13 Destinasi Wisata Alam di Malang yang Indah dan Mempesona

Nah sobat travelers kali ini educatrip akan membahas segala hal dari wisata alam Malang. Pasalnya kota ini terkenal akan objek wisata Malang yang tersembunyi dan indah khususnya wisata alamnya.  Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancangera yang rela datang jauh-jauh demi mengintip keindahan Malang.

Nah tentunya sobat travelers pensaran kan ingin mengulik apa wisata alam apa saja yang tersembunyi di Malang? Nih educatrip rangkum beberapa wisata alam Malang yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Goa Pinus

goa pinus malang

Goa Pinus Malang ini sedang ramai diperbincangkan di media sosial, pasalnya kesan wisata ini sangat instagramable banget sobat.

Asal muasal wisata ini dinamai Goa Pinus pastinya punya sebabnya. Nah sebabnya di wisata ini terdapat sebuah gua yang dulunya bekas galian orang Jepang. Dalamnya goa ini yaitu 5 meter dan memiliki ketinggian kurang lebih 1,5 meter. Oleh karena itu, ketika hendak memasuki goa harus menunduk.

Ketika sobat travelers berkunjung ke goa pinus ini, sobat travelers tidak wajib untuk memasuki goa. Karena sobat travelers sudah mendapatkan foto yang instagramble dari luar goa. Menariknya lagi di bagian luar goa ini terdapat omamen yang sengaja dipasang untuk background foto.

Sebelumnya, kawasan goa pinus ini adalah area penambangan pasir. Namun dengan semangat dan keahlian dari pengelola, mereka dapat mengubahnya menjadi destinasi wisata yang indah seperti sekarang ini. Dengan kreatifitasnya, pengunjung tertarik untuk berkunjung ke wisata goa pinus.

Dengan panorama keindahan alamnya yang berada di atas perbukitan, terdapat beberapa spot foto yang dapat sobat travelers gunakan untuk menambah galeri foto sobat travelers sekalian. Adanya udara yang sejuk dan begitu segar ini, tentunya dapat merelaksasikan pikiran sobat travelers.

Jika sobat travelers ingin menikmati pemandangan yang begitu luar biasa, alangkah bagusnya jika sobat travelers berada di gardu pandang di goa pinus ini. Dengan sobat traveles berada di gardu pandang, pemandangan akan terlihat benar-benar menajubkan.

Daya tarik dari dari wisata ini diantaranya adalah pemandangan dari atas perbukitan, spot foto instagramable, pesona rumah papua.

Jam buka dari wisata goa pinus ini pukul 07.00 – 17.30 (setiap hari). Sobat travelers sekalian akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk dapat menikmati keindahan dari wisata ini, dan Rp 10.000 jika sobat travelers berkunjung di hari libur.  Sedangkan untuk parker kendaraannya adalah Rp 3.000 (motor), Rp 5.000 (mobil) dan Rp 10.000 (bus).

Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah

Sesuai dengan namanya, Mata Air Sumber Sirah ini merupakan kolam sumber air yang memiliki kejernihan. Tentunya wisata ini sangat seru bagi sobat travelers sekalian untuk bermain air, namun bukan main air sekadarnya. Pasalnya bagi sobat travelers yang menyukai olahraga snorkeling juga sangat cocok di wisata ini.

Pemandangan di sekitar wisata memang begitu indah, namun tak kalah cantik di dalam dasar air terdapat tanaman ganggang hijau yang tentunya menambah keindahan dari mata air sumber sirah ini. Jadi jangan heran sobat, jika terdapat banyak pengunjung yang mengabadikan momen di wisata ini.

Apabila sobat travelers ingin menikmati suasana dengan bersantai di atas sumber sirah, sobat travelers dapat menyewa ban yang tersedia di sini dengan biaya sewa Rp 5.000 per ban untuk 1 jam pemakain. Dengan begitu, sobat travelers akan lebih menikmati suasana sekitar sambil tiduran di atas kola mini.

Wisata ini juga dapat digunakan untuk Riber Tubbing, karena terdapat lintas sungai sepanjang 100 meter. Walaupun tak begitu panjang, namun keseruan akan tetap sobat travelers rasakan ketika mencobanya.

Fasilitas yang tersedia di wisata ini juga cukup terbilang lengkap diantaranya persewaan alat renang, terdapat juga beberapa kios yang menyediakan makanan ringan.

Tarif tiket masuk ke wisata ini yaitu kisaran Rp 3.000 – Rp 5.000. Setelah sobat traelers membayar, sobat sekalian harus berjalan mengikuti aliran air sungai hingga sampai lokasi mata air sumber sirah.

Omah Kayu

Omah Kayu

Nama dari Omah Kayu ini berasal dari bahasa jawa, yang mana omah berarti rumah, dan kayu adalah kayu. Jadi omah kayu ini berarti rumah kayu. Wisata ini dibangun pada tahun 2014 yang lalu. Tempat ini dijadikan sebagai alternative warga Malang dalam menghabiskan malam minggunya dan juga hari libur mereka.

Panorama yang hadir di omah kayu ini berbeda dari panorama yang hadir di wisata lain. Terdapat sebuah rumah pohon, seperti halnya yang ada di film heart. Wisata ini dikonsep seperti yang ada di film heart. Sobat travelers dapat menyaksikan pemdangan gunung banyak ketika sobat travelers berada di rumah pohon. Nah tentunya sobat travelers sudah terbayang kan bagaimana keindahan alam di Omah Kayu ini?

Tidak berbeda dari wisata-wisata yang lain. di wisata Omah Kayu ini pun terdapat banyak spot foto yang cantik dan tentunya instagramable. Pertama yaitu rumah pohon, banyak diantaranya pengunjung yang ingin berfoto di rumah pohon tersebut. Jadi jangan heran ya sobat jika nantinya sobat travelers akan mengantri untuk berfoto di rumah pohon.

Kedua adalah bentuk rumah segitiga dengan pintu yang ada di tengah. Spot yang satu ini memanglah sangat unik, dan sangat jarang sobat travelers temukan di tempat lain. Jadi jangan heran lagi jika sobat travelers harus antri untuk berfoto di rumah segitiga ini.

Spot foto yang ketiga yaitu papan kotak yang memiliki ukuran 1,5 x 1,5 meter. Spot foto ini hanya bisa memuat 2 orang saja.

Selain itu, tempat ini merupakan tempat penginapan. Dimana harga sewanya cukup menguras kantong sobat travelers, yang mana harga sewa per kabinnya adalah Rp 450.000 untuk weekday. Jika weekend harga sewanya dapat mencapai Rp 600.00 – Rp 800.000. Tentunya yang menjadi keunggulannya adalah sobat travelers akan dapat menyaksikan pemandangan yang menajubkan jika menginap di tempat ini.

Wisata Omah Kayu ini buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket Wisata Omah Kayu adalah Rp 5.000 dan untuk masuk kawasan gunung banyak Rp 5.000. Biaya kendaraan parkir adalah Rp 3.000 (motor) dan Rp 5.000 (mobil).

Gunung Panderman

Gunung Panderman

Disebut dengan Gunung Panderman tentunya terdapat latar belakangnya. Dimana disebut-sebut nama Panderman ini diambil dari seorang pendaki pertama yang berasal dari Belanda yang bernama Van Der Man, yang mana Van Der Man pada masanya mengagumi gunung ini. Dari Van Der Man, penduduk sekitar nama tersebut dijadikan untuk nama gunung ini, yang disebut dengan Gunung Panderman.

Gunung Panderman ini memiliki ketinggian 2.045 mdpl. Banyak pendaki ataupu masyarakat malang yang ramai untuk mendaki Gunung Panderman ini, nah sobat travelers juga tidak akan dikenakan biaya alias gratis jika ingin mendaki ke Gunung Panderman.

Waktu yang diperlukan untuk mendaku Gunung Panderman ini kurang lebih tiga jam. Ketika sobat travelers sampai di gunung ini, sudah pasti sobat travelers akan terposana dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Ketika sobat travelers mendaki gunung ini yakni untuk mencapai pos pertama, sobat akan melawati medan Jlan  Makadam dengan panjang 1 KM yang berada pada ketinggian 1.330 mdpl. Di pos pertama sobat travelers dapat beristirahat sejenak, paslnua di sini terdapat sumber mata air yang dapat digunakan untuk minum dan sebagainya.

Setelah istirahat, sobat travelers dapat melanjutkan perjalannanya untuk mencapai puncak Gunung Panderman. Pos yang akan dilalui sobat travelers untuk mencapai puncak yaitu pos latar ombo. Dimana di pos ini sobat travelers dapat beristirahat, karena pos ini merupakan pos terakhir. Dari pos latar ombo, sobat travelers membutuhkan kurang lebih satu jam untuk menuju puncak Gunung Panderman.

Nah untuk sobat travelers sekalian jika ingin mendapatkan view yang memesona dengan pemandangan hiasan lampu-lampu kota Batu Malang pilihlah jalan ke timur. Dari puncak ini kilauan lampu-lampu dari Kota Batu Malang akan terlihat gemerlapan.

Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco merupakan kawasan yang sejuk. Pengunjung akan terbius dengan semilir angina yang sepoi-sepoi. Tentunya sobat travelers dapat melemaskan badan dan menghilangkan letih dengan berkunjung wisata ini. Bukan hanya soal materi saja, namun ketika sobat travelers berkunjung ke tempat ini akan tumbuh kedamaian hati di sobat travelers.

Berada di kawasan kaki Gunung Arjuna, membuat pemandian ini merupakan wisata tersembunyi yang jarang diketahui orang. Oleh karena itu membuat tempat ini masih sangat terasa alami. Air yang mengalir pun memiliki kejernihan yang begitu menarik perhatian untuk segera memainkan air.

Kolam Pemandian Kalireco memiliki kedalaman kurang lebih 1 meter. Pancuran air terlihat mengelilingi kola mini. Tempat  ini akan terasa semakin eksotis dengan adanya tebing kolam yang mana ditumbuhi lumut.

Jika sobat travelers berkunjung ke tempat ini, tentunya membuat sobat travelers tak akan sabar meceburkan badan ke kolam yang sejuk dan jernih ini. Kesejukan air ini ditambah dengan pohon-pohon hijau yang mengelilingi pemandangan sekitar. Selain itu sobat travelers dapat menyaksikan pemandangan sawah warga, dengan itu sobat travelers akan merasakan rasa tenang dan nyaman.

Namun sobat travelers sekalian perlu diingat, bahwasannya secara tradisonal, pemandian ini khusus laki-laki. Jadi kalaupun perempuan tidak dilarang untuk memasuki ke wisata ini, tetap akan dapat menimbulkan suasana canggung. Karena pada dasarnya wisata pemandian ini bukanlah wisata khusus, hanya sebuah tempat pemandian dan irigasi. Pada waktu tertentu juga tempat ini akan digunakan untuk aktivitas sehari-hari warga setempat.

Pemandian Kalireco ini buka setiap hari pukul 06.00 – 18.00  WIB. Sedangkan untuk tiket masuk Pemandian Kalireco sampai saat ini belum ada pemungutan biaya.

Pemandian Air Panas Cangar Batu

Pemandian Air Panas Cangar Batu

Pemandian air panas merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dicari wisatawan. Karena dengan berendam di air panas dapat merelaksasikan kembali otot-otot tubuh yang awalnya tegang dan kaku kembali menjadi rilex. Di Batu ada tempat pemandian air panas yang cukup terkenal yakni pemandian air panas Cangar Batu. Destinasi ini termasuk salah satu wisata Batu yang selalu ramai ketika waktu liburan telah tiba

Air panas Cangar Batu ini alirannya berasal dari sumber mati air yang ada di Gunung Wilirang yang memanglah masing sangat alami. Dengan berada di ketinggian 3.000 mdpl, membuat pemandian ini terasa sangat eksotis. Adanya pohon-pohon hijau yang mengelilingi sekitar kolam menambah kesejukan.

Wahana yang ada di Pemandian Air Panas Cangar Batu ini diantaranya adalah:

  • Kolam Air Panas

Kolam Air Panas ini merupakan kolam utama yang ada di wisata pemandian ini. Kolam panas ini ditujukan untuk semua kalangan, jadi siapapu itu dapatlah menikmati kolam air panas ini.

  • Kolam Khusus Wanita

Kolam yang satu ini ditujukan khusus untuk wanita, jadi bagi kaum hawa yang tak ingin bercampur kolam dengan kaum adam dapatlah untuk berenang di sini.

  • Kolam Privasi

Nah bagi sobat travelers yang tidak menyukai keramain dapat juga berendam di kola mini yaitu kolam privasi, dimana kolam privasi ini hanya dapat digunakan satu orang saja.

  • Tempat Camping

Sobat travelers yang ingin bermalam di kawasan wisata ini, boleh juga untuk ngecamp di sini. Pasalnya memanglah sudah tersedia area khusus untuk camping.

  • Taman Bermain Anak

Tersedia wahana bermain yang ditujukan untuk anak-anak. Di area ini terdapat kolam renang air panas yang alami dan dilengkapi dengan peramain anak yang lainnya.

  • Kawasan Hutan

Di kawasan hutan ini terdapat beragam jenis pohon dan satwa. Sobat travelers jangan kaget jika suatu saat ketik berkunjung ke wisata ini terdapat banyak kicauan burung, monyet yang bergelantungan maupun lainnya. Karena memang terdapat banyak satwa yang dilindungi di wisata ini.

Adapun fasilitas yang tersedia di wisata ini diantaranya adalah Mushola, kamar mandi, warung makan, pendopo, flaying fox, penginapan, kios sovenir dan oleh – oleh.

Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu ini dibuka setiap hari senin – sabtu pada pukul 07.00 – 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 (wisatawan lokal) dan Rp 25.000 (wisatawan asing). Untuk tiket kolam renang adalah Rp 5.000 per orang dan untuk kendaraan parkir akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 (sepeda motor), Rp 5.000 (mobil) dan Rp 10.000 (bus)

Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun Teh Wonosari Malang

Jika sobat travelers berkunjung ke Malang jangan sampai terlewatkan untuk berkunjung ke Kebun Teh Wonosari. Kebun yang dikelola PT Perebunanan Nusantara (PTPN) XII ini memili lahan dengan luas 1.100 hektar. Kebun teh ini mengahasilkan 800 ton teh per tahun. Untuk lahan kebun teh yang khusus untuk wisata agro adalah 5 hektar.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke wisata kebun teh Wonosari ini mencapai 1.500 orang pada akhir pekan dan di hari-hari biasa mencapi 500 orang. Fasilitas penunjang untuk wisatawan yang tersedia di wisata kebu teh ini adalah kolam renang dan tempat penginapan. Salah satu yang menjadi keunggulan dari wisata kebun teh ini adalah sangat cocok dan nyaman untuk acara wisata keluarga dan juga gathering.

Wisata Kebun Teh Wonosari Malang ini dibuka setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiketnya yaitu Rp 8.000 per orang (senin-sabtu), Rp 12.000 per orang (minggu dan hari libur nasional) dan untuk kolam renang tarifnya adalah Rp 10.000 per orang.

Kasembon Rafting

kasembon rafting malang

Nah sobat travelers jika ingin merasakan adrenalin, bolehlah sobat travelers berwisata di Kasembon Rafting. Banyak wisatawan yang berkunjung ke wisata ini untuk mersakan serunya sensasi rafting, akan lebih seru lagi jika sobat travelers mengajak keluarga ataupun kerabat yang lainnya.

Ketika sobat travelers memasuki kawasan wisata ini, sobat sekalian akan disuguhkan dengan pesona pemandangan alam yang begitu indah dan dikelilingin dengen pepogonan hijau yang menambah sejuk area raftimg ini.

Jalur rafting yang akan sobat travelers lalui ini yaitu sepanjang 7,5 KM, sobat travelers dapat menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 2 jam. Selain rafting yang tentunya diburu oleh wisatawan, di wisata ini juga tersedia wahana outbound yang dapat menjadi pilhan seru sobat travelers untuk menghabiskan waktu di wisata ini.

Wisata ini memanglah sangat cocok untuk sobat travelers yang ingin melepas penat dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Selain itu, suasana yang damai dan sejuk ini dapat merelaksasikan ataupun merefresh pikiran sobat travelers dari kejenuhan atapun rasa stress yang dirasakan sehari-harinya.

Waduk Selorejo

Waduk Selorejo

Waduk Selorejo ini bukanlah waduk biasa seperti umumnya, pasalnya waduk ini menyimpan fenomena alam yang mempesona sampai pengunjung yang datang ke waduk ini akan terpikat. Sobat travelers akan menyusuri area waduk dengan alunan gemercik air dan juga keindahan alam yang sangat mempesona.

Waduk Selorojo ini sering disebut dengan Bendungan Selorejo ini dibangun yang mana tujuannya adalah untuk menampung aliran sungai, dan salah satunya untuk mencegah datangnya banjir. Selain itu, fungsi lain dari waduk ini yaitu sebagai destinasi wisata, budidaya perairan dan irigasi dan Pebangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Keindahan alam yang disuguhkan di Waduk Selorejo ini memanglah sangat sempurna seperti halnya cermin alam dari langit yang mana Nampak di air yang mengisi waduk. Sobat travelers akan dibuatnya nyaman dengan keindahan awan, langit dan pepohonan. Nah jika sobat travelers ingin menguji adrenalin sobat dapat menginjakkan kaki  di jembatan gantung yang ada di Waduk Selorejo.

Keistimewaan lain yang  sobat travelers dapat nikmati di Waduk Selorejo ini yaitu menyaksikan keindahan Gunung Kelud. Walaupun Nampak dari kejauhan, tetap saja keindahan dari Gunung Kelud ini dapat terlihat. Apalagi ketika matahari terbit akan Nampak gagah sekali sang surya yang memancarkan cahaya. Nah sobat travelers juga dapat memancing gratis dengan warga sekitar, ikan yang ada di wisata ini sangat banyak.

Menariknya lagi sobat travelers juga dapat menyusuri waduk dengan perahu yang mana akan menuju ke kebun jambu yang ada di Waduk Selorejo. Keuntungan lain yang dapat sobat travelers dapatkan adalah sobat bisa menikmati jambu secara gratis. Namun sobat travelers tidak diperbolehkan untuk membawa pulang jambu tersebut. Pohon jamu yang ada di wisata ini memiliki keunikan, dimana pohon jambunya dengan serempak doyong ke samping kanan.

Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Malang. Tepatnya wisata ini terletak di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Sobat travelers akan menempuh jarak kurang lebih 30 KM dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Fasilitas yang ditawarkan di desa wisata ini diantaranya menyusuri perkebunan dengan ATV, bermain paintball, panahan dan rail. Manfaat yang sobat travelers dapatkan dengan berkunjung ke desa wisata ini adalah mempelajari dunia pertanian serta peternakan. Beberapa pertanian yang terdapat di desa ini diantaranya cabai, tomat dan tumbuhan herbal. Sedangkan untuk peternakan adalah peternakan sapi yang mana menghasilkan susu perah.

Bagi sobat travelers yang ingin menginap untuk menikmati pemandangan alam sekitar dapat menginap di homestay yang ada di desa wisata ini. Homestay ini ditawarkan bagi wisatawan yang ingin bersinggah berhari-hari untuk menikmati paket liburannya.

Sobat travelers juga akan mendapatkan manfaat lainnya dengan berkunjung ke desa wisata ini yaitu akan mempelajari tentang seni. Dimana di desa ini kesenian dan budaya lokalnya masih sangat kental di masyarakat. Kuliner yang ditawarkan di desa wisata ini juga menarik, jadi sobat travelers dapat sekalian untuk berwisata kuliner di desa wisata ini dengan mencicipi makanan lokal desa ini.

Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting ini merupakan wisata yang menawarkan adrenalin bagi sobat travelers, terkenal juga dengan fun rafting. Sobat travelers akan merasakan aliran air yang deras serta akan menemukan berbagai bebatuan yang cukup besar.

Dengan sobat travelers rafting di Kaliwatu denyutan jantung yang keras akan terasa. Pasalnya rafting di Kaliwatu ini sensasi yang ditimbul berbagai macam, kadang sobat travelers akan terasa meliuk seperti halnya ular, dan kadang juga akan terasa bergoyang.

Fasilitas yang ada di wisata ini banyak, yang mana  tentunya dapat memanjakkan wisatawan. Nah berikut ini fasilitas yang terdapat di Kaliwatu Rafting.

Paket Arung Jeram : Rp 180.000 per orang (weekdays / weekend), dilengkapi dengan fasilitas welcom drink, peralatan rafting (helm, pelampung, dayung), briefing pengarungan, pengarungan 7 KM, rafting guide (1 orang per perahu), snack dan minuman, asuransi. Untuk jenis paket ini ditujukan minimal untuk 4 orang, jika jumlah peserta di atas 2 orang maka hendaknya sobat travelers menghubungi pihak Kaliwatu Rafting

Donat Boat : Rp 110.000 per orang, donat boat ini ditujukan untuk peserta yang berjumlah minimal 20 orang.

Petungsewu Wildlife Education Center

Petungsewu Wildlife Education Center

Sobat travelers bosan dengan wisata yang hanya menyuguhkan keindahan alam saja? Nah mulai saat ini bolehlah sobat travelers memasukkan wisata Petungsewu Wildlife Education Center ini ke dalam daftar wisata untuk liburan sobat travelers. Pasalnya wisata Petungsewu ini selain menawarkan keindahan alamnya, sobat travelers juga mendapatkan edukasi terkait bagaimana merawat lingkungan maupun satwa.

Mungkin di telinga sobat travelers masih terasa asing ketika mendengar wisata ini, walaupun pada dasarnya wisata ini sudah ada sejak tahun 2003. Mungkin saja bagi kebanyakan orang wisata Petungsewu terasa berbeda dari wisata yang lainnya.

Dimana pada kebanyakan wisata disuguhkan berbagai wahana permainan. Namun, sobat travelers harus tahu walaupun wisata Petungsewu minim akan wahana permainan, manfaat lain dapat sobat travelers dapatkan di sini. Pengetahuan tentang alam dan konversi binatang akan sobat dapatkan, sehigga setelah sobat travelers mengunjungi Petungsewu sobat akan lebih mencintai alam ini .

Wisata Tubing Wringinamon

Wisata Tubing Wringinamon

Nah jika sobat travelers sedang berada di kawasan lereng Gunung Semeru, tidak ada salahnya jika sobat travelers berkunjung ke Wisata Tubing Wringinamon. Wisata ini menawarkan olahraga body rafting, yang mana merupakan wisata terbaru yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Berwisata di wisata ini sensasi baru akan sobat travelers rasakan dengan memanfaatkan aliran sungai. Sobat travelers akan jelas menyaksikan pemandangan Coban Pelangi yang aliran airnya berasal dari lereng Gunung Semeru.

Fasilitas yang terdapat di wisata Tubing Wringinamon diantaranya adalah motor trail serta camping ground.  Dengan pemandu wisata, sobat travelers dapat akan menyusuri keindahan alam yang mempesona ini.

Menikmati keindahan dari wisata Tubing Wringinamon, sobat travelers hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000.

Demikian 13 wisata alam yang ada di Malang, mulai sekarang bolehlah wisata di atas sobat travelers masukkan ke dalam daftar trip yang akan sobat travelers kunjungi. Selamat berlibur sobat. Enjoy your holiday sobat. Salam travelers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *