10+ Wisata Pantai Banyuwangi yang Indah nan Eksotis yang Instagramable

Banyuwangi adalah sebuah kecamatan yang menjadi ibu kota kabupaten banyuwangi provinsi jawa timur. Dengan letaknya yang berada di ujung jawa, banyuwangi ini ternyata memiliki banyak tempat wisata pantai eksotis yang indah dan menakjubkan. Pantai banyak disukai oleh semua orang, tak heran jika seiap berlibur pantai selalu ramai di kunjungi. Nah berikut beberapa pantai di Banyuwangi yang harus kamu kunjungi saat liburan tiba.

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai boom banyuwangi ini berada di Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwang . letak pantai ini sangat dekat dengan pustat kota banyuwangi, bahkan jika sedang berada di alun-alun blambang bisa dengan menggunakan sepeda atau berjalan ke tempat pantai boom ini. Pantai ini menjadi pantai yang hits di banyuwangi karena selalu sering diadakan festival khas kota banyuwangi, seperti perayaan tarian kolosal gandrung yang ditarikan oleh 1000 lebih penari gandrung dan  Ada juga perayan Banyuwangi Beach Jazz Festival dan merupakan event JAZZ pantai pertama dan satu–satunya di Indonesia. Pantai ini memiliki pasir yang hitam yang bersih. Dengan fasilitas payung teduh, pengunjung dapat menikmati fasilitas ini

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai pulau merah banyuwangi berada di desa sumberagung, kecamatan pesanggaran. Pantai ini menjadi primadonanya banyuwangi karena memiliki pulau yang terletak di bibir pantai. Keberadaanya pulau ini membuat pantai ini menjadi eksotis dan menjadi asal mulanya pantai ini di namakan pantai pulau merah. Selain memiliki pemandangan yang bagus dan mempunyai gulungan ombak yang besar yang menjadi salah satu daya Tarik pantai ini.

Banyak surfer pemula sampai menengah yang berselancar di pantai merah ini. Selain itu pantai ini sangat indah untuk melihat pemandangan proses matahari tenggelam atau sunset. Pantai pulau merah ini juga menjadi tempat untuk meyelenggarakan event tahunan yaitu Internasional Surfing competition yang diikuti oleh sekitar 20 surfer dari berbagai Negara.

Wisata Pantai Plengkung

Wisata Pantai Plengkung

Wisata pantai plengkung atau terkenal dengan sebutan G-land berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit bagi wisatawan lokal bahkan sampai mancanegara. Karena pantai ini menjadi tempat surfing terbaik ke dua di dunia setelah hawai. Dengan memiliki gulungan ombak yang sangat besar dan tinggi dengan sebutan pantai yang terkenal dijuluki The Seven Giant Waves Wonder oleh peselancar asing karena memiliki 7 gulungan ombak yang memiliki ketinggian hingga 6 meter. Untuk mendapatkan ombak pantai ini hanya ada di bulan-bulan tertentu, sekitar antar bulan april hingga agustus. Dan selalu ramai oleh wisatawan yang berkunjung saat musim surfing tiba.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Wisata pantai teluk hijau atau terkenal dengan nama green bay berada di dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Pantai ini di julukin teluk hijau karena memiliki air lautnya yang cenderung berwarna hijau. Keindahan pantai ini sudah tidak diragukan lagi, hutanya yang masih asri dan pantai yang masih bersih.

Maka tak heran jika di kawasan pantai ini ada hewan-hewan yang berkeliaran di sekitar pantai, salah satunya yaitu monyet. Maka jika berkunung ke pantai ini pengunjung harus berhati-hati. Tidak hanya keindahan pantainya saja yang berada disini, kawasan pantai ini juga mempunyai air terjun yang langsung mengarah ke pantai. Air terjun ini juga dimanfaatkan para pengunjung untuk membilas tubuh mereka setelah berenang di pantai.  

Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Wisata pantai teluk biru atau terkenal dengan sebutan blue bay berada di sengrong, Purworejo Alas Purwo National Park Purworejo, Kalipait, Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Pantai teluk biru ini memiliki bawah laut yang sangat  indah. Pantai Blue Bay salah satu alternatif snorkling di banyuwangi setelah pantai Bama di Baluran atau pulau Tabuhan. Karena Keindahan bawah laut Blue bay atau pantai teluk ini tidak kalah dengan kedua wisata Banyuwangi diatas. Laut disini juga masih sangat asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang masih biru dan sangat jernih.

Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi

Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi

Wisata pantai sukamade berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Pantai Sukamade juga merupakan salah satu dari Triangle Diomondnya  Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan sukamade memiliki jungle truck yang sangat extreme, maka Untuk bisa sampai ke pantai ini memerlukan penuh dengan perjuangan. Namun lelahnya perjalanan menuju ke wisata ini akan hilang setelah melihat pemandangan yang masih asri serta laut yang begitu indah.

Pantai sukamande terkenal dengan istanaya para penyu-penyu, karena banyak penyu yang mendarat di pinggir pantai ini. Suasana pantai yang tenang dengan hutan tropis yang masih alami,maka tak heran jika Pantai sukamade menjadi tempat favorit bagi para penyu mendarat dan bertelur. dari  ke 6 penyu yang ada di dunia, 4 diantaranya mendarat di pantai sukamade ini yaitu Penyu Slengkrah, Penyu Belimbing , Penyu Sisik dan penyu hijau.

Banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur, menjadikan pantai sukamade sebagai tempat penangkaran telur bagi penyu. Kemudian penyu-penyu tersebut dilepaskan kembali ke habitatnya setelah tukik-tukik yang menetas siap untuk dilepaskan lagi. Para Wisatawan juga tak hanya bisa melihat saja, tapi pengunjung juga bisa turut serta dalam pelepasan tukik.

Biasanya tukik mendarat di pantai sekitar jam 19.30. Sekali bertelur tukik – tukik ini bisa menghasilkan telur hingga ratusan dan akan kembali ke laut pada jam 24.00 malam .  Penyu – penyu ini tidak setiap hari mendarat di pantai Sukamade. Namun hanya pada bulan – bulan tertentu saja .

Wisata Pantau Pulau Tabuhan

Wisata Pantau Pulau Tabuhan

Wisata pantai pulau tabuhan yang tidak berpenghuni ini berada di antara pulau bali dan pulau jawa yang tepatnya terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo atau 20 km dari pusat kota banyuwangi. Pulai ini memiliki luas pantai sekitar 5 hektare. Pulau ini masih dalam proses pengembangan oleh pemda banyuwangi. Pulau yang eksotis ini diselimutin dengan pasir putih yang sangat indah.

Dan di bawah lautnya bisa menemukan coral dan dengan beberapa biota laut yang menghiasi keindahan bawah laut pulau tabuhan ini. Selain mepunyai pemandangan yang sanga indah, pulau ini juga menjadi surga baru bagi pengujung yang menyukai olahraga air yang ekstrim seperti kitesurfing dan Windsurfing.

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Wisata pantai wedi ireng berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai yang terkenal sebagai replika kecil dari raja ampat papua. Di pulau ini terdapat tebing – tebing yang mengelilingi pulau dengan pantai yang masih sangat asri. Jalanan menuju ke tempat ini lumayan sulit jika menggunakan jalur darat, melewati medan yang sangat sulit karena harus melewati hutan dengan jalur yang berlumpur.

Tak hanya sampai disitu, anda juga harus mendaki ke ujung bukit lalu menuruninya. Namun jangan khawatir, perjalanan yang sangat susah dan melelahkan akan terbayar lunas jika anda sudah sampai ke tepi pantai ini. Air lautnya yang masih jernih dengan warna yang begitu biru. Serta pinggir pantai yang dikelilingi pepohonan yang hijau dapat membuat suasana sejuk dengan Deretan karang di tepi Pantai semakin menambah pesonanya.

Di salah satu sisi Pantai ini terdapat sebuah batu berukuran sangat besar yang menjadi icon Pantai Wedi Ireng. Pantai wedi ireng jika diartikan dalam bahasa jawa artinya yaitu pantai pasir hitam, namun dalam kenyataanya pasir yang terdapat di pantai ini merupakan pasir dominan berwarna puih.

Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol

Wisaa pantai watu dodol banyuwangi yang berada di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi, Pantai Watu Dodol juga kerap dianggap sebagai gerbang masuk menuju Kabupaten Banyuwang. Pantai ini terkenal dengan icon Batu besar dengan diameter sekitar15 meter dan tinggi sekitar 10m yang tepat berada di tengah jalan menjadi ciri khas Watu Dodol ini.

Watu dodo diambil dari bahasa jawa yang artinya yaitu, watu berarti batu dan dodol adalah jenang. Jenang dodol merupakan makanan ciri khas yang terbuat dari ketan yang rasanya manis dan berbentuk persegi panjang. Pantai ini memiliki beberapa fasilitas seperti, pedestrian untuk bersantai bagi para wisatawan yang berkunjung sambil menikmati pemandangan pantai yang indah dengan berlatar belakang pulau bali.

Pantai Parangkursi

Pantai Parangkursi

Wisata pantai parang kursi berada di Pesanggaran, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini diberi nama parungkuris karena adanya karang yang besar berbentuk seperti kursi, hingga di resmikan nama ini oleh bupati banyuwangi yaitu Abdullah azwar anas. Keindahan pantai ini karena mempunyai air laut yang sangat jernih dan pasir yang berwarna kemerah-merahan, lumut hijau yang menempel di batu-batu karang, serta karang-karang yang sangat besar berjajar tersusun secara rapi di pingggir pantai yang mebuat pantai ini sangat indah.

Keasrian alamnya yang membuat suasana sangat sejuk dan diiringi oleh suara ombak yag menenangkan. Jalan menuju pantai Parangkursi akan melewati semak belukar, hutan, bukit yang terjal dan area tambang emas yang sudah tandus. Menggunakan kendaraan khusus seperti motor trail bisa mempermudah perjalanan di trackini. Walaupun lokasinya yang terpencil dan luamyan susah untuk dicapai, namun pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan sebagai salah satu tempat wisata Banyuwangi yang indah dan masih asri.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Wisata panai rajegwesi banyuwangi berada di Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai yang terkenal sebagai tempat parkirnya kapal ini dijadikan tempat parker kapal oleh masyarakat sekira pantai rejegwesi. Perahu yang ada disini digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan dan alat transportasi untuk pergi ke teluk hijau. Pantai ini termasuk ke samudra hindia maka tak heran jika pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Dinamakan pantai rejegwesi karena di plantain ini terdapa batu karang yang sangat besar. Nama rajegwesi memiliki arti, dalam bahasa jawa rageg berarti besi dan wesi yang berarti besi. Jika digabung menjadi memiliki arti pagar besi.

Nah itu tadi 10 rekomendasi dari kami mengenai Pantai di Banyuwangi yang indah dan eksotis. Tentunya bisa memanjakan mata ketika melihat pemandangan disekitar pantai. Ajak keluarga atau sahabatmu untuk pergi ketempat indah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *