Candi Sari : Keindahan Pahatan Arca yang Memukau

Kekayaan budaya bersejarah di Yogyakarta memang tak ada habisnya. Terutama pada wisata sejarah berupa candi yang banyak tersebar diberbagai daerah di Yogyakarta ini. Tentunya masing-masing candi mempunyai kekhasan dan nilai sejarah sendiri-sendiri. Keunikan tersebutlah yang membuat banyak pengunjung ingin mengunjunginya.

Salah satu candi di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan atau sekedar mengisi kekosongan waktu adalah Candi Sari atau biasa disebut dengan Candi Bendan. Sesuai dengan namanya candi ini terletak di Desa Bendan, Tirtomani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Tempat lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya berjarak kurang lebih 1km ke arah timur.

Berbeda dengan candi-candi pada umumnya biasanya hanya mempunyai 1 ruang dan terdiri dari 1 tingkatan, didalam Candi Sari ada 3 ruangan bersampingan yang masing masing berukuran 3,48 x 5,80. Masing masing ruangan dihubungkan dengan pintu dan jendela. Dengan adanya pintu dan jendela tersebut membuat sirkulasi udara menjadi tetap terjaga.

Konon candi ini dahulu kala digunakan para biksu sebagai tempat bersinggah sehingga terdiri dari beberapa tingkatan. Desain candi sengaja dibangun bertingkat dengan adanya dinding yang melintang mengelilingi candi.

Pada bagian luarnya terdapat pahatan-pahatan arca Dewa Boddhisatva dan Dewi Tara. Dibagian depan pintu candi terdapat sepasang arca laki-laki dan perempuan dengan posisi berdiri sambil memegang teratai. Terdapat cekungan atau relung relung yang menempel pada bangunan candi. Diperkiran relungan tersebut dulunya dihiasi dengan bangunan arca budha. Sobat traveler dijamin bakal takjub melihat dinding luarnya yang dipenuhi dengan pahatan arca dan ornamen yang indah.

Candi Sari mempunyai total 36 pahatan arca dengan rincian 12 buah dibagian barat candi, 8 buah arca dibagian depan atau timur serta 8 arca dibagian utara dan selatan candi. Selain dihiasi dengan arca, masih ada pahatan yang menghiasi dinding candi seperti pahatan manusia burung, Sulura, Kumudu ( bunga dan daun yang menjulur dari jambangan bulat), dan kalamakara Candi. Maka dari itu kami sarankan untuk mengelilingi seluruh bagian candi sari karena ornamen dan hiasannya yang begitu indah.

Perlu sobat tahu berdasarkan arca, relief, dan hiasan yang terdapat pada candi dapat diketahui bahwa latar belakang keagamaan Candi Sari adalah Buddha. Adanya pembagian ruang bukti bahwa candi ini dahulu kala sebagai wihara (asrama pendeta). Untuk tahun pendiriannya masih belum jelas. Namun, berdasarkan keterangan yang ada pada Prasasti Kalasan dapat diperkirakan bahwa candi ini dulu dibangun satu jaman dengan Candi Kalasan, yakni abad 8 Masehi.

Aktivitas yang dapat dilakukan di candi Sari

Wisata Sejarah

Dibalik megahnya bangunan Candi Sari terdapat banyak cerita dan legenda yang menarik untuk dipelajari. Tersimpan banyak cerita disetiap bangunan dan arsitekturnya. Candi yang dibangun pada kisaran abad 8 Masehi ini mempunyai latar belakang keagamaan Buddha. Candi Sari pertama kali dipugar pada tahun 1929 dan selesai setahun kemudian. Secara keseluruhan Candi ini terlihat estetik dan menawan bentuknya bertingkat hampir mirip seperti Candi Plaosan

Photo Hunting

Bagi sobat travel yang hobi photography kalian bisa hunting foto di sini karena banyak spot spot estetik yang bisa kalian abadikan dengan kamera kalian. Selain keunikan bangunan dan pahatan arcanya yang bersejarah, Candi ini dikelilingi oleh rerumputan hijau dan ada juga taman yang cukup sejuk

Bersepeda

Disaat pandemi virus corona ini muncul kebiasaan baru yakni bersepeda. Nah kalian juga bisa mengikuti tren tersebut dengan bersepeda disekitar kawasan Candi Sari. Mengingat ukuran candi yang relatif kecil kalian tidak perlu memakan waktu banyak untuk bisa mengelilingi sekitar candi.

Selain itu sobat traveler juga bisa bersepeda menyusuri candi candi lain yang ada disekitar Candi Sari, seperti Candi Sambisari, Candi Kalasan, Candi Prambanan, Candi Plaosan. Jadi selain berolahraga, kalian bisa juga sambil mempelajari sejarah yang ada.

Lokasi dan Akses Menuju Candi Sari

Lokasi Candi Sari berada di Desa Bendan, Kelurahan Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kurang lebih 12 Km kearah timur menuju pusat kota Yogyakarta. Jika kalian ingin pergi ke Candi Sari dengan menggunakan transportasi umum kalian bisa menggunakan bus jurusan Yogya – Solo, dari fly over janti atau dari terminal giwangan, lalu turun disekitar kawasan candi kalasan. Lalu kalian bisa menggunakan ojek online untuk sampai ke Candi Sari.

Harga Tiket : Dewasa 2000 \ Anak-anak 1500

Jam Operasional : Setiap Hari Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *