Mall di Jakarta yang Asik untuk Nongkrong dan Refreshing

Jakarta, merupakan ibu kota Indonesia sekarang ini, dengan segala pusat yang ada didalamnya. Dahulunya banyak panggilan yang melekat untuk kota yang satu ini, diantaranya ialah Batavia, Jayakarta, dan Sunda Kelapa. Semua nama-nama tersebut selalu berganti disetiap pergantian kekuasaan asing, yang dulunya pernah menancapkan kekuasaannya di tanah air. Nama-nama tersebut memiliki sejarahnya tersendiri, misalnya Batavia.

Nama Batavia pernah menjadi nama Ibu Kota Indonesia ratusan tahun lalu, mulai dari tahun 1621 sampai dengan 1942. Batavia sendiri merupakan nama suku yang ada di tepian Sungai Rhein zaman Kekaisaran Romawi pada dulunya. Suku ini merupakan turunan untuk bangsa Belanda dan setengah dari bangsa Jerman sekarang ini. sebelum tahun 1621 Batavia memiliki nama lain yaitu Jayakarta, namun oleh penjajah masa itu diganti namanya menjadi Batavia, sekaligus untuk mengenang suku Batavia, suku nenek moyang mereka.

Apalah arti dari sebuah nama? Mungkin sebagian orang berfikiran hal demikian, namun tanpa kita ketahui bahwa nama-nama tersebut memiliki sejarahnya sendiri. Sejarah yang akan mengajarkan kita bahwa susahnya para pejuang Indonesia kala itu, dalam mengambil suatu tindakan atau perjuangan demi bangsa tercinta, Indonesia.

Sejarah-sejarah itu mengajarkan kita bagaimana untuk menghargai jasa-jasa para pejuang, kemudian sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa ini. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Jakarta merupakan pusat dari bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan roda pemerintahan dan perekonomian berada di Jakarta. Roda pemerintahan dapat dikatakan berada di Jakarta, karena disinilah terdapat pusat-pusat pemerintahan yang menyatukan pemerintahan di setiap daerah yang ada di Indonesia.

Seperti misalnya Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) berada di Jakarta. Tidak hanya itu pemerintahan yang lebih tinggi lagi seperti Mahkamah Agung juga berlokasi di Jakarta. Semua permasalahan yang sudah menyangkut mengenai tatananan negara berada di Ibu Kota.

Kemudian pusat perekonomian Indonesia juga berada di tempat ini. Apabila harga sembako mulai naik di Ibu Kota, maka tidak butuh waktu lama, harga sembako yang ada di daerah-daerah kecil juga akan ikut naik. Tidak hanya itu, banyak masyarakat yang menyampaikan pendapat mereka di muka umum atau demonstrasi biasanya di lakukan di Jakarta. Mereka ingin pendapat mereka di dengar oleh pusat secara langsung. Oleh karena itulah betapa penting Ibu Kota Jakarta untuk negara Indonesia. 

Telah dijelaskan diatas bahwasannyaa roda perekonomian Indonesia berada di Jakarta. Banyak daerah-daerah, mengirimkan hasil bumi yang mereka miliki ke Jakarta. Kemudian dari Jakarta biasanya akan dikirim ke berbagai pelabuhan yang ada di pulau Jawa, setelah itu disebarkan keberbagai pulau-pulau besar yang ada di Indonesaia.

Seperti ke Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Papua. Begitu juga dengan pulau-pulau besar tersebut, akan mengirimkan kembali hasil bumi mereka ke pulau Jawa, untuk kemudian di produksi lebih lanjut lagi. Pulau Jawa tidak hanya menjadi pusat dari bahan-bahan hasil bumi dikumpulkan, namun juga menjadi pusat pembangunan yang nantinya akan meningkatkan kembali sistem perekonomian yang ada di Indonesia.

Banyak kantor-kantor besar berada di Jakarta, baik milik negeri ataupun swasta. Tidak hanya bangunan besar berupa kantor, terdapat pula pusat-pusat perbelanjaan yang mewah yang berada di Jakarta. Biasa kita panggil dengan sebutan “Mall”. 

Membahas mengenai Mall, Jakarta merupakan pusat-pusat Mall besar yang ada di Indonesia. Barang-barang yang dikeluarkan di pusat perbelanjaan tersebut, menawarkan harga setinggi langit. Walaupun tidak semua Mall memiliki barang yang bermerek disetiap tokonya. Ada juga Mall yang menawarkan barang bagus, namun dengan harga yang masih bisa di jangkau oleh masyarakat luas.

Mall adalah pusat perbelanjaan yang memiliki bangunana cukup luas, serta tinggi, antara satu lantai dengan lantai lainnya dihubungkan oleh tangga bergerak (eskalator) atau lift. Kemudian pusat perbelanjaan ini biasanya memiliki 3 lantai.

Mall bisa menjadi pilihan anda dan keluarga, apabila malas untuk bepergian jauh hanya untuk berlibur. Didalam Mall sendiri terdapat berbagai hiburan, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Selain banyak Mall kota ini juga terdapat banyak sekali destinasi wisata jakarta yang bisa anda kunjungi ketika liburan tiba. Berikut beberapa Mall yang ada di Jakarta, bisa menjadi pilihan anda semua : 

Pondok Indah Mall 

Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall merupakan salah satu Mall primadona bagi warga Jakarta. Mall ini belokasi di Pondok Indah, Jakarta. Biasanya Pondok Indah Mall ini sering disingkat oleh warga Jakarta, menjadi PIM. Jadi bagi anda wisatawan ataupun penduduk baru Jakarta, jangan bingung apabila ada yang mengajak ke PIM, karena itu ialah singkalan dari Pondok Indah Mall.

Barang-barang yang ada di Pondok Indah Mall, bisa dikatakan masih terjangkau oleh masyarakat luas, namun biaya untuk menyewa satu space atau toko yang ada di Mall ini cukup mahal, apabila anda menyewa space untuk satu bulan, maka anda harus membayar sekitar Rp. 499.000 per meter persegi. Mall ini dibangun pada tahun 1991 dan menjadi awal pembangunan Mall yang ada di Jakarta.

Akhirnya bermunculan-lah pusat perbelanjaan lain yang ada di Jakarta. Sekarang ini Pondok Indah Mall terbagi menjadi dua, biasanya di panggil dengan PIM 1 dan PIM 2. Dikarenakan membludaknya jumlah pengunjunga, akhirnya terdapat penambahan tempat untuk tempat street galery, tempat untuk cafe-cafe kekinian, yang biasanya di buka sampai dengan dini hari. 

Pondok Indah Mall menyediakan berbagai macam barang-barang yang diperlukan keluarga, dari anak-anak sampai dengan dewasa. Contohnya untuk pakaian anak-anak anda bisa menjumpai toko-toko yang menjual keperluan anak-anak diantaranya Agabang Galery, Just For Kids, Kiddy Cutes-Bellamyth dan masih banyak lagi. Biasanya toko-toko tersebut dapat anda jumpai di Pondok Indah Mall 2, di lantai 2.

Kemudian di Pondok Indah Mall 1 biasanya banyak terdapat jenis fashion and accessories pada lantai 1. Bagi anda yang ingin mengisi hari libur dengan menonton berbagai film, baik yang di produksi negeri ataupun luar negeri, anda bisa datang Ke Pondok Indah Mall 1 dan 2, karena pada Pondok Indah Mall 1 terdapat bioskop yaitu, Pondok Indah XX1 di lantai 2. Kemudian di Pondok Indah Mall 2 anda bisa menonton film kesayangan anda di Studio XX1 pada lantai 3. Masih banyak berbagai keseruan yang ada di Pondok Indah Mall, harga yang terjangkau membuat banyak warga Indonesia terkhusus Jakarta ramai berkunjung ke Mall yang satu ini.  

Grand Indonesia 

Grand Indonesia

Mall yang satu ini, merupakan Mall terbesar yang ada di Indonesia. Oleh karena itu Grand Indonesia terbagi menjadi dua, diantaranya ialah Mall Timur dan Mall Barat. Selain menjadi Mall terbesar di Indonesia, Grand Indonesia juga masuk kedalam daftar Mall terbesar yang ada di Asia.

Lokasi nya yang sangat strategis, menambah nilai kepada pusat perbelanjaan yang satu ini, Grand Indonesia terletak di Pusat kota Jakarta, yaitu Jakarta Pusat. Orang-orang yang sering masuk ke dalam Mall ini merupakan orang-orang kelas menengah ke atas atau bisa di sebut eliite. Brand-brand besar dunia ada didalam pusat perbelanjaan ini.

Oleh karena itulah, penyewaan tempat atau store ini cukup mahal, bisa mencapai Rp 1.500.000 per bulan pada setiap meter persegi. Brand-brand yang ada di Mall ini cukup berkelas dan biasanya hanya bisa dibeli menggunakan kartu kredit, walaupun tidak semua brand menerapkan hal tersebut.

Apabila anda melihat Mall ini tampak kecil dari luar, namun ketika anda masuk ke dalam, terlihat mall ini sangat luas, tetapi tetap indah karena kemewahan yang ada disetiap sudutnya. 

Umur dari Grand Indonesia ini terbilang cukup muda, Mall ini di buka pada tahun 2007 dan diresmikan oleh presiden Indonesia kala itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, pada tahun 2008. Walaupun banyak terdapat brand-brand dunia ditempat ini, produk Indonesia juga tidak kalah famous, produk-produk asli Indonesia buatan anak negeri juga di pasarkan berdampingan dengan brand-brand terkenal dunia.

Dapat dikatakan bahwa masyarakat Indonesia, sangatlah royal untuk masalah belanja. Oleh karena itu Grand Indonesia menjadi pilihan terbaik, apabila mereka menginginkan produk berkelas dan hanya ada beberapa di dunia. Grand Indonesia dibagi menjadi 3 bagian diantaranya ialah East Mall, West Mall dan terakhir sebuah Skybridge.

Makanan-makanan yang di jual di berbagai jenis restoran yang ada di Grand Indonesia terbilang cukup mahal. Hal ini dikarenakan kemewahan yang diusung oleh Mall ini membuat, restoran-restoran tersebut memiliki harga yang tinggi. Walaupun ada bebrapa restoran yang mematok harga yang mudah di jangkau oleh kalangan umum.

Bisa di katakan juga bahwa Gran Indonesia merupakan Family Lifestyle, karena banyak memenuhi kebutuhan rumah tangga. Mulai dari alat elektronik sampai dengan alat dapur, anda bisa menemukan di Grand Indonesia.

Jadi apabila anda menginginkan berbagai macam keperluan baik keperluan rumah, ataupun keperluan pribadi anda, tidak usah jauh-jauh mencari dari satu tempat ke tempat yang lain, semuanya sudah ada di Grand Indonesia. 

Ratu Plaza Mall 

Ratu Plaza Mall

Ratu Palaza Mall merupakan salah satu mall terbesar yang ada di Jakarta. Mall ini juga bisa menjadi mall central yang ada di Ibu Kota.. Lokasi pusat perbelanjaan megah ini berada di Senayan, Jakarta Selatan. Selain Pondok Indah Mall, pusat perbelanjaan ini juga menajadi pusat perbelanjaan tertua di Indonesia, berdiri sejak 1974.

Konon katanya kala itu Indonesia sedang berada dalam perekonomian yang cukup bagus, hal tersebut tidak disia-siakan oleh PT. Jakarta Golden Landmark, mereka berinvestasi untuk membuat sebuah pusat perbelanjaan, yang bisa di katakan megah waktu itu. Pada masa itu Ratu Plaza Mall mengusung tema berupa pusat perbelanjaan yang modern, mewah serta memberikan kenyaman bagi setiap pengunjung.

Ratu Plaza Mall pun menjadi pusat barang-barang elektronik di Jakarta kala itu. Kemudian sampai pada tahun 1981, Ratu Plaza menjadi tempat multifungsi, karena terdapat gedung pusat perbelanjaan, gedung hunian, serta perkantoran. Jadi dalam beberapa kawasan tersebut multifungsi di setiap kepentingan orang.

Ratu Plaza Mall menjadi tempat yang disukai oleh warga Jakarta karena barang-barang yang banyak di cari penduduk Ibu Kota, biasanya tersedia di pusat perbelanjaan yang satu ini. Selain itu Ratu Plaza Mall menjadi pusat perkembangan teknologi, bisnis, ekonomi yang berada di Ibu Kota. 

Pengunjung yang biasanya datang ke Mall ini ialah para gamer atau pecinta game, yang biasanya mencari produk-produk baru sebuah game. Selain itu banyaknya pilihan membuat mereka betah untuk berlama-lama di salah satu pusat perbelanjaan ini.

Awalnya Ratu Plaza Mall menyediakan berbagai macam kebutuhan elektronik rumah tangga, namun sesuai dengan perkembangan zaman akhirnya, salah satu pusat perbelanjaan di ibu kota ini, menawarkan banyak produk selain barang-barang elektronik. Hal ini dapat di lihat dari telah dibangunnya Lotte Mart, yang menarik banyak perhatian pengunjung untuk datang dan membeli berbagai barang kebutuhan mereka.

Dikarenakan berada di pusat bisnis, membuat Ratu Plaza menjadi tempat pengusaha-pengusaha yang ingin berinvestasi di pusat bisnis ini. Lokasinya yang dekat dengan gedung pemerintahan, pusat hiburan, hotel dan berbagai fasilitas umum lainnya, menjadi nilai tambah salah satu pusat bisnis Ibu Kota ini.

Jadi untuk para pengunjung yang datang dari luar negeri ataupun dari luar daerah Jakarta, bisa menikmati liburan anda dengan  mudah. Hal ini dikarenakan akses menuju pusat kota, dengan tempat penginapan serta tempat hiburan yang cukup dekat begitu pula dengan pusat bisnis, karena apabila ada pelancong yang sedang melakukan kegiatan bisnis. Sangat dimudahkan dengan lokasi yang strategis ini. 

Mall Kelapa Gading

Mall Kelapa Gading

Sesuai dengan namanya Mall Kelapa Gading berada di Kelapa Gading, tepatnya berada di dekat The Summit Apartment Gading Food City dan La Piazza Lifestyle Center. Sama dengan mall-mall lainnya, Mall Kelapa Gading juga menjadi Mall terbesar yang ada di Jakarta. Luas pusat perbelanjaan ini sekitar 150,000 meter persegi.

Sekilas membahas mengenai Sejarah Perkembangan Mall Kelapa Gading, yang awalnya berdiri pada tahun 1990 serta awalnya dikenal dengan nama Plaza Kelapa Gading. Kemudian dari tahun ketahun Mall ini melakukan pemberluasan dan menambah jumlah tenan, sebanyak 250 tenan pada masa itu. 

Pusat perbelanjaan yang satu ini memiliki zona khusus, zona-zona tersebut diantaranya ialah : 

The New Catwalk 

Kawasan ini banyak memperlihatkan berbagai butik desainer Indonesia yang cukup terkenal dan berbagai macam kriya buatan ali Indonesia. 

Kids Safari 

Kawasan ini merupakan kawasan untuk anak-anak sampai dengan remaja, dengan menggambarkan seseorang yang memiliki jiwa dinamis. 

Eat&eat Food Market

Didalam setiap mall pastinya memiliki tempat makan, yang mengusung tema yang berbeda tentunya. Sama halnya dengan mall ini memberikan tema atau konsep tempo dulu, beserta dengan hiasan pernak-pernik yang banyak menarik perhatian para pengunjung.

Selain itu makanan yang disuguhkan pun cukup beragam. Hal ini bisa dilihat dari menu-menu yang ditawarkan. Mulai dari makanan khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, sampai dengan makanan khas Asia Tenggara di jajakan di tempat ini. 

Gading Walk

Tempat yang satu ini, merupakan tempat favorit untuk pengunjung yang memelihara anjing. Ada sebuah tempat yang bernama Paws dan Boogie Dogie. Paws sendiri merupakan nama untuk temapt bermain anjing peliharaan, tidak hanya tempat bermain didalamnya pun terdapat kolam renang yang bisa digunakan untuk anjing peliharaan pengunjung yang ingin berkunjung dan memelihara diri. Namun meskipun demikian, tempat ini memliki beberapa peraturan untuk setiap pengunjung yang membawa anjing peliharaanya. Setiap anjing yang dibawa ketempat ini, merupakan tanggung jawab si pemilik, dengan demikian harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Mall Kelapa Gading. 

Gourment Walk

Apabila anda sedang ingin bersantai dengan teman-teman dan keluarga, maka tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan. Kawasan ini merupakan kawasan cafe dan restoran. Anda bisa duduk-duduk sembari melihat keramaian mall, ataupun berbicang-bincang ringan dengan teman ataupun keluarga. 

Gourmet Walk

Apabila ada pengunjung yang berasal dari luar negeri, belum terbiasa dengan makanan Indonesia yang banyak di jajakan. Maka, kawasan ini menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan kawaasan cafe dan restoran ini banyak menyediakan makanan dari Asia dan Eropa.

Itulah bebrapa zona yang bisa kalian nikamti saat berada di kawasan Mall Kelapa Gading serta bida menjadi pilihan untuk mengisi hari libur anda. 

Blok M Square 

Blok M Square

Mall yang satu ini terkenal di kalangan anak muda yang ada di kawasan Jakarta Selatan. Lokasi pusat perbelanjaan ini berada di Jalan Sultan Hasanudin Melawai, Kebayoran Baru. Terdapat banyk temapt nongkrong yang cukup kekinian di pusat perbelanjaan yang satu ini. Makanan yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari makanan khas Indonesia, sampai dengan makanan luar negeri ada disini.

Makanan-makanan tersebut tersebar diberbagai lantai yang ada Mall Kelapa Gading. Selain emyediakan berbagai tempat nongkrong yang menarik serta makanan-makanan yang berasal dari berbagai tempat, Blok M Square juga bisa mnejadi salah satu pusat perbelanjaan yang tetap menawarkan berbagai produk-produk untuk fashion, alat elektronik, sampai dengan mainan untuk anak-anak.

Pusat perbelanjaan ini menyediakan satu lantai untuk para pecinta barang elektroni, yaitu lantai 3A disana anda akan mendapatkan berbagai barang-barang elektronik kekinian yang bisa mnejadi pilihan. Dilantai tersebut juga menajdi tepat berkumpulnya bebragai aksesori gadget dn berbagai alat pendukung elektronik lainnya. 

Para pengunjung tidak akan bosan dengan store-store yang ada di Blok M Square ini, karena kegiatan berbeblanja sampai dengan lantai basement. Dilantai tersebut, bisa menjadi temapt pencinta buku, untuk mendapatkan buku-buku favorit mereka dengan harga miring.

Lantai tersebut menyediakan tempat untuk berbagai pedagang buku, yang awalnya berjualan diluar pusat perbelanjaan, atau biasanya mereka berjualan di kawasan Kwitang. Selain menjadi tempat berjualan buku, lantai basement ini juga digunakan untuk pusat reklame, toko obat sampai dengan penjahit.

Namun walaupun toko-toko tersebut berada di basement, namun memiliki keunikan  dan bahkan memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bentuk salah satu hiburan yang ada di mall ini ialah dilengkapi dengan Mall ini juga dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas, yang bisa menampung sebanyak 3000 lebih kendaran bagi para pengunjung. 

Pacific Place 

Pacific Place

Pacific Place, salah satu pusat perbelanjaan yang ada di kawasan Kebayoran Baru. Mall ini terdiri atas 9 lantai dengan tenant yang berbeda-beda, sehingga pengunjung tidak akan bosan apabila menikmati hari libur, atau sekedar berbelanja ke pusat perbelanjaan yang satu ini. Pacific Place buka dari bukul 10 pagi sampai dengan 22 malam.

Didalam mall ini juga menyediakan makanan yang berasal daari berbagai negara, anda bisa datang ke Benedict yang berada di lantai 4. Tempat ini menyediakan berbagai aneka sarapan serta makanan ringan untuk pengunjung. Interior yang usung bisa menarik berbagai kalangan untuk bersantai di tempat ini. 

Berbagai brand-brand terkenal ada di tempat ini, bisa menjadi pilihan bagi para pengunjung yang ingin mencoba berbagai brand kelas dunia. Selain memperkenalkan berbagai brand terkenal, pusat perbelanjaan ini juga menyediakan tempat untuk anak-anak bisa belajar mengenai tempat-ptempat yang ada di dunia.

Kidzania Jakarta, sebuah kota buatan yang cukup kecil, sehingga anak-anak bisa mempelajari dunia orang-orang dewasa. Kemudian untuk orang dewasa, yang ingin menghabiskan liburan dengan tema-teman ataupun keluarga, menonton film bisa menjadi pilihan yang tepat. Bioskop berada tepat di sebarang Kidzania Jakarta, bisa menjadi paket lengkap bagi kalian yang menginginkan liburan yang menyenangkan. 

Kota Kasablanka 

Kota Kasablanka

Sama halnya dengan Pacific Place, Kota Kasablanka Mall juga buka pada pukul 10 pagi sampai dengan pukul 10 malam. Beragam tenant yang bisa kamu jumpai dan berbagai hiburan yang bisa menjadi salah satu tujuan berwisata. Mall ini terletak di Jalan Casablanka, Menteng Dalam, Tebet.

Banyaknya tempat nongkrong membuat pusat perbelanjaan ini didatangi oleh anak-anak uda yang ingin mengahbiskan waktu bersama dengan teman-temannya. Namun, tidak hanya remaja, para orang tua juga biasanya sering berkumpul di cafe ataupun restoran yang ada di pusat perbelanjaan ini. Berbagai makanan bisa anda temukan di sini, baik makanan dari daerah Indonesia, maupun makanan yang berasal dari negara lain. 

Berbagai jenis fashion juga bisa anda dapatkan di pusat perbelanjaan ini, baik pakaian untuk laki-laki maupun perempuan, anak-anak sampai dengan dewasa bisa anda temukan dengan mudah di areal perbelanjaan ini. Berbagai tempat berolahraga juga disediakan di mall ini. pusat Gym untuk anak-anak dan kolam renang, bisa diakses dengan mudah bagi pengunjung Kota Kasablanka Mall ini.

Berbagai pengunjung yang datang ke pusat perbellanjaan ini, berasal dari kalangan mana saja, baik dari kelas atas sampai dengan kelas atas. Hal ini dkarenakan masih banyak store-store yang menyediakan barang kebutuhan pengunjung, dengan harga terjangkau. Hal ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi berbagai pengunjung yang datang ke pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta ini. 

Pada pertengahan tahun 2019, Kota Kasablanka Mall membuka banyak tenant yang bisa menjadi berbagai pilihan bagi para pengunjung. Kenaikan jumlah pengunjung menjadi salah satu penyebab banyaknya berbagai macam tenant baru.

Dikatakan bahwasannya pengunjung mengalami jumlah peningkatan, yang awalnya pada tahun 2018, jumlah pengunjung sekitar 10%, kemudian di pertengahan tahun 2019, teapatnya pada bulan Ramadhan oengunjung mengalami jumlah kenaikan sebesar 5 %. Terobosan-terobosan baru banyak di lakukan oleh pihak Kota Kasablanka Mall, untuk terus menarik jumlah pengunjung.

Seperti misalnya pada event kemerdekaan, mall ini akan mengadakan berbagai macam acara, dengan tetap mengusung tema kemerdekaan di setiap event tersebut. Berbagai tenant yang baru di buka diantaranya ialah dining baru pada lantai LG, disana menyediakan berbagai macam makanan-makanan Nusantara yang lebih kompleks lagi.

Dari sajian Nusantara yang berasal dari daerah-daerah seperti Padang dan juga berbagai daerah yang ada di kawasan Asia Tenggara juga bisa anda dapatkan di tenant baru ini.Inilah tujuh tempat pusat perbelanjaan yang ada di kawasan Jakarta, yang bisa menjadi pilihan anda untuk berkunjung menghabiskan waktu liburan atau hanya sebagai tempat pusat perbelanjaan untuk memenuhi segala kebutuhan anda dan keluarga.

Banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan keunikan di setiap store yang mereka miliki. Itu bisa menjadi pilihan bagi pengunjung yang datang. Selamat berbelanja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *