20 Destinasi Wisata Bandung Terbaru & Terpopuler 2020

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Bandung. Kota yang memiliki berbagai julukan, mulai dari julukan Kota Kembang, Kota Fashion, Kota Kuliner dan julukan yang lainnya. Bandung merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Dulu Kota Bandung juga disebut sebagai Parijs van Java (dalam bahasa Belanda) atau “Paris dari Jawa”.

Hal tersebut disebabkan karena Bandung terleteka di wilayah dataran tinggi, dan udara dikota Bandung sejuk dan dingin. Oleh sebab itulah Bandung dijadikan sebagai kota wisata. Kota Bandung secara biografis letaknya ada di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, secara tidak langsung hal inilah yang membuat Ibu Kota Jawa Barat ini masuk kedalam wilayah yang strategis.

Kota Kembang ini memiliki ketinggian mencapai kurang lebih 768 m di atas permukaan laut rata-rata (mean se level), yang bagian utara pada dasarnya lebih tinggi dari pada bagian selatan. Ketinggian yang dimiliki bagian selatan mencapai kurang lebih 1050 msl, dan bagian selatan kurang lebih 675 msl. Kota Bandung ini juga dikelilingi oleh berbagai pegunungan, oleh karena itu Bandung adalah suatu cekungan (Bandung Basin).

Semakin hari Bandung semakin menunjukkan perkembangannya mulai dari sector perdagangan, industry, kebudayaan, serta pariwisatanya. Bidang pariwisata yang ada di Kota Kembang ini memang banyak mulai dari wisata belanja, wisata kuliner dan jajanan, wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, bahkan ada juga wisata loak.

Wisatawan yang datang ke Kota Bandung pun dari berbagai macam daerah mulai dari wisatawan lokal sampai wisatawan mancanegara. Untuk Transportasi dan akomodasi yang disediakan pemerintah Kota Bandung kamu tidak perlu khawatir. Karena Kota ini bisa dikunjungi dengan menggunakan pesawat dari berbagai macam tujuan.

Kamu juga bisa pergi dengan menggunakan kendaraan pribadi, dan bisa memilih jalur Tol Purbaleunyi kemudian masuk melalui berbagai pilihan akses gerbang tol yang ada. Kota Bandung juga memiliki banyak hote dan penginapan yang bisa kamu sesuaikan dengan budget liburan mu.

Jika kamu sudah mengenal Kota Bandung dari tulisan di atas, waktunya untuk mencari dan memilih destinasi wisata yang akan kamu datangi di Kota Kembang ini. Kami akan merekomendasikan beberapa objek wisata Bandung untuk kamu.

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan sebuah wahana yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang berada di Kota Kembang ini. Trans Studio Bandung ini salah satu wahana rekreasi sekaligus wahana bermain yang terkenal akan berbagai macam pilihan spot bermainnya.

Trans Studio ini lokasinya menyatu dengan Trans Studio Mall yang dulunya adalah Bandung Super Mall. Trans Studio Bandung ini juga bisa dikatakan sebagai Dufan versi di dalam ruangan.  Alasan yang membuat kamu wajib untuk memilih Trans Studio Bandung sebagai destinasi tujuan wisata mu adalah karena Trans Studio Bandung adalah sebuah Kawasan permainan versi dalam ruangan terbesar yang ada di dunia yang memiliki lebih daro 20 jenis permainan yang seru dan unik.

Jika kamu ingin berkunjung ke sini, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp150.000 (weekdays), dan Rp250.000 (weekend). Trans Studio Bandung disekitarnya juga memiliki hotel yang langsung terhubung dengan 2 hotel berkelas internasional lo. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mencari hotel. Karena bisa langsung memakai hotel yang dekat dengan Trans Studio Bandung.

Wisata Belanja Pasar Baru di Bandung

pasar baru bandung

Destinasi wisata selanjutnya yang akan kami rekomendasikan untuk kamu adalah Pasar Baru. Pasar baru merupakan wisata belanja yang banyak dikunjungi wisatawan. Bagi kamu yang memiliki hobi belanja destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk kamu. Karena pasar baru terkenal dengan barang-barang yag murah dan terjangkau, dengan kualitas barang yang tentunya bagus.

Jika berbelanja di pasar baru kamu bisa membeli berbagai macam aksesoris, berbagai macam jenis pakaian dengan harga yang relative murah meriah. Informasi unik lainnya mengenai pasar baru adalah pasar baru menjadi destinasi wisata belanja favoritnya orang Malaysia lo.

Wah negara tetangga saja sampai kesini belanjanya. Tips untuk kamu yang akan berbelanja di pasar baru, kamu harus bisa menawar barang yang akan kamu beli agar mendapatkan harga yang sesuai.

Wisata Edukasi Observatorium Bosscha di Bandung

Observatorium Bosscha di Bandung

Bagi kamu yang senang wisata sambil belajat, destinasi wisata Edukasi Observatorium ini sangat cocok untuk kamu. Edukasi Observatorium adalah sebuah tempat yang digunakan untuk pengamatan binatang yang terletak di Lembang, berjarak kurang lebih 15 KM dari Utara Kota Bandung.

Edukasi Observatorium ini dulunya pernah dipakai sebagai lokasi syuting “Petualangan Sherina”, buat kamu yang sudah menonton film ini tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan objek wisata satu ini. Jika kamu ingi berkunjung ke Edukasi Observatorium kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Jadi tidak bisa langsung masuk begitu saja ya. 

Wisata Kampung Gajah di Bandung

Wisata Kampung Gajah

Selain Trans Studi Bandung juga memiliki wahana permainan yang seru dan wajib kamu coba jika sedang berlibur ke Bandung, yaitu wisata Kampung Gajah. Kampung gajah adalah sebuah destinasi yang memiliki banyak objek wisata seperti wisata belanja, wisata kuliner, sampai wahana permainan air.

Jika kamu ingin destinasi yang komplit kamu wajib mengunjungi destinasi wisata satu ini. Karena dalam satu tempat kamu bisa menikmati berbagai objek wisata sekaligus. Wisata Kampung Gajah sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga, dan Kampung Gajah ini sudah menjadi wisata favorit warga Bandung untuk menghabiskan weekend. 

Untuk fasilitas yang ada di Kampung Gajah sudah terbilang lengkap. Fasilitas yang tersedia seperti Restoran atau tempat kuliner yang menyediakan berbagai menu. Mulai dari makanan barat, makanan khas jepang, makanan asia (Korea, Thailand), dan tentunya makanan khas nusantara (Jawa, Sunda, Padang, Makassar).

Ada juga Factory Outlet yang menjual berbagai fashion. Selain itu ada toko souvenir yang menjual oleh-oleh khas kampung gajah, seperti gantungan kunci, topi, baju kaos dan masih banyak yang lainnya. Kampung gajak terletak di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Lembang-Bandung, Provinsi Jawa Barat. Untuk tarif parkir yang berlaku di Kampung Gajah mulai dari Rp5.000 sampai Rp20.000.

Tempat Wisata Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

 Destinasi wisata kebun binatang ini lokasinya sangat dengan perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung. Kebun Binatang ini juga difungsikan sebagai tempat edukasi tentang berbagai jenis hewan.

Untuk tarif tiket kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000 per orang untuk dewasa, untuk anak-anak di atas 3 tahun akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000 dan untuk usia dibawah 3 tahun, kamu tidak perlu membayar, karena tidak dikenakan fee.

Kebun Binatang ini terletak di Jalan Kebun Binatang No.6 Taman Sari Bandung. Luas kebun binatang ini mencapai 14 hektar, dan terdapat 213 jenis satwa, 79 jenis satwa masuk dalan jenis satwa langka dan dilindungi. 

Fasilitas yang disediakan pengelola juga beragam mulai dari taman bermain yang disediakan berbagai permainan seperti ayunan, istana balon, balon air, balon cat. Dijamin anak-anak tidak mudah bosan jika berkunjung ke kebun binatang.

Selain taman bermain ada juga kolam perhauu yang bisa kamu pakai untuk mengelilingi danau buatan. Flying Fox, yang akan memacu adrenalin kamu, ada juga pangggung hiburan, yang biasanya diisi dengan pertunjukan musik. Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pengelola akan membuat kamu dan keluarga merasa nyaman berkunjung ke kebun binatang.

Wisata Rumah Mode Bandung

Rumah Mode Bandung

Wisata selanjutnya adalah Rumah Mode. Selain julukan Kota Kembang, Bandung juga dijuluki sebagai Kota Mode. Oleh karena ini tidak heran bahwa Bandung memiliki lebih dari satu gerai Factory Outlet. Salah satunya adalah Factory Outlet Rumah Mode. Rumah Mode adalah salah satu Factory Outlet yang paling banyak dikunjung wisatawan dan warga Bandung itu sendiri.

Rumah mode terletak di Jalan Setiabudi. Rumah Mode juga merupakan factory outlet yang paling besar, yang paling ramai dan tentunya paling lengkap yang ada di Kota Bandung. Bagi kamu yang memiliki hobi belanja, kamu akan mendpatkan suasan yang berbeda jika berbelanja di Rumah Mode. Suasana yang disuguhkan sangat nyaman, barang-barang yang dijual juga bisa ditawa.

Rumah Mode menjual berbagai macam fashion seperti baju, sepatu, tas, celana dan masih banyak lagi yang lainnya. Informasi yang harus kamu tau tentang Rumah Mode adalah bahwa, banyak barang yang dijual di Rumah Mode merupakan barang sisa export, maka dari itu kamu bisa membeli barang dengan harga yang murah meriah.

Wisata Seni Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Selanjutnya adalah destinasi wisata seni budaya, Saung Angklung Udjo namanya. Saung Angklung Udjo adalah sebuah objek wisata yang didalamnya mempunyai tujuan untuk melestarikan budaya angklung yang saat ini sudah mulai memudar. Jika kamu berkunjung ke Saung Angklung kamu bisa menikmati berbagai macam pertunjukan.

Pertunjukan bisa kamu nikmati adalah pertunjukan wayang golek, pertunjukan, helaran, pertunjukan tari topeng, dan pertunjukan orkesta angklung. Kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa melihat pertunjukan setiap harinya, karena setiap sore selalu ada pertunjukan seni yang rutin diadakan. Destinasi wisata ini sangat cocok bila dikunjungi bersama dengan anak dan keluarga, karena kamu bisa mengenalkan seni wayang dan memperkenalkan angklung kepada anak-anak dan keluarga.

Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Berlibur sambil belajar, sepertinya hal yang sangat disukai anak-anak ya. Nah jika kamu berlibur ke Bandung kamu bisa membawa anak-anak dan keluargamu untuk datang ke Museum Geologi Bandung. Museum Geologi ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi tujuan wisata untuk pelajar dan mahasiswa, karena disini kita akan belajar banyak hal. Koleksi yang dimiliki oleh Museum Geologi juga sangat lengkap, bahkan sampai dikenal oleh orang-orang hingga mancanegara terkhususnya pada koleksi bebatuannya.

Ada juga struktur geologi yang dimiliki museum ini, struktur itu berupa patahan, rekahan, lipatan dan masih banyaj lagi yang lainnya. Bagi kamu yang sangat menyukai tentang geologi tentunya museum satu ini sudah pernah kamu dengar sebelumnya bukan?. Nah jika kamu ingi melihat langsung koleksi-koleksi yang dimiliki Museum Geologi kamu bisa datang ke Jalan Diponegoro, Museum ini jaraknya sangat dekat dengan gedung sate.

Museum Geologi sangat cocok sekali sebagai tempat belajar sambil berwisata karena museum ini bisa dijadikan sebagai sumber ilmu dan tentunya kamu dan keluarga bisa melihat fosil dinosaurus disini. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan mengenai biaya masuk, karena untuk masuk ke museum geologi kamu tidak akan dimintai biaya sepeser pun. Sangat asik bukan.

Wisata Kuliner Paskal Food Market di Bandung

Paskal Food Market

Setelah berkeliling Bandung pastinya kamu akan merasa kelaparan kan. Jangan lupa untuk mampir ke Paskal Food Market. Paskal Food Market adalah salah satu pusat wisata kuliner yang ada di Bandung. Di sini kamu akan banyak melihat gerai-gerai yang menjual berbagai makanan khas bandung , jajanan pinggiran dan minuman yang beraneka macam.

Menurut data yang kami peroleh ada sekitar 1.000 menu makanan dan minuman yang ada di Paskal Food Market. Jika kamu berkunjung ke Bandung wisata kuliner satu ini tidak boleh dilewatkan, karena kamu bisa mencicipi jajanan khas Bandung di satu tempat sekaligus.

Jika kamu ingin mencicipi jajanan yang dijual di Paskal Food Market kamu bisa datang langsung ke Jalan Pasir Kaliki, atau kamu bisa membuka google maps dan mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan di google maps. 

Wisata Belanja Cihampelas Walk Di Bandung

Cihampelas Walk

JIka sedang berlibur di Kota Bandung kamu bisa membeli kebutuhan fashionmu di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Bandung. Bandung yang dijuluki sebagai kota mode memiliki lebih dari dua pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi.

Kamu bisa sepuasnya belanja berbagai jenis fashion seperti tas, sepatu, jilbabm baju, gamis dan berbagai aksesoris untuk melengkapi penampilan kamu. Salah satu pusat perbelanjaan yang wajib kamu kunjungi adalah Cihampelas Walk.

Cihampelas walk atau sering disebut Ciwalk merupakan sebuah kawasan perbelanjaan yang memiliki konsep alami yang ada di Kota Bandung. Konsep alami yang digunakan pada Ciwalk akan membuat kamu merasa nyaman, karena udaranya yang bersih dan sejuk. 

Wisata Ke Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika

Destinasi wisata selanjutnya adalah Museum Konferensi Asia Afrika, museum yang menjadi ikon dari Kota Kembang bahkan ikon provinsi Jawa Barat. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan museum satu ini. Gedung Asia Afrika adalah salah satu saksi bisu usaha dan kerja keras Indonesia dalam melawan penjajah.

Gedung ini juga menjadi pejuang negara kita dan ikut turun tangan membantu memerdekan bangsa-bangsa yang ada di dunia. Gedung Asia Afrika termasuk ke dalam wisata sejarah yang ada di Kota Bandung yang wajib kamu kunjungi.

Gedung Sate yang mengusung konsep arsitektur Art Deco, yang bangunan lantai dasarnya terbuat dari marmer asli Italia. Ruangan yang ada dalam gedung di bangun dengan kayu Cikenhout yang terkenal kuat dan berpenerangan lampu krista.. Gedung Asia Afrika juga menjadi saksi bisu berlangsungnya tempat persidangan konferensi.

Wisata Ke Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga

Wisata selanjutnya adalah wisata sejarah Museum Sri Baduga. Selain gedung sate yang merupakan wisata sejarah, Bandung juga memiliki wisata sejarah lain yaitu Museum Sri Baduga yang tentunya banyak menyimpan peninggalan sejarah seperti rekan jejak Jawa Barat dari fase ke fase.

Di Museum Sri Baduga kamu bisa melihat 5.367 koleksi-koleksi peninggalan sejarah seperti koleksi replica, miniature-miniatur, foto jadul, sampai pada maket. Kamu juga bisa sambil belajar tentang sejarah Indonesia. 

Wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Di Bandung

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Sekarang mari kita beralih ke wisata bermain dan edukasi untuk anak-anak. Jika liburan sekolah sudah tiba, kamu sangat direkomendasi untuk mengajak anak-anak dan ponakan kamu untuk berwisata ke Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani.

Destinasi wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani adalah sebuah objek wisata yang mengusung konsep tempat bermain dan edukasi untuk anak-anak. Karena anak-anak akan dilatih untuk membaca rambu-rambu lalu lintas.

Selain itu anak-anak bisa menikmati bagaimana rasanya berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur yang sudah dibuat oeh pengelola tentunya anak-anak akan diarahkan untuk mentaati rambu-rambu lalu lintas. Dijamin anak-anak akan merasa enjoy jika diajak ke wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini. 

Wisata Kolam Renang Karang Setra Di Bandung

Kolam Renang Karang Setra

Selanjutnya kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain air dan berenang di Kolam Renang Setra. Salah satu kolam renang yang sangat terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung ini adalah kolam renang yang pernah tercatat sebagai Kolam renang terluas se-Asia Tenggara saat kali pertama diresmikan oleh presiden kita yang pertama yaitu Bapak Soekarno.

Kolam renang ini pertama kali diresmikan pada tahun 1954 dengan luas wilayah seluas 6 hektar. Kolam renang karang setra ini mengusung konsep kolam renang outdoor yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air yang sangat modern seperti lintasan 86 meter, kolam naga, aqua play, kolam pantai, water ball, space ball, bungge trampoline, banteng ngamuk dan ruang gempa. Tunggu apa lagi, ajak teman dan keluarga untuk menikmati wahana permainan di Karang Setra.

Tempat Wisata Kawasan Punclut Di Bandung Utara

Wisata Kawasan Punclut

Jika kamu berlibur ke kota Bandung, kamu wajib menikmati suasana kota Bandung pada malam hari. Kamu bisa menikmati suasana malam kota Bandung di Kawasan Punclut di Bandung Utara.

Kawasan Punclut ini merupakan salah satu kawasan yang sangat disukai para anak muda di Bandung, karena Kawasan ini berada di ketinggian 1.000 m dpl, udara yang sejuk dan menyegarkan akan membuat kamu semakin betah melihat suasana Bandung dari ketinggian.

Panorama alam yang eksotis Kota Kembang pada malam hari akan membuat kamu semakin jatuh cinta dengan kota Kembang ini. Selain menikmati Suasana pada malam hari kamu juga bisa memesan makanan dan minuman yang dijual disana

Wisata Kuliner Floating Market di Bandung Utara

Floating Market

Destinasi wisata Bandung memang tidak ada habisnya. Selanjutnya kami akan merekomendasikan destinasi wisata kuliner di Bandung, yaitu Floating Market yang merupakn wisata yang terbiilang unik yang ada di Kota Bandung. Kamu bisa menikmatik keindahan alam yang asri dan segar sambil memakan kuliner khas Bandung di Pasar terapung.

Floating Market mengusung tema pasar terapung yaitu makanan yang dijual diatas perahu, sangat menarik dan unik bukan. Selain pasar terapung floating market ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti wahana modern yang pastinya sangat menarik untuk dicoba.

Floating arket memiliki 3 tema atau konsep, yaitu spot bermain, spot belajar dan spot kuliner. Destinasi wisata satu ini juga tidak pernah sepi oleh pengunjung, jadi tunggu apalagi bawa keluarga dan teman-teman mu untuk datang ke Floating Market.

Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang

Objek wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur ke Bandung adlah Farm House Susu Lembang. Objek wisata ini sangat terkenal di Bandung. Farm House Susu Lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Jika kamu berkunjung ke Farm House Susu Lembang kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada seperti Bird Bromelia Pavilion, area ini merupakan area edukasi yang ada di Farm House Susu Lembang. Di area ini kamu bisa melihat burung, kambing, iguana dan kelinci sekaligus berintearksi langsung dengan hewan-hewan tersebut.

Ada juga area belanja yang menjual berbagai macam souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Kamu juga bisa langsung menikmati susu segar yang tersedia farm house tersebut. Farm House Susu lembang memiliki banyak sekali spot foto yang bisa kamu nikmati, kamu bisa berfoto di jembatan cinta, atau menyewa kostum holland yang tarifnya mulai dari Rp50.000 per jamnya.

Untuk harga tiket masuk ke wisata Farm House Lembang ini kamu bisa menyiapkan budget Rp25.000 hingga Rp100.000 sangat terjangkau bukan.

Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api

Wisata Bandung selanjutnya yang wajib kamu datangi adalah Taman Miniatur Kereta Api. Taman ini berlokasi di Kawasan Floating Market Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.  Jika kamu berkunjung ke Taman Miniatur Kereta Api kamu bisa melihat langsung betapa bagusnya miniature kereta api yang sangat detail dan lengkap dengan pemandangan alam dan pohon-pohon sekitarnya.

Ada juga ornament-ornamen kecil ditambahkan seperti rel kereta, stasiun, pom bensin, menara pengawas, jembatan, terowongan sampai rumah-rumah warga sekitar pun ada. JIka dilihat dan diambil fotonya, taman miniatur ini akan terlihat seperti nyata dan real karena pembuatannya yang sangat detail sekali.

Jika kamu ingin melihat taman miniatur ini secara langsung kamu cukup menyediakan budget sebesar Rp15.000 per orang untuk membayar tiket masuk Floating Market. Untuk masuk lagi ke Taman Miniatur Kereta Api kamu akan dimintai biaya seperti Rp25.000 per orang. Untuk operasional jam buka, Taman miniature ini mulai buka jam 9 pagi hingga jam 5 sore. 

Kawasan Berkuda Ganesha H Equestrian

Ganesha H Equestrian

Gunakan akhir pekanmu untuk berolahraga, berwisata sambil menyehatkan tubuh. Kami akan merekomendasikan destinasi wisata kawasan berkuda Ganesha H Equestrian. Bagi kamu yang belum pernah mencoba olahraga satu ini, kamu wajib mencobanya. Karena berkuda bisa menyehatkan tubuh kita. untuk bisa menunggangi kuda kamu bisa memilih paket yang sudah disediakan oleh pengelola.

Paket pertama yaitu wisata kuda pony riding dengan short route yaitu sekitar 438 meter akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000. paket ke dua lake route 717 meter akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000. paket ke tiga lake&hill denga rute perjalanan 1019 meter yang akan dikenakan biaya sebersar Rp100.000. Jika kamu takut menunggangi kuda kamu bisa mnta ditemani oleh petugas agar bisa mengawasi mu dalam perjalanan.

The Great Asia Africa

The Great Asia Africa

Bagi kamu yang memiliki hobi fotograpi dan selfie kamu wajib mengunjungi wisata satu ini. The Great Asia Africa merupakan sebuah destinasi wisata yang sengaja dirancang untuk dijadikan spot foto. Spot foto yang ada di Great Asia Africa meliputi bangunan-bangunan yang memiliki kekhasan dari negara-negara yang ada di Asia Africa.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000, tiket masuk wisata ini bisa ditukatkan dengan beberapa pilihan seperti snow ice, bandrek atau sosis. Kamu juga bisa menyewa kostum ala Jepang, Korea atau India. Untul sewa kostum kisaran harganya mulai dari Rp50.000 hingga Rp80.000.

Nah itu dia beberapa rekomendasi dari educatrip menegenai destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi jika sedang berlibur ke Bandung. Selamat Liburan. 

Leave a Comment