5 Taman Laut Nasional di Sulawesi Terindah Bak Surga Tersembunyi

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau yang terletak dari Sabang sampai Merauke. Sebagian wilayah Indonesia, yaitu sekitar 2/3 adalah wilayah perairan. Indonesia dengan wilayah perairannya terkenal dengan taman laut dan dunia bawah laut yang indah dan cantik.

Taman laut adalah area atau kawasan laut yang dilindungi oleh pemerintah setempat yang kemudian difungsikan sebagai tempat pemeliharaan, serta sebagai tempat pelestarian dunia bawah laut. Air yang jernih dengan gradasi air laut yang berwarna biru yang memukau. Taman laut dan dunia bawah laut perairan Indonesia juga kaya akan keberagaman hayati serta terumbu karang. Nah, yang perlu kamu ketahui bahwa, 18% dari total terumbu karang di dunia ada di perairan Indonesia. Kita sebagai warga negara Indonesia tentunya harus bangga, dan ikut melestarikan taman bawah laut ini.

Pesona keindahan bawah laut dan dunia bawah laut Indonesia juga menjadi salah satu pemicu dari menjamurnya aktivitas atau olahraga selam seperti snorkling, diving, scuba, dan masih banyak yang lainnya. Memang kenikmatakan yang harus dirasakan.  Selain itu juga, pesona taman laut dan dunia bawah laut Indonesia juga sudah tersebar sampai mancanegara. Bahkan banyak banget wisatawan dari luar negeri datang untuk menikmati pesona keindahan bawah laut Indonesia.

Sulawesi terkenal akan keindahan pulaunya, karena Sulawesi merupakan salah satu dari empat kepulauan Sunda terbesar, dan menduduki pulau terbesar kesebelas di dunia yang terletak di sebelah timur Kalimantan.  Nah bagi kamu yang ingin menikmati pesona taman laut dan bawah laut, Sulawesi adalah tempat yang tepat. Kami akan merekomendasikan kamu 5 taman laut Sulawesi terindah. Cekidot.

Taman Laut Nasional Bunaken

taman nasional bunaken

Taman Nasional Bunaken terletak di Sulawesi Utara, tepatnya terletak di wilayah Kabupaten Minahasa, Kotamadya Manado, Sulawesi Utara, selain itu terletak di Segitiga Terumbu Karang yang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan beberapa spesies lain seperti: spesies ikan, moluska, reptile dan mamalia laut.

Objek wisata Taman Nasional Bunaken ini memiliki luas sekitar 89.065 h. Jika kalian berkunjung ke Taman Nasional Bunaken kalian akan menikmati pesona taman laut dan dunia bawah laut yang cantik dan indah. Jika kalian melakukan aktivitas snorkelling, diving kalian akan melihat keindahan bawah laut yang dapat memanjakan mata.  

Selain itu lokasi Taman Nasional Bunaken ini adalah sebagai perwakilan ekosistem perairan tropis yang ada di Indonesia, yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. 

Bagi kalian yang masih pemula dalam hal menyelam dan ingin belajar menyelam, kalian bisa menggunakan jasa pengajar penyelam. Dijamin dalam waktu beberapa menit kamu bisa menyelam dengan baik.

Rute perjalanan menuju Taman Nasioanal Bunaken, kamu bisa melalui pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas yang menghabiskan waktu tempuh sekitar 10-15 menit dengan menggunakan kapal pesiar. Jika kamu berangkat dari pelabuhan Manado, kamu juga bisa menggunakan perahu motor untuk menuju pulau Siladen yang dapat ditembuh sekitar 20 menit, kemudian ke Pulau Bunaken sekitar 30 menit, ke Pulau Montehege sekitar 50 menit dan ke Pulau Nain sekitar 60 menit.

Untuk biaya masuk ke Taman Nasional Bunaken kamu akan merauh kantung sebesar Rp. 2.500/hari untuk wisatawan domestic, dan Rp150.000/tahun untuk wisatawan asing.

Taman Nasional Kep.Togean Sulteng

taman nasional kep togean

Taman Nasional Kepulauan Togean adalah kepulauan yang dihimpit antara zona transisi Wallace dan Weber dan termasuk gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini. Di Taman Nasional Kepulauan Togean ini memiliki ekosistem terumbu karang penting, yang sering disebut segitiga terumbu karang atau coal triangle, ini merupakan area-area yang memiliki keragaman karang tertinggi di dunia.

Yang perlu kamu ketahui bahwa Coral triangle ini meliputi beberapa wilayah seperti Indonesia, Philipina, Malaysia, Papua Nugini hingga Kepulauan Microneasia. Selain karang, Taman Nasional Kepulauan Togean ini memiliki biota laut seperti 596 jenis ikan diantaranya endemik, moluska serta jenis biota laut langka lainnya seperti Kima Raksasa, Kima sisik, Penyu Hijau, Penyu sisik, Lola, Dugong, dan Paus Pilot.

Habitat bagi satwa endemik seperti monyet togean yang menjadi salah satu ikon satwa di Kepulauan Togean yang hanya bisa kamu temukan di Pulau Malenge. Ada juga babirus togean yang merupakan salah satu satwa khas dan endemik di Kepulauan Togean yang masuk dalam daftar satwa terancam punah. Selain itu ada biodata darat yang bisa kamu lihat di Taman Nasional Kepulauan Togean seperti biawah togean, kuskus berang yang merupakan salah satu jenis langka, Tarsius, Babi Rusa, Ketam Kenari, ada juga 97 jenis burung, 363 jenis flora, 33 jenis tumbuhan mangrove serta masih banyak lagi.

Untuk menuju pulau Togean kamu bisa memilih jalur Gorontalo dengan menggunakan kapal feri Tuna Tomini. Kamu tidak perlu melakukan perjalanan darat yang memakan waktu sangat lama. Tetapi jika kamu memiliki waktu yang tidak lama untuk liburan, kamu bisa berangkat dari Palu, karena lewat Palu yang memiliki jadwal keberangkatan kapal lebih banyak.

Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara

taman nasional wakatobi

Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu dari 50 taman nasional yang ada di Indonesia. Taman Nasional Wakatobi terletak di wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman Nasional laut ini diresmikan pada tahun 1996, taman ini memiliki total area 1,39 juta hekatare dengan 4 pulaunya seperti Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Nah, kamu tau tidak nama Wakatobi terbentuk dari suku kata pertama dari nama empat pulau tersebut.

Taman Nasional Kepulauan Wakatobi ini menduduki salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan konsisi karang. Taman Nasional Wakatobi memilki kedalaman air bermacam-macam, bagian yang paling dalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut dan memiliki panorama keindahan alam bawah laut dengan didalamnya terdapat sebanyak 25 buah gugusan terumbu karang.

Gugusan terumbu karang dapat kamu temukan di area sekitar, dengann jumlah 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai. Jenis karang yang bisa kamu temui disini adalah jenis karang Acropora Formosa, Hyacinthus, Psammocora, Pavona cactus dan masih banyak yang lainnya.

Sama seperti taman bawah laut sebelumnya Taman Nasional Kepulauan Wakatobi juga banyak sekali menyimpan ragam spesies ikan sebanyak 93 jenis ikan yang dapat dikonsumsi dan beberapa ikan hias seperti Argus bitnik, Takhasang, Pogo-pogo dan Ikan Napoleon. Tentunya masih banyak lagi ikan lainnya.

Ada juga beberapa jenis burung laut seperti, burung Angsa batu coklat, burung cerek melayu, burung Raja udang erasia. Menariknya kamu bisa melihat penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang yang terkadang sering mendarat di pulau-pulau yang ada di taman nasional.

Rute perjalanan menuju Wakatobi bisa kamu mulai dari Kota Kendari yang merupakan ibu kota Sulawesi Tenggara, melalui perjalanan udara dari Bandara Haluoleo Kendari kamu akan menempuh perjalanan selama 50 menit untuk sampai ke Pulau Wangi-Wangi, Ibu Kota Wakatobi. Sangat mudah bukan?

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

taman nasional rawa aopa watumohai

Taman Nasioanl Rawa Aopa Watumohai merupakan taman nasional yang berlokasi di wilayah provinsi Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Rawa Aopa Watumoha di resmikan pada tahun 1989 sebagai taman nasional. Wilayah ini memiliki luas mencapai 1.050 km2 dengan  ketinggian taman yang beragan dari di atas permukaan laut sampai ketinggian 981 m.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai  menyimpan berbagai macam vegetasi seperti hutan mangrove. Selain hutan mangrove, taman ini juga memiliki babirusa, anoa dan 155 spesies burung, 37 diantaranya termasuk satwa endemic. Jumlah tanaman yang terdapat di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai terdapat 323 spesies tanaman. 

Jika kalian ingin melihat berbagai jenis bunga teratai, kalian bisa menemukan dan melihatnya di taman ini. Karena taman ini memiliki banyak sekali jenis teratai seperti, teratai merah, teratai putih, tertai ungu, hingga perpaduan warna sesuai dengan cuaca pada saat itu. Selain teratai kamu akan menemukan daun talas yang lebar, kemudian panda berduri, pudak hijau, rumput bulat, dan juga bunga bakung. Keindahan disana sunggu bagaikan surge, karena bisa memanjakan matamu dan melepas penat mu saat bekerja.

Untuk rute perjalanan menuju Taman Nasional ini terdapat 3 rute alternatif dengan menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan. Rute pertaman: mulai dari Kota Kendari menuju Punggaluku, lalu kamu menuju Tinanggea, kemudian menuju ke Lanowulu yang akan menempuh jarak 120 km dengan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam 30 menit untuk sampai ke taman ini.

Rute kedua: kamu bisa mulai perjalanan mu dari Kota Kendari menuju Motaha, lalu melanjutkan perjalananmu menuju Tinanggea, dan menuju ke Lanowulu dengan jarak tempuh 130 km yang akan memakan waktu perjalanan sekitar  3 jam untuk menuju taman nasional. Rute ke tiga: sama seperti rute sebelumnya, perjalanan dimulai dari Kota Kendari kemudian menuju Lanowulu dengan jarak tempuh sekitar 45 km dengan memakan waktu perjalanan sekitar 4 jam lebih lama dari rute sebelumnya.

Taman Nasional Takabonarete

taman nasional taka bonerate

Taman Nasional Takabonarete berlokasi di wilayah kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Taman Nasional Takabonerate ini telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia, dan mulai dicalonkan pada tahun 2005. Taman Nasional ini punya daya tarik tersendiri yang dapat memimat wisatawan. Taman Nasional ini menyimpan sebanyak 295 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan yang dapat dikonsumsi lainya. Selain itu, ada juga jenis moluska berjumlah 244 jenis, seperti lola, kerrang kepala kamping, triton dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Ada banyak daya tari yang saying kamu lewatkan jika kamu berlibur ke Taman Nasional Takabonarete ini. Taman ini adalah surganya spot diving, karena menyimpan banyak potensi alam bawah laut yang sangat banyak. Jika kalian melakukan spot diving disini kalian harus mencoba spot diving seperti spot mercusuar yang memiliki karakteristik lokasi berupa reef edge (karang tepi) dengan suhu 27 derajat celcius dan pola arus susur pantai. Ada lagi spot The Rivers Spot yang terletak di Pulau JInato, yang memilki karakteristik spot diving slope/wall/drop off (dinding). Kalian akan menikmati keindahan terumbu karang dan pesona bawah laut lainya. 

Selain aktivitas diving kamu juga bisa bermain bersama hiu-hiu kecil di Pulau Tinabo. Hiu-hiu kecil itu akan berada di bibir pantai Pulau Tinabo. Tentu saja sangat aman untuk kamu yang ingin berenang bersama bayi hiu tersebut.

Nah itu tadi 5 taman laut yang ada di Sulawesi. Keindahan taman  laut Sulawesi adalah bukti dari kekayaan yang dimiliki Indonesia. Kita sangat beruntung bisa menikmati keindahan bawah laut. Untuk kamu yang ingi berlibur ke taman laut Sulawesi jangan lupa ikut serta merawat dan melestarikan dunia bawah laut ya, agar kita tetap bisa menikmati keindahanya. Sekarang, siapkan planning liburan kamu ya, dan selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *