13 Makanan Enak & Lezat Khas Semarang yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Semarang

Semarang, Kota ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota Semarang merupakan Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Semarang juga mendapatkan julukan sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia setelah Kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Bandung, dan Kota Medan. Menurut data Kota Semarang di huni oleh 2 juta jiwa, saat siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa.

Wilayah metropolitan seperti Kedungsari (Kendal, Demak, Ungaran Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Purwodadi Kabupaten Grobogan) terdapat populasi hingga 6 juta jiwa. Semakin hari Kota Semarang memperlihatkan kemajuannya dalam bidang pembangunan.

Hal ini ditandai dengan adanya gedung-gedung pencakar langit yang ada di wilayah Kota Semarang. Karena semakin bertambahnya jumlah penduduk di Kota Semarang, kepadatan di jalan raya semakin terasa di Kota Semarang. 

Wali Kota Semarang, Bapak Hendrar Pribadi, SE, MM membuat Kota Semarang semakin maju. Kemajuan itu diantaranya adanya perluasan pembangunan dengan melakukan studi banding dengan negara lain, mendorong kebijakan ekonomi dengan berfokus pada peningkatan sebuah perdagangan dan jasa, terkhususnya pada bidang pariwisata.

Kota Semarang dinobatkan sebagai Kota Wisata terbaik urutan ke-4 di Indonesia pada ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award pada tahun 2018. Selain objek wisatanya yang banyak, Kota Semarang juga memiliki beragam jenis kuliner khas yang banyak di sukai wisatawan. Nah, jika kamu berkunjung ke Kota Semarang jangan lupa untuk berwisata kuliner sekaligus mencicipi makanan khas Semarang. Berikut kami rekomendasikan makanan khas Semarang yang wajib kamu cicipi.

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Semarang memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan lumpia yang lainnya. Cita rasa lumpia Semarang becampur dengan cita rasa Tionghoa dan cita rasa Indonesia. Menurut sejarahnya, dahulu lumpia Semarang pertama kali di buat oleh orang Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia, dan pasangan ini menetap di Semarang. Makanan ini mulai dikenal dan dijual saat pesta olahraga GANEFO yang diselenggarakan pada saat pemerintahan Presiden Soekarno. 

Lumpia khas Semarang pun cukup beragam, ada lumpia goreng dan lumpia basah. Untuk rasa yang terdapat pada lumpia goreng dan lumpia kukus sama saja, hanya beda cara pemasakannya. Untuk isian lumpia biasa diisi dengan rebung, telur puyuh, daging ayam dan udang. Kamu bisa memilih berbagai varian isi. Jika kamu ingin merasakan kriuk dan lezatnya lumpia Semarang kamu bisa langsung ke Lumpia Gang Lombok, yang sangat legendaris di Semarang atau membeli lumpia Mbak Lien dan warung-warung lalinnya.

Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Semarang memang banyak memiliki tempat kuliner legendaris, salah satunya adalah rumah makan Asem-asem Koh Liem. Menu andalah rumah makan ini adalah sayur asem-asem. Sayur dengan kuah yang sangat menggoda ini berisi daging, urat, daging usus, potongan cabe Jepang, dan ditambah beberapa jenis sayuran. rasa segar dari kuah dan lezatnya makanan ini akan membuat kamu ketagihan jika kamu mencicipi sayur asem-asem ini. Dengan bumbu yang sangat khas dan turun temurun dan rasa segar saat kamu menghirup kuah sayur ini. 

Jika kamu ingin merasakan kesegaran sayur asem-asem Koh Liem kamu bisa datang ke warung ini langsung, warung ini mulai buka pukul 07.00 sampai 17.000. untuk harga satu porsi sayur asem-asem yaitu Rp33.000 ribu.

Tahu Pong Semarang

Tahu Pong Semarang

Tahu pong khas Semarang ini berbeda dari bentuk tahu pada umunya. Jika pada tahu umumnya berbentuk kotak, maka tahu khas Semarang memiliki bentuk yang bulat dan dalam tahu, diisi dengan gimbal udang dan cabe rawit. Inilah yang membuat tahu gimbal khas Semarang sangat disukai warga Semarang dan wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Cita rasa tahu pong khas Semarang ini kriuk asin dan jika digigit tekstur tahunya sangat empuk. Kamu sangat wajib mencicipi tahu pong Semarang ini jika berkunjung ke Semarang. 

Pisang Plenet khas semarang

Pisang Plenet khas semarang

Jika pada umumnya kita biasanya menemukan olahan pisang seperti pisang goreng, keripik pisang, maka Semarang memiliki olahan pisang yang sangat unik dan berbeda. Pisang Plenet Namanya, pisang planet yaitu pisang kapok yang sudah matang yang kemudian dibentuk menjadi pipih (planet). Kemudian pisang yang sudah dipipihkan akan dibakar dengan api kecil hingga pisang yang dibakar berubah warna menjadi kecoklatan.

Setelah, kematangan pisang sudah pas, pisang akan di oles dengan margarin kemudian akan di taburi topping. Topping yang diberikan pun cukup beragarm. Mulai dari meises, cokelat, selai nanas, gula bubuk dan masih banyak lagi toping lainnya. Setelah pisang lapisan pertama diberi toping, maka akan ditutup dengan lapisan pisang lagi. Seperti burger. Rasa pisang yang manis, dan gurih setelah dibakar sangat lezat. Pisang planet ini sangat cocok disbanding dengan kopi atau teh. 

Soto Bangkong

Soto Bangkong semarang

Semarang juga memiliki soto lezat yang wajib kamu cicipi ketika kamu berada di Semarang. Soto Bangkok merupakan soto legendaris yang sudah ada sejak 1950-an. Soto Bangkok yang lezat ini memiliki komposisi seperti bihun, irisan bawang, kuah kaldu soto, ayam suwir, dan bawang goreng yang ditaburi di atas soto Bangkong. 

Soto khas Semarang satu ini diberi nama soto Bangkong karena, wilayah perempatan warung ini banyak terdapat kodok. Jadi soto Bangkok bukan berarti soto katak ya. Kamu bisa menikmati soto Bangkong ini dengan berbagai ragam sate yang sudah disediakan oleh penjual. Sate yang dijual seperti sate telur, sate tahu, sate perkedel dan sate kerrang yang menjadi sate favorit pembeli. 

Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen adalah salah satu restoran yang paling banyak direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin berburu kuliner di Semarang. Restoran ini mengusung tema tempo dulu. Ketika kamu masuk ke dalam restoran ini kamu akan disuguhkan pemandangan rumah jaman dulu, mulai dari furniture yang digunakan sampai nuansa rumah yang sangat klasik. 

Menu yang disediakan di restoran Pesta Keboen ini yaitu menu nusantara. Makanan yang tersedia seperti nasi timbel, nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, olahan daging ayam, kambing, sapi, kerbau. Selain itu juga tersedia menu olahan sayuran, seperti sayur asem, sayur bening, hingga karedok pun tersedia. 

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Bagi kamu yang sagat menyukai daging kambing, kamu wajib mencicipi gulai kambing Bustaman Pak Sabar.  Nama Bustaman dicantumkan sebagai nama warung ini karena warung ini terletak di Kampung Bustaman. Kampung Bustaman adalah kampung yang dikenal sebagai pusat pemotongan dan pengolahan kambing. 

Yang unik dari gulai kambing Bustaman Pak Sabar adalah terletak pada cara pengolahannya. Jika masakan gulai pada umumnya mencampurkan santan pada masakannya, maka gulai versi Pak Sabar ini sangat berbeda. Kelapa akan di serut, kemudian di sangrai, setelah kelapa di sangrai maka akan dihaluskan dengan cara ditumbuk.

Setelah semuanya halus, barulah kelapa dicampur dengan bumbu-bumbu yang lain. Resep yang digunakan pada gulai ini merupakan resep jawa yang dipadukan dengan resep Gujarat yang di wariskan secara turun temurun.  Sate ini sangat terkenal di Semarang, jadi kamu akan mudah menemukan lapak jualannya.

Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori

Bebek goreng Pak Thori adalah salah satu kuliner bebek goreng yang banyak direkomendasikan untuk wisatawan yang sedang berlibur ke Semarang. Bebek goreng Pak Thori ini berlokasi di Jalan Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Gunung Pati, Kota Semarang. Warung bebe goreng Pak Thori memiliki menu andalan.

Menu andalannya adalah bebek goreng dan bebek bakar yang dilengkapi dengan sambal ijo pedas dan sambal merah. Selain menjual aneka olahan bebek, bebek bakar Pak Thori juga menyediakan menu lainnya. Menu ayam bakar atau ayam goreng juga disediakan disini. Tekstur daging bebek yang sangat empuk dan lembut akan membuat kamu ketagihan ketika mencicipi menu bebeknya. Sambalnya yang sangat menggoyangkan lidah.

Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng

Makanan khas Semarang selanjutnya yang akan kami rekomendasi adalah Bakmi Jawa Pak Gareng. Bakmi Jawa Pak Gareng adalah salah sala satu kuliner legendaris di Semarang. Cita rasa yang diberikan pada Bakmi Jawa Pak Gareng adalah rasa manis dan gurih. Untuk menjaga kelezatan dan rasa dari bakminya, Pak Gareng membuat mie sendiri dan menggunakan ayam kampung untuk campuran bakmi jawa. 

Cita rasa manis dan gurih ini dibuat memang mengikuti lidah orang Semarang. Selain menjual bakmi jawa, Pak Gareng juga menjual menu lainnya, seperti nasi goreng, bihun gorengm bihun rebus. Kelezatan Bakmi Jawa Pak Gareng sudah dirasakan oleh Mira Lesmana seorang produser film AADC. 

Warung Semawis

Warung Semawis

Jika kamu sudah menikmati makanan berat khas Semarang kamu bisa mencari makanan ringan sebagai penutup wisata kulinermu. Waroeng Semawis adalah pilihan yang tepat.  Kamu akan menemukan berbagai jenis cemilan yang disediakan, mulai dari kuliner oriental sampai kuliner nusantara. Warung Semawis ini hanya buka pada saat malam hari dan buka pada hari-hari tertentu saja. Seperti hari jumat, hari sabtu, dan hari minggu. 

Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo

Kuliner khas Semarang selanjutnya yang wajib kamu cicipi adalah kue leker Paimo. Kue leker Paimo sangat popular di kalangan anak muda Semarang.  Kue leker satu ini merupakan kue leker legendaris yang ada di Semarang. Kue leker ini menjadi sangat digemari karena topping yang diberikan oleh penjual yang sangat fantastis.

Menu special yang dijual oleh Paimo adalah kue leker dengan toping sosis mozarellanya yang padat dan lembut. Potongan sosis di letakkan di atas adonan leker kemudian ditambahkan dengan parutan keju mozarela yang menambahkan kelezatan dari kue leker Paimo. Kamu bisa menikmati kue leker ini hanya dengan mengeluarkan uang berkisar dari Rp1.000 hingga Rp15.000. tergantung pada menu yang kamu pilih. 

Babat Gongso

Babat Gongso
Babat Gongso

Babat gongso adalah makanan yang terbuat dari potongan babat dan jeroan yang dimasak dengan bumbu dan juga rempah. Rasa pedas dan gurih akan membuat kamu ketagihan jika sudah mencoba makanan tradisional khas Semarang satu ini. 

Kedai Beringin

Kedai Beringin

Kedai beringin bisa kamu temukan di Jalan Imam Bonjol 114, letaknya di seberang Satasiun Poncil, di pertigaan Jalan Tanjung dan Jalan Imam Bonjol. Menu favorit para pengunjung biasanya Nasi Hainan Ayam Panggang, Nasi Hainan Bebek Panggang, dan Lumpia Kulit tahu. Selain menu-menu itu, kedai beringin juga menjual berbagai menu lainnya yang bisa kamu pesan.

Kedai beringin menjual makanan berat hingga makanan ringan. Untuk harga makanan yang ada di kedai Beringin ini tidak terlalu mahal kok. Kedai beringin sangat cocok untuk dijadikan wisata kuliner keuarga. Kamu bisa mengajak keluarga besarmu untuk mencicipi masakan yang ada di kedai beringin ini.

Nah itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Semarang bisa kamu cicipi ketika kamu sedang berlibur ke Semarang. Selamat menjalani liburan di Kota Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *