10 Wisata Kota Bogor yang Asik & Seru Untuk dikunjungi Bersama Keluarga

Kota Bogor merupakan kota yang teletak di Jawa Barat, sekitar 59 Kilo Meter dari Jakarta. Kota Bogor sering di sebut sebagai Kota Hujan karena indeks hujan di kota ini cukup tinggi, sehingga julukan tersebut melekat untuk kota ini. Pada masa Kolonial Belanda, kota Bogor di juluki kota yang aman dan tentram, mungkin ada kisah dibalik kota yang dingin ini.

Setiap tanggal 3 Juni kota Bogor selalu menjadikan ini sebagai kota kelahirannya, hal ini dikarenakan dahulunya Raja Siliwangi yang dinobatkan menjadi penguasa di tanah Padjadjaran. Oleh karena itulah setiap tanggal 3 Juni warga setempat selalu mengadakan berbagai macam acara, untuk memperingati hari terbentuknya kota tercinta. 

Mungkin tadi diatas telah disebutkan bahwa kota Bogor pada masa kolonial disebut sebagai kota yang tentram dan damai, dan dulunya dalam bahasa Belanda bogor disebut Buitenzorg hal ini memiliki sejarahnya tersendiri.

Konon dulunya para Kolonial Belanda banyak beristirahat di kota ini, kelelahan dalam mengurus administrasi pemerintahan negara dalam negara membuat pejabat tersebut memerlukan istirahat yang cukup, sehingga mereka beristirahat disebuah kota yang nyaman dan asri, yang sekarang kita kenal sebagai kota Bogor.

Sekarang ini kota Bogor dipimpin oleh seoarang Wali Kota sekilas mengenai pemimpin Kota Hujan sekarang ini. Wali Kota yang bernama Bima Arya kelahiran Bogor pada tahun 1972, tepatnya pada tanggal 17 Desember 1972. Bisa dikatakan bahwa Bima Arya ini merupakan keturunan asli Bogor, ia lahir di bogor, kemudian hampir seluruh anggota keluarganya lahir dikota hujan ini.

Kemudian, dia menamatkan pendidikan 12 tahun di kota hujan ini. Dia hijrah ke Bandung untuk mengenyam bangku kuliahan di Universitas Parahyangan, Bandung. Mengambil jurusan Hubungan Internasional, dan disinilah Bima Arya mulai mengasah kemapuannya dalam berorganisasi. Didalam sejarah hidupnya Bima Arya pernah menjadi ketua Himpunan Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional, serta masih banyak lagi kesuksesan ia dalam berorganisasi di kampus Parahyangan ini.

Tidak hanya sampai disana, dia kembali mengasah dirinya dengan melanjutkan study ke Melbourne pada tahun 1996. Semangat Bima untuk berorganisasi dia dapatkan dari sang ayah, dulunya sang ayah pernah menjadi wakil rakyat dari fraksi ABRI kala itu. Sampai dengan wafat ayahanda masih menjadi wakil rakyat, sehingga perjuangan sang ayah dilanjutkan olehnya sekarang ini. 

Pemerintahan kota ini sekarang banyak yang melakukan perombakan untuk kota tercinta. Apabila dibandingkan dengan kota Jakarta, Bandung maupun kota-kota wisata lainnya, kota Bogor belum bisa sekeren itu, namun pemerintah setiap tahunnya selalu menyediakan fasilitas terbaik untuk warga serta pelancong yang datang untuk bersiwata di kota ini. Akhir-akhir ini kota Bogor mulai menunjukkan jati dirinya sebagi kota yang memiliki fasilitas terbaik di negara ini.

Berkat kerjasama antar pemerintah dan warga setempat, membuat kota ini kembali nyaman dan damai. Selain itu, kota Bogor juga memili kelebihan yang jarang dimiliki oleh kota-kota lain yang ada di tanah air. Bisa dikatakan bahwa Kota Hujan ini bebas dari Banjir, lingkungan yang aman dan menyejukkan, kemudian memiliki masa depan investasi yang baik untuk para pengusaha yang ingin menanamkan modalnya di Bogor.

Penghargaan yang paling membanggakan kota ini mendapatkan peringkat kelima sebagai lokasi pencarian Favorit di Indonesia, hal ini dikarenakan banyak pemandangan yang indah dan asri membuat setiap wisatawan tertarik untuk datang. 

Selain menyediakan fasilitas untuk warganya, pemerintahan bogor juga memiliki sistem pendidikan yang sangat di akui di Indonesia. Bogor memiliki sebauh Institut perguruan tinggi yang memiliki peminat yang sangat banyak bagi pelajar yang berasal dari salam maupun luar Jawa. Jadi jangan heran, apabila melihat pelajar yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia, dari Sabang sampai dengan Merauke.

Nama tempat yang banyak di gandrungi ini ialah Institut Pertanian Bogor. Institut ini tentunya terletak di Bogor, diremikan pada tahun 1963. Sejarah dari perguruan tinggi ini cukup menarik, dahulunya IPB merupakan sebuah fakultas pertanian yang ada di Perguruan Tinggi yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia. Namun tepat pada tanggal 1 September 1963, IPB diresmikan langsung oleh Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

Beliau meletakkan batu pertama pembangunan Institut Pertanian Bogor kala itu. Kemudian perguruan tinggi tersebut, terus menebarkan segala bentuk keunggulan mahasiswa-mahasiswanya. Tidak hanya dalam negeri keunggulan dari IPB juga dapat kita temui diluar negeri. Hal ini terlihat dari kerjasama antar perguruan tinggi negeri untuk terus melakukan penelitian dan mengembangkan keilmuan yang dimiliki oleh setiap perguruan tinggi. Penghargaan-penghargaan yang diterima oleh Institut ini sudah tidak terhitung jumlanya. Begitulah sekilas kisah mengenai  perguruan tinggi yang mengagumkan yang berasal dari kota Bogor. 

Segala bentuk penjelasan yang telah diterangkan diatas merupakan keunggulan dari kota Bogor. Keunggulan-keunggulan tersebut menjadi daya tarik kota ini, menarik banyak-nya pelancong untuk mengunjungi dan melihat segala keindahan dari kota Bogor.

Namun, tidak lengkap apabila membahas kota Bogor tanpa menjelaskan mengenai tempat wisata yang ada di Bogor. Biasanya setiapp wekend orang-orang dari Jakarta dan berbagi kota lainnya, menyempatkan untuk berlibur bersama keluarga dan orang tersayang ke Bogor. Hal ii dikarenakan banyaknya tempat destinasi wisata yang menarik hati setiap orang yang melihanya. Inilah tempat wisata di Bogor yang wajib kamu telusuri apabila berlibur ke Kota Hujan ini :

Paralayang Bukit Gantole Puncak 

Paralayang Bukit Gantole Puncak

Bagi para pecinta Paralayang, tempat wisata di Bogor ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak sekali pecinta Paralayang yang datang dari dalam maupun luar maupun dalam negeri datang untuk menikmati sensasi melayang dari ketinggian 1.300 merer diatas permukaan laut. Sesuatu hal yang membuat orang semakin tertarik dengan tempat ini ialah, pemandangan yang disuguhkan cukup menakjubkan. Pemdangan tersebut cukup membekas disetiap hati pengunjung yang datang. 

Selain itu untuk para pemula yang ingin merasakan sensasi tersebut, tidak perlu takut karena kegiatan paralayang ini didampingi oleh instruktur yang berpengalaman dalam dunia Paralayangan. Biasanya para pemula ingin menikmati sensasi melayang dengan suguhan pemandangan yang indah luar biasa.

Nantinya mereka akan didampingi Infrastruktur pada saat terjun dari ketinggian 1.300 meter itu, kemudian instruktur tersebut akan mengarahkan segala bentuk kegaiatan pada saat terjun. Sebelum terjun, sebenarnya para pengunjung telah diarahkan, untuk semua yang harus mereka lakukan dan mereka di bekali oleh peralatan yang safety sehingga mereka tidak perlu merasa takut pada saat terjun nantinya.

Diwajibkan untuk setiap turis ataupun pelancong baik dari luar maupun dalam negara untuk mencoba kegiatan ini. selain dapat menikmati pemdangan, kita juga dapat bersyukur dan melihat secara jelas kekuasaan yang Maha Kuasa atas segala ciptaanya. 

Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar

Apabila tadi kita membahas mengenai wisata yang diatas bukit, sekarang kita akan membahas tempat wisata yang ada di gunung, lebih tepatnya berada di Gunung Pancar. Apabila kalian pecinta ketenangan, apalagi ketenangan yang berasal dari alam, mungkin Taman Wisata Gunung Pancar bisa menjadi tujuan destinasi yang tepat. 

Dengan segala keindahan dan kesegaran alam yang disuguhkan, Taman Wisata Gunung Pancar menjadi primadona tempat berwisata yang ada di Bogor. Biasanya para pengunjung banyak yang berdatangan dengan keluaraga, teman dan orang-orang tersayang. Tempat wisata ini juga sering merombak kembali tempatnya dengan memberikan sentuhan estetik dan nyaman bagi orang yang datang berkunjung.

Kawasan-kawasan ini dapat memanjakan mata setiap pengunjung yang datang, baik pengunjung yang sudah pernah datang ataupun pengunjung yang baru pertama kali datang ketempat wisata ini. Keindahantempat ini bahkan sekarang sudah terdengar di Benua Biru sana.

Banyak sekali orang-orang dari Mancanegara datang dan membuktikan sendiri keindahan tempat ini. Kemudian salah satu daya tarik dari tempat wisata ini, karena adanya pemandian air hangat yang bisa memanjakan tubuh wisatawan yang lelah akan rutinitas pekerjaan setiap harinya. 

Berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan di taman wisata ini, diantaranya ialah :

  1. Pemandian Air Panas
  2. Berolahraga 
  3. Pagelaran Seni 
  4. Foto 
  5. Hammock 
  6. Oubond 

Selain itu perlu kita pahami, bahwa ini merupakan taman wisata yang ada di alam dan tentunya banyak sekali hewan yang disekitar tempat wisata. Sangat diharapkan untuk kesediakan pengunjung untuk tidak menganggu dan mengusik hewan tersebut, apalagi sampai melakukan perburuan disekitar daerah wisata, karena hal tersebut tidak diperbolehkan oleh pengurus tempat wisata tersebut. Jadilah pengunjung yang memberikan kesan baik dan meninggalkan kenangan yang indah ditempat wisata seindaah ini. 

Warso Farm 

Warso Farm

Apakah kalian pencinta durian? Apabila iya, maka tempat wisata yang satu ini, mungkin akan menjadi tempat favorit bagi kalian. Hal ini dikarenakan tempat ini menyediakan berbagai macam durian yang ada di tempat wisata ini. pada saat musim durian tiba, kalian bisa melihat berbagai macam durian dijual dipinggir jalan dan menawarkan durian dengan berbagai variasi rasa serta hraga. 

Kebun Duren Warso ini terletak di Rancmaya, Bogor. Bagi pecinta durian kelas berat, tempat ini bisa di katakan surga. Hal ini dikarenakan di tempat wisata ini menyediakan sekitar 900 jenis varian durian. Serta beberapa dari durian tersebut berasal dari durian unggulan yang ada di Indonesia. Beruntung untuk turis yang datang ke tempat ini pada bulan Desember saampai dengan Mei, karena pada bulan-bulan itulah durian tengah berbuah dengan lebatnya.

Bagi pengunjung yang tidak terlalu menyukai durian, ataupun hanya pergi menemani kerabat yang menyukai durian, sedangkan diri sendiri tidak menyukai raja buah ini, jangan takut, karena di tempat wisata Warso Farm ini menyediakan berbagai jenis buah lainnya, seperti buah naga, nangka, dan berbagai jenis jambu. Kemudian pemdangan persawahan yang luas, akan menemani kita saat menyantap kelzatan durian. Sungguh menyenangkan bukan. 

Tidak ada tiket untuk masuk ketempat ini, namun anda harus menyediakan uang ekstra untuk membeli buah durian dengan variasi yang berbeda-beda tentunya. Percayalah, bahwa kebanyakan para pengunjung apabila mencoba satu jenis durian, maka akan tertarik dengan kelezatan durian lainnya. Melakukan dua kegiatan sekaligus, yaitu berwisata dengan keindahan alam yang ada di Kota Bogor, sekaligus wisata kuliner menyantap kelezatan hasil alam berupa durian yang melimpah ruah. 

Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita Bogor 

Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita

Apabila kita telah melakukan kegiatan atau pekerjaan dan menguras banyak tenaga, wajib bagi kita untuk menjaga kesegaran tubuh. Hal ini bisa menggunakan cara ampuh, yaitu berendam didalam air panas. Air Panas Ciseeng Tirta Sanita Bogor, bisa menjadi tempat pilihan yang terbaik untuk memanjakan tubuh dan mengusir rasa lelah yang mengahntui selama bekerja. 

Disuguhkannya pemandangan yang indah, serta sumber air panas yang berasal dari alam. Lebih tepatnya air panas Ciseeng Tirta Sanita Bogor ini berasal dari sisa letusan gunung berapi dan memberikan kesan alamai dan asri kepada setiap pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata alam ini.

Konon, katanya letusan gunung ini terjadi sejak ribuan tahun lalu, kemudian bekas letusan tersebut mengeluarkan zat kapur, garam serta belerang. Semua zat yang dikeluarkan tersebut melebur menjadi satu. Pihak Pariwisata kota Bogor memanfaat letusan tersebut untuk menjadi pemandian air panas dan menjadikan tempat tersebut sebagai daerah wisata bogor. 

Pengunjung hanya membayar tiket masuk ke tempat wisata sebesar Rp. 12.000 untuk haru libur dan Rp. 10.000 untuk hari biasa. Cukup ramah dompet bukan, dengan harga yang terjangkau, kita sudah bisa memanjakan tubuh dengan sensai air panas. Konon katanya zat belerang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit serta bisa menjaga kesehatan badan. 

Bukit Alesano

Bukit Alesano

Apabila kalian termasuk orang-orang penikmat alam dan ingin menikmati alam sekitar, namun tidak puas hanya sesaat serta ingin menikmati keindahan alam sekitar ditemani dengan taburan bintang yang menhiasi langit pada malam hari, maka tempat wisata Bukit Alesano bisa menjadi tempat wisata primadona bagi kalian. 

Bukit ini terdapat di Bogor, biasanya para pengunjung telah menyiapkan segala macam perlengkapan perkemahan. Pengunjung yang datang, juga biasanya bergerombolan baik keluarga maupun bersama-sama teman-teman. Keunggulan dari tempat wisata ini ialah pemndangan saat malam hari.

Banyak para pengunjung yang mengatakan bahwa, Bukit Alesano pada malam hari ditaburi bintang-bintang yang menakjubkan. Kemudian dari bukit juga kita bisa melihat keindahan kota Bogor dengan kerlap-kerlip lampu membuatnya semakin hidup.

Selain itu, pada saat matahari terbit dan tenggelam merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Tidak heran apabila kita melihat perlatan foto ada di bukit ini, karena memang pengunjung menyiapkan kamera untuk mengabadikan segala bentuk keindahan yang diciptakan Yang Maha Kuasa. 

Apabila kalian memiliki waktu berlibur lebih, kemudian bingung memilih tempat destinasi wisata, mungkin Wisata Bukit Alesano ini bisa menjadi pilihan terbaik kalian. 

Museum Sejarah Alam Indonesia

Museum Sejarah Alam Indonesia

Para orang tua mungkin ingin memerikan liburang yang memberikan banyak ilmu pengetauan kepada anak-anaknya. Tempat wisata kali ini mungkin sangat cocok dengan keinginan orang tua tersebut. Museum Sejarah Alam Indonesiaa bisa menjadi alternatif yang cocok.

Museum ini memperkenalkan kita mengenai keindahan alam yang ada di Indonesia serta memberikan pengetahuan bahwa harus adanya kesadaran serta kepedulian antara pemerinta dan masyarakat, untuk tetap menjaga kelstarian bumi pertiwi. Komite Nasional Indonesia untuk Unesco juga pernah mengatakan bahwa sebagai manuasia yang beradab kota harus melestarikan, memelihara dan menjaga alam di Indonesia. 

Struktur bangunan Meseum juga dapat memberikan kesan menarik bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Museum ini bisa memberikan peluang untuk anak muda yang tertarik dengan informasi mengenai alam Indonesia dan mengembangkan lagi informasi yang ingin mereka dapatkan. Untuk, tiket masuk para orang tua tidak perlu khawatir, karena tiket masuk museum ini hanya Rp. 5000,00. Sangat mudah dijangkau bukan, dengan uang tersebut para orang tua sudah bisa memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, mengenai alam yang ada di Indoensia.

Didalam Museum anak-anak bisa melihat berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan yang sudah dimodifikasi sedemikian mungkin, serta terdapat penjelasan mengenai setiap tumbuhan dan hewan tersebut. tidak hanya hewan dan tumbuh-tumbuhan, disini juga terdapat informasi mengenai rempah-trempah yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Jadi tunggu apalagi ayah bunda, ayo ajak anak-anak anda ataupun keluarga untuk dataang ke Museum Sejarah Alam Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan lebih dan menjelajah Indonesia hanya dari Bogor, tidak peru jauh-jauh untuk memberikan pengetahuan bagi buah hati dan orang tersayang. 

The Jungle Water Adventure 

The Jungle Water Adventure

Tempat wisata ini bertempat di Bogor tepatnya berada di Jalan Bogor Nirwana Boulevard, untuk kalian para peccinta water park mungkin tempat wisata ini sangat cocok. Wahana-wahana yang bisa kamu pakai di The Jungle Water Adventure ini adalah Wave Pool, Racar Slide, Fountain Futsal, Lazy Mahakam River dan Spiral Slide. Mungkin harga tiket masuk water park  ini cukup mahal yaitu sekitaran Rp. 60.000 untuk hari libur, sedangkan untuk hari biasa anda bisa membayar Rp.55.000.

Namun dengan harga tiket yang demikian, kalian bisa mencoba segala bentuk permainan yang ada di tempat wisata ini. Jadi jangan takut untuk mengeluarkan uang banyak, karena kalian akan merasakan keseruan dari permainan yang ada dalam di tempat wisata The Jungle Water Adventure ini. 

The Jungle Fest

The Jungle Fest

The Jungle Fest ini merupakan taman bermain terbesar yang ada di kota Bogor. Banyak sekali permainan yang ada di tempat wisata yang satu ini. Selain itu festival sering diadakan oleh pihaK panitia untuk menarik pengunjung untuk berdatangan ke The Jungle Fest.

Para pengunjung akan disuguhkan udara yang sejuk serta segar kemudian akan mendapatkan keseruan apabila sudah mulai bermain ke daerah ini. Kemudian yang menarik, tempat bermain ini buka sampai malam dan pengunjung akan ditemani pertunjukan meriah khas dari Jungle Fest. 

Harga tiket sendiri dapat di jangkau oleh para pengunjung yaitu Rp. 15.000 untuk hari sabtu dan minggu dan untuk hari liburan, seperti liburan hari raya, tiket masuk seharga Rp.25.000. Namun untuk menaiki wahana permainan para pengunjung harus kembali membayar senilai dengan tingkat keamanan dari wahana yang dinaiki oleh pengunjung. 

Wahana yang disuguhkan ialah Falsh Tower, Spectrum Wheel, Happy Shine, Sparke Bumper dan masih banyak lagi wahana permainan di tempat wisata ini. Sensasi disetiap permainan juga berbeda-beda antara satu permainan dengan permainan lain. Contoh misalnya Spectrum Wheel akan memberikan sensasi berada di kincir raksasa kemudian kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

Permainan-permainan tersebut sudah mendapatkan penjagaaan yang ketat oleh para penjaga, demi menjaga kemanan para pengunjung. Jadi para orang tua tidak perlu takut untuk membiarkan anak-anak meraka bermain didaerah tempat wisata tersebut. karena kemanan yang sudah di jaga dengan baik oleh para penjaga. Sayangnya, The Jungle Fest hanya buka setiap hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur. Untuk hari biasa mereka tutup kembali. 

Istana Bogor 

Istana Bogor

Istana Bogor merupakan tempat bermain wisata di Bogor yang paling terkenal diantara semua tempat wisata yang ada di Bogor. Banyak yang mengatakan bahwa belum afdol kalau peri bersiwata ke Bogor tapi tidk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Istana Bogor merupakan ikon tersendiri bagi Kota Hujan ini dan menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh warga setempat ataupun turis dari dalam maupun luar negeri. Bahkan sekarang ini, sudah menjadi kebiasaan bagi orang Bogor untuk berjalan-jalan disekitaran Istana Bogor pada hari libur. 

Istana Bogor ini merupakan salah satu Istana milik Presiden Republik Indonesia dari enam Istana yang dimilikinya. Banyak sekali cerita yang bisa di ceritakan dari Istana Bogor ini. singkatnya Istana Bogor pada tahun 1870, merupakan tempat bagi 38 Gubernur Jendral belanda dan satu Gubernur Jendral Inggris.

Awalnya Istana Bogor hanyalah rumah peristirahatan untuk para pejabat Belanda kala itu, namun tahun demi tahun Istana Bogor berubah menjadi Istana Paladian. Istana Bogor juga sempat hancur karena Gempa Bumi tahun 1834, namun beberapa tahun kemudian, Istana Bogor di renovasi kembali, namun tidak di buat merujuk seperti bangunan yang lama, dikarenakan alasan seringnya bencana alam seperti gempa bumi yang menerjang bogor dan sekitarnya, membuat bangunan ini di buat tanpa tingkat, tidak seperti bangunan yang lama. Itulah sekilas mengenai sejarah kota Bogor serta dapat dijadikan pengetahuan untuk pengunjung yang datang ketempat wisata ini.

Diluar isatana sekarng ini banyak flora dan fauna yang akan menemani para pengunjung yang datang. Selain itu flora dan fauna itu biasanya dijadikan objek foto bagi fotografer yang datang untuk berwisata sekaligus kerja. Sunggu menarik bukan, marilah kunjungi Istna Bogor serta temukan pengalaman menarik anda. 

Kebun Raya Bogor 

Kebun Raya Bogor

Kemudian tempat wisata yang terakhir akan kita ulas adalah Kebun Raya Bogor. Tempat wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Apabila kalian sudah berwisata ke Istana Bogor, maka sempatkanlah untuk datang ke Kebun Raya Bogor karena tempat wisata ini juga ikon dari Kota Hujan ini.

Pengunjung bisa menikmati segal jenis tanaman dan pepohonan yang ada di tempat wisata ini. Spot yang paling menarik adalah Rumah Masa Depan, karena memberikan kesan yang esteti dan instgramable, sangat cocok untuk kalian yang suka berfoto ria daan membagian kecerian tersebut ke media sosial. 

Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah yaitu Rp. 15.000 per orang sangat murah bukan. Koleksi tumbuhan langka yang ada di Kebun Raya ini ialah Bunga Bangkai Raflesia Arnoldi. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2 meter dan akan mengeluarkan bau menyengat dan tidak sedap apabila mekar. Tanaman ini merupakan jenis bunga terbesar di dunia. Bunga bangkai ini sudah ada di kebun raya bogor sejak tahun 1992. Penguurus Kebun Raya Bogor selalu memperhatikan setiap tanaman yang ada disini dengan sangat baik. Hal ini diusahakan untuk terus menjaga kenyamanan para pengunjung yang datang ke Kebun Raya Bogor. 

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Bogor, mungkin bisa menjadi daftar destinasi kalian para pengunjung.  Selain mendapatkan keseruan saat berada ditempat wisata terbsebut, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan atau informasi yang selama ini tidak kita ketahui. Semoga informasi yang diberikan tadi bermanfaat untuk panduan bagi para pengunjung yang akan berwisata ke Kota Bogor. Jadi, tunggu apalagi ayo berlibur dengan sanak keluarga maupun orang tersayang ke Kota Hujan, Bogor. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *