6 Mall di Bandung yang Asik untuk Refreshing & Nongkrong Bareng Temen

hallo sobat educatrip! kali ini saya akan mengenalkan 6 mall hitz yang ada di bandung yang wajib dikunjungi bagi sobat semua saat berkunjung ke bandung. perlu diketahuan bahwa kota bandung merupakan kota yang termasuk sebagai surga wisata belanja jawa barat karena menawarkan sejuta pesona belanja. maka dari itu kami rangkum mall yang wajib dikunjungi yang ada di kota bandung untuk berbelanja ataupun sekedar nongkrong-nongkrong bareng temen. Selain di Mall sobat juga bisa nongrong dicafe ataupun tempat nongkrong lainnya, karena di Bandung ini banyak sekali tempat yang asik untuk kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga.

23 PASKAL SHOPING CENTER

23 paskal shoping center atau masyarakat bandung lebih sering meneybutnya dengan 23 paskal merupakan tempat pusat perbelanjaan yang berada di bandung tepatnya terletak di kompleks paskal hyper square, bandung.

mall 23 paskal ini memiliki luas nla sekitar 40.000 m2 yang terbagi menjadi 3 bangunan yaitu, mal 23 paskal memiliki bangunan 3 lantai, binus university memiliki 12 lantai, dan hotel yello memiliki 6 lantai.

Mal ini dibangun pada tahun 2016 dan diresmikan pada bulan april 2017 yang menghabiskan biaya sekitar rp. 500 miliar untuk membangun gedung 23 paskal shopping center ini .

Mall mewah ini memiliki 275 unit  tenant, baik tenant dari lokal maupun internasional dengan penyewa-penyewa besar seperti lain hero supermarket, h&m, zara, cotton on, best denki, pull & bear, uniqlo, cgv dan lain-lin.

Selain banyak tenant fashion, di mall inipun banyak tenant food yang lengkap seperti suis butcher, burger king, carl jr, tahu yunsen, warugame udon. Dan masih banyak lain jajanan dan minuman di food marketnya.

BANDUNG INDAH PLAZA

Bndung indah plaza atau sering di singkat  bip merupakan salah satu pusat perbelanjaan besar sekaligus mall tertua yang ada di kota bandung.

Mall ini didirikan sekitar pada akhir tahun 80-an, dan mulai dibuka pada tahun 1989 yang secara resminya dibuka pada 19 agustus 1990.

Dikenal dengan sebutan bip dan juga menjadi suatu ikon belanja di kota bandung masa itu. Karena sebelumnya, masyarakat bandung hanya mengenal konsep department store dan pasar swalayan saja.

Mall ini terletak di pusat kota, tepatnya di jalan merdeka bandung. Dengan ada mall bip ini menjadikan kawasan tempat nongkrong/hang out baru yang beralih dari kawasan alun-alun kota dan juga menjadi awal pembangunan mall dan pusat perbelanjaan di wilayah bandung utara. Karena sebelumnya hamper semua mall ataupun tempat hangout berada di bandung selatan.

Bip pasa saat ini sudah mengalami perluasan dan perubahan pada bangunannya yang telah direnovasi, serta berpindah pemilik lama ke pemilik baru dan juga disertai dengan perubahan konsep baru pula.

Di mall ini memiliki beberapa tenant seperti hypermart, matahari department store, bip, pizza hut, timezone, dan lain-lain. Mall ini juga terintergrasi dengan hotel hyatt regency bandung.

CIHAMPELAS WALK

Cihampelas walk atau sering orang bandung menyebutnya dengan ciwalk merupakan salah satu pusat perbelanjaan mewah di kota bandung.

Mall yang berdiri pada tahun 2004 ini merupakan tempat berbelanja yang berbeda dengan mall mall lainnya, karena bersih dan nyaman. Dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung agar lebih nyaman saat berbelanja.

Berjalan-jalan di cihampelas pada siang, sore atau malam hari akan berbeda beda suasananya. Karena jika malam hari, lampu dari tiap gerai dan bangunan utama akan memberikan atmosfer yang berbeda beda, belum lagi ditambah juntaian dan lilitan lampu hias yang digantungkan di pohon-pohon sekitar outdoor ciwalk yang sangat indah.

Tepat pada tahun 2009 ciwalk memberikan variasi baru untuk para pengunjung. Yaitu dengan menyediakan cx cihampelas walk extension yang terdiri dari butik, hotel, dan skywalk.

Ciwalk extention ini merupakan terobosan baru yang akan hadir melengkapi kawasan belanja cihampelas walk.

Di ciwalk terdapat sebuah hotel baru yang unik menyerupai kupu-kupu dengan standar bintang 4 yaitu aston ciwalk dan sensa hotel yang dilengkapi 650 kamar , sehingga bagi para custemer yang ingin menginap di ciwalk hotel akan merasa lebih privat dan eksklusif.

Dengan Kehadiran 2 hotel di tengah-tengah mall ciwalk yang sudah beroperasi pada tahun 2009 akan yang melengkapi dan membuat mall ciwalk lebih indah.

ISTANA PLAZA BANDUNG

Istana plaza bandung adalah sebuah pusat perbelanjaan bandung yang didirikan pada tahun 2001, terletak dengan lokasi yang sangat strategis di perempatan jalan pasirkaliki bandung dekat dengan bandara husein sastranegara dan stasiun ka bandung.

Untuk membangun istana plaza bandung developer menunjuk pradata international sebagai arsitek pembuatanya, dan mereka menggunakan jasa total bangun persada sebagai kontrkator utama dan kontraktor struktur untuk membangun mall ini.

Gedung istana plaza ini memiliki 5 lantai yang diisi dengan penyewa – penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik nasional maupun internasional seperti ace hardware, gramedia, excelso, breadtalk, planet sport, game master, ya kun kaya toast, giordano, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2001, di mall ini dibangun sebuah arena ice skating di lantai 3, tetapi pada februari 2009 arena ice skating ditutup dan dialihfungsikan yang asalnya menjadi arena ice skating menjadi tempat makan.

Istana plaza juga  salah satu mall family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga sekaligus dalam satu tempat.

PARIS VAN JAVA

Paris van java atau sering disingkat pvj merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di kota bandung, jawa barat. Mall ini bisa ditempuh dalam beberapa jam jika mengemudi dari tol pasteur.

Pvj mall ini diresmikan pada bulan juli 2006 dan dirancang dengan nuansa open air yang alami serta dilengkapi pemandangan burung-burung merpati hias yang beterbangan. Faktor lain yang menjadi daya tarik adalah konsep bangunan yang kental dengan desain gaya eropa.

Paris van java mall atau pjv terbagi menjadi empat bagian yaitu resort level, glamour level, sky level, dan concourse level dan salah satu departement store terbaik di indonesia, sogo department store yang berada di lantai teratas gedung pjv.

Fasilitas lain yang menjadi daya tarik dari mall ini karena memiliki pasar swalayan carrefour, toko buku gramedia, serta bioskop cgv. Selain itu, di paris van java mall juga berjejer cafe-cafe yang menggugah selera, dimulai dari counter sushi di paling kiri hingga restoran duck king di paling kanan.

Pada tahun 2010, dibangun sebuah wahana permainan baru yang merupakan salah satu tempat bermain pengunjung pjv ini yaitu ice skating rink gardenice yang terletak di lantai sky level tempat parkir pvj.

Selain itu, ada juga wahana skyfield. Skyfield yaitu sebuah ladang dan taman buatan dengan luas 2.000 m2 yang dilengkapi taman kupu-kupu yang memiliki ratusan jenis spesies,kandang sapi perah,  hamparan taman bunga, area persawahan yang sudah ditanami padi, hingga kolam ikan dan kura-kura.

Di area taman kupu-kupu yang luasnya sekitar 150 m2 ini dibentuk seperti labirin di mana sepanjang rute lintasan tersebut terpampang papan keterangan berbentuk atlas yang menampilkan tentang berbagai jenis spesies kupu-kupu yang ada di dunia.

Pvj ini juga memiliki penangkaran khusus untuk kupu-kupu yang spesiesnya berasal dari jawa barat, sulawesi, hingga papua sebagai spesies yang paling langka berwarna biru dan berukuran besar. Selain itu, terdapat juga beberapa spesies dari luar negeri seperti dari afrika.

Pada ujung labirin, akan dijumpai area orchid, khusus untuk taman anggrek, yang memiliki koleksi hingga 200 spesies yang berbeda-beda, dan sebagian ada spesies langka. Pengunjung yang tertarik mengoleksi anggrek juga sudah siap dilayani.

Di bagian lainnya, terdapat taman bunga lengkap dengan menara bambu setinggi 3 lantai sebagai titik snapshot berfoto dengan latar berupa hamparan taman bunga berwarna-warni, layaknya taman bunga tulip di belanda.

Butuh beberapa jam untuk sampai ke mall pvj ini, karena macet menuju paris van java mall dengan menempuh jalur pasteur. Selain itu, mall ini juga cukup berdekatan dengan jalan layang pasteur serta rumah sakit hasan sadikin.

Keunikan lain dari paris van java mall adanya sebuah kolam ikan besar di depan kafe-kafe yang berjajar di dalam mall. Namun sayangnya kolam ikan itu hanya terisi hingga sekitar tahun 2007. Hingga akhirnya kolam itu dijadikan tempat pentas dan festival. Seperti festival pada tahun baru imlek tahun lalu, atraksi barongsai serta naga liong bisa kita saksikan di kolam ini dengan merogoh kocek sebesar 50,000 saja.

Di mall pvj juga dilengkapi dengan toilet bernuansa alam yang sangat unik dan dapat membuat pengunjung nyaman.

PASAR BARU TRADE CENTER BANDUNG

Pasar baru bandung merupakan tempat belanja yang favorit bagi parawisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke bandung untuk liburan ataupun hanya sekedar berbelanja.

Pasar baru yang dijuluki sebagai pasar terbersih dan juga teratur se-hindia belanda ini terletak di jalan otto iskandardinata bandung.

Terdapat beberapa keistimewaan jika berbelanja di tempat ini diantaranya adalah berbagai macam tipe tekstil, selain terdapat beberapa macam jenis tekstil, fasilitas untuk membeli oleh-oleh makanan khas bandung pun tersedia lengkap di pasar baru, dengan lokasi yang mudah dijangkau, dijadikan sebagai barometer harga di bandung dan yang terpenting karena terletak di pusat perkota.

Pasar baru ini menjadi salah satu pasar tertua dan masih bertahan di bandung hingga saat ini. Dahulu pada zaman belanda, pasar ini dinamakan pasar baroeweg.

Pasar baru bandung sebelumnya berpusat di daerah ciguriang, tepatnya di jalan kepatihan. Lalu pasar ini terbakar dikarenakan kerusuhan pada tahun 1842. Akibat itu dan merusak berbagai kios pasar, pedagang kemudian dipindahkan ke lokasi sekarang ini.

Pada tahun 1906 didirikan bangunan semi permanen di pasar baru bandung yang dibagi menjadi jajaran pertokoan di depan dan los pedagang di belakangnya.

Bangunan ini dikembangkan dan diatur kembali pada tahun 1926 hingga akhirnya pada tahun 1970an Pasar ini dirombak dan dibangun menjadi lebih modern.

Namun pada tahun 2001 dibangun kembali gedung megah untuk menggantikan konsep pasar tradisional sebelumnya. Hingga akhirnya pada tahun 2003 bangunan modern pasar baru resmi dibuka untuk umum.

Pada tahun 2013, pasar baru memberikan variasi baru untuk pengunjung dengan memulai pembangunan tahap keduanya, pasar baru square yang terdiri dari shopping mall dan sebuah hotel budget dlam yang terletak di jalan pecinan lama, tepat di depan pasar baru trade center bandung. pasar baru square dan dalam hotel akhirnya secara resmi dibuka untuk masyarakat pada 16 November 2015

nah sobat educatrip, itu tadi 6 rekomendasi mall hitz dan popular di bandung yang wajib dikunjungi saat berlibur ataupun untuk berbelanja di kota bandung, semoga dapat membantu sobat semua. Jangan lupa juga untuk mengunjungi wisata Bandung yang ada disini. Selamat berlibur dan Berbelanja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *