7 Pantai Tulungagung yang Indah nan Eksotis Bikin Kamu Ogah Pulang

Kalian pasti tidak asing lagi mendengar nama kota Tulungangung, Kota yang terkenal dengan produksi marmer terbesar di Indonesia. Tulungagung adalah salah satu kota yang masuk dalam provinsi Jawa Timur. Jarak Tulungagung dan Surabaya hanya 154 kilo meter di sebelah barat daya. Wilayah Tulungagung di dominasi oleh wilayah dataran rendah hingga pegunungan.

Setiap tahunnya wisatawan yang berdatangan ke Tulungagung jumlahnya semakin bertambah. Menurut data yang kami peroleh pada, tahun 2017 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tulungagung berjumlah 967.637 orang dan mengalami peningkatan pada tahun 2018 menjadi 1.233.746 wisatawan. Jadi tidak diragukan lagi pesona alam yang ada di Tulungagung, seperti pantai-pantai yang menawarkan pemandangan laut dan langit yang sangat eksotis, dengan balutan senja dan suara ombak, membuat siapa saja yang datang dan melihat seketika jatuh cinta dengan pesona pantai di Tulungagung. 

Di Kota Tulungagung banyak sekali destinasi wisata tulungagung yang bisa dikunjungi. Pantai Tulungagung juga terkenal dengan pemandangannya yang indah dan menakjubkan nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi objek wisata pantai di Tulungagung untuk mengisi planning liburan mu bersama keluarga, pasangan, dan sahabat. Berikut objek wisata pantai di Tulungagung

Pantai Patuk Gerbang

Pantai Patuk Gerbang

Setiap pantai pasti memiliki pesona dan kecantikan tersendiri. Seperti Pantai Patuk Gerbang Tulungagung, Pantai yang akan membuat kamu langsung jatuh cinta jika melihat panorama pantai dari ujung ke ujung. Pantai Patuk ini memiliki tebing yang menjorok kea rah laut, tebing yang tidak terlalu tinggi dengan memiliki kedua ujung yang dipenuhi dengan pohon-pohon. Jika kalian berada di atas tebing itu, kalian akan mendapati pemandangan laut biru yang bergandengan dengan pasir yang bersih. Ombak-ombak besar yang menabrak tebing dan menuju pesisir pantai menambahkan suasana enjoy dan tenang.

Jika kamu hobi mengabadikan moment, pantai Patuk dengan segala keindahanya siap menjadi objek foto kamu. Kamu akan mendapatkan frame laut biru yang luas dan jernih ditambah dengan cantiknya langit biru.

Pantai Patuk berlokasi di Jengglungharjo, Kabupaten Tulungagung. Pantai Patuk Gerbang ini tepatnya berada di balik bukit. Tenang saja kamu bisa menikmati tempat ini kapanpun kamu mau, karena kamu bisa datang kapan saja. Untuk jalur ke Pantai Patuk kamu bisa mengikuti arah jalan menuju pantai Sanggar, karena dari pantai Sanggar ke Pantai Patuk tidaklah jauh. Selanjutnya kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan mengikuti arah petunjuk yang sudah disediakan.

Karena akses jalan yang kecil, kendaraan yang disarankan hanyalah kendaraan roda dua. Kamu sebenarnya bisa membawa kendaraan roda empat, tetapi kamu hanya bisa memarkirnya di pedesaan rumah warga. Untuk akses menuju pantai memang agak sulit karena kamu harus mendaki sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke pantai Pantai Patuk. Bagi kamu yang tidak ingin berjalan kaki, kamu bisa menyewa ojek dengan tarif Rp25.000-Rp.30.000. Untuk biaya masuk objek wisata Pantai Patuk kamu cukup membayar Rp5.000 saja per-orang.

Pantai Sanggar Tulungagung

Pantai Sanggar Tulungagung

Pada saat kami membahas tentang pantai Patuk Gerbang, kami ada sedikit menyinggung tentang Pantai Sanggar. Yap, betul sekali jarak Pantai Patuk Gerbang dan Pantai Sanggar sangat dekat karena kedua pantai ini berada di wilayah yang sama. Bonusnya, kamu bisa menikmati 2 pantai tanpa harus memakan waktu yang lama.

Pantai Sanggar ini merupakan salah satu objek wisata yang baru naik dikalangan wisatawan. Akses jalan yang tergolong sulit dengan lokasi cukup terjal, tetapi dibalik itu semua, jalan menuju lokasi sudah beraspal dan banyak spot-spot cantik yang bisa menemani anda dalam perjalanan menuju Pantai Sanggar.

Pantai Sanggar menawarkan objek menarik untuk dinikmati, seperti pasir putih dan bersih yang terhampar disepanjang pantai, ada juga karang-karang besar yang berada di bibir pantai yang berdiri tegap siap untuk menahan ombak besar. Tidak hanya berhenti disitu, Pantai Sanggar memiliki hewan laut seperti ikan-ikan kecil dan bulu babi yang berada di sekitaran bibir pantai. Bagi kamu yang berencana untuk camping, pantai Sanggar sangat cocok untuk area camping. Dengan begitu kamu bersama teman-teman mu bisa menikmati sunset dan sunrise dengan suasana pantai.

Pantai Sanggar berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh satu jam perjalanan. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, kamu bisa menggunakan petunjuk arah yang ada pada google maps. Untuk menikmati keindahan Pantai Sanggar kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, karena tidak diberlakukan tarif.

Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine terkenal dengan kampung nelayannya dan warna pasir putih yang bersih yang membentang sepanjang pantai. Pantai Sine berlokasi di Kalibatur, Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Pantai Sine ini banyak menawarkan objek-objek yang berbeda dari pantai-pantai sebelumnya. Selain terkenal dengan kampung nelayan pantai sine juga memiliki keindahan pada tebing-tebing yang berada disekitar pantai. Di tebing ini kamu akan menemukan mata air besih yang mengalir yang selalu dijaga oleh warga sekitar.

Di sekeliling pantai Sine terdapat hutan lindung yang menjadi hal unik yang melengkapi kecantikan Pantai Sine. Pemandangan hutan lindung sekaligus pantai yang akan membuat mata anda segar. Pantai Sine juga dikenal sebagai pantai yang menawarkan sunrise yang eksotis dan dikenal sebagai Bali nya versi Tulungagung. Wah, jadi ga perlu ke bali ya untuk menikmati sunrise yang eksotis.

Untuk bisa masuk ke Pantai Sine kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000/orang, selain itu kamu juga harus membayar parkiran kendaraan kamu. Jika kamu datang saat hari libur weekend, libur panjang atau libur nasional kamu akan dikenakan tarif di atas Rp.10.000. kamu tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang ada, karena sudah disediakan kamar mandi, toilet, mushola, dan area camping jika kamu berencana ingin menginap. 

Jarak Pantai Sine dan pusat kota adalah 30 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Informasi penting yang perlu kamu ketahui adalah medan jalan menuju Pantai Sine yang berkelok dan tanjakan sehingga kamu perlu waspada dan tetap berhati-hati.

Pantai Dlodo

Pantai Dlodo

Pantai Dlodo berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat kota tulungagung. Berlokasikan di Rejosari Kalidawir, Dlodo, Panggugnkalak, Pucang Laban Kabupaten Tulungagung. Akses menuju Pantai Dlodo sangat mudah, kamu cukup menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, lalu kamu bisa memakai arahan jalan menuju Pantai Dlodo dengan google maps.

Pantai Dlodo sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai atau nongkong bersama teman, keluarga dan pasangan. Karena disekitaran pantai terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan ringan hingga makanan berat, seperti pecel dan gorengan yang bisa kamu beli. Harga makanan yang dijual masih sangat mudah dijangkau, mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000. Kamu bisa menikmati pantai sambil makan pecel dilengkapi dengan sekitar pantai yang terdapat pohon-pohon kelapa menjulang tinggi, serta butiran-butiran pasir putih yang mengkilap jika terkena paparan sinar matahari.

ntai Dlodo sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai atau nongkong bersama teman, keluarga dan pasangan. Karena disekitaran pantai terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan ringan hingga makanan berat, seperti pecel dan gorengan yang bisa kamu beli. Harga makanan yang dijual masih sangat mudah dijangkau, mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000. Kamu bisa menikmati pantai sambil makan pecel dilengkapi dengan sekitar pantai yang terdapat pohon-pohon kelapa menjulang tinggi, serta butiran-butiran pasir putih yang mengkilap jika terkena paparan sinar matahari.

Dijamin suasana santai seperti itu akan membuat lelahmu hilang setelah menempuh perjalanan jauh.

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur TulungAgung

Pantai Ngalur adalah salah satu pantai yang belum banyak di kunjungi wisatawan, karena letaknya yang sedikit tersembunyi. Jarak Pantai Ngalur dengan pusat kota sekitar 24 kilometer, tidak begitu jauh. Tetapi untuk sampai ke Pantai Ngalur kamu harus bejalan kaki, karena akses jalan yang tidak memungkinkan kendaraan untuk masuk.

Pantai Ngalur menawarkan pesona pantai dengan air laut jernih dan berwana biru, pasir putuh yang terhampar disepanjang pantai, ditambah lagi ombak-ombak besar yang melengkapi keindahan pantai. Jika kamu berkunjung ke Pantai Ngalur, sangat tidak disarankan untuk berenang ya, karena terlalu bahaya. 

Selain itu ada spot foto ayunan yang bisa kamu pakai untuk berfoto, dan terdapat ranting pohon besar yang bisa menjadi objek foto menarik kamu. Ada juga gazebo yang ada di sekitar pantai. Pokokya instagramable banget deh. Karena pantai Ngalur masih sangat jarang di kunjungi, jadi jika kamu berkunjung kamu tidak akan dikenakan biata retribusi.

Pantai Molang

Pantai molangTulungAgung

Pantai Molang terletak di daerah selatan dari Kabupaten Tulungagung tepatnya di area perkebunan dan pegunungan, Pucanglabang, Pucan Laban. Pantai Molang adalah perbatasan antara wilayah administrasi Kabupaten Blitar dan Kabupate Tulungagung. Untuk menuju pantai Molang, jika kamu memulai perjalananmu dari Blitar, kamu bisa menuju kea rag Selatan yang menuju kea rah Kademangan. Setelah itu kamu bisa menuju Desa Suruhwadang.

Nah, dari Desa Suruhwadang kamu bisa mengambil jalur ke arah kanan dari kantor Kecamatan Kademangan, jika kamu sudah sampai di Desa Maron, kamu bisa melanjutkan perjalanan kea rah pertigaan dari puskemas Maron setelah itu dari Pasar Nganut dan Pasar Panjerejo kamu bisa mengambil jalur Selatan. Jika kamu bingung, kamu bisa menggunakan google maps.

Jika kamu berkunjung ke Pantai Molang, kamu tidak bisa berenang, cara yang tepat untuk menikmati kecantikan Pasal Bolang adalah dengan berjemur di area pinggir pantai sambil menikmati pemandangan panorama, dan juga pasir putih yang ada di Pantai Molang.

Pantai Pacar

Pantai Pacar

Pantai Pacar terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Pantai yang terbilang bersih ini memiliki pesona yang eksotis yang harus kamu rasakan. Pemandangan yang bagus dengan adanya air terjun yang ada di Pantai. Jika kamu berkunjung ke Pantai Pacar kamu akan beruntung, pasalnya kamu bisa menikmati 2 sekaligus objek wisata alam dengan satu waktu, yaitu pantai dan Air terjun.

Jarak Pantai Pacar dan Pantai Molang juga berdekatan lo. Jika kamu menghadap kea rah barat kamu bisa melihat keindahan Kedung Tumpang, Semenanjung Sine da Popoh. Beralih ke sisi Timur, terdapat pemompa air laut yang dimanfaatkan untuk keperluan budi daya udang. 

Untuk bisa menikmati keindahan pantai pacar, kamu akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp5.000/orang, selain itu kamu akan dikenakan juga biara parkir kendaraan. Untuk rute menuju Pantai Pacar, kamu cukup mengikuti rute perjalanan Pantai Molang, karena rutenya serah. Dengan kondisi jalan yang hampir sama.

Rute yang bisa kamu tempuh, perjalanan mu mulai dari Pasar Ngunut ke Selatan mengikuti papan petunjuk arah, dari Pasar Panjerejo kamu bisa belok ke kiri kemudian ke kanan, selanjutnya, belok ke kanan mentok, kemudian belok kiri, belok kanan lagi. Jika ada pertigaan menuju Pucanglaban belok ke Selatan menaiki gunung dengan medan jalan berkelok-kelok. Lalu ikuti jalan hingga Pasar Puser dan terus jalan ke Selatan hingga sampai di Desa Pusanglaban. Jika kamu ragu mengikuti rute yang kami jelaskan, kamu juga bisa menggunakan google maps sebagai petunjuk arah.

Itu dia Pantai di Tulungagung yang memiliki pesona indah pasir putih serta ombak yang besar, yang membuat wisatawan akan jatuh cinta pada keindahannya. Sekarang giliran kamu untuk memilih wisata pantai mana yang akan kamu kunjungi jika sedang berada di Tulungagung. Sebelum menuju pantai, pastika kondisi badan mu sedang fit dan kondisi kendaraan aman untuk melakukan perjalanan jauh, menanjak dan berkelok. 

Selamat liburan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *