12 Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berwisata ke Solo

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Kota Solo. Karena kota ini ada lagunya. Yaitu lagu yang berjudul Bengawan Solo. Solo atau biasa juga dikenal sebagai kota Surakarta terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota Solo sangat dekat jaraknya dengan Yogyakarta dan juga Semarang, jadi bisa dikatakan Kota Solo terletak di wilayah yang strategis. Kota Solo atau Surakarta lahir pada tahun 1745.

Solo dijuluki sebagai kota budaya. Karena kamu akan menemukan banyak sekali produk kesenian, bangunan bersejarah, dan makanan khas Solo. Untuk menuju ke Kota Solo kamu bisa berangkat dari Yogyakarta dengan menggunakan kereta api, kendaraan pribadi, atau bus. Jika kamu ingin menggunakan pesawat kamu bisa berangkat dari Jakarta dengan waktu tempuh selama 50 menit untuk sampai ke Bandara Internasional Adisumarmo di Kabupaten Boyolali, Surakarta.

Banyak sekali yang dapat kamu temui ketika sedang berwisata ke Kota Solo, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, dan masih banyak lagi. Solo terkenal dengan produksi batiknya, kamu bisa mengunjungi Pasar Klewer, yaitu pasar batik terbesar di Indonesia. Selain menikmati keindahan Kota Solo, kamu juga harus merasakan enaknya makanan khas Solo. Kami akan memberikan rekomendasi beserta informasi yang menarik untuk kamu mengenai makanan khas Solo.

Nasi Liwet Khas Solo

nasi liwet

Rasanya tidak sah jika kamu berkunjung ke Solo tanpa mencicipi Nasi Liwet khas solo. Nasi liwet khas Solo dimasak dengan menggunakan santan. Sajiannya yang cukup komplit akan membuat kamu merasa kenyang. Nasi liwet khas Solo disajikan lengkap dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh atau sari santan kelapa. 

Sebagai pelengkap para penjual juga menambahkan beberapa toping seperti hati atau ampela ayam, tempe, tahu, telur bacem dan kerupuk kulit. Nasi Liwet ini teksturnya sangat gurih dan pulen. Biasanya disajikan dengan daun pisang yang akan menambah aroma dan kenikmatannya.

Jika kamu ingin merasakan enaknya nasi liwet khas Solo, kamu bisa datang ke Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Salah satu penjual nasi liwet yang legendaris di Solo, karena berdiri sejak tahun 1950. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon Solo. Atau kamu juga bisa datang ke Nasi Liwet Bu Sarmi yang terkenal akan harganya yang murah meriah. Nasi Liwet Bu Sarmi terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Lojiwetan. 

Selat Solo

Selat Solo

Kamu pasti tidak asing lagi ya dengan makanan yang bernama steak. Steak biasanya identik dengan makanan khas Barat. Tapi apakah kamu tau, ternyata Indonesia punya makanan yang serupa dengan steak. Makanan tersebut bernama Selat. Selat adalah makanan yang terdiri dari wortel, kentang, telur, buncis dan aneka sayuran yang dilengkapi dengan daging sapi dan kuah seperti semur.

Makanan khas Solo satu ini merupakan makanan hasil dari penjajahan Belanda. Yang membedakan Selat dan Steak adalah terdapat pada sajiannya. Dalam makanan steak sayuran hanya sajian pelengkap, sedangkan pada Selat, sayuran diberikan lebih banyak di bandingkan dagingnya. Rasa Selat Solo ini sangat enak. Rasa manis dan gurih akan membuat kamu ketagihan jika sudah mencicipi Selat Solo ini.

Jika kamu ingin merasakan langsung kenikmatan Selat Solo kamu bisa datang langsung ke Warung Selat Solo Mbak Lies. Warung Selat Solo Mbak Lies ini adalah warung legendaris yang sudah ada sejak tahun 1978.  Warung Selat Solo Mbak Lies terletak di Jalan Veteran, Gg. 2 No.42, Serangan Solo.

Selain Warung Mbak Lies kamu juga bisa menikmati Selat Solo di Selat Vien’s, tempat ini banyak cabangnya. Nah jika kamu memilih tempat ini untuk menikmati Selat Solo kamu harus bersabar, karena antrian nya yang banyak. 

Tengkleng Khas Solo

Tengkleng Khas Solo

Bagi kamu yang menyukai daging kambing, pasti makanan ini sudah tidak asing lagi ditelingamu kan?. Tengkleng adalah makanan yang didalamnya tulang kambing yang dimasak seperti sup atau gulai. Kuah tengkleng yang gurih dilengkapi dengan bumbu yang sangat khas akan mmebuat kamu ketagihan jika sudah mencicipi tengkleng ini. 

Jika kamu ingin mencicipi tengkleng khas Solo kamu bisa datang langsung ke Tengkleng Mbah Diah, tengkleng ini sangat terkenal karena keluarga presiden kedua kita yaitu Bapak Soeharto sudah mencicipi Tengkleng Mbah Diah. Harga tengkleng satu porsinya di bandrol sebesar Rp25.000. Selain Tengkleng Mbah Diah, Tengkleng Bu Jito Dlidir juga terkenal akan rasanya yang enak. Kuah dan bumbu rempahnya sangat terasa.  Tengkleng Bu Jito Dlidir berlokasikan di Jalan Kolonel Sugiono No. 67, Kadipiro, Surakarta.

Timlo

Timlo

Timlo adalah makanan berupa sup, yang didalamnya berisi potongan ati ampela ayam, irisan telur dadar gulung, irisan sosis, mihun, telur pindang dan suwiran ayam goreng. Timlo biasanya dimakan dengan nasi terpisah. Rasanya yang gurih dengan kuah bening khas makanan ini sendiri akan membuat tenggorokanmu terasa segar. Makanan yang bernama Timlo ini mulai popular sekitar tahun 1960-an. 

Jika kamu ingin menikmati langsung Timlo Solo kamu bisa langsung datang ke Rumah makan Timlo Sastro yang terletak di Jalan Pasar Gede Timur 1, Balong. Warung Timlo Sastro adalah warung yang sangat legendaris dan terkenal. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Hingga saat ini sudah memiliki banyak cabang. Jadi sudah tidak diragukan lagi rasanya, sudah pasti enak. Selain itu kamu juga bisa datang ke Rumah Makan Timlo Solo yang terletak di Jalan Jenderal Oerip Soemohardjo No.94. 

Wedangan

angkringan khas solo

Kamu pemburu jajanan kaki lima? Kamu wajib mencicipi wedangan yang ada di Solo. Dengan suasana masyarakat Solo yang sangat khas, nyaman dan akan membuat waktu santaimu terasa nikmat. Jajanan khas dengan gerobak bertenda ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang berlibur ke Solo. Wedangan banyak sekali menjual aneka jajanan seperti berbagai macam sate, jeroan, gorengan, berbagai macam nasi, dan berbagai macam minuman. 

Jika kamu ingin merasakan bagaimana enaknya jajanan wedangan Solo kami merekomendasikan beberapa wedangan untuk kamu. Kedai Wedangan yang pertama adalah wedangan Café Tiga Tjeret, wedangan ini terletak di daerah Mangkunegaran, kemudian ada Wedangan Omah Sinten yang jaraknya tidak terlalu jauh dari wedangan Café Tiga Tjeret, terakhir wedangan Pak Dhie yang terletak di pinggir jalan tepatnya di pintu belakang Keraton Mangkunegaraan. Di Wedangan Pak Dhie yang paling rekomen adalah nasi bandengnya, yang mempunyai rasa yang sangat enak dan lezat.

Sate Buntel

Sate Buntel

Sate Buntel adalah sate yang terbuat dari daging kambing. Berbeda dengan sate-sate yang kita temukan pada umumnya, daging pada sate buntel ini tidak di potong kecil-kecil tetapi dicincang halus lalu dibalutin dengan lemak kambing barulah di bakar. Bumbu sate buntel menggunakan merica dan kecap manis. Salah satu yang menambahkan kelezatan rasa sate buntel ini adalah saat sate dicelupkan ke kecap manis yang sudah campur dengan merica. Tekstur yang empuk dilengkapi dengan aroma prengus kambing menambah kelezatan Sate Buntel.

Jika kamu ingin merasakan lezatnya sate buntel kamu bisa mengunjungi Sate Kambing Bu Hj. Bejo yang sangat legendaris. Sate Kambing Bu Hj. Bejo ini merupakan tempat favorit Presiden Jokowi dan Keluarganya. Harga sate Buntel di banderol Rp45.000 per porsinya. 

Sate Kere

Sate Kere

Selain sate Buntel yang bahan dasarnya daging kambing, di Solo juga ada sate Kere. Sate Kere terbuat dari bahan dasar tempe gembus atau jeropan daging sapi. Disebut dengan sate kere karena sate ini biasanya dinikmati oleh masyarakat kalangan menengah kebawah. Saat bangsawan Eropa berada di Indonesia, bangsawan Eropa tidak menyukai lemak atau gajih sehingga lemak nya dibuang.

Tetapi, masyarakat sekitar mengambil dan mengolah gajih menjadi sate, karena mereka tidak mampu membeli daging sapi. tetapi itu hanyalah dahulu, sekarang semua kalangan bisa memakan sate kere ini. Rasanya tentu tidak kalah lezat dari sate yang lainnya.

Bagi kamu yang ingin memakan sate kere, kami akan merekomendasikan beberapa tempat yang menjual sate kere yang paling banyak direkomendasikan. Salah satunya adalah sate kere Yu Rubi, sate kere Yu Rubi berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari.

Ada juga sate kere Mbak Tug, sate kere satu ini adalah salah satu sate favorit keluarga Pak Jokowi lo. Sate Kere Mbak Tug terletak di Jalan Arifin No. 63, dagangannya menggunakan gerobak  yang terletak di parkiran Depot Es Nini Thowong.

Bakso Titoti

Bakso Titoti

Bakso Titoti adalah bakso terenak dan terkenal di Kota Solo. Bakso merupakan makanan yang selalu menjadi favorit siapapun, apalagi saat musim hujan. Bakso Titoti sudah ada sejak tahun 1971 dan tentunya sudah melegenda di Kota Solo. Kamu bisa memesan berbagai macam jenis bakso disini, seperti bakso urat, bakso telor, bakso pangsit, bakso special dan masih banyak lagi. Untuk menikmatinya kamu bisa langsung datang ke Jalan Honggowongso No.42 Solo.

Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Tahu kupat adalah salah satu makanan yang terbuat dari lontong yang dilengkapi dengan potongan tahu, potongan tempe goreng, potongan  bakwan, mie kuning, irisan kol dan disiram dengan kuah kacang. Kamu bisa sarapan dengan menggunakan tahu kupat, sangat cocok dan pas. 

Jika kamu ingin menikmati tahun kupat khas solo kami akan merekomendasikan beberapa tempat untuk kamu. Tahun Kupat Sido Mampir yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No.95.  kamu juga bisa datang ke Tahu Kupat Pak Gombloh yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No.62. Tenang saja harga yang dibandrol para pedagang sangat terjangkau kok. 

Srabi Notosuman

Srabi Notosuman

Makanan satu ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga. Srabi Notosuman adalah makanan sejenis pancake yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandam yang dimasak dengan wajan berbentuk bunder kemudian ditutup dengan tanah liat agar pancake mengembang. Kamu bisa menikmati srabi Notosuman di Jalan Moh. Yamin, Notosuman.

Sosis Solo

Sosis Solo

Biasanya kamu melihat bentuk sosis bulat dan panjang. Tetapi sosil Solo ini sangat berbeda. Sosis ini terbuat dari bahan dasar daging sapi atau daging ayam yang dibungkus dengan telur dadar. Terdapat dua jenis sosis khas solo ini yaitu sosis solo basah yang dimasak dengan cara di kukus dan sosis  kering yang di masak dengan cara di goreng. 

Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem merupakan salah satu makanan yang sangat legendaris di Kota Solo. Es Krim Tentrem ini sudah ada sejak tahun 1952. Jika kamu ingin menikmati enaknya Es Krim Tenteram ini kamu bisa langsung datang ke Jalan urip Sumoharjo.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi kuliner khas Solo yang bisa kamu nikmati. Jika kamu berlibur ke Solo, selain kamu menikmati wisata gedung sejarah dan budaya khas Solo kamu juga wajib merasakan makanan khas Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *