60+ Tempat Wisata Seru dan Menarik di Blitar yang sedang Hits Terbaru 2020

Siapa sih yang ngga tau kota Blitar ? Kota ini terkenal dengan tempat dimakamkannya presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir.Soekarno. Nah, pada kesempatan kali ini kami dari educatrip akan mengulas rekomendasi tempat wisata di Blitar yang keren dan menarik untuk dikunjungi. Namun sebelum itu alangkah lebih baik untuk mengatahui seluk beluk seputar kota Blitar.

Blitar merupakan sebuah kota yang masuk kedalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Timur. Kota ini mempunyai banyak julukan antara lain sebagai kota proklamator, lalu kota patria. Selain itu Blitar juga mempunyai julukan sebagai Kota Peta ( Pembela Tanah Air ), sebab dulunya Blitar merupakan tempat dimana Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap penjajahan Jepang untuk pertama kalinya. Dipimpin langsung oleh Soeprijadi pada tanggal 14 Februari 1945. Dengan adanya perlawanan tersebut mengilhami timbulnya perlawanan di daerah lain untuk menuju kemerdekaan.

Dengan banyaknya sebutan yang diberikan untuk kota ini, ternyata kota Blitar juga mempunyai sejuta pesona dan panorama alam tempat wisata yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak yang belum mengetahui akan surga yang tersembunyi di tanah Blitar ini. Blitar memiliki banyak jenis tempat wisata keren dan kekinian, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, wisata alam curug, pantai, goa.

Jika anda berencana untuk berlibur dikota ini, tak usah khawatir akan pesona dan panorama wisatanya yang tak kalah dengan kota kota lain di Jawa Timur, seperti wisata malang, surabaya, dll. Baiklah supaya tidak banyak basa basi, berikut kami berikan ulasan rekomendasi 60 tempat wisata keren di Bliar yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Tambakrejo

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket : Rp 3.000 / orang & Rp 3.000 parkir motor

Wilayah Blitar merupakan daerah yang dekat dengan pesisir pantai, untuk itu banyak pantai yang terdapat di Blitar. Pantai yang pertama yaitu pantai Tambakrejo. Sesuai dengan namanya pantai ini terletak di Tambrejo, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kec Wonotirtom Kab Blitar. Keunikan dari pantai ini yakni mempunyai garis pantai sepanjang 10km dengan pasir putihnya yang bersih terlihat sangat eksotis.

Selain itu lokasinya yang dekat dengan teluk membuat ombak yang ada disini cenderung tidak terlalu besar. Karena hal itulah anda dapat berenang dan bermain air disekitar pantai. Akses untuk menuju kesini juga terbilang sangat mudah, banyak petunjuk arah disepanjang jalan. Jika waktu liburan telah tiba Pantai Tambakrejo selalu dipadati oleh pengunjung yang akan berlibur.

2. Pantai Jolosutro

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 7.000

Pantai yang selanjutnya yaitu Pantai Jolosutro, berbeda dengan pantai yang sebelumnya. Disini anda tidak akan menemukan pemandangan pasir putih, melainkan akan melihat hamparan pasir hitam pekat yang eksotis dengan tekstur pasir yang halus.

Keindahan pantai ini memang tak ada duanya, apalagi untuk kalangan peselancar anda bisa bermain selancar disini sebab memiliki ombak yang cukup besar. Untuk para wisatawan yang berkunjung tetap selalu berhati hati dan waspada ketika bermain disini.

Pantai ini juga cukup strategis karena lokasinya yang berada diperbatasan Kabupaten Malang, sehingga cocok untuk dijadikan tempat singgah sejenak untuk melepas penat ketika sedang menempuh perjalanan ke Malang.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Jolosutro terletak di Desa Ringinsari, Ringinrejo, Wates, Kab Blitar, Jawa Timur. Atau jika bingung bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

3. Pantai Pangi

Jam Operasional : Setiap Hari ( 05.00 – malam )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Pantai yang selanjutya juga cukup terkenal dikalangan wisatawan, sebab ini pantai ini mempunyai view panorama alam yang menakjubkan pantai yang tampak seperti teluk dengan hiasan batu karang disekitarnya. Lokasinya terbilang cukup tersembunyi, namun hal itu tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk mengunjungi nya karena pantai ini masih terjaga keasriannya.

Menariknya lagi pantai ini juga menawarkan suasana khas pedesaan yang membuat anda semakin betah berlama lama disini. Dan jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih intim dengan alamnya. Anda bisa camping dipantai ini merasakan sensani menyatu dengan alam. Pengalaman yang sangat seru dan patut untuk dicoba.

Jika anda ingin camping atau sekedar bermain disini, Pantai Pangi terletak di Krajan. Tumpak Kepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur. Atau jika bingung bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini untuk mempermudah perjalanan liburan anda.

4. Pantai Serang

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 3.000

Wisata pantai selanjutnya yaitu Pantai Serang yang terletak di Serang, tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kab Blitar, Jawa Timur. Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa pasir putih yang bersih dan halus, yang tentu saja cocok buat spot foto yang instagramable.

Untuk menunjang aktivitas para wisatawan yang berkunjung pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan diantaranya ada tempat makan, musholla, toilet, lahan parkir yang luas, tempat oleh oleh.

Selain itu ombak yang ada di Pantai Serang relatif tidak terlalu besar, sehingga anda dapat bebas bermain air sepuasnya di area pantai, namun tetap selalu berhati hati ya gaess.

5. Pantai Pehpulo

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp

Pantai ini masih tergolong baru, sehingga pesona dan panorama alam yang ada masih terjaga keasriannya. Jadi bisa dibayangkan dong betapa indahnya pantai yang belum terjamah oleh banyak wisatawan. Dengan view dan panorama alam yang menakjubkan pantai ini sangat direkomendasikan untuk kalian masukan list daftar trip perjalanan liburan mu

Lokasinya juga sedikit tersembunyi, jika anda bukan orang asli sana akan sedikit bingung untuk menemukan lokasi pantai nya. Kalian bisa tanya tanya kepada warga sekitar dimana letak lokasi pantai atau bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini. Pantai ini terletak di Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur

6. Pantai Pasir Putih Pastran Gondi Mayit

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 3.000

Mendengar namanya saja cukup membuat bulu kuduk merinding yaa, eitss tapi jangan salah, pesona dan pemandangan alam yang disajikan juga tak kalah cantik. Sesuai dengan namanya pantai ini diselimuti dengan hamparan pasir putih yang halus dan eksotis. Meskipun masih tergolong baru, namun pantai ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melakukan camping di alam terbuka.

Lokasinya yang sedikit tersembunyi membuat wisatawan yang ingin berkunjung kesini harus mengeluarkan sedikit perjuangan, pasalnya anda harus melewati bukit dan menyebrangi sungi terlebih dahulu untuk bisa sampai ke lokasi. Serasa seperti berpetualang di alam, cocok bagi anda yang mempunyai jiwa petualang yang tinggi.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai ini terletak di Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, jawa Timur. Jika bingung untuk menuju lokasi pantai anda bisa tanya tanya ke warga sekitar atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

7. Pantai Umbul Waru

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Wisata di Blitar yang selanjutnya yaitu Pantai Umbul Waru, objek wisata ini sedang hits di kalangan wisatawan. Pasalnya, disini terdapat sebuah air terjun kecil yang mengucur dari atas bukit yang langsung menuju ke Samudra Hindia, hal itu juga sekalihus menjadi sebuah keistimewaan dan daya tarik tersendiri.

Karena masih terbilang objek wisata baru, disini belum tersedia fasilitas penunjang yang memadai untuk kesana juga diperlukan perjuangan ekstra, sebab jalan yang harus dilalui berupa jalanan terjal dan sempit, disarankan juga ketika hendak berkunjung kesini membawa bekal dari rumah.

Jika anda hendak berkunjung kesini, Pantai Umbul Waru terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kab Blitar. Atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

8. Pantai Jebring

Pantai ini memiliki bentang pantai yang cukup luas, dengan hamparan pasir hitam legam semakin membuat pantai ini terlihat semakin mempesona. Pohon pohon cemara yang bertumbuhan disekitar pantai membuat suasana menjadi sejuk dan asri. Dengan pasir hitamnya yang melimpah, konon katanya dulu pantai ini pernah menjadi tempat penambangan pasir besi.

Meskipun cukup terkenal dikalangan wisatawan, namun sangat disayangkan pantai ini belum dikelola dengan baik oleh pengelola setempat, walaupun sekarang sudah mulai ada penjual yang mendirikan kios non permanen.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Jembring berada di Banyu Urip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami berikan dibawah ini.

9. Pantai Princen

Pantai Princen bertetanggan dengan Pantai Jebring dan Pantai Wedi Ireng Karena lokasinya yang berdekatan dan berada di satu garis pantai yang sama. Untuk menuju kesini dibutuhkan sedikit perjuangan, pasalnya anda harus melewati jalan yang terjal dan perbukitan yang cukup ekstrem, sehingga diperlukan kewaspadaan pada saat hendak menuju kesana.

Nama Princen sendiri identik dengan sebutan anak kelelawar. Nama tersubut diambil karena disisi bagian barat terdapat sebuah gua raksasa yang dulunya digunakan kelelawar sebagai tempat tinggal. Posisi guanya persis berada disebelah barat pantai ini.

Di saat waktu waktu tertentu, terdapat fenomena yang unik yaitu pantai ini akan menyatu dengan Pantai Wedi Ireng dan Pantai Jembring membentuk sebuah pantai raksasa. Hal itu hanya terjadi ketika pantai sedang pasang maksimal. Sayangnya fenomena tersebut sangatlah langka terjadi.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Princen berada di Dusun Banyu Urip,Desa Ngadipuro, Kec Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami berikan dibawah ini.

10. Pantai Wedi Ireng

Pantai ini berada disebelah pantai Princen. Seperti dengan namanya pantai ini mempunyai pasir pantai yang berwarna hitam, berasal dari kata “wedi” yang artinya pasir dan “ireng” yang artinya hitam.

Bentuk pantainya sendiri terbilang unik, sebab disebelah kiri pantainya sedikit curam, sehingga menyebabkan ombak disisi kiri dapat meluber jauh kedaratatan. Dan yang paling menarik, terkadang ombak disini saling bertabrakan dengan ombak yang datang tegak lurus sehingga akan menjadi sebuah pertunjukan ombak yang menakjubkan.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Wedi Ireng berada di Dusun Banyu Urip,Desa Ngadipuro, Kec Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami berikan dibawah ini.

11. Pantai Kaben

Masih berada didalam kawasan yang sama, Pantai Kaben mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan pantai pantai yang lain. Pantai berbentuk teluk kecil sehingga tampak seperti kolam bulan sabit. Pasir pantai disini berwarna putih dan bertekstur lembut. Air launya pun juga jernih sehingga karang karang dan tumbuhan laut yang berada didalamnya jelas terlihat. Benar benar keindahan yang tiada duanya

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Kaben berada di Dusun Banyu Urip,Desa Ngadipuro, Kec Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami berikan dibawah ini.

12. Pantai Selok Sedap

Desa Ngadipuro memang banyak terdapat pantai karena letaknya yang berada di pesisir pantai. Selanjutnya ada Pantai Selok Sedap. Suasananya disini lumayan lengang dengan ombak yang tidak begitu besar, cocok buat tempat bersantai bersama teman dan keluarga.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Selok Sedap berada di Dusun Banyu Urip,Desa Ngadipuro, Kec Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami berikan dibawah ini.

13. Pantai Pudak

Wisata di Blitar yang selanjutnya yaitu Pantai Pudak. Akses jalan menuju ke lokasi pantai terbilang masih belum cukup memadai, sebab jalan penghubung antara Ngeni dengan Banyu Urip rusak parah, sedangkan jalan utama dari permukiman terakhir hingga lokasi pantai masih merupakan jalan macadam yang treknya sangat terjal.

Tentunya akses jalan yang sulit sepadan dengan view panorama yang disuguhkan. Pantai ini sangatlah indah masih terjaga kebersihannya, dan yang paling utama masih belum banyak terjamah oleh manusia yang artinya pantai ini masih asri. Bahkan ketika anda berkunjung ke pantai ini serasa menginjakan kaki di pulau pribadi.

14. Pantai Dung Dowo

15. Pantai Bakung

16. Pantai Selok Kancil

17. Pantai Benelan

18. Coban Wilis

Nah sekarang beralih ke wisata alam curug / air terjun yang ada di Blitar. Yang pertama ada Coban Wilis. Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa air terjun bertingkat yang dimana mempunyai ketinggian dan debit air yang berbeda di setiap tingkatannya. Cukup unik bukan. Untuk ketinggian yang paling tinggi di air terjun ini yaitu 100 meter.

Yang membuat objek wisata ini ramai dikunjungi karena view panorama alam yang indah. Anda akan melihat dinding bebatuan yang di aliri air terjun berkilauan dengan pantulan sinar mentari yang terik, ditambah dengan lapisan lumut hijau yang menyelimuti bebatuan akan menambah kesan alami tempat itu. Pepohonan rindang yang tumbuh disekitar membuat tempat menjadi sejuk.

Jika anda ingin berkunjung ke sini, Coban Wilis terletak di Slumbung, Gandusari, Blitar, Jawa Timur. Atau anda bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

19. Air Terjun Grenjeng

Wisata alam di Blitar yang selanjutnya yaitu Air terjun Grenjeng. tempat wisata ini sungguh berbanding terbalik dengan bebatuan kapur khas Blitar, karena disini anda tidak akan menemukan hal tersebut, melainkan anda akan menjumpai tebing hitam legam yang eksotis, layaknya bebatuan gunung purba yang mengelilingi air terjun. Unik bukan ? jika anda ingin berkunjung kesini, air terjun Grenjeng terletak di Kalibentak, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

20. Air Terjun Jurug Bening

Jam Operasional : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Kali ini ada sebuah air terjun unik yang berada di desa Purworejo, Blitar. Air terjun ini memiliki kontur terbing air terjun yang bergelombang, sehingga air yang jatuh dari atas ketinggian memecah menjadi beberapa bagian. Spot foto yang instagramable dengan latar belakang yang sangat estetik.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin menyatu dengan alam dengan cara berendam di air yang dingin dan segar sekaligus untuk merileksasikan tubuh anda setelah seharian lelah beraktivitas. JIka anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, Air Terjun Jurug Bening terletak di Sumber Urip, Purworejo, Wates, Blitar, Jawa Timur. Atau untuk lebih mudah nya juga bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

21. Curug Kedung Badrun Blitar

Curug Kedung Badrun masih tergolong tempat wisata baru di Blitar, jadi masih sedikit wisatawan yang berkunjung kesini. Namun bukan berarti tidak rekomended untuk pergi kesini. Curug ini masih bisa menjadi pilihan tempat untuk mengisi liburan anda sekalian.

Curug ini mempunyai aliran air yang sangat jernih dan segar yang langsung ditampung di sebuah kolam alami yang berada tepat dibawah aliran air terjun. Anda bisa bermain air atau berenang di dalam kolam alami tersebut.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, Curug Kedung Badrun terletak di Dusun Bakung, Desa Bakung, Kecamatan Bakung, Kab Blitar, Jawa Timur. Atau untuk lebih mudah bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

22. Air Terjun Tirto Galuh

Jam Operasional : Setiap Hari (24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 2.000

Objek wisata yang satu ini memang sedang hits dikalangan wisatawan Blitar, sebab air terjun ini menawarkan pesona panorama air yang jatuh dari atas tebing bebatuan berlumut yang sangat mempesona.

Terlebih akses untuk menuju ke lokasi air terjun terbilang mudah, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk menikmati keindahan panorama alamnya. Namun, jika musim hujan telah tiba, jalur lintasan akan menjadi licin dan becek. Untuk itu, tetap selalu berhati hati dan waspada ya gaess.

Jika anda ingin berkunjung kesini Air Terjun Tirto Galuh terletak di Bakung Utara, Bakung, Kab Blitar, Jawa Timur. Atau anda juga bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini untuk mempermudah perjalanan liburan mu.

23. Air Terjun Laweyan

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 3.000

Sangat disayangkan keindahan dan pesona yang ada di air terjun ini belum banyak terekspos dan masih jarang wisatawan yang datang kesini karena memang air terjun ini tidak dijadikan sebagai tempat wisata sebab, air terjun ini masuk kedalam wilayah perkebunan Kawisari Gandusari yaitu perkebunan milik swasta dengan komoditi kopi dan cengkeh.

Jadi ketika anda hendak menuju ke air terjun ini, anda tidak akan menemukan papan petunjuk jalan, jadi anda harus bertanya kepada warga yang sedang beraktivitas disekitar perkebunan.

Air terjun ini tidak mempunyai debit air yang deras namun mempunyai keunikan tersendiri. Aliran airnya seolah muncul dari dalam bebatuan dan tanaman rambat yang tumbuh disekitar bebatuan. Suasana disekitar air terjun sangat teduh dan berwaha dingin sehingga akan membuat betah berlama lama disana.

24. Air Terjun Sirah Kencong

25. Wisata Ekologis Puspa Jagad

26. Wisata Alam Gua Embultuk

27. Gunung Butak

28. Telaga Rambut Monte

29. Gunung Pegat Ponggok

30. Chenoa Water Play

31. Waterpark Sumber Udel

32. Arung Jeram Soko Adventure

33. Candi Penataran

34. Candi Gambar Wetan

35. Candi Mleri

36. Arca Warak

37. Candi Kalicilik

38. Candi Kotes

39. Candi Sawentar

40. Makam dan Kediaman Bung Karno

41. Wisata Penangkaran Rusa Maliran

42. Sentul Green Park

DCIM\100MEDIA\DJI_0019.JPG

43. Kampung Coklat

44. Taman Pecut

45. Alun Alun Kota Blitar

46. Monumen Trisula

47. Taman Kebon Rojo

48. Desa Wisata Semen

49. Wisata Istana Gebang

50. Agrowisata Belimbing Karangsari

51. Wisata Tulungrejo

52. Gunung Kelud

53. Pantai Serit

54. Bukit Teletubis

55. Kebun Teh Sirah Kencong

56. Sumber Ember

57. Kesambi Tree’s Park

58. Fish Garden

59. Bukit Bintang Tumpak Waru

60. Bukit Bunda

61. Kaloka Lodoyo

62. Puncak Kejora

63. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

64. Masjid Agung Blitar

Bagaimana ? Anda sudah menyusun rencana trip kalian untuk mengexplore wisata Blitar ? Itulah 60 tempat wisata di Blitar yang seru dan menarik untuk dikunjungi rekomendasi dari educatri.net. Jangan lupa untuk membagikan panduan wisata di Blitar ini kepada orang yang membutuhkan supaya yang lain juga tahu dimana saja tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat selamat liburan, semoga perjalanan liburan anda seru dan menyenangkan, dan jangan kapok untuk kembali ke Kabupaten Blitar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *