70 Objek Wisata Hits di Bantul yang Seru dan Keren Terbaru 2020

Apabila sudah sering pergi liburan ke Kota Yogyakarta , mungkin banyak diantara kalian semua sudah mulai bosan dengan wisata yang itu itu saja. Padahal, masih banyak lho destinasi wisata di Jogja yang seru untuk di jelajahi. Seperti misalnya wisata yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Yogyakarta yang sangat kaya akan destinasi wisata yang seru dan menarik. Kabupaten dengan luas 506 Km persegi ini terletak ditepi pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan laut jawa.

Masyarakat Bantul masih sangat erat dengan pola hidup yang menjunjung tinggi nilai luhur dan budaya. Selain itu Bantul juga terkenal akan olahan kuliner sate klathak dan geplak.

Kabupaten yang terkenal dengan wisata pantai dan kerajinannya ini ternyata mempunyai banyak sekali objek wisata yang Instagramable, mulai dari puncak perbukitan yang kekinian hingga taman bunga warna warni yang elok nan cantik. Jika anda sedang merencakan pergi liburan ke Jogja, Bantul wajib masuk ke dalam list daftar trip perjalanan mu.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang terkenal di Pulau Jawa. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang ganas dan pemandangan tebingnya yang eksotis. Disini ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan seperti bermain pasir, susur pantai, nyunset, berkeliling dengan kuda, bermain ATV, dan masih banyak aktivtas seru lainnya.

Pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas – fasilitas untuk para pengunjung. Dari mulai tempat parkir yang luas, kamar mandi, musholla, tempat makan, sampai tempat untuk berteduh semuanya telah tersedia disini.

Karena ombaknya yang ganas, ketika datang kesini, pengunjung amat sangat tidak disarankan untuk berenang, beselancar, dan menyelam. Maka dari itu, jika tujuan anda adalah pergi ke pantai yang bisa beselancar dan menyelam maka anda datang ke tempat yang salah.

Jika anda berminat untuk pergi kesini, Pantai Parangtritis berada di Jl Parangtritis, Bantul. Tiket masuknya juga tergolong ramah dikantong, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk masuk ke dalam. Pantai ini buka selama 24 jam non stop, jadi anda bisa datang kesini kapan pun anda mau.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata di Bantul yang satu ini lokasinya tidak jau dari Pantai Prangtris hanya berjarak sekitar 700 meter saja. Biasanya tempat ini menjadi paket lengkap tempat yang dikunjungi setelah bermain dari Pantai Parangtritis.

Wisata ini mempunyai daya tarik utama berupa hamparan gundukan pasir yang mirip seperti hamparan gurun pasir yang ada di Timur Tengah sana. Di sini, wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas seru dan menarik seperti, beselancar di gurun pasir (sandboarding), berfoto, bermain pasir, berjemur, dll.

Karena lokasinya yang unik dan keren, objek wisata ini seringkali digunakan sebagai lokasi untuk melangsungkan pemotretan foto Pre Wedding oleh para pasangan yang akan melaksanakan pernikahan.

Anda bisa berkunjung kesini kapan saja karena wisata ini buka 24 jam non stop. Untuk dapat masuk kedalam Gumuk Pasir Parangkusumo wisatawan yang telah membayar tiket masuk Pantai Parangtritis tidak perlu untuk membayar lagi karena sudah satu paket. Sangat murah bukan ?

3. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata yang sedang hits dan ngetren dikalangan para pemuda. Destinasi wisata yang berlokasi di Desa Mangunan, Kec Dlingo ini memberikan daya tarik utama berupa kebun buah diatas perbukitan yang asri dan eksotis. View yang disuguhkan memang benar benar menyejukan mata.

Hampir setiap hari wisata ini selalu ramai pengunjung, seperti tidak akan pernah sepi. Rata pengunjung yang datang hanya tertarik untuk mengunjungi puncak bukitnya karena view pemandangannya yang eksotis.

Diatas puncak bukit tersebut pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk sambil melihat view Gunung Sewu dan Sungai Oyo yang meliuk – liuk membelah kawasan pegunungan tersebut.

Kebun buah mangunan buka setiap hari dari pukul 6 pagi sampai dengan pukul 6 sore. Ada 2 waktu yang disarankan ketika hendak pergi kesini. Yaitu dikala pagi hari jika anda ingin menikmati indahnya panorama dan sensasi negri diatas awan, dan diwaktu sore hari jika anda ingin menyaksikan sunset dari atas bukit.

Tiket masuk kebun buah mangunan tergolong ramah dikantong, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Dengan harga segitu anda bisa menyaksikan panorama yang indah sambil berfoto ria.

4. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Selanjutnya yaitu Wisata Hutan Pinus Dlingo, lokasinya tidak begitu jauh dari Kebun Buah Mangunan. Biasanya wisatawan akan menyempatkan mampir kesini setelah berkunjung dari kebun buah mangunan. Daya tarik utama yaitu berupa hamparan hutan pinus yang masih asri dan sangat sejuk, tempat yang nyaman untuk bersantai.

Disini anda dapat bersantai sambil berfoto ria, sebab view nya yang sangat instagramble, pihak pengelola juga menyediakan penyewaan hammock jika ingin bersantai lebih rileks. Nah, jika anda tertarik untuk pergi kesini, Hutan Pinus Dlingo buka setiap hari dari jam 06.00 pagi sampai dengan jam 17.30 sore. Tiket masuknya juga sangat terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 2000 saja.

5. Puncak Becici Dlingo

Masih didaerah kawasan kecamatan Dlingo, ada satu lagi wisata alam jogja yang tidak kalah bagus pemandangannya daripada wisata sebelumnya, yaitu Puncak Becici Dlingo. Tempat wisata ini menawarkan daya tarik berupa view pemandangan sunset yang eksotis dan kawasan pedesaan yang masih asri dengan udaranya yang sejuk.

Untuk bisa melihat view pemandangan yang terbaik, anda bisa menggunakan gardu pandang dan tempat duduk dari papan kayu yang telah disediakan oleh pihak pengelolah wisata. Dari atas pohon ini anda akan dapat menikmati view indahnya panorama alam yang eksotis berupa kawasan pegunungan, hutan, dan hamparan sawah hijau bertingkat.

Jika sobat traveler ingin pergi ke objek wisata ini, silahkan datang kapan saja tanpa harus membayar tiket masuk. Namun, karena objek wisata ini terletak di kawasan daerah yang terpencil, maka mau tidak mau akses menuju ke tempat ini hanya bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak ada jalur kendaraan umum yang melintasi kawasan ini.

6. Air Terjun Ledok Pokoh

Objek wisata bantul yang selanjutnya yakni, Air Terjun Ledok Pokoh. Sama seperti wisata wisata yang sebelumnya. Air terjun ini terkeltak di Kecamatan Dlingo.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya masih terbilang bersih dan jernih. Kemudian, bentuk aliran airnya pun cukup unik, yakni mirip seperti gerojokan bertingkat yang jatuh ke arah tumpukan batu berkelok.

Anda bisa mengunjungi objek wisata ini kapan saja tanpa harus membayar tiket masuk sebab, sampai tulisan ini dibuat, objek wisata air terjun ledok pokoh masih belum dikelola secara komersil.

7. Seribu Batu Songgo Langit

Selanjutnya yaitu wisata Seribu Batu Songgo Langit, letaknya hanya sekitar 7KM dari wisata Air Terjun Ledok Pokoh. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan rumah hobbit yang sedang kekinian. Anda bisa merasakan sensasi bermain rumah-rumahan yang ada di film Lord Of The Ring.

Untuk meningkatkan daya tarik wisatawan, pihak pengelola juga telah menyediakan wahana permainan flying fox. Nah, bagi anda yang suka bermain permainan yang memacu adrenalin mungkin ini tempat yang cocok untukmu.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 17.00 sore. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini kalian tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup membayar Rp.2000 sudah bisa bermain di rumah hobbit seperti yang ada di film Lord of The Ring. Kemudian jika ingin bermain flying fox, wisatawan harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 15.000

8. Karst Tubing Sedayu

Khusus bagi sobat traveler yang suka bermain permainan yang menantang dan memacu adrenalin, saat berkunjung ke Bantul, anda wajib pergi ke tempat wisata yang satu ini.

Disini, anda akan bisa mendapatkan pengalaman menarik dan seru berupa susur sungai dengan menggunakan ban. Medannya yang sempit dan berkelok membuat perjalanan menjadi menantang dan memacu adrenalin. Untuk itu para wisatawan dianjurkan untuk selalu waspada dan berhati hati ketika susur sungai.

Objek Wisata Karst Tubung Sedayu terletak di Jl. Wates, KM 9,5, Bantul. Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore.

Untuk bisa merasakan sensasi susur sungai dengan menggunakan ban, pengunjung harus membayar sebesay Rp. 30.000 per orangnya. Biaya tersebut sudah termasuk semua kebutuhan yang diperlukan seperti helm, pelampung, ban, sepatu, dan pengarahan dari guide.

9. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Ada satu tempat di Bantul yang menawarkan sensasi menjadi orang desa lengkap dengan pola hidup khas masyarakat tradisional di pedesaan. tempat itu bernama Kampung Edukasi Watu Lumbung.

Ketika berada di kampung ini, anda harus melakukan segala sesuatunya sendiri. Dari mulai menyiapkan makanan, mencuci piring, sampai dengan melayani tamu, semuanya harus anda lakukan sendiri.

Di Kampung Watu Lumbung terdapat perpustakaan yang sistem operasionalnya terbilang cukup unik, di perpustakaan ini anda bisa menjalankan sistem barter, dimana ketika anda datang untuk menyumbangkan buku, maka anda bisa mendapatkan imbalan berupa kopi, teh, gorengan, pisang bakar. Sangat menarik bukan ?

10. Pantai Kuwaru

Beralih ke objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul, Pantai Kuwaru tergolong pantai yang cukup populer di daerah Bantul, sering digunakan para keluarga untuk tempat piknik atau sekedar mengisi waktu liburan.

Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan disini, mulai dari kolam renang untuk anak, area mandi bola, sepeda motor ATV, rumah makan, toilet, dan juga toko souvenir. Semua kebutuhan dan fasilitasnya sudah tersedia disini.

Sama halnya seperti Pantai Parangtritis, ombak Pantai Kuwaru terbilang tidak bersahabat, sehingga sangat tidak disarankan untuk berenang atau pun bermain terlalu jauh dikawasan laut.

Jika anda ingin berkunjung ke sini, Pantai Kuwaru buka setiap hari mulai dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 21.00 malam. Untuk bisa masuk kesini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesa Rp 5000 per orangnya. Kemudian jika ingin menggunakan fasilitas wahana yang tersedia seperti motor ATV, mandi bola, dll. Pengunjung akan dikenai biaya tambahan.

11. Pantai Pandansari

Pantai selanjutanya yaitu Pantai Pandansari, lokasinya tidak terlalu jauh dengan Pantai Kuwaru, hanya sekitar 3,5 KM saja. Objek wisata ini menawarkan daya tarik berupa menara yang dapat dipakai untuk melihat indahnya view pemandangan panorama pantai laut selatan dari atas ketinggian. Pengalaman yang sangat seru dan menarik.

Pantai Pandansari dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Untuk tiket masuknya sendiri tergolong cukup ramah dikantong, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 untuk bisa menikmati indahnya panorama alam pantai dari atas ketinggian

12. Kebun Buah Naga Pantai Pandansari

Seorang warga memanen buah naga yang sudah masak di Larso Farm, Poncosari, Bantul, Yogyakarta, Jumat (17/1). Tanaman buah naga tersebut hanya mengalami satu kali pemanenan setiap tahunnya yakni pada musim penghujan yang dijual dengan harga Rp 20.000 per Kg. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Koz/mes/14.

Tidak jauh dari Pantai Pandansari, terdapat areal perkebunan buah naga. Areal ini seringkali digunakan oleh para wisatawan sebagai lokasi berfoto dengan latar belakang perkebunan buah naga dan mercusuar.

Selain berfoto anda juga bisa merasakan pengalaman memakan buah naga yang langsung dipetik dari pohonnya, untuk urusan harga, anda tidak perlu khawatir, yang pasti harga yang diberikan lebih murah dibandingkan dengan harga dipasaran dan toko buah karena langsung dari kebunnya.

Selagi berkunjung ke Pantai Pandansari tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini. Setelah lelah bermain di pantai kemudian ditutup dengan menikmati kesegaran buah naga untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Bisa juga dijadikan sebagai oleh oleh untuk orang dirumah.

13. Pantai Samas

Selanjutnya yakni Pantai Samas, Pantai ini merupakan satunya satunya pantai di Bantul yang ombak relatif tenang, sehingga anda bisa berenang atau sekedar bermain air di pinggiran pantainya. Disini terdapat sebuah laguna yang dinamai Pengklik Pantai Samas. Di laguna tersebut anda bisa bersantai sambil menikmati kuliner yang telah disediakan dikuliner apung.

Selain itu, untuk menarik daya tarik wisatawan, pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Mulai dari perahu untuk mengelilingi area laguna, dan gardu pandang untuk melihat keindahan panorama alam pantai.

Untuk lokasinya sendiri, Pantai Samas terletak disebelah timur Pantai Pandansari. Jam operasionalnya dibatasi mulai dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 18.000 petang dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 3000 per orangnya.

14. Pantai Goa Cemara

Selain Pantai Samas, masih ada satu lagi wisata pantai bantul yang letaknya tidak jauh dengan pantai pandansari, yaitu pantai goa cemara. Sesuai dengan namanya objek wisata ini diberi nama goa cemara sebab terdapat deretan pohon cemara yang sangat rimbun dan agak gelap sehingga tampak seperti lorong gua.

Lorong goa cemara menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang lorong pohon cemara yang rimbun. Selain itu anda juga bisa menikmati kuliner seafood yang dijajakan disekitar kawasan pantai goa cemara.

Tidak seperti pantai-pantai yang sebelumnya, jam operasional pantai goa cemara cenderung tidak dibatasi. Jadi, anda bisa berkunjung atau bermain kesini kapanpun anda mau. Untuk biaya tiket masuknya sendiri tergolong cukup murah, yakni hanya sebesar Rp 5000 per orang nya.

15. Pantai Pandansimo Bantul

Pantai di Bantul selanjutnya yang bisa anda kunjungi yaitu, Pantai Pandansimo. Pantai ini tergolong pantai baru, sebab dulunya kawasan ini bukan merupakan tempat objek wisata, hanya merupakan hamparan pasir pantai yang berdiri diatasnya rumah warga dan tempat untuk melelang ikan hasil tangkapan.

Kini karena kreativitas warga setempat, mereka menyulap tempat ini menjadi sebuah objek wisata yang indah yang bisa kamu jadikan tempat destinasi liburanmu di Bantul lho

16. Pantai Baru

Tempat wisata di Bantul yang selanjutnya adalah Pantai Baru. Sebuah pantai kece yang masih terjaga kebersihan serta terdapat pohon cemara yang membuat pantai ini menjadi terlihat asri. Selain view pantainya yang indah, terdapat berbagai macam fasilitas pendukung yang bisa digunakan para wisatawan. Jika ingin berkunjung kesini anda hanya perlu membayar Rp. 4000 untuk tiket masuknya.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Baru seperti berkeliling pantai menggunakan ATV. Untuk menyewanya sobat traveler cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 30.000 untuk 15 menit.

Disini kamu tidak perlu takut kelaparan ya gaes, sebab ada banyak warung makan disekitar kawasan pantai yang siap untuk mengatasi perut yang keroncongan. Setelah lelah bermain dipantai selanjutnya waktunya untuk mengisi perut untuk mengembalikan tenaga.

17. Pantai Baros

Nah rekomendasi tempat wisata di Bantul yang selanjutnya yakni Pantai Baros. Pantai ini masih tergolong baru, cocok bagi anda yang tidak menyukai keramaian dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk merenung karena tempatnya yang belum begitu ramai. Berbagai macam fasilitas telah tersedia untuk para pengunjung seperti toilet, tempat berteduh, warung makan, tempat parkir, dll.

Pantai Baros menawarkan daya tarik utama berupa view sunset yang indah dikala senja tiba. Selain menawarkan liburan ala pasir pantai yang seru, wisatawan juga akan disuguhkan dengan deretan hutan mangrove yang tidak kalah eksotis

18. Kampung Batik Giriloyo

Objek wisata bantul yang selanjutnya sebuah kampung yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin batik. Bantul memang bukan kota batik. Namun kabupaten ini mempunyai banyak pengrajin batik yang sangat terkenal dan kualitasnya bukan maen maen.

Nah, jika anda ingin belajar bagaimana cara membatik atau sekedar mengetahui bagaimana proses kain batik diproduksi kalian bisa mengunjungi objek wisata kampung batik geriloyo bantul.

Disini, anda dapat belajar bagaimana cara membatik yang benar, cara memegang cantring, cara menorehkan malam, anda juga bisa berkreasi dengan membuat batikmu sendiri. Untuk memudahkan para wisatawan yang ingin belajar membatik, pihak pengelola sudah menyediakan paket wisata membatik yang dapat dipesan jauh hari.

Selain belajar anda juga bisa berbelanja kain batik hasil karya para pengrajin handal untuk dijadikan oleh oleh buat teman, saudara. Kampung ini, mempunyai galeri kain batik yang menawarkan berbagai jenis kain batik dengan ornamen yang indah dan yang paling penting bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Jika anda ingin pergi ke sini, kampung batik ini terletak di Jl Imogiri Timur No 49. Kampung batik ini dapat dikunjungi setiap hari mulai dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 16.00 sore.

19. Makam Raja Imogiri

Makam Imogiri merupakan tempat wisata yang sarat akan misteri. Makam ini merupakan tempat disemayangkannya para raja dan anggota kerajaan mataram. Ada beberapa aturan dan etika yang harus dipatuhi ketika berkunjung ke makam ini. Untuk bisa masuk kedalam komplek makam pengunjung diharuskan untuk memakai pakaian adat jawa yang telah disediakan oleh pihak pengelola, selain itu pengunjung juga tidak perbolehkan untuk mengenakan perhiasan.

Jika tidak mentaati aturan yang telah ditetapkan, pengunjung dilarang untuk masuk kedalam dan hanya diperbolehkan untuk memasuki gerbang pertama saja.

Makam Imogiri terletak di Dusun Pajimatan, Desa Giriloyo, Imogiri, Bantul. Jika ingin berkunjung ke sini anda harus memperhatikan kapan jam operasionalnya sebab wisata ini tidak dibuka setiap hari, hanya pada waktu waktu tertentu saja. Anda bisa mengunjunginya pada hari Senin pukul 10.00 pagi sampai 13.00 siang, hari Jumat pakul 13.30 sampai 16.00 sore, tanggal 1 Syawal, tanggal 8 Syawal, tanggal 10 Dzulhijjah pada pukul 10.30 sampai 13.00 siang.

Untuk bisa masuk kedalam makam, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, hanya saja diminta untuk memberikan sumbangan sukarela seikhlasnya untuk biaya perawatan dan biaya kebersihan.

20. Pasar Seni Gabusan Pusat

Buat anda yang suka dengan hal hal yang berbau seni, mungkin tempat ini bisa kamu masukan kedalam list perjalananmu untuk hunting barang seni. Ada berbagai macam kerajinan yang terbuat dari beraneka ragam bahan, mulai dari kulit, logam, kayu, tanah liat, hingga enceng gondok. Dari yang biasa aja sampai dengan yang unik semuanya ada disini.

Terdapat 400 lebih pengrajin yang terbagi menjadi 16 Los atau petak dagang. Dan akan semakin bertambah lagi seiring berjalannya waktu sebab pasar seni gabusan sudah bertaraf internasional. Tidak hanya pengunjung lokal saja yang datang kesini, namun turis mancanegara juga berbondong bondong datang kesini hunting barang untuk tambahan koleksi dirumah atau sekedar buah tangan.

21. Gua Gajah

22. Gua Selarong

23. Gua Cerme

24. Tirta Tamansari

25. Balong Waterpark

26. Kids Fun

27. Bukit Lintang Sewu

28. Pabrik Gula Madukismo

29. Tebing Watu Mabur

30. Gardu Pandang Bukit Mojo

31. Galaxy Waterpark

32. Hutan Pinus Pengger

33. Jurang Tembelan

34. Watu Goyang

35. Gardu Pandang Pinus Asri

36. Watu Amben

37. Jembatan Soka

38. Curug Seribu Batu

39. Grojogan Tuwondo

40. Curug Banyunibo

41. Grojogan Pucung

42. Bukit Panguk Kediwung

43. Air Terjun Kedung Pengilon

44. Kebun Bunga Celosia

45. Desa Wisata Tembi Bantul

46. Bukit Bego Imogiri Bantul

47. Pemandian Air Panas Parang Wedang

48. Air Terjun Randusari

49. Pantai Depok

50. Curug Pulosari

51. Perengan Park

52. Pintu Langit Dahromo

53. Ekowisata Jatisari Dlingo

54. Bukit Paralayang Watugupit Paris

55. Goa Branjang

56. Air Terjun Parangtritis

57. Wisata Alam Kelok 18′

58. Pantai Pelangi

59. Landasan Pacu Depok

60. Pantai Barchan

61. Waduk Tlogo

63. Wisata Alam Watu Lawang

64. Toklampeng Ponggok

65. Puncak Gebang

66. Puncak Sosok

67 Puncak Watu Puteh

68. Puncak Bucu

69. Air Terjun Klampok

70. Sendang Kasihan

Nah itu tadi beberapa list destinasi wisata di Bantul yang lagi hits dan populer rekomendasi dari kami. Cukup banyak bukan ? Sebenernya masih ada banyak lagi tempat wisata yang seru untuk dikunjungi, mungkin jika ingin seluruh wisata yang ada di Bantul akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu kami sudah merangkum mana saja tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Selamat liburan gess semoga perjalananmu seru dan mengasyikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *