55 Wisata Alam Purwokerto yang Keren dan Indah

Purwokerto, Kota yang memiliki berbagai julukan karena keberagaman potensi mulai dari alam, ekonomi dan posisi kota tersebut. Purwokerto diberikan julukan sebagai kota wisata, kota kripik, kota transit, kota pendidikan, hingga kota pensiunan dan wisata alam Purwokerto juga lumayan terkenal.

Dijuluki sebagai kota pensiunan karena banyak pejabat-pejabat negara yang menghabiskan masa pensiunan di Kota Purwokerto. Selain itu di Purwokerto juga terdapat museum Bank Rakyat Indonesia, adanya museum ini karena Bank Rakyat Indonesia didirikan pertama kali di Kota Purwokerto ini. 

Karena Purwokerto juga dijuluki sebagai kota wisata, maka sudah tidak diragukan lagi betapa banyaknya tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Purwokerto. Salah satunya yang paling direkomendasikan adalah wisata alam di Purwokerto yang sudah berskala nasional. Purwokerto memiliki wisata alam yang sangat indah dan mempesona mulai dari gua, air terjun, wana wisata.

Purwokerto adalah salah satu spot yang cocok digunakan untuk camping, karena Purwokerto banyak menyediakan area perkemahan seperti Bumi Perkemahan Baturraden, Bumi Perkemahan Kendalisada dan masih banyak yang lainnya. 

Nah, kami akan merekomendasikan beberapa wisata alam di Purwokerto untuk kamu. Cekidot.

Daftar Wisata Alam Purwokerto Terbaru 2020

1. Wisata Alam Baturaden Purwokerto

wisata alam baturaden

Wisata alam Baturaden ini berlokasi di Jalan. Rayaa Baturaden No. 174, Dusun II Dukuh, Karangmangu, Kecamatan. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Wisata Baturraden ini salah satu wisata alam yang sangat direkomendasikan, karena wisata alam ini adalah salah satu tempat wisata baturraden di Purwokerto yang memiliki pesona yang paling indah serta menjadi andalan bagi kota ini. Wisata alam Baturraden sangat cocok menjadi wisata keluarga, keindahan yang diberikan wisata ini adalah pemandangan kaki gunung Slamet yang sangat cantik dengan suasana yang sangat sejuk sangat khas wilayah pegunungan.

Selain itu banyak spot-spot yang tentunya menarik dan saying untuk dilewatkan, yang akan membuat kamu tidak ingin cepat-cepat pulang. Seperti, Pancuran Pitu dan Pancuran Pilu Baturraden, tempat ini adalah tempat pemandian udara panas dengan suhu 60-70 derajat celcius. Kamu akan segilus disuguhkan pemandangan alam yang indah. Selanjutnya ada Telaga Sunyi, Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturraden, Taman Kaloka Widya Mandala, dan Wisata Budaya Grebeg Syura. 

Fasilitas yang ada di wisata alam Baturraden ini sangat banyak yang bisa dinikmati, seperti kolam renang anak, sepeda air, terapi ikan, pesawat terbang asli yang didekorasi dan dialih fungsikan sebagai teater untuk pemutaran film untuk pengetahuan anak. Jadi wisata alam Baturraden ini sangat cocok sebagai sarana edukasi anak.

Lokawisata, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

2. Miniatur Dunia Purwokerto (Small Word)

Miniatur Dunia Purwokerto (Small Word)

Lokasi wisata ini masih berada di lokasi yang sama yaitu Baturraden. Jika kamu berkunjung ke wisata ini kamu akan terasa sedang mengelilingi dunia karena, wisata ini menyediakan spot-spot foto yang berbentuk berbagai macam miniatur yang menjadi ciri khas berbagai negara di dunia. Seperti adanya menara pizza, twins tower Malaysia, Big Beng, Coloseum, Patung Mersion Singapura, Kincir Angin Raksasa Belanda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk kamu yang ingin bermalam, kamu tidak perlu khawatir karena di sekitar wilayah tempat wisata ini tersedia banyak hotel untuk menginap. Wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai sarana edukasi untuk anak-anak, karena di tempat wisata Small World ini kamu bisa mengenalkan ciri khas dari berbagai negara yang ada di dunia.

Untuk biaya masuk ke tempat wisata ini kamu hanya merogoh kocek sebesar Rp15.000/orang dihari biasa, jika kamu berkunjung di waktu weekend kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000/orang. Nah tunggu apalagi, kamu bisa keliling dunia dalam satu waktu jika kamu berkunjung ke Small World ini. Sangat seru ya.

Wisata alam Miniatur Dunia Purwokerto ini berlokasi di Jalan. Raya Baturraden Barat No.270, Ketenger, Baturraden, Dusun Karangmangu, Kota Purwokerto.

3. Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest

Wisata alam ini menyimpan keindahan alam yang eksotis dan mempesona, pasalnya wisata Baturraden Adventure Forest ini dikelilingi hutan pinus di kaki gunung Slamet. Jika kamu berkunjung ke wisata alam ini, kamu akan diajak untuk berpetualangan dan bermainan menyatu dengan alam.

Banyak aktivitas permainan outbond yang bisa kamu lakukan, seperti water adventure, treetrek adventure, rappelling atau abseiling, night adventure, mini circuit bike, longslide, forest trekking, cold-water theraphy, canyon adventure, bungee trampoline, dan masih banyak lagi yang lainnya. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. Mulai dari toilet, kamar mandi, musholla, gathering area, dan rangers baracks.

Wisata ala mini sangat cocok untuk liburan bersama teman dan keluarga. Karena banyak permainan outbond yang mengharuskan kita bekerjasama dalam tim. Sensasi alam yang disuguhkan oleh tempat wisata ini akan membuat kamu menikmati segala aktivitas apapun yang kamu lakukan di wisata alam Baturraden Adventure Forest. Pokoknya bakalan asik dan seru deh.

Baturraden Adventure Forest berlokasi di Dusun II Pandak, Karangsalam, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

4. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Wisata ala mini adalah wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi karena wisata alam Kebun Raya Baturaden mengusung konsep pada wahana konservasi tanaman, pendidikan serta wisata. Jadi, tempat wisata Kebun Raya Baturaden ini adalah salah satu wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat edukasi, terutama untuk anak-anak agar lebih mengenal dan dekat dengan alam.

Kebun Raya Baturaden memiliki keindahan tatanan bunga dengan berbagai macam warna yang berpadu dengan beragam hutan pinus yang menawan. Ada banyak jenis tanaman yang tumbuh di area Kebun Raya Baturaden ini, diantaranya adalah Tanaman Liana, Medical Garden, Taman Tumbuhan Paku, dan hamparan beberapa bunga yang cantik dan indah. Selain itu kamu juga bisa berolahraga trekking dan latihan memanah di sini. 

Tiket masuk ke wisata alam Kebun Raya Baturaden ini dikenakan tarif sebesar Rp20.000/orang, selain itu kamu juga harus membayar parkir kendaraan. Rp10.000 untuk mobil dan Rp4.000 untuk motor.

Kebun Raya Baturaden berlokasi di Jalan Pancurantujuh, wana wisata Baturraden, Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

5. Pancuran 3 Baturaden

Masih berada di sekitar kawasan Baturraden. Wisata Pancuran 3 adalah objek wisata yang memancurkan air panas dari perut bumi. Air yang dikeluarkan banyak terdapat kandungan belerang dan diyakini air tersebut bagus untuk kesehatan kulit dan dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

6. Pancuran 7 Baturaden

Setalah Pancuran 3, purwokerto juga mempunyai Pancuran 7 yang juga memancarkan air panas langsung dari perut bumi. Seperti namanya pancuran ini mempunyai pancuran berjumlah 7 yang semuanya mengeluarkan air panas.

Dan air panasnya juga mengandung belerang sehingga menjadikan aliran air disekitar pancuran berwarna kuning serta membuat endapan berwarna orange dan juga membuat tebing yang dialiri air belerang ini menjadi sangat eksotis. Karena mengandung banyak zat belerang, maka tidak heran kondisi disekitar pancuran menimbulkan bau yang tidak sedap. Alangkah baiknya untuk mengenakan masker penutup wajah untuk mengurangi terhirupnya belerang yang terlalu banyak.

Adventure Forest, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

7. Goa Sarabadak

Masih berada di sekitar lokasi pancuran 7, tidak jauh dari Pancuran 7 tepatnya terdapat sebuah endapan batu dimana itu merupakan tempat pertemuan aliran air panas yang mengandung belerang dengan air dingin yang membuat batu batuan yang ada disekitar berubah mejadi berwarna kuning keemasan. Pemendangan alam seperti ini memang jarang ditemukan dan membuat mata terpesona.

8. Curug Telu Purwokerto

Curug Telu Purwokerto

Apakah kamu tau kenapa air terjun ini dinamakan curug telu?. Yap, jika kamu datang ke wisata alam ini kamu akan melihat 3 air terjun sekaligus. Wah sangat menarik ya. Untuk menuju ke wisata alam Curug Telu kamu harus pergi ke Kawasan Baturaden. Nah, sebelum kamu masuk ke pintu masuk gerbang wisata Baturraden, kamu bisa belok ke kanan dan menuju ke Desa Karangsalam. Di sepanjang jalan menuju curug Telu kamu akan disuguhkan panorama utuh gunung Slamet dengan sawah di sisi kanan dan kiri jalan. Medan jalan menuju curug telu ini menurun terjal, tapi kamu tidak perlu khawatir karena sudah disiapkan anak tangga.

Untuk masuk ke wisata alam Curug Telu ini kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 sudah termasuk parkir kendaraan. Sangat murah bukan. 

Curug Telu ini menyimpan banyak pesona alam yang cantik dan indah, jadi sayang untuk dilewatkan. Curug Telu memiliki air yang jernih dan kita bisa melihat kedasar air hingga kedalamannya mencapai 5 meter, serta memiliki tiga titik air mengalir dari atas ke bawah. Karena letak Curug Telu ini ditengah hutan makan cahaya yang masuk ke area ini sangat terbatas, karena terhalang oleh pohon-pohon yang rindang. Kecuali pada saat jam 12 tepat, dan matahari sedang terik-teriknya, cahaya akan masuk ke area ini. 

Kamu tidak perlu khawatir akan fasilitas yang disediakan di sekitar curug telu, karena fasilitasnya sudah lengkap. Di sini tersedia warung, gazebo, dan toilet.

Sawah & Hutan, Karangsalam, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

9. Curug Bayan

curug bayan baturaden

Curug Bayan adalah salah satu wisata alam yang banyak disukai banyak orang. Selain panorama yang diberikan indah, curug Bayan ini mudah untuk dijangkau karena jarak Curug Bayan dan dari pusat kota hanya 13 km dan hanya memakan waktu 30 menit untuk sampai ke wisata ini. Curug Bayan sangat cocok menjadi salah satu tempat wisata keluarga dan sebagai tempat pelepas penat.  

Curug Bayan memiliki ketinggan sekitar 7meter dengan luas kolam 200-300 m2 dengan kedalaman kolam kurang lebih 7 meter. Debit air terjun Bayan ini tidak terlalu besar, jadi sangat aman jika kalian ingin berenang di kolam curug Bayan ini. Selain itu, air terjun ini memiliki air yang sangat jernih, hingga kamu bisa melihat apa yang ada di dasar kolam tersebut. 

Selain keindahan alam dan air terjun yang akan membuat kamu terhiptonis akan kecantikannya. Di Curug Bayan ini disedikan tempat penginapan, seperti Villa. Kamu bisa menyewa villa di sini, Villa yang diberi nama “Wisma Curug Bayan”. Villa ini berdiri di atas sungai Banjaran, jaraknya hanya beberapa puluh meter di bawah curug. Susana villa yang sejuk dan asri akan membuat kamu betah berlama-lama di villa ini. 

Rute menuju Curug Bayan sangat mudah. Jarak curug bayan dari Purwokerto hanya 13,6 km dapat dikases melalui jalan raya Baturraden dengan waktu tempuh selama 30 menit. Kamu akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp3.000. sangat terjangkau bukan? Nah tunggu apa lagi ayo jadwalkan waktu liburan kamu.

Melung, Baturraden, Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

10. Curug Lima Kedungbanteng

educatrip.net

Curug 5 ini berlokasi di Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Curug ini memiliki jumlah pancuran atau kanal sebanyak 5 pancuran. Karena lokasi curug ini terletak di tengah hutan, curug lima memberikan keindahan alam yang asri dengan pemandangan 5 air terjun beserta pohon-pohon rindang dan air yang bening membuat kamu sangat betah untuk berlama-lama disini. Untuk menikmati keindahan curug lima ini kamu bisa berenang atau duduk-duduk santai di bebatuan sambil memakan bekal yang sudah kamu bawa.

Akses menuju lokasi Curug Lima Kedungbanteng sangat mudah karena lokasi curug ini berdekatan dengan curug Gomblang. Nah, jika dari parkiran curug Gomblang kamu bisa belok ke kanan, untuk menuju curug lima. Jika kamu ragu, kamu bisa memakai jasa pemandu jalan. Kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp3.000/orang dan harus membayar parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua.

Lokasi : Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)

Jam Buka : 08.00-16.00

11. Telaga Sunyi

Wisata alam di Purwokerto yang selanjutnya adalah Telaga Sunyi. Kenapa dinamakan Telaga Sunyi? Karena memang ketika Kamu sedang berada di telaga ini suasana sunyi yang jauh dari suara bising dan keramaian akan terasa kental. Cocok bagi Kamu yang ingin liburan sejenak bercengkrama dengan alam setelah lelah beraktivitas seharian penuh.

Kondisi alam yang nyaman didukung dengan pesona alam yang asri serta udaranya yang sejuk bakal membuat Kamu betah berlama lama disini. Air yang ada di sini juga sangat jernih membuat siapa saja yang melihatnya bakal tergoda dan langsung menyeburkan diri kedalamnya. Latarbelakang telaga biru yang eksotis juga bagus untuk dijadikan sebagai background untuk berfoto.

Lokasi : Sawah & Hutan, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Kendaraan)

Jam Buka : 07.00-17.00

12. Curug Gomblang

Curug ini baru baru ini menjadi salah satu tempat wisata alam di Purwokerto dan sekitarnya yang sedang nge-hits banyak dikunjungi wisatawan karena menyuguhkan kecantikan air tejun dengan spot yang sangat cantik. Butiran air yang jatuh dari atas ketinggian tebing akan dapat dirasakan pengunjung dari kejauhan.

Curug ini bisa dibilang menjadi kawasan wisata wajib dikunjungi karena menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis.

Lokasi : Dusun III, Kalisalak, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 08.00-17.00

13. Curug Ceheng

Jika Kamu sedang berlibur bersama keluarga dan ingin pergi ketempat yang bernuansa alamiah, Curug Ceheng dapat menjadi alternatif pilihanmu sebab tempat wisata alam ini sudah dikelola dengan baik oleh para petugas sehingga bermain air di curug ini akan sangat menyenangkan dan aman. Lokasinya yang berada di tengah alam serta keindahan pemandangan hijau dan memiliki aliran airnya cukup tinggi ini bakal membuat Kamu betah untuk berlama lama mengahabiskan waktu disini.

Lokasi : Gandatapa I, Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 3.000

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

14. Curug Cipendok

Masih seputaran wisata alam curug, kali ini terdapat sebuah curug yang terletak di Kecamatan Cilongok. Curug ini mempunyai aliran air yang sangat tinggi serta debit yang cukup deras oleh karena itu tidak disarankan untuk berenang atau bermain disekitaran curug.

Namun tidak perlu khawatir refresing hanya dengan duduk santai dipinggiran curug sudah cukup, sambil menyantap snack dan jajan ditengah tengah suasana alam yang asri, udara yang segar, serta pemandangan air terjun yang indah. Tidak lupa untuk mengabadikan moment moment indah mu ini dengan berfoto bersama dengan latar belakang curug yang indah ini.

Lokasi : Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karang Tengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 3.000

Jam Buka : 07.00-16.00

15. Pendakian Gunung Slamet

Nah kali ini mungkin cocok buat kamu yang hobi mendaki gunung. Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi di provinsi Jawa Tengah. Lokasinya sendiri berada di lima kabupaten sekaligus yakni, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Purbalingga.

Gunung ini sangat lah menarik karena mempunyai beberapa kawasan hutan dan juga kebun bunga Edelweis  yang hanya bisa ditemui di atas gunung saja.

Lokasi : Gunung Slamet, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

16. Bukit Tranggulasih

Apabila tidak terbiasa main ke puncak gunung, mungkin berwisata ke bukit bisa menjadi alternatif pengganti jika ingin merasakan sensasi yang sama. Bukit Tranggulasih menyuguhkan pesona keindahan alam yang menakjubkan nan eksotis. Di bukit tranggulasih terdapat beberapa spot bukit yang menyajikan keindahan alam yang bervariasi. Dari atas bukit kamu juga bisa melihat keindahan kota Purwokerto. Suasana saat malam hari juga tidak kalah menawan. Lampu rumah yang berjejeran menjadi pemandangan yang indah.

Lokasi : Jl. Raya Kedungbanteng, Dusun II, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 3.000 (Tiket Parkir)

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

17. Bukit Watu Meja

Bukit selanjutnya yang ada di Purwokerto yaitu Bukit Watu Meja. Dari atas puncak bukit Kamu dapat menikmati keindahan panorama yang menawan. Diperlukan persiapan bekal dan kondisi tubuh yang prima untuk bisa mencapai itu. Sebab, Kamu harus mendaki bukit terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki. Pada saat awal pendakian anda bakal disambut dengan deretan pohon bambo, dan selanjutnya Kamu akan melewati kawasan hutan pinus yang menjulang.

Rasa lelah mu bakal terbayarkan tuntas ketika sampai di puncak bukit. Menikmati pemandangan Sungai Srau yang berkelok-kelok ditemani angin sepoi sepoi di atas bukit membuat betah berlama-lama disana dan enggan untuk meninggalkan pergi.Diatas puncak bukit juga terdapat warung yang menjual makanan dan minuman jadi kamu bisa mengisi energi terlebih dahulu diwarung ini sebelum nanti turun.

Lokasi : Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 7.000

Jam Buka : 08.00-18.00

18. Curug Kembar

Wisata alam Purwokerto yang selanjutnya yaitu Curug Kembar. Sesuai dengan namanya curug ini memiliki dua aliran sungai yang berdampingan layaknya saudara kembar. Ada hal unik di tempat wisata alam yang satu ini, yakni kamu hanya dapat melihat curug “kembar” ketika debit air sedang tinggi saja. Maksudnya bila debit dan arus air sedang rendah maka air terjun hanya akan membentuk satu aliran saja.

Namun berbeda saat musim hujan tiba dan debit air tinggi maka aliran sungai akan membelah menjadi dua bagian dan terbentuklah Curug Kembar tersebut. Dan hal unik lainnya yaitu, saat musim kemarau tiba warna air dari air terjun ini akan berubah menjadi hijau, dan curug ini juga berubah nama menjadi Curug Telaga Hijau.

Jadi bisa dibilang kalau nama dari curug ini disesuaikan dengan musim yang sedang terjadi, ketika musim hujan yaitu Curug Kembar dan ketika musim kemarau berubah menjadi Curug Telaga Hijau. Meski begitu air disini tetap segar dan jernih sehingga sering digunakan untuk tempat freediving oleh sebagian wisatawan yang datang. Unik ya!

Lokasi : Karangsalam, Baturraden, Kabupaten Banyumas

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 08.00-18.00

19. Curug Jumeneng

Jika kamu berkunjung ke Curug Kembar, tidak ada salahnya untuk mampir ke Curug Juneng juga, karena letaknya yang berdekatan. Dibandingkan dengan curug kembar, menurut kami pemandangan alam yang disuguhkan di Curug Juneng lebih eksotis dan menawan.

Curug Juneng mempunyai ketinggian sekitar 10-15 meter. Kolam yang berada tepat di dasar air terjun ini juga cukup dalam, sehingga sering kali di gunakan untuk memancing ikan. Namun bagi kalian yang ingin bermain air, tak usah khawatir, karena kolam alami ini cukup lebar dan di bagain tepinya memiliki genangan air setinggi lutut hingga mata kaki orang dewasa. Disarankan hanya bermain air dipinggiran kolam saja karena aliran air terjun cukup deras dan bagian tengah kolam cukup dalam.

Lokasi : Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

20. Curug Urang

Lokasi Curug Urang ini berada di sekitaran kaki Gunung Slamet yang dimana gunung tersebut adalah gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Panorama yang disuguhkan curug ini juga tak kalah indah dari curug lainnya, karena berada di lereng gunung air yang dihasilkan sangat jernih dan segar. Debit airnya tergolong sedang sehingga Kamu dapat bermain air disekitaran kolam.

Balutan lumut hijau dan tumbuhan yang tumbuh disekitaran menambah kesan eksotis dan asri curug ini. Wisata alam yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati udara segar di alam yang asri.

Lokasi : Desa Gandatapa, Sumbang, Banyumas

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

21. Curug Cidadap Semaya

Saat Kamu tiba di lokasi air terjun Kamu bakal disambut dengan suasana alam yang asri nan sejuk yang akan membuat Kamu betah untuk berlama-lama di curug ini. Yang unik dari curug ini yaitu terdapat sebuah ruangan tersembunyi di balik curug, dan ketika kemarau tiba curug ini berubah menjadi mempunyai dua aliran besar yang jatuh.

Curug dengan tinggi sekitar 30 meter ini memberikan kesegaran dan kesejukan airnya yang dapat menciptakan ketenangan dalam pikiran. Curug ini pun dihiasi dengan rerumputan dan tumbuhan hijau di sebelah kanan serta terdapat curug kecil di sampingnya. Ohya, untuk ruangan tersembunyinya sendiri seperti mulut gua yang di dalamnya ruangan kecil sedalam 5 meter yang menembus ke dalam gua, sungguh fenomena alam yang luar biasa.

Lokasi : Semaya, Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)

Jam Buka : 07.00-14.00

22. Curug Lawang

Curug di Purwokerto yang tidak kalah bagus dan sayang untuk dikunjungi yaitu Curug Lawang. Daya tarik dari curug ini adalah lokasinya yang berada di dalam sebuah gua, sehingga bila Kamu pergi kesana terlihat seperti memasuki sebuah pintu gerbang. Curug dengan ketinggian sekitar 25 meter ini juga sering disebut masyarakat sekitar dengan “Sendang Bidadari” atau tempat mandi para bidadari ketika turun ke Bumi.

Lokasinya memang agak sedikit tersembunyi. Tak jarang curug ini sering digunakan sebagai tempat untuk ritual meditasi karena tempatnya yang sunyi, tenang, dan membuat tentram. Oleh sebab itu, warga sekitar masih kental akan kepercayaan animisme dan dinamisme.

Namun, dibalik itu semua Kamu bisa bermain air dan berenang didalam kolam. Airnya sangat segar dan jernih. Terlebih suasana air terjun yang sangat tenang dan syahdu sangat pas menjadi destinasi tempat untuk melepaskan penat.

Lokasi : Desa Karangsalam, Kec. Baturraden, Banyumas

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 08.00-16.00

23. Curug Grenjang

Sedikit berbeda dengan curug lainnya, ciri khas dari Curug Grenjang ini yaitu airnya yang seolah olah keluar dari dalamsebuah batu. Dan tebingnya juga nampak seperti kumpulan batu bulat besar yang menempel dan membentuk jejeran dinding tebing. Air yang dihasilkan juga sangat jernih dan segar , Kamu bakal dimanjakan dengan panorama alamnya yang sangat mempesona.

Lokasi : Kemutug Kidul, Baturraden, Sawah, Kotayasa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

24. Curug Sebrangan

Curug yang satu ini juga tak kalah megah dengan Curug Gomblang. Curug ini dikelilingi dengan hamparan pepohonan yang hijau serta lumut dan tanaman merambat di sekitar tebingnya. Curugnya pun mempunyai debit air yang cukup deras dan memiliki air yang berwarna hijau biru bening yang sangat eksotis. Namun, dibawah aliran airnya kamu bisa bermain air karena arus air nya yang tak terlalu deras. Jika beruntung kamu juga bisa mendapatkan ikan yang sedang berenang di dasar kali.

Suasana alam yang tercipta di area lokasi curug pun syahdu, suara gemiricik aliran air kali yang mengalir membuat hati terasa tenang. Tempat ini cocok untuk melepaskan penat sambil refreshing di alam.

Lokasi : Desa Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Banyumas

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

25. Curug Nangga

Wisata alam di Purwokerto yang tidak kalah menawan ada Curug Nangga. Seperti tidak ingin kalah dengan curug lainnya. Curug ini menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan mempunyai tujuh undakan atau tingkatan berbeda. Dengan keunikannya itu membuat curug ini sangat populer di kalangan wisatawan dan para komunitas pecinta alam sebagai tempat tujuan untuk menjelajah alam yang menarik karena memang pemandangan yang disuguhkan sangatlah menakjubkan. Dari fotonya saja sudah tergambarkan bagaimana keindahan panorama alam yang disuguhkan di curug ini.

Lokasi : Petahunan, Pekuncen, Hutan, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 3.000

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

26. Curug Penganten

Lokasi : Melung, Kedung Banteng, Dusun III, Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 5.000

27. Curug Tebela

Lokasi : Jl. Karang Salam, Karangsalam, Baturraden, Genting, Kotayasa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

28. Curug Jenggala

Lokasi : Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 08.00-18.00

29. Curug Lawa

Lokasi : Gandatapa I, Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

30. Curug Carang

Lokasi : Kemutug Kidul, Baturraden, Sawah, Kotayasa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 07.00-17.00

31. Rumah Pohon Puncak Selok

Lokasi : Bayumas

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 08.00-17.00

32. Bukit Agaran

Dusun Depok, Desa, Dusun III, Melung, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152

33. Curug Taman Wisata Bambu

Dusun II, Karangsalam, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

34. Hutan Pinus Limpakuwus

Desa, Dusun III, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183

35. Telaga Kumpe

Dusun III, Gununglurah, Cilongok, Banyumas, Central Java

36. Camp Area Umbul Bengkok

Desa, Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

37. Taman Hexagone

Desa Petir ,Gerumbul Kedungenge, RT.001/RW.004, Dusun II, Petir, Kec. Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53191

38. Bendungan Gerak Serayu

Jl. Kebasen, Area Sawah/Kebun, Gambarsari, Kec. Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53172

39. Curug Sewu

Dusun II, Karanglewas Kidul, Kec. Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53161

40. Curug Belot Rempoah

Jl. Siliwangi, Dusun II, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

41. Curug Grojogan Ratu

Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

42. Curug Orak Arik

Dusun II, Kemutug Kidul, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

43. Curug Jumeneng

Dusun II, Karangsalam, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

43. Curug Pelangi

Karangsalam, Baturraden, Sawah & Hutan, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

44. Curug Abang

Dusun II, Karangsalam, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

45. Curug Pinang

Dusun II, Karangsalam, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

46. Curug Kamadjaya

Unnamed Road, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

47. Curug Muntu

Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

48. Curug Cipokol

Dusun III, Melung, Kedungbanteng, Banyumas, Central Java 53152

49. Bukit Gadong

Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas, Central Java 53161

50. Curug Kalikawung

Hutan, Krajan, Pekuncen, Banyumas, Central Java 53164

51. Curug Kedung Lesung

Hutan, Glempang, Pekuncen, Banyumas, Central Java 53164

52. Curug Gede

Melung, Baturraden, Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

53. Curug Tempuhan

Dusun II Ketenger, Karangtengah, Baturaden, Banyumas, Central Java 53152

54. Curug Kanesia

Dusun II Dukuh, Karangmangu, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

55. Curug Gagak

Sawah, Kotayasa, Sumbang, Banyumas, Central Java 53151

56. Curug Monyong

Dusun I, Kemutug Kidul, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

Keindahan wisata alam di Purwokerto tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Karena keindahan yang diberikan akan membuat kamu semakin ketagihan untuk terus ingin mengisi waktu liburanmu disana. Ayo tunggu apalagi, rencanakan waktu liburan mu, dan masukkan wisata alam di Purwokerto ke list liburanmu. Kasih tau dikolom komentar wisata alam mana yang ingin kamu tuju duluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *