih berhati hati ketika melewati jalur ini. Begitu sampai di area ini, Anda akan dikenai biaya lagi sebesar Rp. 5.000,- / orang.

Jl. Raya Dampit-Lumajang No.16, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374

12. Coban Ciblungan

Berikut adalah tempat wisata alam air terjun terindah di Malang yang masih perawan alias belum terjamah oleh traveler. Namanya Coban Ciblungan yang lokasinya berada di Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.

Untuk Akses menuju air terjun ini, Anda perlu melakukan sedikit pendakian dengan jarak sekitar 50 meter. Air terjunnya tidak terlalu tinggi namun menampilkan pemandangan alam yang indah dan suasananya menyejukkan. Nah, buat sobat traveler yang suka main air bisa juga berenang disekitar air terjun atau hanya sekedar keceh. Ada baiknya menyiapkan baju ganti. Pihak pengelola sudah menyediakan kamar mandi untuk ganti lho, walaupun belum ada WC-nya.

Di samping air terjun utama, terdapat air terjun kecil yang bisa Anda gunakan untuk basah-basahan main air. Untuk harga tiket masuknya saat ini masih gratis, hanya dikenai biaya parkir kendaraan di halaman rumah penduduk sebesar Rp.5000,-.

Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Sumberpitu, Sidorenggo, Malang, Jawa Timur 65183

13. Coban Cinde

Wisata air terjun di Malang yang selanjutnya yaitu Coban Cinde. Lokasi Coban Cinde berada di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Sekitar 27 km ke arah timur dari Kota Malang. Lokasinya yang terbilang cukup tersembunyi membuat tempat wisata alam ini masih belum banyak wisatawan yang mengunjungi.

Selain kondisinya masih sangat asri, air terjun Coban Cinde mempunyai ciri khas tersendiri bagi yang menyukai petualangan di alam terbuka, sebab trek yang harus dilalui untuk mencapai tempat ini cukup berat. Di area Wanawisata Coban Cinde terdapat dua air terjun yang bisa Anda kunjungi.

Pertama, coban yang muncul dari aliran di sisi tebing setinggi kurang lebih 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Kedua, coban yang disebut dengan Coban Cinde itu sendiri. Coban ini berasal dari aliran sungai utama yang mempunyai debit air yang deras dengan ketinggian kurang lebih 30 meter.

Nama “Cinde” sendiri diambil dari bentuk air terjun yang menyerupai seperti cinde atau syal yang berkibar. Aliran air sungai dari atas ke bawah yang membentuk air terjun ini sangat deras dan segar. Debit air yang deras disertai hembusan angin membuat Coban Cinde seakan berkibar-kibar dan sangat menyejukkan.

Benjor, Kec. Tumpang, Malang, Jawa Timur 65156

14. Coban Putri

Yang selanjutnya yaitu Coban Putri. Wisata alam ini berlokasi di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Batu, Malang. Dengan ketinggian air terjun kurang lebih 10 – 35 meter dan lebarnya sekitar 3 meter, membuat para wisatawan yang datang dapat leluasa menikmati pemandangan indah yang disuguhkan di sekelilingnya. Tak heran apabila Anda main kesini akan menemui beberapa wisatawan yang sedang asyik berenang dan bermain air di bawah air terjun.

Untuk akses rute menuju lokasi air terjun ini cukup mudah. Anda bisa lewat rute dari arah Jalur Lingkar Barat (Jalibar) Desa Tlekung. Air terjun ini berada sekitar 500 meter dari Jalibar dan bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Suara kicauan burung dan serangga liar disekitar air terjun membuat suasana Coban Putri semakin asri. Saat ini harga tiket masuk Curug Putri kemungkinan tidak dikenai biaya alias gratis.

Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65316

15. Coban Grojoan Sewu

Mendengar nama Grojogan Sewu, mungkin beberapa sobat traveler disini juga pernah mendengar nama serupa pada air terjun indah di Tawangmangu, Karanganyar. Ya, memang tak dapat dipungkiri air terjun Grojogan Sewu Tawang Mangu merupakan salah satu ikon wisata di Tawangmangu yang paling populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Namun, air terjun Grojogan Sewu yang satu ini berlokasi di Malang, tepatnya berada di desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya tak terlalu jauh dari jalan raya dan cukup mudah di akses dengan kendaraan pribadi ataupun menggunakan angkutan umum. Jika dari pusat kota Malang sendiri berjarak sekitar kurang lebih 37 km.

Coban Grojogan Sewu menyuguhkan keindahan air terjun yang masih asri dan alami. Selain itu, tiket masuknya masih gratis sob, hanya dikenai biaya parkir saja, untuk motor Rp.2.000,-. Walau pun gratis, coban ini tergolong terjaga kebersihannya. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas seperti Mushola, Gazebo, Kamar Mandi/WC, dan warung makan.

Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Dadapan Wetan, Bendosari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391

16. Coban Kodok

Dusun Gumul,, Bian, Sukomulyo, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391

17. Coban Telaga Tiga Warna

Sumberpitu, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, East Java 65183

19. Coban Baung

Wonosari, Kebobang, Wonosari, Malang, East Java 65164

20. Coban Parang Tejo

Princi Gading Kulon, Godehan, Kucur, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur 65151

21. Coban Glotak

Jalan Raya Coban Glothak, Area Hutan, Dalisodo, Wagir, Malang, East Java 65158

22. Air Terjun Banyu Anjlok

Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182

23. Coban Trisula

Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, East Java 65157

24. Coban Siuk

Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, East Java 65155

25. Coban Manten

Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391

26. Coban Tengah

Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391

27. Coban Jahe

ds, Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur 65155

28. Air Terjun Supit Urang

Madiredo, Pujon, Wiyurejo, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65392

29. Coban Kedung Jembar

Sumberrejo, Sumberoto, Donomulyo, Malang, East Java 65167

30. Air Terjun Kedung Bantur

Sentong, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179

31. Coban Pandawa

Wonorejo, Sukodono, Dampit, Malang, East Java 65181

32. Coban Rendeng

Area Sawah/Kebun, Simojayan, Ampelgading, Malang, East Java 65183

33. Coban Jodo

Bendolawang, Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Jabung, Malang, Jawa Timur 65156

34. Coban Arema

Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Jabung, Malang, East Java 65155

35. Coban Tarzan

Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, East Java 65155

36. Coban Jidor

Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Jabung, Malang, East Java 65156

37. Coban Tangkil

Dusun Krajan, Pandansari Lor, Jabung, Malang, East Java 65155

38. Coban Sisir

Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, East Java 65155

39. Coban Barnawi

desa, Pandan Rejo Cincing No.dusun, Dusun Krajan, Sukopuro, Jabung, Malang, Jawa Timur 65155

Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Jabung, Malang, Jawa Timur 65155

Demikian 6 wisata di atas merupakan beberapa dari banyaknya air terjun yang ada di Malang. Bagi kalian sobat travelers yang berkunjung ke Malang jangan sampai terlewatkan untuk menjelajahi air terjun yang ada di Malang. Ukirlah cerita liburan sobat travelers di Malang kota yang penuh dengan sejuta kerinduan. Tentunya jangan lupa juga untuk abadikan momen sobat travelers bersama keluarga ataupun kerabat lainnya ketika berada di air terjun Malang. Selamat menikmati liburan untuk sobat travelers semuanya dan salam travelers.

Leave a Comment