7 Wisata Bandungan yang Hits dan Kekinian ini Wajib Dikunjungi

Bandungan ini merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang. Berjarak dari Kabupaten Semarang sekitar 16 KM. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Bergas di sebelah utara, Kecamatan Bawen di sebelah timur, Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Jambu di sebelah selatan, dan Kecamatan Sumowo di sebelah Barat.

Bandungan sendiri menyimpan pesona keindahan alam yang tersembunyi. Wisatanya pun beragam mulai dari wisata alam, wisata hiburan, wisata sejarah sampai wisata budaya. Nah berikut akan kita paparkan terkait dengan wisata yang ada di Bandungan.

1. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Colesia merupakan objek wisata yang terbilang popular di Bandungan. Taman bunga ini berkonsep ala luar negeri yaitu Eropa dimana terdapat landmark Negara-negara di dunia. Nah sobat travelers dapat berfoto sesuka ria dengan latar belakang landmark-landmark yang ada seperti Menara Eiffel, miniatur Patung Merlion Singapura, Kincir Angin khas negeri Belanda, rumah jamur, rumah The Hobbit, dan berbagai aksesoris penghias yang memikat mata.

Koleksi bunga yang ada di Taman Bunga Celosia ini beragama, diantaranya seperti Mawar , Hebras, Vii Besar, Lavender, Melati, Diantus, dan sebagainya. Wisata Ini sebenarnya terbagai atas 3 objek yaitu Taman Bunga Celosia, Museum Selfie, dan Celosia Happy and Fun.

Fasilitas yang disediakan di wisata ini antara lain: Mushola, tempat parker, kamar mandi, warung, spot foto, dan masih banyak lagi.

Tarif masuk ke Taman Bunga Celosia masih terjangkau yaitu Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM 0,5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

2. Wisata Alam Legok Madu Bandungan

Wisata Alam Legok Madu Bandungan
Wisata Alam Legok Madu Bandungan

Wisata Alam Legok Madu Bandungan ini menyuguhkan taman yang hijau nan asri. Pengunjung akan dibuatnya terpikat dengan pesona keindahannya sampai-sampai ingin berlama-lama di wisata ini.

Bagi sobat travelers yang hobi sekali berfoto, wisata ini benar-benar memikat selain keindahannya, karena terdapat properti burung-burung besar yang membentuk tuliasan I LOVE YOU yang tentunya bagus jika dijadikan latar belakang foto. Spot foto lain yang juga menarik adalah bakso kaktus yang tentunya sangat instragamable banget sobat dan sayang untuk dilewatkan.

Dan yang terakhir adalah spot siluet, dimana spot ini hanya bisa sobat nikmati pukul 17.00 WIB. Seperti namanya, hasil yang akan sobat travelers dapatkan dari spot foto ini yaitu siluet yang keren. Untuk harga tiket masuk wisata alam ini kisaran Rp 2.000 – Rp 5.000.

Ngipik, Kaliwinong, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

3. Pasar Wisata Bandungan

Pasar Wisata Bandungan
Pasar Wisata Bandungan

Pasar Wisata Bandungan ini berkonsep pasar tradisional, sobat travelers akan disuguhi dengan beragam hasil bumi sekitar Kecamatan Bandungan. Tentunya oleh-oleh khas dan kuliner dengan sajian menu tradisonal juga tersedia di pasar ini.

Sobat travelers akan menjajaki Bandungan di pasar wisatanya ini diantaranya sobat dapat menikmati hiruk-pikuk pasar kembang di pasar ini, bunga yang tersedia pun beragam.  Nah selain sobat travelers dapat membeli ataupun menikmati pasar kembang, sobat juga dapat melihat langsung kebun bunga Bandungan.

Bagi sobat travelers yang ingin memasak,  sobat dapat membeli sayur di Sub Terminal Agribisnis Jetis. Sayur yang tersedia di pasar ini tentunya segar-segar dan harganya masih terjangkau.

Dengan ketinggian wilayah Bandungan ini, sobat travelers juga dapat menikmati senja maupun menanti fajar terbit dengan gagahnya berwarna oranye. Pasar wisata bandungan ini dibuka setiap hari (24 jam), jadi sobat travelers dapat kapan saja datang ke sini.

Jl. Ngasem, Jetis, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo ditemukan oleh seorang yang berasal dari Inggris yaitu Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740, pada saat ditemukan candi ini berjumlah 7 buah. Pada tahun 1908 V. Stein Callenfels melakukan penelitian sekitar 3 tahun, dan akhirnya menemukan 2 buah bangunan candi. Dan pada tahun 1972-1982 Pemerintah Hindia-Belanda melakukan pemugaran dan diteruskan Pemerintah Indonesia.

Candi Gedong Songon memeliki arti yang mana dalam bahasa jawa gedong artinya bangunan dan songo adalah Sembilan. Jadi Candi Gedong Songo kurang lebih memiliki arti 9 bangunan candi sesuai dengan jumlah bangunan candi yang ditemukan.

Tujuan dibangun candi ini yaitu sebagai tempat pemujaan terhadap para dewa. Jadi tidak heran jika terdapat beberapa patung di kawasan candi ini, yaitu siwa mahakala, siwa mahaguru dan ganesha dan beberapa patung yang lainnya.

Sobat travelers akan dibuatnya menguras tenaga dalam mengelilingi 9 candi, pasalnya jarak antar candi 200 hingga 300 meter, namun kelelahan itu akan digantikan dengan keindahan Candi Gedong Songo ini.

Nah sobat travelers yang berkunjung ke Candi Gedong Songo harus mengetahui, bahwasannya candi ini memliki Bio Energy terbesar sekaligus terbaik di Asia. Harga tiket masuk Candi Gedong Songo pun masih terjangkau yaitu cukup membayar Rp 10.000 sobat sudah dapat mengelilingi candi.

Hutan, Jubelan, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah 50662

5. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo
Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo merupakan objek wisata yang berada pada kompleks Candi Gedong Songo. Spot foto di objek wisata ini disajikan sangat kekinian banget, sehingga tak diragukan lagi banyak pengujung yang berdatangan. Nah pastinya sobat travelers penasaran kan apa saja yang ada di Ayanaz Gedong Songo. Yuk kita telusuri di bawah ini.

  • Tenda Gelembung

Kehadiran dari Tenda Gelembung ini sangat menarik perhatian pengunjung. Tenda gelembung ini memiliki bentuk yang unik yaitu besar seperti lampu bohlam, nah uniknya lagi di dalam tenda gelembung ini terdapat isinya yaitu kurang lebih 10 boneka tedybear yang memiliki warna yang berbeda-beda. Biaya untuk wahana ini yaitu Rp 5.000.

  • Sofa Tengah Kolam

Banyak spot-spot menarik di Ayanaz Gedong Songo, salah satunya yaitu Sofa Tengah Kola mini. Dimana sofa berwarna hijau segar ini berada tepat di tengah kolam. Sobat travelers dapat menikmati keindahan alam dan menikmati gemercikan air dari sofa ini. Tentunya sofa ini akan membuat sobat travelers nyaman dan rileks.

  • Bantal-Bantal

Pastinya sobat travelers banyak yang tanya kenapa spot yang satu ini disebut dengan bantal-bantal. Nah spot ini disebut dengan bantal-bantal karena di spot ini terdapat banyak bantal. Spot ini berbentuk kurungan raksasa dengan cat warna putih yang alasnya berupa karpet berwarna hijau dan dikelilingi dengan sederat bantal yang bergambar tokoh kartun desney.

Harga tiket masuk Ayanaz  Gedong Songo ini adalah Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 untuk dewasa. Untuk jam bukanya yaitu pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti berada di ketinggian 1200 mdpl, yang pastinya dengan ketinggian tersebut tempat ini menyuguhkan pesona keindahan alam yang sangat eksotis dan menajubkan. Udara di Umbul Sidomukti ini sangat sejuk dan suasana yang damai akan terasa. Wisata ini sendiri diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2007 oleh Wakil Bupati Semarang.

Umbul Sidomukti menyediakan kolam renang dengan 3 tingkat yang beragam, untuk anak-anak 30 cm dan dewasa 1,5 meter. Namun sobat travelers haru mengetahui, bahwasannya kolam renang di Umbul Sidomukti ini berbeda dengan kolam renang di tempat-tempat lain. Dimana kolam renang di Umbul Sidomukti ini aliran airnya diambil langsung dari alam.

Wahana kolam renang di Umbul Sidomukti ini disebut dengan Taman Renang Alam. Bentuk dari kolam renangnya sendiri bukan halnya kotak-kotak seperti kolam renang pada umumnya, kolam renang di Umbul Sidomukti ini berbentuk seperti mangkok.

Nah selain wahana taman renang alam, sobat travelers pun dapat menikmati wahanya menarik lainnya.

  • Wahana Pacu

Dimana di wahana pacu ini terdapat beberapa permainan alam yang seru seperti flying fox, highest triangle, marine bridge, dan sepeda awang.

  • Little Ranch

Jika sobat travelers ingin menikmati perkebunan di sekitar Umbul Sidomukti, sobat travelers dapat menikmatinya di Little Ranch dengan kuda-kuda ramah yang siap mengantarkan perjalanan sobat sekalian. Namun Little Ranch ini hanya dibuka pada weekend saja, di weekday kuda-kuda istirahat untuk mendapat perawatan yang ekstra.

  • Goa Tirta

Goa Tirta merupakan goa buatan yang berada di kawasan Umbul Sidomukti. Goa Tirta memiliki panjang sekitar 135 meter. Nah tepat diujung goa, sobat travelers akan dibuat terpukau dengan keindahan alam yang luar biasa.

  • Panahan

Sobat travelers yang mempunyai hobby memanah, di Umbul Sidomukti ini terdapat wahana khusus untuk memanah. Tidak hanya yang sudah pandai ataupun yang memiliki hobby memanh, namun jika sobat travelers ingin belajar memanah juga bisa meminta untuk diajari oleh beberapa pemanah professional yang ada di sini.

  • Penginapan

Terdapat penginapan yang tentunya nyaman di sekitar Umbul Sidomukti ini yaitu Villa Pondok Kopi dan Homestay Pinus.

Untuk harga tiket masuk kawasan Umbul Sidomukti adalah Rp 5.000, namun pengunjung akan diminta lagi untuk membayar kendaraan parker yaitu Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor. Dan jika pengunjung ingin mencoba wahana di Umbul Sidomukti ini, pengunjung perlu membayar beberapa tarif per wahana diantaranya:

  • ATV : Rp 30.000
  • Sepeda Awang : Rp 25.000
  • Highest Triangle : Rp 45.000
  • Marie Bridge : Rp 20.000
  • Flying Lembah : Rp 25.000
  • Flying Double : Rp 45.000
  • Little Ranch : Rp 75.000
  • Berenang : Rp 10.000
  • Goa Tirta : Rp 5.000
  • Pananhan : Rp 30.000, 15 anak panah

Blanten Lor, Jimbaran Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661

7. I’Ampelgading Homeland

I'Ampelgading Homeland
I’Ampelgading Homeland

I’Ampelgading Homeland merupakan wisata yang menawarkan pesona keindahan alam dengan perbukitan yang sangat menawan. Wisata ini dikonsep dengan sangat kekinian, cocok sekali buat sobat travelers liburan bersama keluarga ataupun kerabat. Dengan berkunjung ke wisata ini, sobat travelers dapat merefreshingkan diri dengan memanjakan mata dengan keindahan alam. Ditambah lagi udara yang berhembus di sekitar kawasan ini bener-benar menyejukkan badan.

Terdapat beberapa spot foto yang instagramble di I’Ampelgading Homelnd ini, salah satunya gardu pandang. Gardu pandang ini salah satu tempat favorit yang banyak diburu pengunjung untuk berfoto. Dengan ketinggian 1.300 mdpl membuat sobat travelers nyaman dengan pesona keindahan alam dan suasana alam yang damai, sehingga sobat travelers dibuatnya ingin berlama-lama di wisata ini.

Harga tiket masuk wisata I’Ampelgading Homeland ini masih terjangkau yaitu Rp 5.000 – Rp 10.000.

Kedung Wangen, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

Demikian 7 wisata di Bandungan, Kabupaten Semarang. Selain Bandungan masih banyak destinasi wisata Semarang yang bisa anda kunjungi. Jika sobat travelers berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk meluangkan waktu berkunjung ke wisata yang ada di Bandungan. Selamat menjelajahi wisata di Bandungan sobat travelers. Happy Holiday.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *