Waterpark Ciperna

Cirebon mungkin bukan tidak sepopuler Semarang atau Solo di Jawa Tengah sebagai kota wisata. Namun Anda bisa menjelajah kota udang ini dan menemukan banyak “harta karun”. Bukan cuma Keraton Kasepuhan saja. Masih ada banyak lagi. Salah satunya adalah Waterpark Ciperna. 

Seperti yang sudah bisa Anda tebak dari namanya, tempat wisata di Cirebon ini menyediakan wahana air sebagai daya tarik utamanya. Meskipun begitu, di dalam waterpark ini, ada wahana-wahana lain lagi yang bisa Anda jajal. 

Contohnya, di taman kota Ciperna, Anda bisa jalan-jalan menikmati mini zoo. Koleksi satwanya cukup lengkap sebagai kebun binatang mini. Selain itu, ada juga Danau Kyai Masni yang terletak di tengah area water park. Area danau ini juga dilengkapi dengan panggung hiburan dan berbagai arena permainan. 

Sekilas Tentang Waterpark Ciperna 

Bisa dibilang, waterpark Ciperna mengkombinasikan wisata air dan wisata alam. Itu karena tempat ini juga punya wahana wisata lain selain waterpark. Meskipun begitu, waterpark ini letaknya di pusat kota, bahkan ada di dalam pemukiman warga. 

Tempat wisata ini jadi favorit banyak orang, terutama orang-orang yang dari Cirebon. Pasalnya, mereka tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati wisata air sekaligus menikmati alam. Bahkan, pengunjung dari Cirebon juga banyak lho, yang ke sini. 

Di akhir pekan atau di hari libur nasional, pengunjung taman wisata ini bisa sampai 2500 orang. Kabarnya, jumlah ini akan meningkat jadi 400% saat libur sekolah atau libur akhir tahun. 

Tak heran banyak peminatnya. Memang tempat wisata yang satu ini fasilitasnya sangat lengkap, seperti Sangkan Resort Aqua Park di Kuningan, tapi harganya sangat terjangkau. Bahkan, di sini Anda bukan cuma bisa berenang. 

Ada wahana outbound juga, yang bisa Anda jajal jika ingin mencoba ketangkasan. Ada taman juga di depan yang dilengkapi dengan air terjun min dan air mancur, bisa dijadikan spot foto yang Instagramable. 

Daya Tarik Waterpark Ciperna 

Dijamin, Anda tidak akan kekurangan aktivitas di Waterpark Ciperna. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini. Beberapa di antaranya adalah: 

Berenang

Tentu saja, ini adalah daya tarik utama sebuah waterpark. Ada banyak kolam dengan kedalaman dan luas yang berbeda-beda. Semua kolam tersebut dilengkapi dengan wahana yang beragam. Bayangkan, ada sembilan kolam di waterpark ini! Jadi, meski ada banyak pengunjung, Anda tetap masih bisa berenang dengan leluasa. 

Jangan khawatir soal keamanannya. Di setiap kolam, sudah disediakan lifeguard untuk menjaga keamanan dan keselamatan. Di musim liburan, ketika pengunjung membludak, jumlah lifeguard juga ditingkatkan. 

Setiap kolam punya keunikan sendiri-sendiri. Ada kolam seluncur, kolam balita, kolam ember tumpah, kolam dewasa, dan lain sebagainya. 

Meskipun semua kolamnya outdoor, setiap kolam dipayungi dengan pohon-pohon rimbun. Jadi suasananya selalu teduh, bahkan di siang hari. Meski di atasnya ada pohon-pohon, area kolam tetap bersih tanpa ada satu daun pun, karena pihak pengelola sudah memasang jaring di atas kolam. 

Jalan-jalan di Kebun Binatang Mini

Kalau Anda sudah puas berenang, Anda juga bisa jalan-jalan di kebun binatang mini. Kebun binatang ini masih satu area dengan water park. Lokasi tepatnya ada di sisi kanan gerbang masuk waterpark. 

Koleksi binatang yang bisa Anda lihat di sini antara lain biawak, ular, kalkun, ayam hutan, monyet, dan kera. Di kawasan waterpark pun, Anda bisa menemukan banyak patung hewan yang bisa dijadikan spot foto. 

Menaiki Jembatan Gantung 

Ada jembatan gantung yang ditambahkan ke sini sebagai bagian dari fasilitas penunjang. Jembatan gantung ini ada fungsinya, lho, bukan cuma sekadar spot foto. Fungsinya adalah untuk menghubungi dua sisi Danau Kyai Masni. 

Berarti, kalau Anda berjalan di atas jembatan ini, Anda bisa berfoto tepat di atas danau. Dan memang ini adalah salah satu spot foto favorit pengunjung. 

Mencoba Flying Fox

Wahana flying fox ini ada di arena outbound. Kalau Anda ingin memacu adrenalin, boleh coba meluncur pakai wahana ini. Tingginya sekitar dua puluh meter, dengan panjang lintasan kira-kira dua ratus meter. 

Kabarnya, ini adalah flying fox terpanjang di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan). Tidak usah khawatir soal pengamanan. Wahana ini sudah dilengkapi dengan alat keselamatan. 

Main di Playground

Ada sebuah taman permainan khusus anak di taman rekreasi ini. Terdapat dua belas macam permainan yang bisa dicoba oleh anak Anda. Beberapa di antaranya adalah kereta rel. mandi bola, komedi putar, mobil mini, dan kereta mini. 

Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk berfoto dengan badut karakter. Setiap hari, selalu ada badut karakter di sini untuk menghibur anak-anak. Ada badut Doraemon, Bugs Bunny, Tom and Jerry, dan masih banyak lagi. 

Fasilitas Waterpark Ciperna 

Waterpark yang satu ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas untuk mendukung kenyamanan Anda. Ada toilet, kamar bilas, kamar ganti, mushola, dan tempat parkir sebagai fasilitas dasar. Ada juga cafe dan kantin yang tersedia di tiap kolam, jadi Anda yang kelaparan sehabis berenang bisa langsung coba makanan khas Cirebon yang tersaji di pinggir kolam. 

Fasilitas penunjangnya meliputi loker, tempat duduk, gazebo, spot foto, lifeguard, dan berbagai wahana permainan. Semua itu bisa Anda nikmati setelah membayar tiket masuk. 

Harga Tiket Masuk Waterpark Ciperna 

Dibandingkan dengan waterpark besar lainnya, tiket masuk waterpark Ciperna ini sangat terjangkau. Tak heran banyak peminatnya. 

Tiket Harga 
Tiket masuk Rp20.000,00
Flying fox Rp10.000,00
Two-lineRp5.000,00
Playground anak Rp5.000,00
Bebek kayuh dan sepeda mini Rp10.000,00
Mobil kayuh Rp15,000,00

Anak-anak di bawah usia lima tahun bebas tiket masuk. 

Rute Menuju Waterpark Ciperna

Waterpark Ciperna ada di dalam perumahan Taman Kota, di Jalan Sudirman, Kelurahan Ciperna, Kecamatan Talun, Cirebon. Lokasinya dekat dengan tol Kanci-Palimanan. Tempat ini bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

Kalau dari pusat kota Cirebon sendiri, jaraknya tidak jauh. Anda bisa susuri jalanan sisi timur Cirebon yang mengarah ke Kuningan. Setelah masuk bundaran, Anda bisa masuk ke jalan Siliwangi, lalu tetap lurus sampai masuk ke Jalan Rangsari atau Jalan Raya Jagakarsa. 

Dari situ, ikut jalan saja sampai bertemu Jalan Raya Bojong. Setelah itu, Anda akan bertemu Jalan Raya Cimulus. Dari situ,tinggal ikuti petunjuk jalan menuju Perumahan Taman Kota Ciperna. 

Rute tersebut terdengar membingungkan bagi wisatawan yang tidak berasal dari kota Cirebon. Nah, bagi Anda yang berasal dari luar kota, Anda bisa rental mobil beserta sopir sekaligus untuk mengantar Anda keliling kota Cirebon, mengunjungi tempat wisata, dan beli oleh-oleh khas Cirebon.

Jam Operasional Waterpark Ciperna 

Waterpark Ciperna bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 08.00 sampai 16.30 WIB. Kalau ingin suasana yang masih sejuk, Anda bisa datang di pagi hari ketika wisata ini baru buka, atau sore hari sekalian, sekitar jam 15.00 saat matahari sudah tidak terlalu terik lagi.

Leave a Comment