Pilih Reksadana Bibit atau Tokopedia? Ini Perbedaannya

Berinvestasi merupakan tata cara yang banyak diseleksi anak muda masa modern buat menabung sekalian memperoleh keuntungan. Memilah reksadana Bibit ataupun Tokopedia bisa jadi isu yang lumayan membingungkan. Spesialnya untuk pendatang baru dalam bidang investasi, reksadana memanglah dikira selaku instrumen sangat nyaman serta ramah pendatang baru.

Dikala hendak berinvestasi di reksadana, opsi yang ada sangat banyak. Bermacam platform sediakan instrumen buat investasi reksadana, 2 yang lumayan banyak diseleksi merupakan Bibit serta Tokopedia. Supaya dapat memperoleh cerminan seputar kedua platform ini serta bisa memastikan opsi, ikuti ulasan berikut:

Ukuran Perbandingan Antara Bibit dengan Tokopedia

Saat sebelum memilah platform yang di idamkan, berarti buat memandang perbandingan di antara Bibit dengan Tokopedia secara objektif. Mana yang lebih baik, reksadana Bibit ataupun Tokopedia? Persoalan tersebut bisa dijawab lewat sebagian ukuran utama, semacam yang tertera di dasar ini:

1. Legalitas

Ini ialah aspek utama saat sebelum memastikan platform buat berinvestasi, tidak cuma reksadana tetapi pula saham serta emas. Bila membicarakan legalitas, baik Tokopedia ataupun Bibit telah terdaftar di OJK. Keduanya nyaman, sebab kegiatan operasionalnya terletak dalam pengawasan OJK.

2. Produk Reksadana

Apabila memandang dari banyaknya produk reksadana yang bisa diseleksi, Bibit mempunyai lebih banyak tipe reksadana. Mulai dari reksadana yang sesuai buat pendatang baru dengan resiko sedikit semacam pasar duit, menengah semacam obligasi, sampai yang lebih besar semacam saham serta lain sebagainya.

Tercatat hingga dikala ini ada sampai 88 produk yang dipunyai Bibit. Di Tokopedia, produk yang bisa digunakan buat berinvestasi terdapat 2, ialah Syailendra dana kas dan pasar duit bertabiat syariah. Bila menanyakan reksadana Bibit ataupun Tokopedia, dalam produk pasti Bibit lebih unggul.

3. User Friendly

Berarti buat memandang gimana pengguna/ user bisa memakai suatu platform buat berinvestasi dengan gampang. Baik Tokopedia ataupun Bibit bersama mempunyai jumlah pengguna yang banyak serta memperoleh review bagus. Perihal ini menampilkan bila keduanya banyak disukai oleh pengguna.

4. Kredibilitas dari Manajer Investasi

Reksadana di Bibit serta Tokopedia hendak dikelola manajer investasi. Bibit mempunyai 17 manajer investasi, sedangkan itu di Tokopedia terdapat 2. Pasti seluruhnya tidaklah manajer investasi abal- abal. Terlebih, keberadaan MI ialah kunci berinvestasi sehingga dana bisa dikelola dengan baik serta memperoleh keuntungan.

Industri MI merupakan pihak yang mengelola serta menginvestasikan dana ke bermacam dampak. Bukan cuma itu, tugas berarti manajer investasi merupakan meminimalisir terbentuknya kerugian oleh investor. Dengan terdapatnya MI, investor lumayan mengamati laporan secara berkala serta menyerahkan pengelolaannya di tangan terbaik.

5. Kinerja serta Performa Reksadana

Apabila mau mengenali performa reksadana Bibit ataupun Tokopedia, opsi terbaik merupakan berupaya berinvestasi secara langsung lewat produk- produknya. Investor butuh mendengarkan pergerakan dari nilai produk reksadana. Baik Bibit ataupun Tokopedia telah memenuhi dirinya dengan fitur pemantau pergerakan reksadana, contohnya fitur“ Portofolio”.

6. Responsif

Responsif ataupun tidaknya suatu platform sangat berarti buat mendukung penggunaannya. Terlebih, bila sesuatu dikala ada permasalahan. Keberadaan customer service di Tokopedia dan Bibit lumayan responsif serta siap sedia buat menolong investor bila hadapi hambatan ataupun permasalahan.

Metode Berinvestasi Reksadana di Bibit

Sehabis mengenali sebagian ukuran yang membedakan antara kedua platform tersebut, calon investor pula butuh ketahui metode memakai aplikasinya. Supaya dapat memastikan reksadana Bibit ataupun Tokopedia. Di Bibit, pengguna dapat mulai dengan pendaftaran. Setelah itu barulah dapat mulai membeli produk buat investasi.

1. Membeli Reksadana

Terdapat banyak metode yang bisa diseleksi oleh pengguna buat membeli reksadana di bibit. Apps ini mempermudah pengguna dalam mengenakan tata cara yang sangat instan menurutnya. Salah satunya merupakan lewat virtual account bank, kali ini memakai contoh bank BNI:

  1. Masuk ke aplikasi Bibit.
  2. Seleksi produk yang di idamkan, ataupun langsung lewat saran Robo.
  3. Bila telah percaya dengan pilihannya, tekan“ Investasi saat ini”. Input berapa nominal ordernya, setelah itu klik“ Beli”.
  4. Beri ciri centang bila menyetujui ketentuan dan ketentuannya, setelah itu tekan“ Bayar saat ini”.
  5. Seleksi tata cara“ Virtual account”, klik“ Bayar”, kemudian seleksi nama bank yang digunakan, dalam perihal ini BNI.
  6. Pengguna hendak dibawa mengarah taman order, berbentuk data rekening tujuan, jumlah order, dan no virtual account.
  7. Jalani pembayaran dengan menyalin virtual account serta menuntaskan pembayaran cocok nominal ordernya.

2. Menjual serta Mencairkan Dana Reksadana

Perihal selanjutnya yang berarti buat dikenal merupakan gimana menjual hasil investasi apabila telah menggapai sasaran. Berikut sebagian langkah gampang buat menjual sampai mencairkan dana dari reksadana Bibit:

  1. Klik“ Portfolio”, seleksi mana yang hendak dijual. Lanjutkan dengan klik“ Jual”.
  2. Tentukan berapa jumlah unit yang hendak dijual dengan menggeser slide- nya, setelah itu ketuk“ Jual”.
  3. Masukkan PIN, setelah itu tekan“ Konfirmasi”.
  4. Bila dana penjualan telah masuk ke rekening, dapat dicairkan lewat menu“ Portofolio”. Tekan unit yang mau dicairkan, setelah itu ketikkan PIN buat konfirmasi.
  5. Pengguna hendak memperoleh email apabila dana hasil penjualannya telah masuk mengarah rekening individu.

Cara Berinvestasi Reksadana di Tokopedia

Reksadana Bibit ataupun Tokopedia mempunyai metode tiap- tiap buat berinvestasi. Bagian lebih dahulu sudah mangulas dari sisi Bibit. Selaku bahan perbandingan, investor pula butuh menguasai pemakaian aplikasi Tokopedia.

1. Membeli Reksadana

Berarti untuk investor buat ketahui semacam apa metode membeli reksadana lewat Tokopedia. Tetapi lebih dahulu, yakinkan sudah mendaftar serta mempunyai akun Tokopedia. Berikut langkah- langkah mudahnya:

  1. Masuk ke“ Tokopedia reksadana”, setelah itu klik“ Beli reksadana”.
  2. Memilih produk yang hendak dibeli, lanjutkan dengan“ Beli reksadana”.
  3. Ketikkan berapa nominal yang hendak diinvestasikan( minimun 10 ribu). Bila telah ialah dengan jumlahnya, tekan“ Beli reksadana”.
  4. Seleksi satu dari sebagian tata cara pembayaran yang ada.
  5. Bayar saldo reksadana cocok dengan tata cara yang diseleksi.
  6. Transaksi telah berakhir. Reksadana yang dibeli hendak diproses sangat lama 2 hari kerja sehabis pembelian sukses.

2. Menjual serta Mencairkan Dana Reksadana

Lebih dahulu sudah dipaparkan metode membeli produk reksadana lewat Tokopedia. Pengguna pula harus ketahui langkah yang benar buat menjual serta mencairkan sehingga dananya masuk ke rekeningnya, semacam berikut:

  1. Masuk mengarah aplikasi Tokopedia. Pada bermacam menu yang ada, seleksi“ Keuangan”.
  2. Lanjutkan dengan klik“ Reksadana”, setelah itu seleksi“ Jual reksadana”.
  3. Masukkan berapa nominal yang mau dijual, sangat sedikit 10 ribu. Bila telah percaya, ketuk“ Jual reksadana”.
  4. Pengguna hendak memandang rangkuman tentang data penjualan. Hasilnya hendak masuk mengarah saldo pemasukan sangat lama 10 menit, barulah dapat ditarik mengarah rekening individu.
  5. Tekan“ Kirim SMS verifikasi”, kemudian masukkan kode verifikasi sebanyak 6 digit.
  6. Tekan“ Jual reksadana”, selanjutnya hendak terdapat pemberitahuan bila transaksinya sukses. Kemudian tekan“ Tarik dana ke akun bank”. Klik“ Menu akun”,“ Perinci saldo”, kemudian“ Tarik saldo” serta terakhir“ pemasukan”.
  7. Ketikkan nominal penarikan, kemudian seleksi rekeningnya. Konfirmasi dengan kata sandi, kemudian ketuk“ Tarik saldo”. Hendak timbul notifikasi bila penarikan saldo sukses.

Demikian ulasan tentang kedua tipe platform penyedia reksadana. Memilah reksadana Bibit ataupun Tokopedia merupakan suatu yang sifatnya sangat subjektif. Opsi orang dapat berbeda- beda, bergantung dengan evaluasi tiap- tiap. Keduanya mempunyai keunggulan tiap- tiap yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Hingga, tidak bisa dipaparkan platform apa yang terbaik di antara keduanya. Seluruhnya bergantung dengan perspektif serta kebutuhan tiap- tiap investor. Perihal yang terutama merupakan, keduanya bersama nyaman sebab terletak dalam pengawasan OJK serta secara totalitas mempunyai performa yang baik.

Leave a Comment