Hore! BSU Rp 600 Ribu Siap Cair ke 5,9 Juta Orang, Begini Cara Cek BLT Subsidi Gaji di BPJS Ketenagakerjaan

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah menerima 5.990.915 data calon penerima BLT subsidi gaji atau BSU Rp 600 ribu dari BPJS Ketenagakerjaan.

Data tersebut kemudian akan diverifikasi ulang agar sesuai dengan syarat dan tidak ada duplikasi sebelum diberikan BSU Rp 600 ribu.

Sebelumnya Ida berharap agar BLT subsidi gaji ini bisa cair pada September 2022 dan selesai secepatnya paling lambat akhir tahun anggaran 2022.

“Saya kira prosesnya, tahap pertama penyaluran kita akan mulai minggu ini. Begitu data diserahkan dari BPJS Ketenagakerjaan, kami akan melakukan screening data untuk memastikan tidak terjadi duplikasi.” kata Ida dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Selasa, 6 September 2022.

“Setelah itu, uang akan kami salurkan melalui bank Himbara untuk selanjutnya ke penerima manfaat,” tambahnya.

Sebelumnya Ida juga sempat membeberkan bahwa BSU Rp 600 ribu ini hanya akan diberikan kepada pekerja yang memenuhi kriteria, yakni WNI, peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022, gaji maksimal Rp 3,5 juta atau senilai MP/UMK.

BLT subsidi gaji yang cair September 2022 ini tidak akan diberikan kepada golongan masyarakat di bawah ini:

1. Penerima PKH

2. Penerima BPNT

3. Penerima BPUM

4. Penerima Kartu Prakerja maupun bansos lain

5. Prajurit TNI

6. Anggota Polri

7. Aparatus Sipil Negara (ASN), baik PNS maupun PPPK

Oleh karena itu masyarakat bisa segera mempersiapkan diri untuk dapat BSU Rp 600 ribu ini dengan memastikan memenuhi syarat yang ditetapkan.

Masyarakat bisa cek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan berbagai cara, di antaranya sebagai berikut:

1. Datang langsung ke kantor cabang terdekat

2. Cek online di link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

3. Hubungi call center 175

4. Cek di aplikasi BPJS TK Mobile

Download aplikasi BPJS TK Mobile Di Bawah

Sebagai tambahan informasi, BSU Rp 600 ribu ini akan diberikan kepada 16 juta penerima dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp9,6 triliun.

BLT subsidi gaji ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat dan meningkatkan daya beli di tengah kenaikan harga BBM.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah dicalonkan sebagai penerima BLT subsidi gaji oleh BPJS Ketenagakerjaan atau tidak, bisa cek dengan cara mengakses link bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Sayangnya, berdasarkan pantauan Berita DIY, hingga hari ini link tersebut belum bisa diakses dan sedang dipersiapkan untuk pengecekan BSU Rp 600 ribu ini.

Meskipun demikian, masyarakat juga bisa cek online daftar nama penerima BSU Rp 600 ribu ini dengan login ke link kemnaker.go.id.

Nantinya akan muncul beberapa informasi penting seputar BSU Rp 60 ribu ini, seperti sebagai berikut:

1. Apakah dicalonkan sebagai penerima BSU atau tidak memenuhi syarat 

2. Apakah tidak ditetapkan sebagai penerima BSU atau ditetapkan

3. Apakah sudah cair atau belum

4. Cair lewat bank mana 

Demikianlah informasi soal BSU Rp 600 yang siap cair ke 5,9 juta orang dan cara cek daftar penerima BLT subsidi gaji September 2022 di BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker.***

Leave a Comment