12 Rekomendasi Tempat Wisata Banyuwangi Keren, Asyik & Indah Terpopuler 2020

Banyuwangi adalah sebuah kecamatan yang menjadi ibu kota kabupaten banyuwangi provinsi jawa timur. Dengan letaknya yang berada di ujung timur pulau jawa dan juga sebagai tempat transit bagi wisatawan yang akan menuju ke bali melewati pelabuhan ketapang. Banyuwangi ini ternyata memiliki banyak tempat wisata banyuwangi yang menarik untuk di kunjungi bagi anda yang sedang berada di kota banyuwangi, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Banyuwangi menarik dan wajib untuk dikunjungi

Kawah ijen

kawah ijen banyuwangi

Kawah ijen berada di taman nasional baluran, terletak di perbatasan kabupaten bondowoso dan banyuwangidi atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah ijen merupakan sebuah danau terletak di atas gunung yang tebentuk akibat dari letusan gunung ijen. Kawah ini berada di tengah-tengah kalder yang mempunyai diameter 6 km terlus di pulau jawa dengah ukuran kawahnya 960 meter x 600 meter dengan mempunyai kedalaman 200 meter.

Kawah ijen ini memiliki keasaman mendekati nol sehingga bisa melarutkan ubuh manusia lebih cepat dan merupakan salah satu kawah yang paling asam terbesar di dunia, namun dibalik itu semua kawah ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Dengan danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan dibalutin kabut dan asap belerang yang mempesona.

Pada bagian barat kawah terdapat sebuah bendungan atau dam yang sudah tidak digungsikan lagi terbuat dari beton yang dibuat pada zaman belanda, konon katanya untuk menghindari meluapnya air kawah. Untuk bisa dapat menikmati keindahan kawah ijen ini , wisatawan bisa berangkat dari banyuwangi maupun bondowoso menuju ke paltuding yang merupakan pos akhir di tempat wisata ini.

Dari paltuding, wisatwan harus mendaki selama kurang lebih 2 jam untuk sampai ke atas kaldera yang merupakan lokasi terdekat untuk menyaksikan kawah ijen ini. Dari sini, wisata anda bisa melihat lautan kawah berwarna hijau toska dengan asap yang mengepul. Sungguh pemandangan yang sangat indah menakjubkan. Jika wisatawan ingin mendapatkan pemandangan terbaik dari kawah ijen ini, sebaiknya wisatawan mulai berangkat mendaki dari paltuding sekitar jam 4 subuh dengan perkiraan sampai di atas kawah pada jam 6-7 pagi hari.

Karena pada jam tersebut, kawah ijen berada dalam kondisi terbaik dan menghasilkan pemandangan yang sangat terindah. Jika wisatawan ingin melihat keindahan yang lebih luar biasa lagi, dengan mendaki pada dini hari. Karena kawah ijen menyimpan satu sebuah keajaiban lain, di bagian bawah kawah terdapat blue fire atau api biru yang menjadi sebuah keunikan dari tempat wisata ini.

Blue fire atau api biru ini berasal dari cairan belerang yang nantinya akan mengering dan menjadi bahan tambang warga setempat kawah ijen ini. Api biru nya hanya bisa dilihat saat suasana sekitar masih sangat gelap.

Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke tempat  ini adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan juli sampai september. Karena pada bulan-bulan ini, cenderung tidak akan terjadi hujan sehingga medan atau jalan pendakian relatif aman dan wisatawan bisa menikmati kawah ijen tanpa terguyur hujan atau tertutup kabut tebal.

Wisata Desa Adat Kemiren Banyuwangi

Desa Adat Kemiren

Wisata desa adat kemiren berada di kecamatan Glagah, Banyuwangi. Kemiren merupakan salah satu desa adat di Banyuwangi yang masih kental akan adat istiadat suku Osing.  Karena pendudukdesa ini dipenuhi dengan suku Osing semua yang masih mempertahankan tradisinya. Bahasa kesehariannyapun mereka menggunakan bahasa Osing.

Nama Osing memiliki arti tidak, suku Osing memilih kata Osing karena dulu berkata Tidak untuk penjajahan atau Osing kanggo penjajahan. Karena masih kentalnya adat istiadat yang ada di desa ini, maka pemerintah menetapkan desa ini sebagai cagar budaya yang menjadi tempat mempertahankan budaya asli dari Banyuwangi. Desa Kemiren memiliki daya Tarik dari makanan khas Banyuwangi yaitu makanan tradisional pecel pitek dan adanya Sanggar Genjah Arum.

Sanggar yang di desain dengan tema rumah masyarakat Banyuwangi di zaman dulu. Sanggar ini juga milik seorang pengusaha perkebunan yang bernama Setiawan Subekti atau biasa dipanggail dengan sebutan kang Iwan. Selain memiliki Sanggar Genjah Arum, di desa ini juga sering diadakan festival seperti Ngopi Sewu.

Festival Ngopi Sewu adalah  acara tahunan pemerintah Banyuwangi yang di selenggarakan di desa adat Kemiren. Penduduk di desa ini menyediakan meja dan kursi di depan rumah yang dilengkapi dengan kopi asli dari Banyuwangi untuk di minum bersama-sama. Festival ini juga dijadikan sebagai salah satu acara kunjungan wisata di Banyuwangi.

Wisata Alam Baluran Banyuwangi

Wisata Alam Baluran Banyuwangi

Baluran yang termasuk wisata cagar alam di banyuwangi Ini merupakan hamparan savana terluas di Pulau Jawa. Jika anda berkunjung kesini akan merasakan seperti berada di Afrika. Dengan pemandangan alam menakjubkan melihat ketika ratusan rusa berlarian menuju kubangan air,  Seekor Merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, Puluhan kerbau besar yang gagah, belasan elang yang mencari makan, hingga seekor lutung dan makaka yang bergelantungan.

Belum lagi pepohonan khas Baluran yang mirip dengan pohon pinang dan berbuah sekali seumur hidup sebanyak 1 ton untuk kemudian mati. Pohon pilang yang berbatang putih dan rimbun, yang mirip pohon di film “Avatar”. Ada juga pohon bekol yang rindang seperti beringin dengan nuansa magis.

Wisata Savana Sadengan Banyuwangi

Wisata savana sadengan adalah Padang Rumput semi alami di banyuwangi dengan luas 80 hekta dan termasuk ke dalam teritori Taman Nasional Alas Purwo. Disebut dengan padang rumput semi alami karena keberadaan padang rumput ini tidak berlangsung secara alami. terbentuk karena kerusakan hutan sehingga membentuk hamparan rumput yang sangat luas.

Satwa yang hidup di kawasan padang rumput ini merupakan penggabungan antara Greezer atau satwa yang merumput di savana Sadengan, dan Browser atau yang makan tumbuhan di dalam hutan. Berbagai spesies bisa di temukan di padang ini seperti, satwa Banteng atau Bos javanicus,satwa Rusa atau Cervus timorensis, satwa Ajag  atau Cuon alpinus, satwaKijang atau Muntiacus muntjak, satwa Babi Hutan atau Sus scrofa, sawa Macan Tutul atau Panthera pardu.

Binatang-binatang ini masih dilindungi dan ada aturan-aturan buat wisatawan yang bekunjung kesana. Tempat wisata yang satu ini masih sangat alami dan terjaga kelestariannya.

Wisata pantai teluk hijau banyuwangi

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Wisata pantai teluk hijau atau terkenal dengan nama green bay berada di dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Pantai ini di julukin teluk hijau karena memiliki air lautnya yang cenderung berwarna hijau. Keindahan pantai ini sudah tidak diragukan lagi, hutanya yang masih asri dan pantai yang masih bersih.

Maka tak heran jika di kawasan pantai ini ada hewan-hewan yang berkeliaran di sekitar pantai, salah satunya yaitu monyet. Maka jika berkunung ke pantai ini pengunjung harus berhati-hati. Tidak hanya keindahan pantainya saja yang berada disini, kawasan pantai ini juga mempunyai air terjun yang langsung mengarah ke pantai. Air terjun ini juga dimanfaatkan para pengunjung untuk membilas tubuh mereka setelah berenang di pantai. 

Wisata pantai teluk biru banyuwangi

Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Wisata pantai teluk biru atau terkenal dengan sebutan blue bay berada di sengrong, Purworejo Alas Purwo National Park Purworejo, Kalipait, Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Pantai teluk biru ini memiliki bawah laut yang sangat  indah.

Pantai Blue Bay salah satu alternatif snorklingdi banyuwangi setelah pantai Bama di Baluran atau pulau Tabuhan. Karena Keindahan bawah laut Blue bay atau pantai teluk ini tidak kalah dengan kedua wisata Banyuwangi diatas. Laut disini juga masih sangat asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang masih biru dan sangat jernih.

Wisata pantai sukamade banyuwangi

Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi

Wisata pantai sukamade berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Pantai Sukamade juga merupakan salah satu dari Triangle Diomondnya  Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan sukamade memiliki jungle truck yang sangat extreme, maka Untuk bisa sampai ke pantai ini memerlukan penuh dengan perjuangan. Namun lelahnya perjalanan menuju ke wisata ini akan hilang setelah melihat pemandangan yang masih asri serta laut yang begitu indah.

Pantai sukamande terkenal dengan istanaya para penyu-penyu, karena banyak penyu yang mendarat di pinggir pantai ini. Suasana pantai yang tenang dengan hutan tropis yang masih alami,maka tak heran jika Pantai sukamade menjadi tempat favorit bagi para penyu mendarat dan bertelur. dari  ke 6 penyu yang ada di dunia, 4 diantaranya mendarat di pantai sukamade ini yaitu Penyu Slengkrah, Penyu Belimbing , Penyu Sisik dan penyu hijau.

Banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur, menjadikan pantai sukamade sebagai tempat penangkaran telur bagi penyu. Kemudian penyu-penyu tersebut dilepaskan kembali ke habitatnya setelah tukik-tukik yang menetas siap untuk dilepaskan lagi. Para Wisatawan juga tak hanya bisa melihat saja, tapi pengunjung juga bisa turut serta dalam pelepasan tukik.

Biasanya tukik mendarat di pantai sekitar jam 19.30. Sekali bertelur tukik – tukik ini bisa menghasilkan telur hingga ratusan dan akan kembali ke laut pada jam 24.00 malam .  Penyu – penyu ini tidak setiap hari mendarat di pantai Sukamade. Namun hanya pada bulan – bulan tertentu saja .

Wisata pantai wedi ireng banyuwangi

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Wisata pantai wedi ireng berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai yang terkenal sebagai replika kecil dari raja ampat papua. Di pulau ini terdapat tebing – tebing yang mengelilingi pulau dengan pantai yang masih sangat asri. Jalanan menuju ke tempat ini lumayan sulit jika menggunakan jalur darat, melewati medan yang sangat sulit karena harus melewati hutan dengan jalur yang berlumpur.

Tak hanya sampai disitu, anda juga harus mendaki ke ujung bukit lalu menuruninya. Namun jangan khawatir, perjalanan yang sangat susah dan melelahkan akan terbayar lunas jika anda sudah sampai ke tepi pantai ini. Air lautnya yang masih jernih dengan warna yang begitu biru. Serta pinggir pantai yang dikelilingi pepohonan yang hijau dapat membuat suasana sejuk dengan Deretan karang di tepi Pantai semakin menambah pesonanya.

Di salah satu sisi Pantai ini terdapat sebuah batu berukuran sangat besar yang menjadi icon Pantai Wedi Ireng. Pantai wedi ireng jika diartikan dalam bahasa jawa artinya yaitu pantai pasir hitam, namun dalam kenyataanya pasir yang terdapat di pantai ini merupakan pasir dominan berwarna puih.

Wisata pantai watu dodol banyuwangi

Pantai Watu Dodol

Wisaa pantai watu dodol banyuwangi yang berada di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi, Pantai Watu Dodol juga kerap dianggap sebagai gerbang masuk menuju Kabupaten Banyuwang. Pantai ini terkenal dengan icon Batu besar dengan diameter sekitar15 meter dan tinggi sekitar 10m yang tepat berada di tengah jalan menjadi ciri khas Watu Dodol ini.

Watu dodo diambil dari bahasa jawa yang artinya yaitu, watu berarti batu dan dodol adalah jenang. Jenang dodol merupakan makanan ciri khas yang terbuat dari ketan yang rasanya manis dan berbentuk persegi panjang. Pantai ini memiliki beberapa fasilitas seperti, pedestrian untuk bersantai bagi para wisatawan yang berkunjung sambil menikmati pemandangan pantai yang indah dengan berlatar belakang pulau bali.

Wisata pantai parangkursi banyuwangi

Pantai Parangkursi

Wisata pantai parungkursi berada di Pesanggaran, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini diberi nama parungkuris karena adanya karang yang besar berbentuk seperti kursi, hingga di resmikan nama ini oleh bupati banyuwangi yaitu Abdullah azwar anas.

Keindahan pantai ini karena mempunyai air laut yang sangat jernih dan pasir yang berwarna kemerah-merahan, lumut hijau yang menempel di batu-batu karang, serta karang-karang yang sangat besar berjajar tersusun secara rapi di pingggir pantai yang mebuat pantai ini sangat indah.

Keasrian alamnya yang membuat suasana sangat sejuk dan diiringi oleh suara ombak yag menenangkan. Jalan menuju pantai Parangkursi akan melewati semak belukar, hutan, bukit yang terjal dan area tambang emas yang sudah tandus.

Menggunakan kendaraan khusus seperti motor trail bisa mempermudah perjalanan di trackini. Walaupun lokasinya yang terpencil dan luamyan susah untuk dicapai, namun pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan sebagai salah satu tempat wisata Banyuwangi yang indah dan masih asri.

Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Wisata panai rajegwesi banyuwangi berada di Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai yang terkenal sebagai tempat parkirnya kapal ini dijadikan tempat parker kapal oleh masyarakat sekira pantai rejegwesi. Perahu yang ada disini digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan dan alat transportasi untuk pergi ke teluk hijau.

Pantai ini termasuk ke samudra hindia maka tak heran jika pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Dinamakan pantai rejegwesi karena di plantain ini terdapa batu karang yang sangat besar. Nama rajegwesi memiliki arti, dalam bahasa jawa rageg berarti besi dan wesi yang berarti besi. Jika digabung menjadi memiliki arti pagar besi.

Waduk Sidodadi Glenmore Wisata waduk sidodadi glenmore berada di  Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Waduk ini memiliki panorama yang indah dan masih asri.

Tak hanya bisa menikmati panorama waduk dan pegunungan yang menyejukkan mata saja , pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor yang seru, seperti mengendarai ATV, mengayuh bebek air, flying fox, mini trail, dan go cart dengan membayar antara Rp3.000,- sampai Rp25.000,- saja.

Wisatawanjuga bisa bersantai di area camping ground, kolam pemancingan, kolam renang atau penginapan yang tersedia di tempat wisata yang bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan yang berkunjung.

Nah itu tadi 12 rekomendasi tempat wisata yang indah dan keren yang ada di kota Banyuwangi. kini tinggal anda buat rencana liburan bersama sanak saudara atau bersama teman-teman. Isi waktu liburan dengan sesuatu yang menyenangkan. Selamat liburann..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *