11 Tempat Wisata Alam Bandung Terbaru yang Keren & Asri

Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota Bandung terkenal dengan cuacanya yang dingin. Bandung juga termasuk kedalam kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Barat. Banyak sejarah-sejarah penting yang ada di Kota Bandung. Bandung sebagai tempat lahirnya sebuah perguruan tinggi Teknik pertama yang ada di Indonesia. Universitas tersebut adalah Institut Teknologi Bandung.

Merupakan salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati pemuda-pemuda di Indonesia. Kota Bandung juga terpilih sebagai kota paling aman di dunia berdasarkan pilihan majalah Time pada tahun 1990. Bandung yang terkenal dengan sebutan Kota Kembang ini, memiliki banyak pohon-pohon dan Bunga-bunga cantik yang tumbuh subur di Kota ini. Hal inilah yang membuat Bandung dijuluki sebagai Kota Kembang.

Karena Bandung merupakan kota metropolitan, maka tidak heran banyak pusat perbelanjaan yang ada di Bandung. Di Bandung kamu akan menemukan pusat belanja seperti mall dan factory outlet dan masih banyak lagi gerai-gerai yang bisa kamu temukan di Bandung. Semakin banyaknya wisatawan yang menjadikan Bandung sebagai tujuan wisata, maka Bandung semakin majunya zaman semakin berkembang.

Saat ini Bandung juga dikenal sebagai Kota Kuliner. Kamu akan menemukan berbagai jenis makanan yang bisa kamu icip di Bandung. Yang paling menjadi favorit wisatawan adalah kuliner yang pedas seperti baso aci. Tepat pada tahun 2007, Kota Bandung dijadikan sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur.

Julukan ini dikeluarkan oleh konsorium beberapa LSM Internasional.  Selain terkenal dengan beberapa julukan dan kekhasannya, Bandung masih memiliki kelebihan. Yaitu sebagai salah satu tujuan utama pariwisata dan tujuan utama Pendidikan. 

Berbicara tentang pariwisata yang di miliki Kota Bandung. Bandung sama seperti kot-kota yang ada di Indonesia lainnya. Bandung banyak menyimpan peninggalan sejarah seperti gedung-gedung peninggalan Belanda yang memiliki arsitektur yang sangat khas dan unik. Ada juga Gedung Sate yang saat ini dialih fungsikan sebagai kantor pemerintahan provinsi Jawa Barat.

Selain gedung sate ada juga Gedung Pakuan yang saat ini dialih fungsikan sebagai tempat tinggal resmi gubernur Provinsi Jawa Barat, kemudian gedung Dwi Warna atau kerap disebut Indische Pensioenfons yang saat ini dialih fungsikan sebagai Kantor wilayahXII Ditjen Pembendaharaan Bandung. Dan masih banyak lagi ruang-ruang atau gedung-gedung lama yang dialih fungsikan untuk aktivitas pemerintahan dan Pendidikan.

Jika kamu penikmat seni, kamu harus mengetahui ruang publick seni seperti museum, gedung pertunjukan, ada juga galeri yaitu gedung merdeka yang saat itu digunakan sebagai tempat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika yang di selenggarakan pada tahun 1955. 

Bandung adalah salah satu kota yang wajib kamu kunjungi, karena Bandung menyimpan banyak wisata. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan tentunya wisata alam. Disini kami akan mengajak kamu mengexplore wisata alam Bandung yang wajib kamu kunjungi jika sedan berada di Bandung. Ini dia beberapa wisata alam Bandung yang kami rekomendasikan untuk kamu.

Wisata Alam Kawah Putih

Wisata Alam Kawah Putih

Wisata Alam Bandung yang akan kami rekomendasikan untuk kamu adalah kawah putih Bandung. Jika kamu sedang ada di Kota Kembang ini, kamu harus mengunjungi wisata alam kawah putih. Karena wisata Bandung yang satu ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik.

Kamu akan disuguhkan pemandangan kawah putih dan pasir putih yang akan membuat kamu merasa tenang dan kamu juga akan mendapakan suasana yang sangat romantis di kawah putih ini. Wisata alam kawah putih adalah salah satu icon yang memiliki keindahan yang tak bisa kamu hindari.

Kawah putih sangat cocok untuk kamu yang suka dengan wisata-wisata yang berbau alam. Kawah putih ini adalah danau yang memiliki terbentuk karena letusan Gunung Patuha. Bisa dikatakan bahwa kawah putih ini ada karena fenomena alam. 

Bila kamu merasa masih asing dengan wisata alam kawah putih Bandung. Kami akan memberikan informasi lengkap mengenai destinasi satu ini. Kawah putih ini terletak di provinsi Jawa Barat tepatnya di desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Lebih tepatnya lagi letak objek wisata ini terletak di kaki gunung Patuha.

Sebuah danau yang yang memiliki warna air yang berwarna putih agak kehijauan, terkadang warna air pada danau ini pun bisa berubah sewaktu-waktu. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kawah Putih. Danau ini memiliki ketinggisn sekitar 2194 m dan memiliki luas keseluruhan seluas 25 ha.

Untuk bisa sampai ke kawah putih kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. JIkau kamu berangkat dari luar Kota Kembang Bandung kamu bisa memilih rute perjalanan jalur pintu keluar Tol Kopo, kemudian kamu akan melewati sayati dan di melanjutkan perjalanan ke Soreang. Setelah itu dari Soreang  kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu ke Ciwidey dan kamu akan sampai ke wisata alam Kawah Putih.

Tarif yang dikenakan untuk masuk ke Kawasan kawah putih kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 per orang (khusus WNI). Jika wisatawan luar negeri maka akan dikenakan tarif sebesar Rp75.000 per orang. Kawah putih biasanya juga digunakan sebagai spot foto preweding. Jika kamu melakukan preweding disini kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp500.000 per orang. 

Glamping Lakeside

Glamping Lakeside

Wisata alam Bandung selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Glamping Lakeside. Glamping Lakeside adalah salah satu destinasi yang baru dibuka pada tahun 2016 tepatnya pada tanggal 7 juli. Walaupun Glamping Lakeside merupakan destinasi yang baru didiirikan, fasilitas yang dimiliki diobjek wisata ini sangat beragam dan unik.

Tentunya wisata ini sangat wajib kamu kunjungi. Glamping Lakeside juga memiliki spot-spot yang unik yang bisa kamu nikmati. Spot yang favorit yang banyak disukai wisatawan adalah Pinisi resto. Piniti resto adalah sebuah restoran yang tempatnya berbentuk perahu dalam ukuran sebenarnya. Apa kamu sudah bisa membayangkan betapa besarnya restoran ini.

Spot selanjutnya adalah Teras Bintang Glamping Lakeside Ciwidey. Teras Bintang Ciwidey adalah salah satu spot terbaru yang ada di area Glamping Lakeside Ciwidey. Spot ini dselesai dibuat pada tahun 2017. Jika kamu mendatangi spot ini dan kamu berada berdiri di balcony star view kamu akan bisa melihat area sekitar 360 derajat sejauh mata memandang.

View yang bisa kamu nikmati jika kamu berada di spot ini adalah view danau atau situ patenggang dengan luas. Selian view cantik danau patenggang. Kamu akan melihat panorama gunung dan kebun teh yang ada disekitar area tersebut. Pemandangan teh dengan daun hijau yang segar akan membuat kamu merasa tenang. Sangat cocok jika kamu menikmati keindahan view ini sambil menyeruput teh hangat atau kopi panas.

Pinisi Resto, salah satu spot yang sudah saya sebutkan diatas. Pinisi resto adalah tempat yang sangat keren dan instagramable. Sangat direkomendasikan, datang saat pagi hari atau malam hari, suasana yang akan kamu dapatkan akan sangat seru dan keren. Disini tersedia berbagai jenis menu makanan. Untuk harga makanan memang agak mahal, tapi view dan suasana yang ditawarkan cukup terbayarkan kok.

Selanjutnya ada spot yang bernama Tent Resort Glamping Lakeside Rancabali Bandung. JIka kamu ingin bermalam dikawasan ini kamu bisa menyewa camp yang didesain mewah dan nyaman untuk wisatawan. Kamu juga harus datang ke Jembatan Danau yang ada dikawasan ini.

Jembatan yang membelah salah satu bagian situ Patenggang. Jika kamu datang ke jembatan pada malam hari, maka kamu akan disuguhkan pemandungan lampu kerlap kerlip yang menempel dipinggir jembatan.

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Wisata alam selanjutnya adalah Situ Patenggang. Situ Patenggang adalah destinasi wisata alam yang berada di area wisata Ciwidey Bandung. Situ Patenggang berjarak sejauh 47 KM dari Kota Kembang Bandung. Situ Patenggang menyuguhkan pesona alam yang sangat cantik dan indah yang wajib kamu kunjungi jika kamu berlibur ke kota Bandung.

Situ Patenggang berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut yang memberikan panorama alam yang eksotis. JIka kamu berkunjung ke objek wisata satu ini kamu bisa sekaigus melihat kebun teh yang berada di sekiaran situ Patenggang. Untuk bisa menikmati panorama alam yang ada di situ Patenggang kamu akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp15.000 per orang.

Selain itu kamu juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan. JIka kamu berkunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua kamu akan dikenakan biaya parkir Rp3.500, untuk kendaaan roda empat kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp11.000. Untuk kendaraan besar seperti bus makan akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp22.000. 

Kamu bisa menikmati fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola. Fasilitas yang ada di Situ Patenggang adalah rumah makan, gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai, penyewaan perahu yang bisa digunakan untuk menelusuri danau Patenggang, sepeda air, sampai tokoh souvenir pun ada di Kawasan objek wisata alam satu ini. 

Selain itu kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing, piknik dipinggiran danau bersama keluarga sambil menikmati bekal, atau berjalan kaki sambil mengitari kebun the dan masih berselfie ria. 

Argowisata Kawah Rengganis

Argowisata Kawah Rengganis

Wisata alam yang ada di Bandung memng tidak ada habisnya. Mulai dari danau, kebun teh, kawah pemandian dan masih banyak lagi. Kami akan merekomendasikan destinasi wisata yang ada di Bandung untuk kamu. Salah satunya adalah Agrowisata Kawah Rengganis. Ciwidey memang banyak memiliki destinasi alam yang sangat menarik  untuk dikunjungi.

Kawah Rengganis Ciwidey Bandung merupakan sebuah area kawah alam yang terbentuk karena proses alam yang sudah terjadi jutaan tahun yang lalu. Hal ini disebabkan akibat meletusnya gunung sunda purba. Agrowisata Kawah Rengganis menyimpan banyak keindahan.

Seperti pemandangan yang masih asri dan aroma belereng yang melengkapi keasrian Agrowisata Kawah Rengganis. Disekitaran kawah Rengganis ini terdapat pepohonan pepohonan dan disekitarnya juga ada bebatuan yang melengkapi keasrian wisata alam ini.

Selain menikmati pemandangan eksotis kawah Renggani, kamu juga bsa bermain air serta mandi dikawah ini loh. Karena kawah Rengganis ini merupakah kawah yang di aliri oleh air sungai yang airnya sangat jernih. Yang airnya bercampur dengan mata air panas, hal ini lah yang menyebabkan objek wisata kawah ini bisa dipakai untuk pemandian air panas.

Selain bisa digunakan untuk pemandian air panas, Kawah Rengganis juga bisa digunakan sebagai tempat spa dan sauna alami yang sangat disarankan untuk dicoba. Tidak sah rasanya jika kita mengunjungi objek wisata alam tetapi tidak mengabadi kan moment. Setelah menikmati fasilitas yang ada di kawah Rengganis kamu bisa berselfie ria dengan background kawah Rengganis.

Tiket masuk ke kawah Rengganis adalah sebesar Rp5.000 per orang. Cukup murah buka?. Agrowisata Kawah Rengganis terletak di Kecamatan Rancabali. Kawasan ini masuk kedalam Komplek Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju ke objek wisata ini dengan kendaraan pribadi kamu bisa melihat rute perjalanan di google maps.

Punceling Pass Ciwidey

Punceling Pass Ciwidey

Selanjutnya adalah wisata Punceling Pass yang terletak di lereng gunung Patuha. Wisata ini termasuk salah satu wisata Ciwidey yang cukup populer. Objek wisata ini sangat sering dilewati para wisatawan yang berlibur ke Bandung. Jika kamu berkunjung ke Punceling Pass Ciwidey kamu akan mendapati pemanadangan eksotis yang sangat indah. AKtivitas yang bisa kamu lakukan di Punceling Pass Ciwidey adalah dengan menikmati kolam pemandian yang dikelilingi oleh pohon-pohon dan tumbuhan sekitar.

Kolam air panas ini bisa dijadikan alat terapi yang bisa menghilangkan rasa Lelah di badan. Selain fasilitas kolam pemandian air panas destinasi wisata Punceling Pass Ciwidey juga memiliki kolam terapi ikan yang sangat berguna bagi kesehatan kulit kita.

Karena ikan-ikan yang ada dikolam akan memakan sel kulit mati yang ada dikulit kita. Selain spot-spot fasilitas objek wisata, di objek wisata ini juga disediakan fasilitas seperti area parkir yang luas, mushola, warung makan, area camping, kamar mandi. 

Jika kamu ingin menikmati betapa asiknya camping di area Punceling Pass Ciwidey kamu bisa langsung datang ke objek wisata alam satu ini. Untuk rute perjalanan kamu cukup mengakses google maps untu mendapatkan petunjuk arah menuju Punceling Pass Ciwidey.

Perkebunan Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali Ciwidey

Wisata alam selanjutnya adalah Perkebunan Teh Rancabali. Perkebunan Teh Rancabali berjarak sekitar 50 kilometer dari selatan Kota Bandung. Perkebunan teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Wisata yang menawarkan panorama alam yang sangat eksotis nan hijau ini memiliki ketinggian sekitar 1.628 meter diatas permukaan alaut. Suhu di area perkebunan ini sekitar 20 derajat celcius, udara yang sejuk dan sangat segar, sangat cocok untuk kamu yang menyukai suasana dingin ala pegunungan. 

Jika kamu berkunjung ke wisata perkebunan teh Rancabali kamu bisa melakuka aktivitas seperti tea walk, disini juga disediakan area permainan anak, FTV, ada juga flying fox extreme 300m, camping ground, kamu juga bisa melihat  pegolahan teh yang ada dipabrik, wisata ilmiah, menikmati sensasi kawah Rengganis dan mandi lumput, ada juga kolam renang umum walini.

JIka kamu ingin bermalam disini, kamu bisa menyewa villa Kidang Kencana, Villa Ciunf Wanara, Cottage Rancabali, Villa Patengan, atau menyewa rumah kayu kelapa Rancabali. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai makanan, karena disini terdapat restaurant yang menyediakan berbagai menu makanan. 

Perkebunn The Rancabali berlokasi di Kecamatan RAncabali dan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandun, Provinsi Jawa Barat. Jika kamu bingung dengan alamat yang sudah kamu berikan kamu bisa menggunakan google maps yang akan memberikan petunjuk arah yang pas menuju objek wisata Perkebunan Teh Rancabali. 

Perkebunan Teh Sinumbra

Perkebunan Teh Sinumbra

Berlibur ke perkebunan teh memang salah satu pilihan wisata yang tepat. Menikmati hamparan hijau tumbuhan teh bersama dengan udara yang sejauk, pemandangan eksotis yang disuguhkan area perkebunan akan membuat kamu merasa betah berlama-lama berdiri di tengah hamparan perkebunan teh.

Perkebunan teh Sinumbra menyimpan banyak keindahan yang wajib kami nikmati. Salah satunya, kamu harus bermalam diperkebunan Teh Sinumbra ini. Dengan begitu kamu akan puas melihat keindahan alam yang asri dan segar. Daya tari dari destinansi perkebunan teh Sinumbra adalah kamu bisa menikmati keindahan alam sambil menyeruput teh hangat yang segar.

Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk memetic daun the langsung dan ikut dalam pengolahan teh. Mulai dari pengeringan sampai menyeduh teh tersebut. Keunikan dari perkebunan Teh Sinumbra adalah di perkebunan ini terdapat sungai kecil yang bisa kamu gunakan untuk mandi dan bermain air.

Kamu tidak perlu khawatir, kedalaman yang dimiliki sungai ini hanya 50 cm meter kok. Sama seperti di wilayah pegunungan yang lain, air yang dimiliki sungai ini juga dingin. Tapi jika dipakai untuk mandi, bisa menambah kesegaran dibadan kamu. 

Bagi kamu penikmat panorama alam dan fotography kamu bisa bermalam dan menginap dan dipemukiman warga. Pada malam hari, jika cuaca sedang bagus dan tidak mendung kamu bisa mengambil moment suasana malam di area perkebunan dan kamu bisa mendapatkan foto milky way.

Suasana langit yang cerah pada malam hari yang akan membuat kamu terkagum-kagum akan ciptaan Allah SWT. Spot terbaik untuk mengambil foto adalah dibukit. 

Perkebunan teh SInumbra tberlokasi di wilayah Ciwidey. Perkebunan teh Sinumbra terletak sebelum perkebunan teh Rancabali (jika dari arah Kota Bandung) terdapat sebuah tikungan yang berarah ke kanan jalan.

Rute dan akses menuju perkebunan Teh Sinumbra sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Kamu akan dipermudah dengan arah penunjuk jalan. Jadi tidak perlu khawatir tersesat.

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Ranca Upas

Bagi kamu yang senang camping dan bermalam di alam, bumi perkemahan Ranca Upas Bandung ini sangat cocok untuk kamu. Bumi perkemahan Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11, Dusun Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya destinasi wisata ini berlokasi di Bandung Selatan.

Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki ketinggian 1700 meter dari atas permukaan laut. Suhu yang ada di area bumi perkemahan ini juga tergolong sangat dingin dan tentunya udaranya juga bersih sangat jauh dari polusi.

Suhu biasa yang ada di area ini berkisar antara 17 derajat celcius sampai 20 derajat celcius pada saat siang hari. Pada saat menjelang malam hari suhu yang ada di area bumi perkemahan Ranca Upas bisa mencapai 0 derajat celcius. Sudah kebayang gak, betapa dinginnya daerah itu?

JIka kamu memulai rute perjalan dari Bandung, kamu akan menempuh perjalanan selama 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Rute yang akan kami rekomendasikan untuk kamu adalah rute dari jalan Selatan Bandung, menuju arah Sorenag dan kamu akan melanutkan perjalanan menuju Ciwidey.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umu seperti bus. Jadi kamu bisa sedikit berhemat. Kamu bisa menggunakan bus jurusan Ciwidey. Setelah sampai di terminal kamu bisa menlanjutkan perjalanan mu dengan naik angkot dan langsung menuju Kampung  Cai Ranca Upas.

Fasilitas yang bisa kamu gunakan jika kamu camping di area ini adalah kolam renang, kolam air hangat, kolam renang water boom, permainan air, outdoor ghatering, penangkaran rusa. Untuk estimasi biaya masuk ke area Camoing Ground kamu akan  akan dikenakan biaya booking area sebanyak Rp200.000 per malam.

Disana juga disedakan alat camping seperti tenda pleton, tenda regu, sleeping bag, kayu bakar dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan tentunya dengan berbagai macam harga. Jangan lupa untuk membawa baju hangat jika kamu ingin camping di Ranca Upas ya. 

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Akhir pekan sangat cocok dihabiskan dengan berkemah bersama keluarga atau teman. Di Bandung ada yang namanya desa wisata Gambung. Salah satu dewa wisata yang ada di Bandung Selatan ini terletak di pintu masuk menuju Desa Wisata Gambung. Tepatnya berjakak 2,7 Kilometer sebelum alun-alun Ciwidey.

Saat kamu mnginjak kakimu di Kawasan wisata ini, kamu akan mendapati banyak destinasi wisata, seperti kebun teh, wisata kebun kopi, sampai wisata alam bumi perkemahan. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang namanya. Spot yang sangat direkomendasikan untuk area camping, karena area ini dikelilingin oleh pohon-pohon yang hijau dan cuaca yang sejuk.

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Wisata alam Bandung selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Kampung Cai Rancaupas. Ranca Upas merupakan salah satu area bumi perkemahan yang ada di Bandung, biasanya sering disebut Ranca Upas Smart Camp. Destinasi wisata ini sangat sering digunakan untuk berbagai acara, mulai dari acara berskala nasional, internasional hingga regional.

Kamu bisa mengajak keluarga serta teman kamu menikmati beberapa objek wisata yang ada di kampung Cai Ranca Upas ini. Yang menjadi spot favorit dari Kampung Cai Ranca Upas adalah Kolam renang air panas yang sangat alami yang bersumber dari mata air Gunung Patuha. Kampung Cai Ranca Upas beralamat di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11, Desa Alam Endah.

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Bandung, terutama di wilayah Ciwidey memang wilayah yang menyimpan banyak objek wisata yang indah dan keren. Objek wisata alam selanjutnya adalah Bukit Jamur Rancabolang. Bukit jamur Ranca Bolang adalah sebuah bukit yang dipenuhi dengan pohom-pohon cemara yang pendek dan daun-daunnya dibentuk hingga sama seperti jamur.

Itulah yang melatarbelakangi nama bukit ini yaitu Bukit Jamur. Udara yang pastinya sejuk dan bersih jauh dari polusi dan asap kendaraan bermotor. Letak dari bukit jamur Rancabolang ini tepat berada di bawah kaki gunung Tilu dan Gunung Patuha. Tentunya Bukit Jamur Rancabolang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, cocok sekali untuk kamu yang hobi selfie dan mengabadikan moment. 

Untuk rute menuju Bukit Jamur Rancabolang medan yang akan tempuh ada jalan dengan batu kerikil. Sebelum berangkat, jangan lupa untuk memastikan bahwa kendaraan kamu dalam kondisi bagus ya. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Bandung, kamu bisa mengambil arah jalan menuju Leuwi Panjang, kemudia melanjutkan perjalanan ke Ciwidey setelah itu kamu akan sampai ke Dusun Keneng. 

Bandung memang banyak menyimpan wisata alam yang sangat bagus nan indah, dilengkapi dengan udara yang sejuk. Suasana inilah yang paling disukai banyak wisatawan. Nah itu dia 11 wisata alam di Bandung yang kami rekomendasikan untuk kamu. Selamat Liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *