35 makanan khas sunda hitz yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke pulau jawa barat

Sunda merupakan suku yang berada di jawa barat. Sunda memang terkenal dengan berbagai makanan khas yang enak-enak, maka tidak heran jika makanan khas sunda ini banyak di sukai oleh orang-orang. Makanan khas suda sangat beragam, mulai dari rasa yang manis-manis, rasa yang gurih asin, rasa asam segar, hingga rasa yang pedas.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas sunda lezat yang harus kamu coba! Apalagi jika kamu akan berlibur ke pulau jawa barat, makanan ini harus menjadi daftar list makan sahabat travelers saat liburan :

Nasi timbel

Nasi Timbel

Nasi timbel yang sudah terkenal ini adalah makanan khas Sunda yang mempunyai cita rasa yang khas karena sangat identik dengan masakan orang Sunda.

Pada awalnya, nasi timbel hanya makanan yang disiapkan untuk para petani makan saat beristirahat. Namun sekarang, nasi timbel disajikan bukan unuk petani saja tapi untuk semua orang. Penyajian nasi timbel ini di bungkus dalam daun pisang, sehingga membuat citra rasa nasinya semakin enak.

Untuk menambah kelezatan rasanya, nasi timbel disantap bersama lauk pauk seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, dan japuh dan dilengkapi dengan sambal dan lalapan yang menjadi ciri khas masakan Sunda.

Nasi liwet

nasi liwet

Selain ada nasi timbel, sunda memiliki makanan yang khas yang sudah terkenal di tanah air dan sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat indonesia, yaitu nasi liwet.

Nasi liwet ini memiliki dua versi. Versi pertama nasi liwet berasal dari solo dan yang kedua nasi liwet yang berasal dari sunda. Namun ada perbedaan pengolahan dari kedua versi nasi liwet tersebut. Nasi liwet khas solo dibuat dengan santan dan dihidangkan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Sedangkan nasi liwet khas Sunda tidak menggunakan santan dalam proses masaknya.

Namun nasi liwet khas sunda memiliki citra rasa yang gurih walaupun tidak memakai santan. Rasa gurih nasi liwet diperoleh dari hasil penggunaan bumbu bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, batang serai, cabai rawit, jambal roti, daun kemangi, dan daun salam.

Nasi liwet biasanya disantap bersama ikan asin, goreng tahu tempe, samal serta lalapan sebagai menu pelengkapnya. Sebagian orang juga menyantap nasi liwet dengan sayur asem, ikan bakar, ayam dsb. Lebih nikmat lagi jika disajikan di atas daun dan dinikmati bersama-sama yang akan membuat rasa kelezatanya meningkat.

Nasi tutug oncom

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug onom atau orang sunda sering menyebutnya sangu tutug oncom adalah sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom akan lebih terasa nikmat jika disajikan dalam keadaan masih hangat.

Nasi tutug oncom adalah makanan khas Tasikmalaya. dinamakan tutug karena dalam bahasa Sunda mempunyai arti menumbuk. Jadi nasi utug oncom ini dibuat dengan proses mengaduk dan menumbuk nasi dengan oncom yang di Sunda dikenal dengan nama tutug oncom.

Nasi tutug oncom biasanya dimakan bersama lauk pendamping seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur, dan sambal terasi yang akan menambah kenikmatan rasanya.

Karedok

karedok bandung

Karedok adalah makanan khas sunda yang terbuat dari sayur-sayuran mentah. Sayur-sayuran yang digunakan untuk membut karedok yaitu mentimun, tauge, terong hijau kecil, kubis, basil, kacang-kacangan dan beberapa jenis sayuran lainnya sesuai selera pembuatnya.

Jika Di Sunda, orang-orang menyebut karedok dengan nama lotek atah yang artinya lotek mentah. Karedok paling nikmat disantap bersama nasi panas, tahu, tempe, dan kerupuk.

Lotek

lotek

Lotek merupakan makanan khas sunda yang terbuat dari sayur-sayuran rebus atau telah di masak. Sayur-sayuran yang digunakan untuk membuat lotak yaitu kangkung, kacang panjang, kembang kol, dan tauge.

Sayur sayuran yang sudah diiris akan disiram dengan bumbu kacang yang ditambahkan kentang rebus yang sudah ditumbuk dan kencur sehingga membuat rasanya menjadi lebih nikmat dan unik. Lotek ini lebih nikmat jika dimakan bersama potongan lontong dan kerupuk udang.

Sayur asem

Sayur asem

sayur asam merupakan makanan khas Sunda yang sangat disukai oleh masyaraka Indonesia. Dinamakan sayur asem karena makanan ini menggunakan asam jawa yang memberikan cita rasa asam pada kuahnya.

Sayur asem ini terbuat dari labu siam, kacang panjang, nagka muda, belimbing sayur, jagung, melinjo, dan kacang tanah. Sayur Asem akan terasa sangat nikmat jika disajikan bersama nasi hangat dan ikan goreng asin dan lalapan serta sambal terasi yang akan menambah kenikmatanya.

Tumis genjer oncom

Tumis genjer oncom

Makanan khas Sunda ini memiliki Cita rasa oncom yang unik dan dipadukan dengan rasa manis pedas dan genjer atau paku rawan yang mempunyai kontur lunak tapi renyah saat digigit. Selain nikmat, makanan ini juga memiliki banyak serat yang akan menyehatkan.

Tumis genjer oncom ini merupakan kuliner tradisional yang banyak disajikan di warung-warung makan Sunda yang menggunakan Oncom sebagai bahan utama yang digunakan untuk membuatnya.

Empal gepuk daging sapi

Empal Gepuk

Makanan ini pasti sudah tidak asing lagi, Empal atau Gepuk daging sapi merupakan makan yang sangat terkenal di Daerah Sunda, Jawa Barat.

Empal atau gepuk daging sapi ini dibuat dari sayatan daging sapi yang dipukul pukul atau digepuk sampai gepeng lalu dimasak dengan bumbu rempah yang bercita rasa manis gurih, lalu diungkep hingga teksturnya menjadi lebih empuk dan bumbu meresap ke dalam serat daging. Irisan dagingnya kemudian digoreng dan siap disantap bersama nasi hangat, sambal dan juga lalapan segar Sebagai pelengkap.

Pepes ikan

Pepes ikan

Banyak yang mengira jika pepes adalah nama makanan, padahal pepes merupakan  teknik memasak yang banyak dijumpai di Daerah Indonesia.

Di  Sunda pepes dikenal dengan sebutan pais. Pepes atau pais adalah sajian yang dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus atau dibakar hingga matang. ada banyak macam jenis pepes. Mulai dari pepes ayam, pepes daging sapi, pepes ikan asin, pepes teri, pepes jamur, pepes telur asin, pepes tahu.

Makanan khas Sunda yang dikenal pepes ini dibumbui dengan rempah-rempah pilihan yang diolah dengan cara dihaluskan. Pepes paling enak dinikmati jika dihidangkan bersama nasi hangat dan sayur asem.

 Bakakak hayam

 Bakakak hayam

Bakakak Hayam merupakan masakan khas Sunda yang unik. Bakakak Hayam menggunakan satu ekor ayam utuh yang dibelah hingga terbuka dan ditusukan hingga membentuk sebuah bakakak, lalu diberikan bumbu khusus bercita rasa khas Sunda yang kemudian diolah dengan cara dipanggang

Karena bakak merupakan satu ekor ayam utuh sehingga bisa disantap untuk beberapa orang sekaligus. Bakakak hayam bisa disajikan bersama sambal, seperti sambal merah dan sambal hijau dan dilengkapi dengan lalapan sayur khas sunda.

Soto bandung

Soto bandung

Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak makanan khas Sunda . Bandung mempunyai kuliner khas yang sangat terkenal, yaitu soto bandung.

Soto bandung adalah masakan soto khas Bandung dan beda dari soto-soto lainya. Soto bandung menggunakan bahan utama tetelan daging sapi. Bumbu yang digunakan untuk membuat soto bandung yaitu jahe, lengkuas, serai, gula, garam, serta bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, dan merica bubuk.

soto bandung biasanya di tambahkan bahan pelengkap seperti irisan lobak yang sudah direbus, daun seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng, dan bawang goring dan dilengkapi sambal dan jeruk nipis untuk mendapatkan kenikmatan dan kesegaranya.

Mie kocok

Mie Kocok

Mie kocok menggunakan bahan dasar mie kuning yang disajikan bersama kuah yang dibuat dari kaldu sapi. Selain bahan dasar mie kuning, mie kocok disajikan bersama tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jeruk nipis, taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Selain bahan-bahan tersebut, biasanya ditambahkan babat sapi untuk menambah kenikmatan rasanya.

makanan ini diberi nama mie kocok karena pada proses memasaknya dengan cara mengocok ngocok mie dalam wadah sambil dicelupkan ke dalam air panas.

Cungkring

Cungkring

cungkring adalah makanan khas Sunda yang berbentuk seperti sate. dinamakan cungkring karena yang dijadikan sate adalah kikil, kulit sapi, dan daging hidup sapi. Jika Di daerah Solo, cungkring ini mirip dengan sate kere. Cungkring ini merupakan makanan khas sunda yang sudah ada sejak zaman dahulu

Cungkring ini biasanya dihidangkan bersama lontong dan ditambah bumbu kacang dengan menggunakan alas  pincuk daun pisang. makanan ini biasanya disantap dengan nasi ketan putih yang dicampur dengan kelapa parut dan oncom goreng tepung. Makanan khas sunda ini paling enak dimakan saat masih hangat, Teksturnya yang kenyal dengan rasa yang luar biasa akan membuat siapa pun ketgihan saat menyantapnya.

Sate maranggi

Sate maranggi

Sate maranggi berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Sate maranggi terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Hampir di setiap sudut kota Purwakarta terdapat penjual yang menjajakan sate maranggi dengan cara berkeliling maupun menetap di tempat. Tak hanya di purwakarta saja, sate maranggi juga banyak dijual di daerah daerah lain.

Sate maranggi ini memiliki perbedaan dengan sate-sate lainnya. Sate maranggi ini dibuat dengan proses merendam daging ke dalam bumbu sebelum ditusuk dan dibakar. Dikarenakan sebelumnya daging sudah diberi bumbu, maka sate maranggi tak perlu disajikan lagi bersama saus pendamping.

Meskipun tanpa ditambhakna saus lagi, rasa sate maranggi sudah berasa di lidah karena bumbu rendamannya sebelum di olah. penyajiannya sate maranggi biasanya dimakan bersama irisan bawang merah dan tomat segar sebagai pelengkap.

 Empal gentong

 Empal gentong

Empal gentong termasuk makanan khas sunda yang berasal dari cirebun dan saat ini sudah banyak dikenali oleh masyarakat luas. Banyak yang mengiri bahwa Empal gentong sama dengan empal gepuk. Namun, pada kenyataanya berbeda. Kesamaan empal gentong dengan empal gepuk hanya terletak pada bahan utama yang digunakan saja yaitu daging.

Dinamain empal gentong, karena Empal gentong dibuat dari bahan utama daging sapi yang dimasak menggunakan gentong. Empal gentong biasanya dihidangkan bersama nasi atau lontong, kucai dan sambal yang dibuat dari abai kering giling.

Laksa bogor

Laksa bogor

Laksa merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia, apalagi salah satu laksa yang berasal dari daerah Bogor. Sebenernya, jika dilihat dari segi ampilannya Laksa bogor mirip dengan laksa pada umumnya.

Namun Bedanya, laksa bogor menyajikan mie yang dipadukan bersama oncom sehingga memberikan cita rasa makanan khas Sunda . Selain itu laksa bogor juga memiliki kuah berwarna kuning yang dibuat dari bumbu rempah pilihan yang menambah kelezatannya.

Warna kuah yang kuning disebabkan oleh pemakaian kunyit. Selain kunyit, kuah ini menggunakan bahan lain seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, lada, dan kemiri. lalu kuah ditambahkan santan dan kaldu ayam untuk menciptakan rasa gurih pada kuah.

Setelah kuah siap, selanjutnya ditambahkan oncom ke dalamnya. Kuah yang sudah disatukan dengan oncom, lalu disiram ke dalam piring yang sudah diisi bihun, tauge, suwiran ayam, telur rebus, dan daun kemangi.

Doclang

Doclang

Doclang adalah makanan khas sunda  yang dibuat dengan mencampurkan pesor atau lontong berukuran besar yang dibungkus menggunakan daun pata dengan irisan kentang rebus, tahu goreng, telur rebus, serta kerupuk.

Setelah bahan-bahan menyatu di dalam satu wadah , lalu akan disiram bumbu kacang yang memiliki cita rasa pedas, manis, dan gurih. Doclang ini biasanya disantap dengan kerupuk dan emping tangkil.

 Kupat tahu

 Kupat tahu

Kupat tahu juga memiliki kesamaan dengan makanan doclang, yaitu makanan khas sunda yang mengkombinasikan lontong atau ketupat dengan bahan-bahan lain.

Kupat tahu termasuk makanan setengah berat karena menggunakan lontong yang termasuk makanan berat dan ditambahkan menu pelengkap seperti tauge rebus, irisan tahu goreng, tahu yang digunakan untuk membuat kupat tahu biasanya menggunakan tahu kuning yang agak lembek dan digoreng setengah matang. Lalu setelah itudiberi bumbu kacang. Bagi anda yang menyukai manis maka bisa diambahkan kecap, dan bagi anda termasuk penyuka makanan pedas maka bisa ditambahkan sambal.

Asinan bogor

Asinan bogor

Asinan merupakan salah satu makanan khas sunda yang terbuat dari perpaduan sayuran atau buah-buahan yang dijadikan pengasinan, proses olahan pengasinan biasanya menggunakan garam atau cuka untuk merendamnya, sehingga menjadikan buah-bahan ata sayuran yang di olahan mempunyai citra rasa yang masam dan segar.

asinan yang sangat terkenal adalah asinan khas bogor, sehingga olahan asinan ini dijadikan sebagai icon oleh-oleh kota bogor.

Asinan memiliki 3 jenis, yaitu asinan sayur, asinan buah, dan asinan campur. Asinan buah merupakan paling favorit dan selalu di cari banyak orang. Buah-buahan yang digunakan untuk membuat asinan buah seperti mangga muda, pepaya, nanas, kedondong, jambu, dan bengkoang.

Sedangkan bahan-bahan unuk membuat asinan sayur yaitu, mentimun, kol, sawi asin, daun antanan, tauge, wortel, dan tahu. Dan asinan yang terakhir yaitu asinan campur, asinan campur menggunakan kombinasi antara buah dan sayur.

Semua jenis asinan menggunakan kuah yang sama. Kuahnya terbuat dari campuran gula, garam, cabai, kacang tanah, dan ebi goreng. Yang menjadikan asisn khas Sunda ini menjadi makanan favorit banyak orang karena memiliki cita rasa kuahnya yang enak dan menyegarkan.

 Batagor

Batagor

Batagor pertama kalinya dibuat oleh orang bandung, maka makanan ini sering disebut dengan batagor bandung.  Batagor pada saat ini sudah banyak dijual oleh pedagang keliling ataupun pedagang yang menetap di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Nama batagor diambil  dari singkatan “bakso tahu goreng”. Makanan khas sunda ini dibuat dari bahan baku daging ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan kulit pangsit.

Bahan-bahan yang digunkan untuk membuat batagor yaitu, gula pasir, bawang putih, dan merica. Semua bahan tadi diolah hingga berbentuk adonan lalu dibungkus dengan kulit pangsit dan dilanjut dengan proses penggorengan.

Setelah adonan matang, batagor akan dipotong-potong menggunakan gunting lalu disajikan bersama dengan bumbu kacang dan ditambah perasan jeruk nipis unum menambah kesegaran dan kelezatanya.

Cita rasa pedas yang diperoleh dari bumbu kacang berpadu dengan nikmatnya ikan tenggiri akan membuat anda ketagihan untuk memakannya.

Geco

Geco

Geco merupakan makanan khas sunda yang berasal dari cianjur yang di ambil dari singkatan tauge dan tauco. tauco merupakan salah satu bumbu khas Cianjur. Namun sayangnya Saat ini geco sudah jarang ditemukan lagi bahkan di tempat asalnya sekalipun.

Geco dibuat dari bahan utama tauge dan bumbu tauco. geco juga biasanya dikombinasikan dengan ketupat dan mie sagu. Makanan ini memiliki cita rasa manis, asam, pedas, dan gurih yang dipadukan menjadi rasa yang sempurna.

Agar semakin lezat , orang-orang biasanya menambahkan lagi irisan tomat, daun bawang, udang, kacang, dan cuka lahang sebagai pelengkap kelezaannya.

Surabi

Surabi bandung

Surabi adalah makanan khas sunda yang namanya sudah sangat terkenal oleh seluruh kota pulau Jawa. Makanan ini berupa kue yang terbuat dari tepung beras lalu dibakar di atas tungku yang terbuat dari tanah liat. Surabi memiliki rasa gurih dan legit saat dimakan. Surabi termasuk salah satu makanan khas bandung yang cukup populer.

Surabi biasanya dihidangkan secara  tradisional, yaitu bersama cairan yang manis berbahan dasar gula dan kelapa. Tidak hanya disajikan dala bentuk tradisional,  surabi juga bisa disajikan dengan varian rasa lain seperi saus rasa durian, stroberi, kecang, dan markisa, coklat, keju, kacang dsb.

Selain terdapat variasi rasa saus yang manis, surabi juga bisa dinikmati dalam bentuk serabi isi berupa ayam, telur, dan kornet.

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Tahu sumedang berasal dari kota sumedang yang terletak di Jawa Barat. Kota Sumedang mempunyai kuliner khas yang terkenal dan tidak pernah terlewakan jika berkunjung ke koa sumedang. Makanan khas iu adalah tahu sumedang .

Tahu sumedang dibuat dengan tahu yang diproduksi langsung dari kota Sumedang. Tahu ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan lezat. Tahu sumedang paling enak disantap dengan cabai rawit atau dicocol dengan saus pedas.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu gejrot berasal dari Cirebon yang menjadi jajanan paling disukai setiap orang. Seperti di Jakarta, sudah tidak terhitung lagi seberapa banyak penjual tahu gejrot keliling atau mangkal di pinggir jalan.

Orang-orang menyukai tahu gejrot karena makanan khas Sunda ini memiliki rasa yang luar biasa dan tentunya dengan harga yang murah.

Tahu gejrot merupakan makanan sederhana tahu yang sudah di goreng dan dibumbui sebelumnya.

Tahu yang digunakan  biasanya tahu sumedang dan tahu pong. Tahu yang sudah digoreng disajikan dan di potong-potong lalu disiram dengan kuah saus yang terbuat dari racikan bumbu yang sudah halus.  Tahu gejrot juga biasanya dihidangkan diatas piring berwarna hitam yang terbuat dari tanah liat.

Bala-bala

Bala-bala

Bala-bala adalah makanan khas sunda yang sudah sangat melegenda di jawa barat . Bala-bala merupakan gorengan yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan irisan berbagai macam sayuranan seperti kol, wortel, dan tauge.

Untuk rasanya, bala-bala bercita rasa asin gurih dan berpadu dengan rasa manis dan segar yang dihasilkan oleh sayuran yang menajadi bahan baku pembuatannya. Bala-bala paling enak dinikmati dengan cabai rawit. Apalagi jika dinikmati saat masih hangat di udara yang dingin dengan minuman teh ataupun kopi untuk menemani santap bala-bala di sore hari yang indah.

Cireng

Cireng

Cireng adalah singkatan dari “aci digoreng”. Dari namanya saja, sudah bisa ditebak kalau makanan ini berbentuk gorengan. Cireng merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar tepung sagu.

Tepung sagu yang akan dibuat menjadi cireng biasanya dibentuk bulat-bulat lalu  digoreng. Saat ini, cireng  dimodifikasi dengan diberikan berbagai varian macam isain seperti sosis, ayam, kornet, abon, bakso, dsb.

cimol

cimol

cimol adalah singkatan dari “aci digemol”. Cimol dibuat dari Aci yang dibentuk bundar-bundar. Aci yang sudah berbentuk bundar lalu digoreng dengan api kecil hingga matang.

cimol biasanya dimakan bersama bumbu-bumbu kering ataupun basah. Bumbu kering yang dipakai biasanya bubuk bercita rasa keju, berbeque. Pedas, asin, manis dan lain-lain. Sedangkan untuk bumbu basah adalah saus dan kecap.

cilok

cilok

Cilok adalah sigkatan dari “aci dicolok”. Bentuknya  mirip dengan cimol yang bulat kecil seperti bola. Yang berbeda dari cilok dan cimol ini adalah teksturnya. Kalau cimol bertekstur empuk dan mudah kempes, cilok lebih legit dan sangat kenyal.

cilok dibuat dengan mencampurkan tepung terigu dan tepung sagu. Hal ini yang menyebabkan cilok memiliki tekstur yang kenyal. Setelah adonan cilok selesai dibuat dan sudah matang digoreng maupun di kukus, cilok  dilumuri dengan bumbu kacang.

Colenak

Colenak

Colenak adalah salah satu makanan yang menjadi kebanggaan orang Sunda. Colenak dibuat dari tape singkong yang dibakar dengan kinca. Tape singkong atau peyeum memiliki rasa yang manis dan aroma yang sangat  wangi ketika dipanggang. setelah dibakar lalu ditambah dengan kinca yang terbuat dari gula aren dan kelapa parut.

Colenak paling sering dimakan sebagai kudapan. Waktu yang tepat untuk menyantapnya ketika sore hari atau cuaca sedang dingin. Tidak hanya enak saat disantap saja, colenak juga mengandung cukup banyak gizi, seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan vitamin B1 dan termasuk makanan rendah lemak dan kalori.

Lepet

Lepet

Makanna yang biasa di panggil lepeut merupakan makanan yang dibuat dari bahan baku beras ketan yang dicampur dengan kacang dan dimasak dalam santan yang kemudian dibungkus menggunakan daun janur hampir kering.

Lepet yang sudah matang bisa langsung dinikmati sebagai kudapan untuk mengisi perut yang sedang kelaparan.

Lepet ini sekilas mirip dengan lontong. Namun Bedanya, lepet lebih padat dan lengket dibanding lontong karena menggunakan ketan. Selain itu, rasa lepet juga lebih gurih karena dicampur dengan santan dan kacang.

Di wilayah Sunda, orang-orang biasanya menyantap lepet bersama dengan tahu sumedang atau dengan kerupuk dan gorengan hangat.

Combro

Combro

Combro merupakan kuliner yang berasal dari Jawa Barat dan tergolong sebagai makanan ringan yang sederhana. namun meski demikian, oncom mempunyai banyak penggemar karena memiliki rasa yang enak. Maka jangan heran jika combro saat ini bisa ditemui di kota-kota lain selain di pulau Jawa Barat.              

diberi nama combro karena merupakan singkatan dari “oncom di jero” atau dalam Indonesia diartikan “oncom di dalam”. Dari namanya, sudah bisa ditebak kalau makanan ini menyajikan oncom yang dibalut dengan ubi atau singkong yang dibentuk sehingga bisa menutupi keseluruhan isi oncomnya.

Selain diisi dengan oncom, biasanya orang-orang juga menambahkan cabai rawit utuh agar menambah kenikmatan saat dimakan.

Misro

Misro sama seperti combro yang di mana bahan baku utamanya menggunakan parutan singkong untuk membalut isiannya. Jika pada combro dipakai untuk membungkus oncom, namun pada misro parutan kelapanya digunakan untuk membungkus gula merah.

nama misro sendiri merupakan singkatan dari “amis di jero “ yang berarti dalam bahasa indonesia artinya “manis di dalam”. Misro paling lezat dinikmati dalam keadaan hangat ketika gula merahnya masih cair. Makanan ini biasanya disantap setalah memakan combro. Karena Misro akan dimakan untuk menghilangkan rasa pedas yang disebabkan oleh combro.

Angeun Lompong

Angeun Lompong

Angeun lompong adalah makanan berbentuk sayur yang sangat cocok disantap oleh vegetarian atau penyuka sayur-sayuran, maupun bukan.

Lompong dalam bahasa Sunda merujuk pada batang talas. Selain lezat dijadikan sebagai keripik, ternyata batang talas juga bisa dimasak berkuah sebagai lauk pendamping nasi. Namun sangat disayangkan, makanan tradisional ini sudah mulai sulit dijumpai, baik di restoran-restoran besar ataupun rumah-rumah makan sederhana di daerah Sunda.

Kadedemes

Kadedemes

Kadedemes adalah makanan khas Sunda yang dibuat dari bahan utama kulit singkong. Kulit singkong yang sudah tidak terpakai diambil dagingnya atau bagian dalamnya yang berwarna putih atau agak merah muda.

Lalu Daging dalam kulit singkong dicuci bersih. Setelah dicuci, bagian dalam tersebut lalu direbus dan ditiriskan. Setelah kering, hasil rebusan lalu dicampur ke dalam bumbu tumis. Jika  sudah, kadedemes bisa langsung dinikmati dengan nasi hangat dan ikan asin sebagai pelengkap.

Awug

Awug

Makanan tradisional ini tergolong ke dalam camilan. Jajanan unik ini dibuat dari tepung beras, kelapa, daun pandan, dan gula merah. Jika dilihat Dari segi tampilannya, awug sangat mirip dengan kue putu.Namun Bedanya, jika kue putu dikukus dalam potongan bambu kecil, awug dikukus dalam wadah berbentuk gunungan lancip yang terbuat dari anyaman bambu.

Jika oleh orang sunda awug disebut dengan aseupan. Aseupan yang sudah berisi adonan kemudian disimpan di dalam dandang sampai adonan benar-benar matang.

jika sudah matang, awug pun sudah jadi dan siap dihidangkan bersama dengan parutan kelapa muda lalu dibungkus di alas daun pisang.

 Makanan ini paling pas dinikmati jika masih hangat karena teksturnya masih legit dan rasanya yang manis. Karena akan berbeda jika sudah dingin awug biasanya akan sedikit mengeras. Penyajian awug di atas alas berupa daun pisang.

Nah sahabat semua, Itu tadi daftar makanan khas Sunda mulai dari dari makanan berat hingga makanan ringan. Dari yang memiliki cita rasa yang kuat, pedas, dan kaya rasa hingga yang manis bahkan gurih.  Tentunya semua makanan ini sangat lezat dan sahabat semua harus mencobanya jika berkunjung ke suku sunda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *