15+ MAKANAN KHAS BENGKULU LEZAT YANG WAJIB DICOBA

Hallo sobat educatrip, kali ini kami akan berbgai informasi mengenai makanan khas Bengkulu. bengkulu merupakan salah satu provinsi yang ada di wilayah Sumatra yang terletak di pesisir laut lepas berdekatan dengan samudra hindia. Karena terletak di pesisir pantai, maka tidak heran mayoritas makanan berbahan baku ikan laut. Berikut ini rekomendasi makanan khas Bengkulu yang sudah kami rangkum dan wajib sobat cicipi saat berkunJung ke kota ini :

LEMANG TAPAI

LEMANG TAPAI

Lemang tapai merupakan makanan khas Bengkulu yang memiliki dua suku kata dengan arti Lemang yaitu makanan yang terbuat dari bahan dasar beras kentan yang dimasak dengan cara dibakar di atas api bersama santan dan garam yang terbungkus oleh daun pisang di dalam seruas bambu muda. proses pembakaranya di atas bara api dengan tujuan agar lemang tapai menghasilkan aroma yang khas.

sesudah lemang matang, lemang bisa langsung disantap bersama tapai ketan hitam. Nah Penyajian bersama tapai ketan inilah yang membuat makanan khas ini dinamakan lemang tapai.

Selain disajikan dengan tapai, lemang juga bisa disantap bersama durian yang dinamakan lemang durian. Lemang ini memiliki Cita rasa yang gurih dan tekstur beras ketan yang legit di mulut.

Biasanya makanan khas lemang ini banyak ditemukan saat moment besar muslim yaitu menjelang Idul Fitri dan Idul Adha.

MANISAN TERONG

MANISAN TERONG

Biasanya Para wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu tidak akan pernah melewatkan makanan khas yang satu ini, yaitu Manisan terong.

Manisan terong biasanya dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu. Makanan khas Bengkulu ini sangat unik karena pada umumnya manisan terbuat dari bahan dasar berupa buah-buahan, namun berbeda dengan manisan khas Bengkulu ini yang menggunakan terong sebagai bahan dasarnya yang termasuk ke dalam jenis sayuran.

manisan terong khas Bengkulu ini memiliki citra rasa yang manis dengan tekstur yang legit.

Untuk membuatnya sangat mudah, karena hanya memerlukan tiga tahap ntuk membuatnya, yang pertama tahap persiapan bahan, kedua tahap pengolahan, dan yang terakhir tahap pengemasan produk.

Tahap yang pertama terong dicuci bersih dari getah menggunakan air kapur dan kemudian dipotong-potong hingga kecil lalu direndam selama dua jam ke dalam air yang sudah diberi gula. setelah direndam selaa dua jam terong selanjutnya dikeringkan selama satu hingga dua hari. Setelah proses pengeringan selesai, terong sudah siap untuk dikemas.

Manisan terong khas Bengkulu ini dijual dengan harga sekitar 15,000 dengan Isi yang banyak dan rasanya yang menis, serta teksturnya yang legit seperti kurma membuat makanan ini selalu diburu pembeli.

MIE TERBANG

MIE TERBANG

Mie terbang merupakan Makanan unik khas Bengkulu yang pertama kali dicetuskan oleh Salman pemilik Rumah Makan hitz Kekinian yang berada di pusat jajanan kuliner Bengkulu, tepatnya di J. Rafflesia, Bengkulu.

Ide kreatif Salman ini kemudian diwujudkan bersama istrinya untuk dijual di warung miliknya. Tanpa disangka-sangka, ternyata ide kreatif itu diterima masyarakat karena menganggap makanan ini unik.

Seperti namanya mie terbang, mie yang disajikan di dalam mengkok memang “terbang”. Mie ini bisa terbang karena menggunakan trik yang digunakan agar mie tersebut bisa terbang.

Jika sobat semua penasaran, sobat harus mencobanya agar tahu dan melihatnya sendiri. Mie terbang milik Salman ini mempunyai rasa yang lezat dan pedas. Tingkat kepedasannyapun bisa diatur sesuai selera hingga level lima. Mie terbang ini disajikan bersama dengan kerupuk, telur, irisan timun, dan tomat.

LEPEK BINTI

LEPEK BINTI

kue lepek binti merupakan makanan khas Bengkulu yang biasanya di makan saat bulan puasa. Kue lepek binti ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan, santan, dan daging sapi giling yang dibungkus dengan daun pisang.

jika dilihat Sekilas tampilan kue lepek binti mirip dengan nagasari, kemiripanya terletak karena kue ini dibungkus dengan daun pisang seperti nagasari. Namun jika dilihat dari segi bahan pembuatannya jelas bebeda, termasuk citra rasanya. jika lepek binti memiliki citra rasa yang gurih, tidak manis seperti nagasari.

Di Bengkulu sangat banyak pedagang yang menjual kue lepek binti secara berkeliling ataupun yang stay. Kue lepek binti ini biasanya banyak dibeli masyarakat Bengkulu sebagai menu berbuka puasa ataupun kudapan sore hari bersama secangkir minuman the hangat.

BAGAR HIU

BAGAR HIU

Bagar hiu merupakan makanan khas bengkulu sejenis rendang di Sumatera Barat. Namun Bedanya, jika rendang dimasak dengan santan dan menggunakan daging sapi, berbeda dengan bagar hiu yang dimasak menggunakan daging hiu dan dimasak tanpa santan melainkan menggunakan kelapa yang disangrai.

Bangar hiu ini termasuk makanan yang unik karena daging yang diolah menggunakan daging ikan hiu yang terkenal sangat buas, menakutkan juga sebagai pemangsa.

Bagar hiu ini menjadi makanan khas yang favorit karena sangat disukai oleh masyarakat Bengkulu. Makanan khas ini termasuk hidangan yang kehadirannya tidak selalu ada setiap waktu, Karen hanya aka nada pada bulan Ramadhan.

Jika di luar bulan ramadhan bagar hiu ini sangat sulit untuk ditemukan. meskipun bagar hiu memiliki cita rasa yang sangat lezat, ternyata proses pembuatannya cukup lama dan rumit, terutama pada saat menghilangkan bau amis ikan hiu yang begitu menyengat maka biasanya daging ikan hiu ditambah perasan jeruk nipis dan bumbu-bumbu lain.

Sebagian pembuat bolu koja melakukan modifikasi agar menambah daya tarik kue, semisal ditambahkan topping coklat meises ataupun keju di atasnya.

REBUNG ASAM UDANG LILING

rebung asam udank liling merupakan makanan khas Bengkulu. seperti namanya “rebung asam udang liling”, makanan ini menggunakan bahan dasar rebung atau batang bambu muda.

Cara memasaknyapun masih menggunakan cara  tradisional. Pembuatan rebung asam undak liling ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena sebelum diolah, rebung harus direndam terlebih dahulu selama beberapa hari dengan tujuan agar agar rasa asam dari rebung bisa keluar. Setelah proses perendaman, barulah rebung dicampur dengan liling atau keong hitam yang biasa hidup di sawah.

KUE PERUT PUNAI

KUE PERUT PUNAI

Kue perut punai merupakan makanan khas yang berasal dari. Punai adalah nama burung, namun bukan berarti nama seperti burung kue ini berbahan dasar daging burung punai.

dinamakan kue perut punai karena bentuknya yang sangat mirip dengan perut dari burung punai. Kue ini biasanya dijadikan oleh-oleh para wisatan karena bentuknya yang unik dan rasanya lezat tidak kalah dengan kue-kue pabrikan.

Kue perut punai ini juga memiliki dua varian rasa, yaitu rasa original dan rasa manis.

SIRUP KALAMANSI

SIRUP KALAMANSI

Di Bengkulu tidak hanya memiliki makanan khas saja , ada juga minuman khas Bengkulu yang sangat hitz di seluruh Indonesia, yaitu sirup kalamasi.

Sirup kalamasi adalah sajian minuman khas dari daerah Bengkulu yang terbuat dari gula pasir dan jeruk kalamsi. Minuman ini dapat diminum kapanpun dan dimanapun. Bisa disajikan pada cuaca panas maupun dingin, minuman ini juga mengandung banyak sekali gizi dan juga dapat memperlancar sirkulasi peredaean darah.

Makanan khas dari Bengkulu yang satu ini sekilas mirip dengan bolu kojo khas Palembang. Perbedaannya ada pada tambahan agar-agar putih guna menghasilkan rasa gurih.

KUE SIPUT BENGKULU

KUE SIPUT BENGKULU

Kue siput Bengkulu merupakan makanan khas Bengkulu. Dinamakan kue siput, karena Kue ini bentuknya seperti siput. Cemilan khas Bengkulu ini Terbuat dari tepung yang diisi kacang lalu digulung seperti siput. Rasanya sangat renyah.

Kue siput ini Ada yang berbalut gula merah dan ada juga yang asin. Untuk Harganya dimulai dari Rp. 15.000/ plastic saja. Kue siput ini juga biasanya digunakan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu oleh parawisatawan yang berkunjung ke kota Bengkulu.

KUE CUCUR

KUE CUCUR

Selain ada kue siput, Selanjutnya ada juga kue khas Bengkulu bernama kue cucur. Kue cucur ini terbuat dari tepung terigu yang dicampurkan dengan gula merah.

Kue cucur ini dijual dengan harga murah, satu bijinya hanya dijual seribu rupiah saja. Di Bengkulu, kue cucur ini merupakan salah satu kue dari tujuh jenis kue yang harus disajikan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin.

KUE SATU

KUE SATU

Kue satu merupakan makanan khas Bengkulu. Cara membuatnya, pertama-tama siapkan Bahan-bahanya yaitu 2 ons kacang hijau, 1 ¾ ons gula halus, 2 sendok makan air, dan ¼ sendok teh essence vanili.

Setelah semua bahan bahan sudah siap, selanjutnya kacang hijau di sangrai agarmelepas kulitnya. Setelah disangrai, kacang hijau lalu dihaluskan dengan blender ataupun diuleg hingga lembut.

Setelah kacang hijau dihaluskan, kemudian kacang hijau disaring dan dicampur bersama dengan air, gula halus, serta vanili sambil diaduk hingga adonan pulen. Lalu adonan dicetak menggunakan cetakan samabil ditekan hingga padat.

Setelah dicetak, lalu di Panggang dalam oven dengan suhu minimal 150 derajat celcius sampai menjadi kering. Sesudah matang, angkat adonan yang sudah menjadi kue dan dinginkan. Proses Terakhir masukkan kue satu ke dalam toples atau letakkan dalam piring untuk disajikan.

TEH OOALONG

TEH OOALONG

Teh oolong merupakan the khas Bengkulu yang berasal dari Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. The ini Diolah secara semifermentasi sehingga menghasilkan teh oolong dengan warna kuning keemasan dan aroma yang nikmat.

Teh oolong ini selain memiliki rasa enak juga memiliki beragam manfaat, diantaranya yaitu dapat mmeperbaiki ginjal dan lipa, dapat menurunkan berat badan, serta dapat mencegah plak dan karang gigi.

EMPING BENGKULU

EMPING BENGKULU

Emping Bengkulu merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari biji buah melinjo yang direbus lalu ditumbuk dan dimemarkan.

Emping Bengkulu ini biasanya dijadikan sebagai cemilan saat sedang bersantai dengan keluarga maupun teman. Cemilan khas Bengkulu ini juga biasa dibeli saat masih mentah atau belum digoreng. Harga perkiloannya memang cukup mahal, bisa mencapai seratus ribu rupiah karena bahan dan proses pembuatannya membutuhkan waktu cukup lama.

KOPI BENGKULU

KOPI BENGKULU

Seperti sobat semua ketahui bahwa Wilayah Aceh dan Sumatera terkenal sebagai penghasilan kopi terbaik di nusantara maupun mancanegara. Bengkulu merupakan salah satu wilayah yang terletak di Pulau Sumatera dan memiliki sajian kopi khas daerah yang citra rasanya menarik.

Maka tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih kopi Bengkulu ini sebagai buah tangga setelah berkunjung ke kota Bengkulu. Biasanya Kopi Bengkulu dijual dalam kemasan modern yang terdiri dari bungkusan kecil maupun bungkusan kiloan.

GULAI PISANG

GULAI PISANG

Gulai pisang merupakan Makanan khas Bengkulu yang menjadi sajian unik. Biasanya pisang sebagai buah-buahan yang diolah sebagai manisan ataupun langsung disantap, namun uniknya di Bengkulu pisang dapat diolah menjadi masakan seperti gulai.

KEMBANG GOYANG

KEMBANG GOYANG

Kembang goyang merupakan makan khas Bengkulu yang salah satu nama cemilan yang dibuat dari tepung beras dan santan kelapa. Cemilan ini menjadi primadona orang-orang ketika sedang berlangsungnya upacara pernikahan adat.

Kembang goyang ini memiliki bentuk seperti bunga dan cara membuatnyapun dengan cara digoreng. Cemilan ini memiliki rasa tawar dan juga ada yang manis, namun ada juga yang memiliki rasa gurih ketika dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *