Candi Barong – Sensasi Menikmati Senja Ditengah Perbukitan Prambanan

Jogja yang kaya akan nilai budaya dan historisnya menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang baik itu wisatawan domestik atau mancanegara. Membahas wisata Jogja tidak akan pernah ada habis nya sebab Jogja menyimpan puluhan bahkan ratusan destinasi pilihan tempat berwisata. hampir disetiap sudut daerah Jogja terdapat tempat yang sobat traveler bisa kunjungi

Candi Barong bisa menjadi alternatif pilihan wisata sejarah, meskipun tidak setenar Candi Borobudur atau Candi Prambanan namun Candi Barong juga menyiman daya tarik tersendiri untuk memikat para wisatawannya.

Candi Barong

Candi Barong merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang berada dikawasan perbukitan Batur Agung. Tepatnya di Dusun Candi Sari Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Sebutan Candi Barong berasal dari masyarakat sekitar yang tinggal disekitar kawasan candi, namanya diambil dari sebuah hiasan berbentuk singa/barong yang terdapat pada candi.

Menurut sejarah, candi yang diperkirakan dibangun kisaran abad ke-9 dan 10 ini sebenarnya bernama Candi Suragedug. Namun, hiasan kala (sosok raksasa menyeramkan yang biasanya menghias gerbang atau pintu masuk candi) berbentuk barong di tiap sisi bangunan candi yang begitu khas membuat masyarakat sekitar lebih senang menjulukinya Candi Barong. Dalam mitologi Hindu hiasan kala-kala yang terdapat pada candi ini diyakini sebagai makhluk penjaga kesucian bangunan. Alih-alih memberikan kesan menyeramkan seperti kala pada bangunan lainnya, barong-barong ini malah terkesan memberikan senyumannya. Selain barong, ornamen unik lain yang menghias candi ini adalah Ghana, si raksasa kerdil yang menopang relung candi.

Sedikit berbeda dengan candi-candi lain disekitarnya yang biasanya terdapat bilik/ruangan dalam candi, Candi Barong dibangun tanpa adanya bilik didalamnya, hanya terdapat relung yang dulunya berfungsi sebagai tempat meletakan arca.

Secara keseluruhan bangunannya sederhana saja, tak ada relief-relief kisah pewayangan ataupun pahatan dewa dewi. Namun, ketika menapaki satu persatu undakan menuju ke candi, kita akan merasakan sisa-sisa kejeniusan masyarakat lokal masa pada waktu masa silam. Pelatarannya yang luas dan berada di atas bukit seolah memberi sedikit celah bagi tiap orang yang datang untuk menikmati luasnya cakrawala. Aktifitas para petani di sekitar candi ketika mengolah ladang dan sawah seakan menjelaskan alasan mengapa candi ini berdiri.

Ia dibangun menghadap ke arah barat, tempat di mana matahari menyudahi hari. Tak butuh waktu lama untuk mengelilingi keseluruhan bangunannya. Tapi menikmati pemandangan di sekelilingnya, tak cukup waktu sebentar saja. Semakin sore, pemandangan di candi pun semakin indah. Matahari semakin bersahabat dan tak begitu menyengat. Suasana persawahan membuat menjadi lebih tenang sambil menikmati senja ditemani Suara angin yang bermain dengan dedaunan di sekitarnya begitu merdu menenangkan. Aihhh…rasanya tak mau pulang sampai matahari benar-benar menghilang.

Lokasi dan Rute

Candi Barong terletak di Dusun Candisari, Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan Kabupaten Sleman. Disekitar jalan sudah ada petunjuk arah yang terpasang tinggal ikuti saja petunjuk arah menuju Candi Barong

Fasilitas

Candi Barong merupakan kawasan situs bersejarah yang lokasinya berdekatan dengan permukiman masyarakat sekitar. Selain itu lingkungan Candi Barong sengaja tidak dibangun bangunan tambahan supaya menjaga keaslian sehingga tampak seperti pada awal waktu diketemukan.

Sehingga fasilitas yang ada hanyalah tempat parkir kendaraan pengunjung wisata Candi Barong Jogja. Jika ingin membutuhkan fasilitas lain seperti toilet, mushola, tempat makan. Bisa ditemukan dikawasan sekitar permukiman Candi Barong

Saran Tambahan

Candi Barong merupakan salah satu situs bersejarah yang kini dibuka untuk umum sebagai objek wisata Jogja. Keindahan Candi Barong bisa dinikmati bukan hanya dari apa yang tampak disekitarnya namun sobat traveler akan bisa lebih menikmati ketika berkunjung dengan mengetahui asal usul dan sejarahnya dengan begitu sobat traveler akan merasakan pengalaman yang berbeda dibanding hanya sekedar mengunjungi dan melihat-lihat bangunan saja.

Selain itu pemandangan disekitar Candi Barong juga tak kalah elok menjadikan sensasi tersendiri. Candi Barong berada dikawasan lingkungan asri yang luas dan terdapat perbukitan disekitarnya. Kombinasi antara perpaduan keindahan alam dengan kekayaan sejarah ini merupakan sesuatu yang jarang ditemukan. Sobat traveler bisa mengabadikan momen bersama keluarga atau teman teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *