32 Makanan Khas Maluku yang Enak & Wajib dicoba Cocok untuk Oleh-oleh

Maluku merupakan salah pulau yang terletak di lempeng australia dan dikelilingi oleh wilayah perairan. Kota maluku sering dijuluki sebagai kota rempah-rempah, karena kota ini merupakan penghasil rempah-remah terbaik.

Selain kekayaan perkebunanya, maluku juga memiliki kekayaan laut yang melimpah. Maka sangat tidak heran jika makanan khas maluku banyak mengunakan bahan utama ikan.

Masyarakat yang tinggal di maluku memiliki makanan pokok yang berbeda dengan masyarakat yang tidak berada di kawasan timur indonesia. Jika kebanyakan penduduk luar kawasan timur menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya, namun berbeda dengan Maluku yang menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya.

Meskipun demikian, kota Maluku ini memiliki banyak kuliner yang mayoritas terbuat dari ikan dan sagu yang menjadi makanan khas Maluku. Berikut Ini beberapa rekomendasi makanan khas Maluku yang wajib sahabat semua cicipi saat berkunjung ke kota ini.

PAPEDA

Papeda merupakan Makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari dasar sagu yang merupakan makanan pokok masyarakat Maluku. Papeda adalah bubur sagu yang diolah hingga berubah menjadi seperti bubur berwarna putih yang lengket serta kental dan memiliki rasa tawar.

Makanan ini biasanya disajikan dengan pendamping lain, yaitu ikan tongkol atau ikan mubara yang sudah diberi bumbu kunyit. Papeda juga mengandung serat yang banyak, rendah kalori, dan mempunyai nutrisi yang cukup.

Cara penyajiannya, papeda harus dituang ke atas piring menggunakan sumpit. Dan cara makanya sangat unik, yaitu dengan cara diseruput langsung dari wadahnya.

KASBI KOMPLET

Selain makanan nasi polapa, Maluku juga memiliki makanan khas yang bahan utamanya bukan sagu, yaitu kasbi atau singkong. Kasbi dibuat dari singkong, ubi dan keledai yang sudah direbus. Makanan khas ini juga mempunyai rasa tawar seperti papeda. Dikarenakan memiliki rasa yang tawar, kasbi biasanya dihidangkan bersama menu pelengkap lainnya.

Kasbi yang dihidangkan bersama menu pelengkap atau lauk-pauk yang biasanya disebut kasbi komplet. Kasbi komplet yaitu beresi singkong rebus, ubi rebus dan keladi rebus yang dimakan bersama menu pendamping lain seperti tumis kangkung bunga pepaya, sayur jantung pisang, ikan bakar bumbu rica, dan kohu-kohu ikan puri. Kasbi tawar tanpa lauk pauk atau menu pendamping juga nikmat apabila hanya disajikan dengan colo-colo atau sambal khas Maluku.

GOHU IKAN

Bukan hanya negara korea ataupun jepang saja yang memiliki kuliner berupa ikan mentah. Namun ternyata di indonesia, tepatnya di maluku utara, khususnya ternate terdapat makanan khas berbahan dasar daging ikan yang masih menta hyang bernama gohu ikan.

Gohu ikan merupakan makanan khas Maluku yang menyerupai sashimi dari Jepang. Ikan yang digunakan adalah ikan tuna atau cakalang yang disajikan dalam keadaan mentah. Pembuatan makanan ini sangat mudah. Pertama-tama, daging ikan dipotong menjadi dadu, setelah itu dicuci lalu dilumuri garam, perasam lemon dan daun kemangi.

Setelah dipoong, dicuci, diberi garam, perasan lemon dan daun kemangi, selanjunya adonan didiamkan selama beberapa saat.

Untuk penambah selera, biasanya masyarakat Ternate menambahkan gohu ikan dengan bumbu tumisan berupa bawang merah dan cabe rawit yang dirajang dan disiramkan apda adonan ikan untuk kemudian disajikan.

IKAN ASAR / IKAN ASAP

Ikan asar atau asap merupakan makanan khas maluku, makanan ini biasanya menggunakan ikan tuna dan cakalang. Ikan tuna dan cakalang dipilih karena dagingnya yang tahan saat diasap maupun setelahnya.

Biasanya ikan asar ini dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke maluku untuk dijadikan oleh-oleh. Tingkat ketahanan ikan asap cukup lama, bisa tahan hingga maksimal 7 hari. Ikan asar biasa dijual dengan harga Rp20.000 sampai Rp50.000an.

Dalam penyajiannya, ikan asar ini lebih lezat jika ditemani dengan nasi dan sambal colo yang juga merupakan makanan khas Maluku.

ACAR KUNING

Acar adalah makanan yang terbuat dari beragam sayur-sayuran padat seperti wortel, timun, dan bawang yang direndam didalam kuah asam. Di maluku juga memiliki makanan khas yaiu acar kuning, namun bedanya dengan acar biasa. Acar kuning khas maluku ini menggunakan rebung sebagai bahan utamanya.

Acar kuning ini sangat terkenal di kepulauan Maluku. Bahan-bahan yang dipilih untuk membuat acar kuning yaitu rebung, kecipir muda, bawang merah, cabai merah, mentimun, nanas, dan daun salam yang dihaluskan.

Setelah semua bahan-bahan sudah siap diolah, tahap selanjunya adalah menumis semua bahan bersama bumbu halusnya. Jika sudah matang, acar kuning bisa langsung dihidangkan sebagai teman makan nasi dan lauknya.

KUE ASIDA

Kue asida merupakan kue yang memiliki rasa manis dan tekstur legit dan merupakan makanan khas maluku yang digemari masyarakatnya sebagai camilan di waktu pagi ataupun sore hari.

Menurut masyaraka sekitar maluku, kue asida merupakan makanan yang terinspirasi dari budaya timur tengah. Biasanya kue asida ini ramai dibuat ketika bulan ramadhan untuk dijadikan hidangan berbuka puasa.

Cara membuatnya dengan adonan yang berisi campuran gula merah dan tepung gandum atau tepung terigu. Karena kue asida ini memiliki citra rasa yang manis, maka tidak heran masyarakat penduduk Muslim yang berada di Maluku memilih makanan ini sebagai menu untuk berbuka puasa. Selain disukai oleh masyarakat Muslim, kue asida juga disukai oleh masyarakat non-Muslim yang berada di Maluku.

KUE BAGEA

Kue bagea adalah camilan khas Maluku yang mempunyai rasa serta tekstur yang enak, renyah, serta gurih. Kue bagea memiliki bentuk bulat dengan warna tampilan krem dan retak pada bagian permukaannya.

Makanan ini dibuat dengan bahan utama sagu. Namun selain sagu, ada juga bahan lain yang ditambahkan, yaitu kayu mansi dan berbagai jenis kacang.

Salah satu jenis kue bagea yang terkenal di Maluku adalah kue bagea kacang kenari. kenari yang digunakan berasal dari Pulau Makian, Maluku Utara yang di mana daerah tersebut dikenal sebagai Pulau Kenari. Kue bagea juga paling nikmat jika dimakan bersama kopi ataupun teh hangat yang akan menambah kelezatannya.

GATANG KENARI

Makanan khas Maluku tepatnya ternate yang bernama unik ini terbuat dari kepiting kenari. kepiting kenari adalah hewan darat yang bisa memetik dan bahkan mengupas buah kelapa.

Sebenarnya, kepiting kenari merupakan satwa yang dilindungi. Namun, demi pariwisatawan, restoran yang berdiri di Ternate memiliki izin untuk menyajikan kuliner dari kepiting kenari.

Dikarenakan populasi kepitingnya tidak banyak, harga satu porsi kepiting kenari dijual hingga mencapai 350 ribu rupiah. Alas an yang membuat kepiting kenari sangat mahal ialah karena hanya di alam Halmahera kepiting kenari bisa ditemukan.

HALUA KENARI

halua kenari merupakan makanan khas Maluku Utara. di Maluku Utara terdapat pulau Makian yang terkenal akan hasil kenarinya yang sangat melimpah yang terbuat dari campuran kenari dan gula merah.

Makanan ringan atau ceilan ini bercita rasa manis dan memiliki tekstur yang legit ini bisa menjadi menu untuk membantu program diet. karena, kenari tidak hanya mengandung banyak lemak tetapi juga menyimpan protein yang sangat tinggi.

Tidak hanya bagus untuk membantu program diet, kenari juga sangat baik untuk menurunkan risiko kanker payudara, hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marshall University.

Selain banyak memiliki manfaat, halua kenari ini  biasanya dibeli sebagai oleh-oleh bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke maluku.

IKAN KUAH PALA BANDA

Dari berbagai makanan khas Maluku yang berbahan dasar ikan, ada makanan khas yang tidak boleh dilewati oleh setiap pengunjung yang datang yaitu ikan kuah pala banda.

Ikan kuah pala banda merupakan makann khas Maluku yang berasal dari kepulauan Banda, kabupaten Maluku Tengah, provinsi Maluku. Makanan ini menjadi salah satu makanan khas favorit dan juga kebanggaan penduduk kepulauan banda.

Ikan yang digunakan untuk diolah menjadi ikan kuah pala banda adalah ikan kakap dan kerapu. Ikan kakap ataupun kerapu segar kemudian dicampur dengan bumbu dari buah pala, merica, dan rempah-rempah lainnya.

Ikan kuah pala banda ini memiliki cira rasa asam bercampur pedas yang sangat lezat dan segar. Biasanya makanan ini dihidangkan bersama nasi, sambal bekasang, dan ulang-ulang.

Konon katanya, Dahulu ikan kuah pala banda hanya dibuat untuk hidangan khusus para petinggi-petinggi Belanda. Namun sekarang makanan ini sudah menjadi makanan khas Maluku yang lezat dan diincar para wisatawan.

KOHU-KOHU

Kohu-kohu merupakan makanan khas Maluku yang mirip seperti urap khas Sunda namun dengan isian yang sangat berbeda. Sayuran yang digunakan untuk membuat kohu-kohu adalah sayuran mentah seperti tauge, kacang panjang, dan daun kemangi yang dicampurkan dengan kelapa parut.

Selain bahan dasar dari sayuran mentah, kohu-kohu juga dimakan bersama kelapa parut, irisan bawang merah mentah, suwiran ikan cakalang asap serta perasan lemon Cina. Makanan ini yang menwarkan Rasa gurih berpadu dengan asam segar yang dihasilkan oleh lemon Cina. Di Maluku sendiri, khususnya Ambon, biasanya kohu-kohu biasa dihidangkan sebagai makanan sehari-hari.

NASI LAPOLA

Nasi lapola menjadi salah satu bukti dari perkembangan kuliner di Maluku, yang dulunya Maluku terkenal dengan bahan baku makanan utama berupa sagu, namun sekarang sudah banyak menggunakan bahan baku Nasi.

Seperti Nasi lapola yang kini sudah mulai dijadikan makanan pokok oleh masyarakat Maluku. Makanan ini terbuat dari beras, parutan kelapa muda, dan kacang tolo. Penyajian nasi lapola biasanya dengan lauk pendamping seperti kohu-kohu yang menggunakan ikan tongkol

ataupun ikan teri basah bersama lalapan mentah dan campuran kelapa parut berbumbu cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan perasan jeruk nipis.

Nasi lapola juga biasanya dimakan dengan sambal colo-colo khas Maluku yang terbuat dari campuran tomat, cabai rawit, bawang merah, dan kecap.

SAMBEL COLO-COLO

Sambal colo-colo sering dijadikan sebagai pelengkap makan besar masyarakat Maluku dengan tujuan agar makanan lebih sedap dan menggugah selera.

Colo-colo mempunyai kesamaan dengan dabu-dabu sambal dari Manado. Sambal colo-colo juga bisa dikreasikan secara bebas. Tapi pada sebenarnya sambal khas Maluku ini menggunakan campuran tomat, bawang merah, cabai rawit, dan perasan jeruk nipis.

Selain menggunakan campuran tomat, bawang merah, cabai rawit, dan perasan jeruk nipis. colo-colo juga bisa ditambahkan daun kemangi ataupun ditambahkan kecap. Namun sebenernya sambal colo-colo asli tidak menggunakan kecap.

Makanan khas Maluku ini biasanya dijadikan sambal untuk ikan bakar atau ikan goreng. Salah satu jenis masakan berbahan dasar ikan yang paling sering dimakan bersama sambal colo-colo adalah ikan asar.

LAPIS PALARO

Lapis palaro adalah makanan yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Bahan yang digunakan untuk membuat lapis palaro adalah daging sapi yang diiris tipis, air, garam, gula pasir, dan tepung maizena yang dilarutkan dengan air.

Kemudian ditambah dengan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, cengkeh, pala, jintan, dan ketumbar.

Makanan lapis palaro yang menggunakan bahan dasar daging sapi ini sangat enak dengan baluran bumbu-bumbu rempahnya.

WOKU KOMO-KOMO

Sagu memang menjadi primadona di Maluku dan wilayah Timur lainnya. tidak heran jika kebanyakan makanan khas Timur, khususnya Maluku, lebih umum dijumpai yang berbahan dasar sagu.

Seperti makanan khas yang satu ini yaitu woku komo-komo, makanan khas Maluku ini terbuat dari bahan utama sagu. Banyak yang mengira woku komo-komo sama dengan talam sagu bakar, padahal tidak. Walaupun sama-sama dibuat dari tepung hasil olahan teras batang rumbia, woku komo-komo lebih pas dihidangkan sebagai lauk untuk makanan utama.

Woku komo-komo diolah dengan proses perendaman sagu di dalam air. Bumbu yang dipakai yaitu bawang putih, serai, jahe, dan jeroan ikan yang ditumis. Dikarenakan terdapat campuran jahe dan jeroan ikan, sagu woku komo-komo sudah cukup jika dijadikan hidangan utama.

SAGU LEMPENG

Sagu lempeng merupakan makanan khas Maluku yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke maluku. Cemilan sederhana yang menjadi ciri khas Maluku ini ada yang bercita rasa gurih tapi ada juga yang tawar dan memiliki tekstur cukup keras saat digigit.

Sagu lempeng terbuat dari tepung sagu yang diolah dalam cetakan  forna yang terbuat dari batu atau tanah liat. Adonan tepung sagu yang sudah berada di dalam cetakan kemudian dibakar sampai berwarna kecokelatan.

Bukan cuman hanya warna cokelat sebenarnya tetapi ada juga sagu lempeng yang berwarna merah muda sehingga lebih menarik tampilannya. Biasanya makanan ini juga dijadikan teman minum kopi atau teh di waktu sore.

BUBUR SAGU UBI

Selain makanan papeda yang juga dikenal dengan istilah bubur sagu, Maluku juga mempunyai jenis bubur sagu lain yang juga dicampurkan dengan ubi. Bubur sagu ubi menjadi salah satu makanan tradisional di Maluku yang memiliki cita rasa manis dan sangat cocok dimakan sebagai menu berbuka puasa.

Makanan ini dibuat dari campuran sagu lempengan, ubi merah, dan kenari. Untuk bahan yang dipilih untuk memberikan rasa pada bubur sagu ubi yaitu gula merah, gula pasir, dan daun pandan.

Mirip dengan makanan woku komo-komo, sagu yang dipakai untuk membuat bubur sagu ubi harus direndam terlebih dahulu selama satu jam hingga sagunya mengembang. Kemudian sagu tersebut dicampur dengan bahan perisa alami dan dimasak hingga semua gulanya larut.

Proses selanjutnya yaitu mendidihkan kembali air gula, kemudian di tambahkan ubi merah dan sagu yang sudah lunak. Semua bahan dalam panci terus dimasak hingga matang dan kental.  

Saat bubur sagu ubi sudah siap dihidangkan, biasanya orang Maluku menyiramkannya dengan saus khusus dari campuran santan, kelapa parut, daun pandan, dan garam, serta sedikit taburan kenari.

KOPI SIBU-SIBU

Selain makanan khas Maluku da juga minuman khas Maluku yang sangat rekomendasi untuk dicoba saat berkunjung ke Maluku. Seperti Kopi sibu-sibu, minuman ini terbuat dari biji kopi asal Maluku.

Sibu-sibu sendiri memiliki arti dalam bahasa Maluku yaittu angin sepoi-sepoi, sedangkan dalam bahasa Melayu Ambon berarti rumah tempat melepas penat.

Kopi sibu-sibu dibuat dari jenis kopi robusta yang digiling dengan cara tradisional sehingga aroma asli kopi bisa terus menempel walaupun sudah berubah menjadi minuman. Penyajian kopi sibu-sibu biasanya bersama tambahan cacahan biji ketapang dan campuran bubuk cengkeh yang sudah dihaluskan.

Kopi sibu-sibu ini memiliki Aroma kopi yang kuat dengan cita rasa yang khas dari biji ketapang dan bubuk cengkeh yang akan mengenalkan lidah pada pengalaman baru yang tak terbayangkan sebelumnya sesudah meminumnya.

BUBUR NE

Bubur ne adalah makanan tradisional yang dibuat dari sagu yang dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil seperti telur kodok dengan beraneka macam warna, seperti putih, merah muda, dan merah terang.

Sagu yang sudah dibentuk menjadi bulat tersebut kemudian dimasak dalam santan hingga menjadi empuk dan kemudian dicampur ke dalam gula merah, daun pandan, dan kayu manis.

Bubur ne biasanya dimakan masyarakat Maluku sebagai hidangan penutup setelah menyantap makanan utama. Bubur ne juga bisa dibilang sebagai minuman karena bisa dihidangkan bersama es. Selain es, bubur ne juga nikmat disajikan dalam keadaan panas. Namun rasanya tidak cocok apabila sehabis makan besar kemudian perut diisi lagi dengan karbohidrat yang dikirimkan oleh sagu.

SAGU GULA

Seperti diketahui bahwa masyarakat Maluku tidak bisa lepas dari yang namanya sagu. Hampir semua jenis makanan khas maluku yang terkenal dibuat dari bahan dasar berupa sagu. Memang sangat wajar jika masyarakat Maluku dan sekitarnya menjadikan sagu sebagai produk pangan utama karena minimnya tanaman padi di perkebunan Maluku.

Di Maluku beras hanya dihidangkan pada saat-saat tertentu saja, selebihnya mereka mengonsumsi sagu, jagung, umbi-umbian, dan ketela. Jika membahas tentang sagu, ada satu jajanan yang sangat digemari masyarakat Maluku, yaitu sagu gula.

Sagu gula berbentuk persegi panjang yang pada bagian atasnya terdapat jejeran gula merah cair yang sudah meresap ke dalam sagu. Sagu gula atau gula sagu biasanya dijadikan cemilan oleh orang-orang Maluku yang sedang menunggu waktu senja. Biasanya sagu gula akan terasa lezat jika dimakan bersama kopi sibu-sibu sebagai bentuk kecintaannya terhadap tanah Maluku.

SUAMI

suami adalah makanan khas Maluku yang berasal dari kota Ambon. Suami terbuat dari ubi parut yang sudah diperas dan dikukus. Makanan khas ini menjadi makanan turun emurun yang diwariskan. Makanan suami  ini biasanya dijual dalam tiga macam, yang memakai gula, kelapa setengah tua, dan ada juga yang tidak pakai apa-apa. Setiap jenis makanan suami mempunyai bentuk penyajiannya sendiri.

GOGOS

gogos maluku

jika makanan khas jawa bernama lemper, yaitu olahan beras yang diisi suwiran daging ayam, abon, atau cacahan tempe, dan dibungkus dengan daun pisang. Gogos juga memiliki bentuk yang mirip namun Bedanya, gogos berisi suwiran ikan yang kemudian dibakar setelah sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang.

ROTI KERING KENARI

Jika dilihat sekilas roti kering kenari khas Ambon ini mirip dengan roti tawar pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah adanya taburan gula dan cacahan kenari di atasnya. Roti kering kenari ini dimasak dengan cara dipanggang menggunakan oven. Selain langsung dimakan, roti kering kenari juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena roi ini tahan lama.

PISANG ASAR

pisang asar

pisang asar merupakan makanan khas maluku yang terbuat dari olahan pisang raja yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang menggunakan oven. Kata asgar jika diartikan dalam bahasa maluku yaitu dibakar

Pisang asar ini sangat cocok menjadi teman pelengkap sore hari dengan secangkir teh atau kopi.

NASI KELAPA

nasi kelapa

Nasi kelapa merupakan makanan khas kota maluku yang berbahan dasar beras dan santan kelapa. nasi kelapa khas Maluku ini memiliki teknik khusus agar cita rasa yang dihasilkan lezat.

Yaitu dengan cara Nasi dan santan dicampur sebanyak dua kali agar nasi menjadi lebih gurih dan nggak bertekstur lengket. Setelah itu, kemudian bumbu nasi kelapa disiapkan dengan mencampur parutan kelapa, bawang merah dan cabai merah yang telah dihaluskan, air jeruk lemon, garam, terasi, dan penyedap.

SIRSIR

Sirsir merupakan makanan khas ambon yang berupa tumisan daun singkong dan buah pepaya yang ditambahkan santan yang sering dimakan sebagai lauk dari embal dan ikan asar. Untuk Rasanya segar namun sedikit pahit.

KUE LANGAR

Kue langar ini merupakan Makanan khas Maluku Tenggara yang terbuat dari singkong dan dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat Maluku. Saat ini, kue langar sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ada yang berbentuk stick dengan varian rasa yang bermacam-macam seperti pandan, coklat dan keju.

LAD

Lad merupakan tumis rumput laut khas masyarakat Kei. Biasanya masyarakat Kei menyantap Lad ini bersama dengan nasi, embal, ataupun ketupat. Makanan ini karena berasal dari rumput laut, tentunya mempunyai kandungan protein yang tinggi dan menyegarkan dan jia kamu sudah mencoba pasti akan ketagihan.

EMBAL

Embal Terbuat dari singkong dengan bentuk, rasa, dan cara makan yang bermacam-macam. Biasanya embal disajikan dengan ikan-ikanan seperti ikan asar, ikan kuah, maupun sayur pada saat perayaan hari besar. Selain itu juga dapat dimakan dengan dicelup ke dalam segelas teh hangat. Embal juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Maluku.

SAYUR LILIN

Walaupun namanya sayur lilin, bukan berarti Makanan ini terbuat dari lilin. dinamakan sayur lilin karena memiliki bantuk seperti lilin. Sayur lilin berbahan dasar tebu telur atau dikenal dengan nama terubuk yang telah dipotong-potong yang Kemudian diberi bumbu santan sebagai kuah. Sayur lilin akan terasa sangat nikmat disantap selagi hangat apalagi ditambah dengan ditambah dengan papeda

JUS BUAH PALA

JUS BUAH PALA

jus buah pala merupakan minuman khas maluku yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas maluku. jus pala ini dibuat dari daging buah pala.

Desa Morella meruakan tempat pembuatan jus pala khas Maluku ini. bahan yang dipakai untung membuat jus ini antara lain adalah daging buah pala segar, gula, air, pewarna makanan alami, dan asam sitrat. jus pala ini memiliki rasa yang segar dan sediki asam.

jus ini bias dicari di toko atau supermarket yang terdapat di Maluku. Jus siap minum ini sudah dikemas secara rapi dalam botol plastik sehingga mudah dibawa ke mana saja. maka tak heran jika minuman ini selalu jadi oleh-oleh yang tak pernah tertinggalkan untuk dibeli ketika berkunjung ke maluku ini.

nah sobat educatrip! itu tadi 32 rekomendasi makanan khas maluku yang wajib sahabat semua cicipi saat berkunjung ke maluku ini. semoga tulisan ini bisa membantu sahabat semua yang kebingungan untuk mencari makanan maluku yang terbaru dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *