14 Destinasi Wisata Terbaru Bojonegoro yang Keren & Asyik Untuk Dikunjungi

Bojonegoro merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Dimana Kabupaten Bojonegoro ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di sebelah utara, Kabupaten Lamongan di timur, dan di bagian selatan terdapat tiga kabupaten yaitu Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Blora.

Bojonegoro tidaklah dikenal sebagai kota wisata, namun tidak ada salahnya jika kalian para pecinta traveling mencoba berkeliling di Bojonegoro. Pasalnya Kabupaten ini juga menyuguhkan wisata-wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain. Nah, berikut ini wisata yang ada di Bojonegoro, sangat recommended buat kalian para travelers.

Wisata Kayangan Api Bojonegoro

wisata kayangan api bojonegoro

Kayangan Api merupakan salah satu wisata yang berada di Bojonegoro, tepatnya di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem. Wisata Kayangan Api ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu api abadi. Dikenal dengan api abadi dikarenakan api di wisata ini tidak pernah padam sejak zaman dahulu. Dalam penelitian yang sudah dilakukan, api ini menyala karena terdapat mineral gas di dalam perut bumi. Gas alam tersebut tekena nyala api.

Api di wisata ini akan semakin membesar ketika sore dan malam hari. Menurut cerita yang berkembang, api ini mulai muncul pada sejak Kerajaan Majapahit. Terlepas dari itu, Wisata Kayangan Api ini sering kerap dikaitkan dengan cerita mistis zaman dahulu. Kisah Kayangan Api ini sesuai dengan kisah juru kunci api kayangan.

Pada zaman dahulu terdapat seorang empu pada zaman Kerajaan Majapahit yaitu Mbah Kriyo, yang mana empu tersebut membuat peralatan-peralatan pustaka zaman dahulu seperti keris dan lain sebagainya. Nah di tempat inilah dahulunya Mbah Kriyo melakukam pembakaran alat-alat pustaka.

Di wisata ini biasanya dilakukan tradisi adat, diantaranya adalah: Upacara Jumenengan Ngarso Ndalem Sri Sultan Hamengkubuwono X, Acara Ruwatan Masal, Nyadran Desa, Wisuda Waranggono, Selapanan Jum’at Pahing. Selain digunakan untuk tradisi adat Wisata Kayangan Api ini juga dilakukan untuk outbound. Disekeliling wisata ini terdapat candi-candi buatan yang ukurannya kecil. Dan terdapat wahana bermain anak-anak, seperti, becak, kereta mini dengan lampu, kereta mainan mini, dan lain sebagainya.

Butoh, Ngasem, Dander, Ngembul, Butoh, Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62171

GoFun Entertainment Complex

GoFun Entertainment Complex merupakan wisata yang ada di Bojonegoro, tepatnya berlokasi di Jl. Veteran, Jambean, Sukerojo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Di dalam wisata ini terdapat berbagai wahana dan atraksi. Kalian yang berkunjung kesini tentunya akan sangat terhibur dengan wahana ataupun atraksi yang ada. Berikut wahana dan atraksi yang ada di GoFun Entertainment Complex

Jl. Veteran No.20, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115

Theme Park & Rides

Berbagai wahana tersedia di tempat ini yaitu Beruang Madu, Dermolen atau Kincir Angin, Kereta Koboy, Pirate Ship, Rodeo Bull, Happy Disco, Tarian Ubur-Ubur, Komedi Putar, dan Bom Bom Car, Galaxy. Untuk menambah keseruan para pengunjung, juga terdapat beberapa atraksi yang dapat anda coba bersama keluarga diantaranya adalah Rumah Kaca, Rumah Bencana, Air Mancur Menari, dan Rumah Jagal Jungle Safari.

Midway Games

Wahana yang tersedia adalah Bidik Balon, Kodok Mencolot, Pancing Bebek, Nyeneper, Panahan, Roda Hadiah, Soccer, Badut Nguyu, Bal Mencolot, Bal Ngelinding, Balang Kaleng, Bandem Badut, Basket, Botol Ngadek, Bowling, Gelas Ajaib,  Hula Hop, Ketapel, Lempar Bola, dan Nglundang Glundung.

Hutan Seribu Cinta

Tempat ini dibuka khusus di hari sabtu dan minggu. Terdapat spot foto menarik di Hutan Seribu Cinta ini yaitu terowongan lampion, rumah burung, frame kotak bercahaya. Selain itu terdapat hiasan-hiasan lampu warna-warni yang membuat tempat ini terlihat lebih menarik.

Harga tiket wisata ini untuk kategori tiket biasa adalah Rp 15.000 (weekday), Rp 20.000 (weekend) dan untuk kategori tiket terusan (+22 wahana) Rp 45.000 (weekday), Rp 50.000 (weekend). Wisata ini buka dihari senin-jumat pukul 16.00-22.00 WIB, dan untuk hari sabtu-minggu pukul 16.00-23.00 WIB.

Negeri Atas Angin Bojonegoro

Negeri Atas Angin Bojonegoro

Wisata ini berada di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Berjarak 50 km dari pusat kota. Negeri Atas Angin ini menjadi wisata favorit masyarakat, karena menyuguhkan panorama yang sangat indah. Bagi kalian yang ingin menikmati keindahan matahari terbit atau sunrise, kalian dapat ngecamp di bukit yang ada di wisata ini yaitu bukit cinta. Bukit ini menawarkan keindahan alam yang sangat memukau, tidak diragukan lagi tempat ini menjadi spot foto favorit pengunjung.

Atasangin, Deling, Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62167

Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo

Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo

Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo merupakan wisata perkebunan yang berada di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalatidu, Kabupaten Bojonegoro. Agrowisata ini memiliki luas lahan sekitar 20 hektar. Pengunjung dapat berkeliling menikmati suasana di sekitar Desa Ngringinrejo sekaligus membeli buah belimbing. Fasilitas yang tersedia di agrowisata ini diantaranya terdapat gazebo, spot foto, dan lahan parkir yan luas. Untuk tiket masuk, bagi pengujung pembawa sepeda motor Rp 2.000 dan pembawa mobil Rp 5.000. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke agrowisata ini terbilang ramai, pada hari-hari biasa sekitar 500 wisatawan yang berkunjung. Untuk akhir pekan pengunjung bisa mencapai 1.200 wisatawan.

Ngringin, Ngringinrejo, Kec. Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62152

Wana Wisata Dander

Wana Wisata Dander

Wana Wisata Dander merupakan wisata alam yang berada di Bojonegoro, tepatnya di Desa Dander, Kecamatan Dander. Wisata ini dapat menjadi solusi liburan anda bersama keluarga dengan bersantai di wisata alam ini. Wana Wisata Dander menjadi terkenal di masyarakat karena menyuguhkan keindahan alam. Nah, selain itu dengan berkunjung ke Wana Wisata Dander ini dapat menjadikan koleksi foto instagramable anda. Karena di wisata ini tersedia spot foto yang menarik. Wisata ini dibuka pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk harga tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Alang-alang Kemangi, Dander, Kec. Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62171

Air Terjun Clebung Bubulan

Air Terjun Clebung Bubulan

Wisata Air Terjun Clebng Bubulan berlokasi di Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro. Keindahan alam di wisata ini sudah tidak perlu diragukan lagi, pasalnya setiap hari selalu ramai pengunjung. Bagi kalian yang menyukai petualangan, sangat cocok untuk berkunjung ke wisata alam satu ini. Karena banyak tantangan yang seru di Air Terjun Clebung Bubulan ini, salah satunya terkait dengan medan air terjun ini yang sangat ekstrim.

Waduk Pacal

Waduk Pacal

Waduk Pacal terletak di Kedungsumber, Temayang, Bojonegoro. Wisata ini menyuguhkan pemandangan yang indah karena di sekeliling wisata ini terdapat bukit-bukit. Bendungan atau waduk ini dibangun pada tahun 1933 pada zaman Belanda. Waduk Pacal memiliki luas 3.878 km2 dengan kedalaman 25 m, bangunan ini menjadi situs peninggalan Belanda yang mempunyai banyak manfaat.

Waduk Pacal ini mempunyai daya tarik tersendiri yaitu dengan kekokohan bangunan Belanda, hamparan air yang melimpah dengan panoraman alam yang indah. Setiap bulan Oktober di wisata ini digelar acara Ritual Larung Sengkolo dan Jamasan Waranggono Tayub, acara tersebut bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Bojonegoro. Selain itu bagi anda yang ingin mencari kesibukan yang lainnya, anda dapat memanfaatkan fasilitas arena memancing.

Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Teksas Wonokolo

Teksas Wonocolo

Teksas Wonokolo merupakan sebuah daerah yang berada di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki penambangan minyak dan dikelola secara tradisional. Daerah ini berjarak 60 km dari pusat kota Bojonegoro dan berbatasan dengan Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pengambilan minyak di Teksas Wonokolo ini dilakukan dengan tradisional melalui mesin-mesin mobil, menggunakan rig-rig dari kayu jati. Puncak antiklin Wonokolo memiliki ketinggian kurang sekitar 450m di atas permukaan laut, sedangkan pemboran paling dangkal sekitar 200m dari puncak lipatan. Pemboran di daerah Wonokolo ini merupakan pemboran paling dangkal yang ada di Indonesia.

Teksas Wonocolo kini menjadi wisata edukasi di Bojonegoro. Di daerah ini tersedia Rumah Singgah yang dijadikan learning center tentang minyak dan cara eksploitasi di Wonokolo. Selain itu terdapat wisata adventure menggunakan Jeep di seputar kawasan ini.

Wonocolo, Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62164

Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor

Wisata Air Terjun Kedung Maor ini terletak di Kedungsumber, Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Di sekeliling air terjun ini terdapat hutan jati yang cukup rimbun. Wisata air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memukai dengan deretan tebing, lingkungan asri, dan air yang berwarna hijau. Aliran air terjun ini berasal dari Kali Soko dan Waduk Pacal dengan kedalaman 7 meter. Dengan kedalaman 7 meter, pengunjung dianjurkan tidak berenang di wisata ini khsusunya bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

Clebung, Bubulan, Desa, Area Hutan, Kedungsari, Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62172

Banyu Kuning

Banyu Kuning

Wisata Banyu Kuning terletak Dusun Jumblangjati, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro. Selain menyugukan pesona alam yang memukau, wisata Banyu Kuning ini juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit.

Air hangat dengan kandungan belerang ini mampu mengobati penyakit, terutama penyakit kulit atau gatal-gatal. Selain itu air hangat di Banyu Kuning ini diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang di wisata untuk melakukan pengobatan.

Hutan, Krondonan, Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62172

Watu Gandul

Watu Gandul

Wisata Watu Gandul terletak di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bonjonegoro. Daya tarik utama dari Watu Gandul adalah deretan batu andesit yang memiliki ukuran raksasa tertata rapi dengan bentuk artistik.

Terdapat tiga buah batu berukuran besar yang  terlihat menggantung secara berundak yang aman pada sisi lainnya terdapat batu besar yang berfungsi sebagai penopang. Keberadaan pohon besar yang tumbuh di sela-sela bebatuan membuat lengkap keindahan Wisata Watu Gandul ini.

Hutan, Gondang, Hutan, Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62172

Alun-Alun Bojonegoro

Alun-Alun Bojonegoro

Alun-alun Bojonegoro biasnya menampilakan pertunjukan kesenian, pertandingan olahraga dan lain sebagainya. Kalian dapat mengunjungi alun-alun ini dengan bersantai di sore hari. Selain itu kalian juga bisa foto-foto ala instagramable disini karena terdapat banyak spot foto yang menarik.

Jalan Mas Tumapel 1 Kadipaten, Kauman, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62111

Mata Air Desa Sumberarum

Mata Air Desa Sumberarum

Mata Air Desa Sumberarum adalah sebuah kolam yang berada di Desa Sumberarum yang mana merupakan sumber air di Desa Sumberarum. Kesegaran sumber mata air di kolam air ini membuatmu betah berlama-lama berenang. Karena air yang jernih dan dingin  akan membuatmu nyaman berada di kolam ini. Selain itu terdapat goa disekeliling tempat ini.

Hutan Jati Bojonegoro

Hutan Jati Bojonegoro

Bojonegoro menjadi salah satu penghasil kayu jati terbaik di Indonesia. Untuk kalian yang sedang berkunjung ke Bojonegoro, jangan sampai terlewatkan untuk berkunjung ke Hutan Jati Bojonegoro ini. Hutan Jati Bojonegoro ini menjadi sentra produksi kayu jati. Wisata ini terletak tidak jauh dari Waduk Pacal. Di Hutan Jati ini kalian dapat mencicipi makanan khas dari Bojonegoro.

Nah itu tadi 14 rekomendasi tempat wisata yang ada dikota Bojonogero. Kalian bisa mulai mengatur rencana liburan anda bersama keluarga, teman, sahabat, atau bersama pasangan tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *