Cara Daftar BLT BBM 2022 Online Lewat HP untuk Cairkan Bantuan Rp600.000

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini masih menggulirkan BLT BBM tahap 1 pada September 2022 melalui Kantor Pos. 

Keluarga miskin atau rentan miskin yang belum mendapat BLT BBM 2022 dapat mendaftarkan diri ke DTKS secara online dengan hanya menggunakan handphone (HP).

Artikel kali ini akan membahas lengkap cara daftar BLT BBM 2022 secara online menggunakan HP di aplikasi Cek Bansos, yang bisa diunduh lewat Play Store. 

Jika pendaftaran BLT BBM 2022 secara online di aplikasi Cek Bansos ini berhasil, masyarakat yang terdaftar akan mendapat bansos berupa uang tunai sebesar Rp600.000 dari pemerintah. 

Perlu diketahui, BLT BBM ini adalah bantuan tambahan dari pemerintah untuk keluarga miskin yang bersumber dari pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Berdasarkan kebijakan Kementerian Sosial (Kemensos), anggaran Rp12,4 triliun akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga yang terdaftar sebagai penerima BLT BBM. 

Masing-masing penerima BLT BBM akan mendapat bansos sebesar Rp600.000 yang disalurkan secara bertahap oleh pemerintah dalam dua kali pembayaran. 

Untuk memperoleh bantuan ini, pastikan Anda sudah terdaftar di DTKS. Jika belum terdaftar, ikuti cara daftar BLT BBM 2022 secara online lewat HP berikut; 

1. Unduh aplikasi Cek Bansos melalui Play Store. 

2. Siapkan KK dan KTP sebagai rujukan data. 

3. Buka aplikasi dan klik ‘Buat Akun Baru’. 

4. Isi data pribadi seperti Nomor KK, NIK dan Nama Lengkap. 

5. Masukkan email dan nomor HP. 

6. Buat username dan password

7. Upload foto KTP dan swafoto yang memegang KTP. 

8. Klik ‘Buat Akun Baru’. 

9. Cek email verifikasi dan aktivasi dari Kemensos untuk mengaktifkan akun Anda. 

10. Setelah kedua email masuk, login di aplikasi Cek Bansos dengan memasukkan username dan password

11. Pilih fitur ‘Daftar Usulan’ dan klik ‘Tambah Usulan’. 

12. Masukkan data diri dalam kolom Nomor KK, NIK hingga informasi lengkap terkait orang terdekat yang bisa dihubungi. 

13. Unggah foto KTP dan foto rumah bagian depan. 

14. Lalu klik ‘Tambah Usulan’. 

Silahkan Download Aplikasi Bansos Dibawah ini:

Jika data berhasil ter-input, akan muncul informasi seperti Nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul KK. 

Setelah itu, tunggu data diproses oleh Kemensos dan Anda bisa melakukan pengecekkan secara berkala melalui link cekbansos.kemensos.go.id. 

Apabila berhasil terdaftar sebagai penerima BLT BBM 2022, Anda bisa mencairkan bantuan sebesar Rp300.000 untuk pencairan tahap 1. 

Pencairan BLT BBM ini dapat dilakukan melalui Kantor Pos terdekat atau melalui komunitas seperti RT/RW, kelurahan setempat. 

Namun untuk penerima BLT BBM yang mengalami disabilitas atau orang tua, bantuan akan diantarkan secara langsung oleh petugas Kantor Pos ke rumah penerima.*** 

Leave a Comment