Review Aplikasi PINTAR, Layanan Penukaran Uang

Aplikasi penukaran uang PINTAR merupakan layanan berbasis website yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Warga terus menjadi gampang memperoleh uang baru yang layak edar. Terlebih posisi penukaran yang telah menyeluruh hendak lebih kilat dijangkau.

Kebutuhan penukaran uang umumnya bertambah dikala menjelang hari raya. Tetapi banyak yang tidak ketahui gimana cara memperoleh uang rupiah pecahan. Sebab itu, PINTAR menolong warga buat mendapatkan layanan kas secara mencukupi.

Bukan cuma ubah uang pecahan, dalam aplikasi PINTAR ada layanan penukaran uang rusak. Jadi jika di rumah memiliki uang cacat, hendaknya ditaruh dahulu. Tidak hanya itu, terdapat juga opsi menukarkan uang pecahan 75 ribu dalam aplikasi. Berikut penjelasannya:

Apa Itu Aplikasi PINTAR?

Untuk yang belum ketahui, Bank Indonesia dikala ini telah membuat aplikasi penukaran uang PINTAR. Tujuannya buat mempermudah warga memperoleh layanan kas. Jadi dapat mendapatkan uang yang layak edar dengan jumlah pecahan cocok.

PINTAR ialah aplikasi penukaran serta tarik uang rupiah yang berbasis web. Pengguna cuma dapat mengaksesnya melalui browser di alamat https:// pintar. bi. go. id/. Aplikasi PINTAR belum ada di market App Store ataupun Play Store.

Apa Saja Layanan dalam Aplikasi PINTAR?

Layanan utama dalam aplikasi penukaran uang PINTAR ialah menukarkan uang rupiah pecahan. Tetapi terdapat juga layanan kas lain yang sangat menolong warga. Berikut 3 layanan di dalam aplikasi PINTAR:

Kas Keliling

Penukaran uang rupiah terus menjadi gampang sebab tidak wajib tiba ke kantor Bank Indonesia. Untuk yang terletak di luar zona, dapat memakai layanan Kas Keliling. Layanan tersebut ada di sebagian posisi cocok yang tertera dalam ketetapan aplikasi PINTAR.

Bertepatan pada serta waktu penukaran juga telah diresmikan di tiap- tiap posisi. Pengguna tinggal melaksanakan reservasi langsung dalam aplikasi. Sebaliknya pecahan yang bisa diperoleh 5 tipe, ialah Rp1. 000- Rp20. 000.

Tiap warga cuma dapat menukarkan uang di tiap- tiap pecahan tidak lebih serta kurang dari 100 lembar. Misalkan mengubah seluruh pecahan tersebut, hingga total nominalnya merupakan Rp3. 800. 000. Bila menukarkan pecahan Rp2. 000, jumlahnya Rp200. 000.

Penukaran Uang Rusak/ Cacat

Layanan kedua yang ada di aplikasi PINTAR merupakan penukaran untuk uang rusak serta cacat. Warga dapat menukarkan uang yang berganti dari dimensi asli. Jenis kehancuran semacam dibakar, robek, berlubang, lenyap sebagian, serta menurun.

Layanan penukaran ini cuma bisa digunakan pada uang rusak/ cacat yang masih legal digunakan selaku perlengkapan pembayaran. Maksudnya uang tersebut belum dicabut dari peredaran. Tidak hanya itu, masih terdapat syarat- syarat penukaran yang lain.

Penukaran uang rusak/ cacat bisa dilakukan langsung di kantor pusat Bank Indonesia. Dapat juga menghadiri Kantor Perwakilan Dalam Negara BI. Waktunya mulai 08. 00- 11. 30. Tidak terdapat batasan nominal, jadi dapat menukarkan berapa saja.

Penukaran UPK 75 Tahun RI

Aplikasi penukaran uang PINTAR menghasilkan layanan buat memperoleh uang nominal Rp75. 000. Warga dapat menukarkan Uang Peringatan Kemerdekaan tersebut asal telah memiliki KTP. Batasan optimal per hari ialah 100 lembar UPK.

Penukaran diawali dari 18 Agustus 2020 serta terus dibuka sampai seluruh lembar uang telah ditukarkan. Walaupun terdapat batas nominal, tetapi warga dapat kembali buat terus menukarkannya. Pemesanan bisa dilakukan orang serta kolektif.

Warga dapat membuat reservasi melalui aplikasi PINTAR cocok posisi yang sangat dekat. Dapat langsung ke kantor pusat Bank Indonesia ataupun KPwDN. Waktunya membiasakan, dari jam 08. 00 sampai 11. 30.

Syarat Menukarkan Uang di Aplikasi PINTAR

Tiap- tiap layanan di aplikasi penukaran uang PINTAR memiliki ketentuan sendiri. Saat sebelum membuat pemesanan, pengguna bisa menyimak dahulu ketentuannya. Berikut persyaratan dari 3 layanan penukaran uang:

Kas Keliling

Buat memakai layanan Kas Keliling, pengguna wajib memiliki KTP. Uang yang hendak diganti wajib dipilah, kemudian dikemas cocok tipe pecahannya serta tahun emisi. Tidak hanya itu, syarat- syarat penukaran uang yang harus dipadati ialah:

  • Menyusun uang secara searah.
  • Uang dipilah antara yang masih layak edar serta tidak.
  • Dilarang memakai staples, selotip, ataupun perekat lain.
  • Karakteristik uang yang hendak diganti masih dapat dikenali keasliannya supaya dilayani.
  • Penukaran cocok dengan posisi serta waktu yang tertera di fakta pemesanan melalui aplikasi PINTAR.
  • Penggantian diberikan cocok dengan nominal uang yang ditukarkan.

Uang Rusak/ Cacat

Terdapat sebagian syarat spesial terpaut layanan penukaran uang rusak ataupun cacat melalui aplikasi PINTAR. Tidak seluruh uang dapat diganti bila tidak cocok ketentuan. Berikut merupakan persyaratannya biar pemesanan pengguna dilayani:

  • Pengguna menghitung nominal uang yang rusak/ cacat.
  • Uang dikelompokkan cocok tipe pecahan serta diletakkan dalam sesuatu tempat.
  • Tidak mengenakan perekat, semacam selotip dikala mengelompokkan uang logam.
  • Ciri keaslian uang rusak/ cacat masih dapat dikenali.
  • Karena kehancuran uang bukan sebab disengaja. Bank Indonesia juga tidak mengubah uang yang lenyap.

Buat tata cara penukaran serta syarat lain yang lebih lengkap, dapat memandang pada aplikasi PINTAR. Dalam aplikasi tersebut diberi cerminan model uang rusak/ cacat yang bisa ditukarkan. Tercantum juga foto dari uang kertas ataupun logam.

UPK 75 Tahun RI

Pengguna yang dapat membuat pesanan di aplikasi PINTAR buat layanan penukaran UPK 75 wajib asli masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu juga telah memiliki KTP. Bukti diri tersebut buat mengisi persyaratan di aplikasi serta memperoleh fakta pemesanan.

Dikala melaksanakan penukaran, pemesan wajib bawa fakta serta KTP aslinya. Bila diambil orang lain, pihak yang mewakili bawa persyaratan selaku berikut:

  • Fakta pemesanan.
  • KTP asli pemesan.
  • KTP asli perwakilan penukaran.
  • Surat kuasa bermaterai.

Pemesanan penukaran UPK 75 tahun RI melalui aplikasi PINTAR dilakukan secara orang. Bila kolektif, perwakilan wajib mendaftar melalui email. Minimun jumlah pemesan ialah 22 orang serta ditulis dalam dokumen Microsoft Excel.

Cara Mengubah Uang Melalui Aplikasi PINTAR

Gimana memakai layanan di aplikasi penukaran uang PINTAR? Secara universal, ketiga layanan mempunyai cara seragam. Cuma saja terdapat perbandingan di langkah tertentu. Berikut panduannya:

  1. Buka aplikasi PINTAR di alamat https:// pintar. bi. go. id/.
  2. Pada taman dini, seleksi layanan penukaran uang.
  3. Tentukan posisi penukaran dengan memilah provinsi serta kantor terdekat.
  4. Tentukan bertepatan pada serta waktu cocok ketersediaan.
  5. Isi informasi pemesan cocok panduan, mulai dari nama, NIK, email, serta no telepon.
  6. Isi nominal uang yang hendak diganti.
  7. Seleksi jenis( layanan penukaran uang rusak/ cacat).
  8. Lakukan pemesanan.

Tiba ke posisi dengan bawa fakta pemesanan cocok waktunya. Jangan kurang ingat bawa KTP asli.

Seperti itu pembahasan aplikasi penukaran uang PINTAR secara lengkap. Layanan kas yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia tersebut pasti mempermudah pengguna. Warga bisa mendapatkan uang pecahan cocok dengan jumlah yang lumayan serta layak edar.

Kalaupun mempunyai uang rusak berjumlah banyak di rumah, tidak butuh bimbang lagi. Bank Indonesia hendak membagikan penggantian bila uangnya penuhi persyaratan. Begitu juga untuk yang mau memperoleh Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI.

Seluruh layanan dalam aplikasi PINTAR dapat diakses dengan gampang. Warga bisa memastikan posisi penukaran terdekat tanpa wajib tiba ke kantor pusat Bank Indonesia. Supaya dilayani, yakinkan kalau seluruh syarat penukaran dari ketiga layanan tersebut dipadati.

Leave a Comment