55+ Wisata Asyik dan Seru di Boyolali Terbaru yang Lagi Hits 2020

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang masuk kedalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini banyak menyimpan segudang panorama dan pesona alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak yang belum tahu akan pesona surga yang tersembunyi di tanah Boyolali.

Boyolali memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto yang instagramable, sampai air terjun yang memanjakan mata dan harus segera kalian explore. Selama ini Boyolali jarang terdengar dengan tempat wisata yang keren untuk berlibur, itu karena belum banyak terekspos saja sehingga masih banyak yang belum tahu akan keindahannya. Siapa sangka, Boyolali juga mempunyai tempat tempat keren yang tak kalah dengan wisata di kota Yogyakarta, Semarang, Surakarta, dan kota kota besar lainnya.

Jika kalian berencana untuk pergi atau berlibur di Boyolali kalian wajib untuk menyambangi wisata-wisata kerennya. Keindahannya tidak kalah dengan wisata dikota lain. Kabupaten ini menawarkan banyak tempat wisata pilihan yang bisa anda kunjungi. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan tempat wisata di Boyolali yang keren dan menarik untuk dikunjungi. Berikut ulansannya.

1. Air Terjun Kedung Kayang

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Rp 2.500 / orang

Yang pertama ada wisata alam air terjun di Boyolali yang pemandangannya dapat memanjakan siapa saja yang berkunjung kesini. Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan menjadi tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Boyolali.

Air terjun ini mempunyai keindahan yang luar biasa, pemandangan sekitarnya masih asri dan alami. Lokasinya terletak diantara kawasan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tepatnya di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kab Boyolali. Karena lokasinya yang berada diperbatasan menjadikan masih masih wilayah mengklaim air terjun tersebut.

Untuk menunjang aktivitas para wisatawan, pihak pengelola juga sudah menyediakan beberapa fasilitas berupa, toilet, warung makan, homestay, perkemahan. Kami sarankan jika ingin pergi kesini pada waktu weekdays karena pada weekend atau hari libur nasional akan ramai oleh pengunjung.

2. Pemandian Umbul Pengging

Jam Operasional : Setiap Hari ( 06.00 – 17.00 )

Harga Tiket Masuk : Rp 3000 / orang

Umbul Pengging juga menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang sedang berkunjung ke Boyolali. Karena berasal dari sumber mata air, kandungan air nya masih terjaga kebersihannya dan jernih. Dasaran kolam yang berupa batu batu halus terlihat begitu jelas. Membuat siapa saja tidak tahan untuk segera menceburkan dirinya kedalam kolam. Di Klaten terdapat juga Umbul Ponggok yang tidak kalah menakjubkan juga. Disana anda bisa foto dalam bawah air dengan ikan ikan yang ada didalamnya

Umbul ini mempunyai keistimewaan tersendiri, sebab dulunya tempat ini bekas tempat pemandian keluarga kraton kasunanan Surakarta. Sehingga disekitaranya masih terdapat bangunan bangunan yang bernuansa kraton milik kasunanan Surakarta. Juga terdapat salah seorang tokoh kraton surakarta Raden Ngabehi Yosodipuro.

3. Taman Air Tlatar Boyolali

Jam Operasional : Setiap Hari (08.00 – 17.00)

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000 / orang

Tempat wisata yang tidak kalah terkenalnya yaitu Taman Air Tlatar yang terletak di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali. Hanya berjarak 4Km dari kota. Objek wisata ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga dan anak, sebab disini terdapat banyak wahana seru yang dapat dimainkan. Fasilitasnya juga telah memadai berupa toilet, wahana permainan, warung makan lesehan, pemancingan, kios cendera mata, kolam renang anak dan dewasa, taman wisata air, lapangan woodball, dan juga terdapat panggung hiburan yang diadakan setiap kali menjelang bulan puasa.

4. Gunung Merbabu

Jam Operasional : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000

Nah kali ini buat anda yang suka mendaki gunung. Gunung Merbabu menjadi tempat favorit para pendaki karena menyuguhkan pemandangan panorama alam yang luar biasa indahnya. Sebenarnya terdapat 3 jalur pendakian yang bisa anda lalui karena letaknya yang berada di wilayah 3 kabupaten yaitu Boyolali, Magelang, dan Salatiga.

Namun, berdasarkan pengalaman dari para pendaki, jalur yang paling mengesankan adalah via jalur selo, Boyolali. Sebab view yang disuguhkan paling indah dibanding jalur – jalur yang lain. Jika mendaki via jalur selo, anda akan menemui beberapa padang sabana luas. Jika sedang beruntung anda juga bisa menyaksikan bunga edelweis yang sedang bermekaran.

5. Candi Lawang Boyolali

Tempat wisata di Boyolali yang selanjutnya yaitu Candi Lawang. Candi ini merupakan benda bekas peninggalan Hindu abad ke 9. Candi Lawang terletak di Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

6. Candi Sari Boyolali

Satu lagi objek wisata yang menawarkan nilai sejarah pada masa lampau bernuansa candi, yaitu Candi Sari yang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Berdasarkan catatan sejarah, candi ini ditemukan sekitar tahun 1967. Candi Sari merupakan candi hindu yang lokasinya berada diatas bukit.

Diatas bukit tempat Candi Sari berada terdapat sebuah mata air yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat keramat. Candi Sari dikelilingi beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan mejaga kelestarian bangunan.

7. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo menjadi tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Boyolali. Waduk Kedung Ombo terletak di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kab Boyolali, sekitar 50 Km ke arah utara dari Kota Boyolali. Selain berfungsi sebagai mengairi persawahan masyarakat setempat waduk ini juga dijadikan sebagai tempat wisata. Ada banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa anda lakukan disini seperti camping, mancing, water resort, forest resort, dll.

8. Objek Wisata New Selo Boyolali

Objek wisata selanjutnya di Boyolali yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah New Selo Boyolali. Di sini anda bisa menyaksikan keindahan view Boyolali jika dilihat dari atas ketinggian. Gardu pandang New Selo merupakan landmark kota Boyolali yang paling mencolok di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Dari sini anda juga bisa melakukan pendakian ke Gunung Merapi.

Perlu diketahui bahwa akses jalan menuju kesini sudah berupa aspal halus, namun jalur yang cukup curam ketinggiannya memerlukan nyali dan skill mengemudi yang mumpuni. Jika sekiranya kendaraan yang dipakai tidak mumpuni anda bisa memarkirnya di Komplek Joglo Mandala, dan anda bisa menuju kawasan New Selo dengan berjalan kaki atau bisa juga mencarter mobil. Jarak dari komplek joglo mandala ke New Selo kurang lebih 1km dengan kelerengan hingga 80% ke arah puncak merapi.

9. Waduk Cengklik Boyolali

Selain Waduk Kedung Ombo ada juga Waduk Cengklik yang view panorama alamnya tidak kalah indah. Waduk ini juga menjadi tempat favorit para sobat senja untuk menikmati keindahan sunset sore. Bagi anda yang suka dengan fotografi, anda bisa sekalian hunting foto disini, sebab pemandangan sunset diwaduk ini sangat menakjubkan.

Waduk Cengklik berada di Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak kurang lebih 20km ke arah timur laut dari kota Boyolali, jika dari Bandara Adi Soemarmo hanya berjarak 1,5 Km. Waduk dengan luas 300 ha ini dibangun pada jaman Belanda. Tujuannya untuk irigasi lahan sawah yang ada disekitar situ.

10. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Kabupaten merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi, nah salah satu tempat agrowisata yang bisa anda kunjungi adalah di daerah Cepogo. Wilayah di Cepogo ini dijadikan agrowisata penghasil susu sapi terbesar di Boyolali. Terdapat banyak sapi perah yang dipelihara disini. Anda bisa melihat langsung bagaimana proses susu sapi dihasilkan dan juga belajar memerah susu sapi. Selain melihat proses memerah susu sapi anda juga bisa menikmati susu segar yang diperah langsung dari sapinya.

11. Objek Wisata Waduk Bade

Objek wisata di Boyolali selanjutnya yaitu Waduk Bade, yang terletak di Desa Bade Kecamatan Klego. Waduk ini menjadi salah satu tempat spot favorit buat nongkrong oleh para pemuda pemudi sambil menikmati indahnya sunset sore. Dari kejauhan tampak view Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berdiri kokoh berdampingan. Bagi anda yang suka memancing, waduk ini bisa anda jadikan tempat seru untuk strike.

12. Kampung Air Kragilan

Kampung Air Kragilan merupakan desa wisata yang tidak boleh lewatkan saat berkunjung ke Boyolali. Lokasinya terletak di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Desa wisata ini menjadi tempat wisata yang menawarkan daya tarik utama berupa pemandangan alam yang masih asri, hijau dan alami.

Suasananya yang tenang jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor membuat tempat ini cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga sambil diiringi dengan suara aliran gemericik air dari atas bukit bukit. Apalagi dengan adanya waterboom, livemusic, kantin dan saung saung bambu. Membuat acara quality time bersama keluarga menjadi lebih syahdu.

13. Wisata Kuliner Sambel Tumpang

Ada banyak sekali makanan khas Boyolali yang wajib anda coba, apalagi jika sudah berkunjung ke Boyolali, sangat sayang untuk tidak mencoba kuliner khasnya. Salah satunya adalah makanan khas boyolali yang satu ini yakni Sambal Tumpang. Sambel tumpang merupakan makanan yang terbuat dari tempe busuk yang ditumbuk sampai halus.

Sengaja yang digunakan adalah tempe yang sudah busuk karena cita rasanya yang khas ketika sudah diolah dengan bumbu bumbu yang lain seperti kencur, jeruk, dan bumbu halus lainnya. Selain itu terdapat tahu yang diolah bersama dengan sambel tumpang. Sambel tumpang biasa dihidangkan pada waktu pagi atau ketika waktu sarapan. Apalagi dimakan dengan nasi hangat ditemani dengan gorengan, rambak, krupuk. Nikmat sekaliii

Jika anda tertarik untuk mencoba kuliner khas Boyolali yang satu ini. Makanan sangat mudah untuk ditemui karena banyak yang menjajakannya dipinggir jalan dengan rasa yang nikmat.

14. Air Terjun Semuncar Boyolali

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 / orang

Masih ada wisata alam dengan nuansa air terjun di Boyolali yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, lokasinya di sebelah timur lereng Gunung Merbabu. Tempatnya memang agak tersembunyi, masuk-masuk kedalam permukiman warga, tepat nya Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali dan hanya berjarak 10Km dari kota ampel, Boyolali.

Air terjun ini tergolong masih sepi, karena tempatnya yang tersembunyi. Cocok bagi anda yang tidak terlalu suka dengan tempat keramaian. Air terjun ini dikelola sendiri oleh karang taruna dan pegiat alam Desa Candisari. Untuk bisa menyaksikan keindahan view yang ada disini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar yakni Rp. 5.000 untuk tiket masuknya.

15. Brown Canyon Boyolali

Ada sebuah tempat di Boyolali yang mirip dengan tempat wisata yang ada di Amerika sana, yaitu Brown Canyo dengan kearifan lokal yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya berada di Kragilan, tepat nya di sebelah utara kampoeng air kragilan, Mojosongo, Boyolali. sangat disayangkan jika anda sedang berada di Kragilan namun tidak mampir ke tempat yang satu ini

Pada awalnya, brown canyon ini hanyalah sebuah bukit tempat penambangan batuan material golongan C. Akibat aktivitas penambangan, membuat tempat ini tampak seperti salah satu tempat wisata yang ada di Amerika Serikat sana dan akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata di Boyolali. Keindahan panorama alam yang eksotik ini membuat Brown Canyon Boyolali menjadi salah satu tempat wisata terbaik bagi para pecinta fotografi.

16. Agrowisata Kampung Lele Boyolali

Yup, sesuai dengan namanya kampung ini merupakan tempat budidaya lele di Boyolali. Lokasinya berada di Desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kecamatan Sawit, Kab Boyolali, Jateng. Kampung ini diberi nama kampung lele oleh Gubernur Jawa Tengah, Mardianto, pada Juni 2006. Dan pada 2007 dikunjungi oleh presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Di kampung ini anda bisa melihat dan belajar bagaimana teknik budidaya lele yang baik dan benar. Selain itu ada juga dapat merasakan berbagai macam olahan yang berbahan dasar lele, seperti, sosis lele, nugget lele, abon lele, dan masih banyak lagi.

17. Makam Ki Ageng Kebo Kenang Boyolali

Situs sejarah di Boyolali yang selanjutnya yaitu Makam Ki Ageng Kebo Kenanga yang terletak di Desa Pengging, Boyolali. Beliau sendiri adalah keturunan dari Raja-raja Majapahit terdahulu. Masyrakat banyak yang berkunjung kesana untuk sekedar ziarah ke makamnya.

18. Wisata Oemah Bamboo Merapi

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 . Orang

Wisata Boyolali yang selanjutnya yaitu Oemah Bamboo Merapi. Tempat wisata ini masih tergolong baru. Objek wisata ini menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan panorama alam Boyolali dan pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan. Lokasi Oemah Bamboo berada di kawasan jalur pendakian merapi New Selo, tepat nya di Dusun Plalangan, desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kab Boyolali. Untuk tiket masuknya sendiri tidak terlalu mahal hanya sebesar Rp 5.000 per orang.

19. Objek Wisata Watu Blerek

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Rp 2.000 / motor

Ada satu objek wisata yang serupa dengan Oemah Bamboo Merapi yaitu Watu Blerek. Objek wisata Watu Blerek menawarkan daya tarik utama berupa gardu pandang yang jika naik ke atasnya anda dapat keindahan panorama alam sekitar lereng Merapi. Watu Blerek terletak di Dusun Tegal Sruni, Desa Samiran, kecamatan Selo, Kab Boyolali. Jawa tengah. Untuk harga tiketnya masih ramah dikantong yakni hanya sebesar Rp 2.000 per motor

20. Waterboom Restu Wijaya Boyolali

Obyek wisata di Boyolali yang selanjutnya yaitu wisata air Waterboom Restu Wijaya. tempat ini cocok untuk mengisi waktu liburan bersama kekuarga dan anak-anak. Disini anda dapat melakukan aktivitas seru dan menarik sebab banyak wahana permainan yang bisa anda lakukan sambil bermain air. Untuk menunjang aktivitas pengunjung, pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas seperti, ruang ganti, toilet, musholla, tempat makan, dan banyak wahan permaianan. Waterboom Restu Wijaya terletak di Jl Simo – Bangak (Depan POM bensin Simo), tepat nya di Dusun Pelem, Kecamatan Simo, Kab Boyolali, Jawa Tengah.

21. Monumen Arjuna Wijaya Boyolali

22. Makam Ki Ageng Singoprono

23. Masjid Cipto Mulyo Pengging

24. Umbul Tirto Marto Pengging

25. Tikungan Irung Petruk

26. Alun alun Kidul Boyolali

27. Bukit Gancik Boyolali

28. Wisata ALam Sutera Boyolali

29 Museum R Hamong Wardoyo

30. Pura Bawanata

31. Umbul Langse

32. Umbul Tirto Mulyo

33. Objek Wisata Kedung Cinta Boyolali

35. Curug Juwangi

36. Air Terjun Jumbleng Boylali

38. Kedung Goro Boyolali

39. Taman Alam Surapanta

40. Danau Tengah Sawah

41. Bukit Sanjaya Selo

42. Lembah Gunung Madu

43. Spot Selfie Jembatan Gantung Selo

44. Gardu Pandang Suroteleng

45. Objek Wisata Tikungan Cinta

46. Bukit Kinasih

47. Ketep Pass

48. Rumah Terbalik Boyolali

49. Umbul Sewu Pengging

50. Bukit Lempuyang

51. Umbul Sungsang Pengging

52. Merapi garden

53. Bukit batur boyolali

54. Air Terjun Songko Bumi

55. Bukit Muk Salam

56. Air Terjun Watu Tibo

57. Kampung Wisata Dangean

58. Bukit Fertile Prosper

Nah itu tadi rekomendari dari kami mengenai tempat wisata seru dan menarik untuk dikunjungi ketika sedang berlibur atau berkunjung ke Boyolali. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman, saudara, keluarga yang membutuhkan, agar bisa menjadi panduan wisata ketika berlibur di Boyolali. Selamat berlibur, semoga liburannya seru dan menyenangkan. Jangan kapok untuk kembali ke Boyolali ya guyss

Leave a Comment