15 Destinasi Wisata Brebes Terpopuler Paling Hits 2020

Kabupaten brebes merupakan salah satu kabupaten di provinsi jawa tengah yang merupakan kabupaten terluas kedua setelah cilacap, yang luasnya sekitar 1.902,37 kmĀ²,  dengan jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa. Kota yang dikenal dengan penghasil telur asin dan bawang merah di Indonesia ternyata memiliki potensi wisata alam yang sangat indah, dari agar alam hingga pemandian air panas, air terjun, bukit yang menawan, pantai, waduk, perkebunan yang instagenik. Berikut beberapa destinasi wisata brebes yang menarik di kunjungi untuk liburan selanjutnya

Candi Pangkuan

candi pangkuan brebes

Candi pangkuan berada di desa cillibur, kec panguyangan, kab brebes, jawa tengah. Candi ini ditemukan oleh warga sekitar pada tahun 1965. Candi ini terletak di tengah-tengah hutan yang di penuhi pepohonan besar, dan banyak monyet yang berkeliaran dengan bebas. Jika berkunjung ke candi ini , anda bisa berfoto-foto di sekitar candi dan bisa memberi makan monyet yang ada di sekitar candi. Tidak perlu membayar tiket sama sekali dan juga tidak dibatasi waktu, sehingga bisa berkunjung kapanpun anda mau.

Air terjun ranto cahyo

Air terjun ranto cahyo

Air terjun ranto cahyo berada di lereng pergunungan sebelah selatan brebes, Tepatnya di desa windusari, kec salem, kab brebes atau sekitar 2,5 jam dari kota brebes. Untuk bisa sampai di wisata ini, kita harus berjalan / trekking menyusuri aliran sungai di alam terbuka sejauh 750 meter. Selama menyusuri aliran sungai, kita akan disajikan pemandangan indah tebing-tebing kokoh yang mengapit sungai. Untuk tiket masuk, sampai saat ini pengelola belum di tentukan besaran harga tiket masuk, alias gratis. Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan, membayar tiket parker sebesar Rp. 4,000. Dan jika menggunakan pemandu untuk menyusuri aliran sungai hanya perlu membayar Rp. 30,000 untuk membayar pemandu.

Waduk Malahayu

Waduk Malahayu

Waduk malahayu terletak di  desa malahayu, kecamatan banjarharjo, kabupaten brebes, jawa barat. Waduk ini mempunyai luas sekitar 944 hektare dan konon katanya waduk ini meupakan salah satu peninggalan kolonial belanda. Waduk ini di bangun oleh belanda pada tahun 1930 tepat sebelum Indonesia merdeka. Menurut masyarakat sekitar, waduk ini asal mulanya sebuah perdesaan yaitu desa cipajang, desa ini termasuk desa yang memiliki banyak sumber mata air. Hingga belanda saat itu membendung aliran air tersebut secara paksa kepada masyarakat desa cipajang.

Hingga akhirnya desa cipajang menjadi sebuah waduk yang berfungsi sebagai sarana irigasi dan sebagai pengontrol banjir di sekitar wilayah kawasan kabupaen brebes. Selain itu waduk ini juga sebagai tempat rekreasi keluarga, dengan di penuhi fasilitas seperti, sarana tempat bermain anak, kolam rennag untuk anak, perahu pesiar, becak air, perahu dayung, serta 1 panggung terbuka yang di gunakan untuk acara-acara tertentu. Wisata ini menyuguhkan pemandangan gunung serta pohon jati yang sangat indah juga menakjubkan, tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Kebun Teh Kali Gua

Kebun Teh Kali Gua

Wisata kebun teh kali gua yang merupakan puncak dari kabupaten brebes ini memiliki pemandangan alam  yang tak jauh indahnya dengan puncak bogor. Saat berkunjung ke wisata ini kita bisa menikmati sejuknya udara serta hijaunya alam sekitar. Dengan udara yang masih asri tanpa polusi dapat menyegarkan dan menenangkan pikiran kita saat berada di kebun ini.

Curug putri Brebes

Curug putri Brebes

Curug putri terletak di desa mandala kecamatan sirampong kabupaten brebes. Untuk dapat sampai ke curug ini memang tidak mudah, karena lokasi curug ini masih susah di akses. Dengan berjalan kaki melalui medan perjalanan yang cukup susah dan menantang. Namun rasa lelah akan terbayar dengan keindahan curug yang sangat indah, dengan Suara air curug yang menenangkan pikiran serta udara yang menyejukkan, akan membuat anda puas berkunjung ke wisata ini. Untuk tiket masuk ke curug ini masih di gratiskan, jam kunjungan ke curug inipun tidak di batasi waktu. Anda bisa kapan saja berkunjung ke curug ini secara gratis.

Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan

Curug panyusuhan ini terletak di desa tembongraja dan windusakti. Curug ini sangat berbeda dengan curug lain nya, jika curug lain hanya memiliki sau tingkat air terjun saja, curug ini memiliki tujuh tingkat air terjun sekaligus. Selain memiliki curug yang bertingkat sekaligus, wisata inipun menawarkan pengalaman trekking yang sangat menantang, karena untuk bisa sampai ke curug panyusuhan ini, pengunjung harus berjalan kaki di tungah hutan selama 1,5 jam dengan melalui medan perjalanan yang cukup terjal.

cagar alam telaga ranjeng

cagar alam telaga ranjeng

Wisata cagar alam telaga ranjeng yang berada di kaki gunung slamet, yang tepatnya di desa pandansari, kecaatan paguyangan, kabupaten brebes. Konon katanya menurut warga sekiar telaga ini dulunya merupaka tempat tinggal nila raksasa dan ikan lele. Namun sayangnya sekarang tempat tinggal nika raksasa dan lele tersebut sudah tidak ada lagi. Penyebab hilangnya sampai sekarang belum ada alas an pasti kenapa ikan-ikan itu tidak ada lagi. Namun sampai saat ini telaga ranjeng masih ramai dikunjungi pengunjunguntuk bersantai menikmati indahanya alam sekitar telaga ataupun hanya untuk kebutuhan foto saja. 

Hutan Mangrove kaliwlingi

Hutan Mangrove kaliwlingi

Hutan mangrove kaliwlingi berada di desa dukuh pandansari, kaliwlingi,  kecamatan brebes, jawa tengah. Hutan mangrove ini merupakan hutan buatan yang sengaja di buat pemerintah untuk keperluan pencegahan abrasi di areal pesisir kabupaten brebes. Walaupun tujuan di buatnya hutan mangrove kaliwlingi ini bukan untuk wisata, namun hutan ini sangat ramai di kunjungi wisatawan, baik dari wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Karena hal tersebut, barulah pemerintah mengubah hutan mangrove kaliwlingi ini, sehingga fungsinya tidak hanya untuk penangkal abrasi saja namun juga sebagai objek wisata. Banyak fasilitas yang ditambahkan oleh pemerintah seperti, jembatan papan sebagai jalan untuk pengunjung, fasilittas tempat parkir, fasilitas warung makan serta penyewaan perahu keil yang fungsinya untuk wisatawan yang ingin berkeliling areal hutan mangrove dan juga berbagai bio laut yang di budidayakan di kawasan ini. Untuk menikati keindahan alam dan  semua fasilitas yang ada di kawasan ini hanya perlu membayar uang sejumlah Rp. 20,000 anada sudah bisa berkeliling menikmati tempat ini sepuasnya.

bukit panenjoan

bukit panenjoan

Wisata bukit panenjoan terletak di desa wanoja, kecamatan salem, kabupaten brebes, jawa tengah.  Bukit yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah di atas bukit brebes. Di sini kita dapat menikmati sunset di sore hari sambil duduk bersantai dengan udara yang segar. Tempat ini juga menyediakan fasilitas pendukung seperti, kursi untuk bersantai, gardu pandang, sampai dengan warung makan yang menyuguhkan makanan khas brebes. Wisata ini buka setiap hari selama 24 jam, dan tiket masuk yang sangat terjangkau, cukup membayar sebesar Rp. 5,000 saja.

Danau Beko

Danau Beko

Di sebut danau beko karena danau ini merupakan danau buatan yang terbentuk dari sisa-sisa kerukan beko, lubang-lubang kerukan yang lama-lama berisi air dan berubah menjadi danau. Danau ini berukuran sangat sempit, namun hebatnya walaupun sempit danau ini memiliki pemadangan alam yang sangat indah. Namun sayangnya danau ini belum di kelola sebagai tempat wisata koeseril, fsailitas danau ini masih kurang memadai. Namun danau ini sangat ramai di kunjungi wisatawan. Untuk masuk ke danau ini tidak mengeluarkan uang bahkan kita bisa berkunjung kapanpun kita mau.

Pantai Randusanga Brebes

Pantai Randusanga Brebes

Wisata pantai ini terletak di randusanga kulon atau sekitar 7 km dari jalur pantura. Pantai ini terkenal dengan spot cantik untuk melihat proses matahari tenggela. Selain itu pantai ini terkenal dengan budidaya rumpu laut dan ikan bandengnya. Tersedia berbagai fasilitas di pantai ini seperti, tempat bermain anak, arena balap motor, arena perkemahan hingga restoran yang menyajikan olahan makanan laut serta kios-kios di sepanjang pinggiran yang menyediakan makanan oleh-oleh khas brebes, seperti telur asin dan bawang merah.

Kalibaya Park Brebes

Kalibaya Park Brebes

Wisata kalibaya park ini berada di atas puncak malio, dengan menyuguhkan pemandangan puncak gunung yang sangat indah dengan view langsung ke waduk malahayu. Di sini juga di sediakan berbagai fasilias seperti, outbond, gardu pandang, ATV track, padang savana dan sebagainya.

Puncak Gunung Lio

Puncak Gunung Lio

Puncak gunung lio yang berada di perbatasan salem dan banjarharjo ini menyediakan bumi perkemahan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka yang sangat hijau dan udara yang segar. Jika berkunjung ke wisata alam ini kita bisa belajar memahami keanekaragaman hayati yang ada di gunung lio ini.

Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom

Jika Anda berkunung ke kabupaten Brebes ini . idak salahnya mngunjungi ciblon waterboom bersama keluarga tercinta.  wisata air ciblon waterboom ini bisa menjadi alternatif pilihan wisata untuk disambangi. Waterboom ini belum lama didirikan, berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Brebes.  Waterboom yang Tersedia banyak jenis permainan air yang bisa dinikmati oleh orang dewasa dan juga anak-anak, diantaranya adalah kolam renang, slider dengan ketinggian 12 meter, ember tumpah, dan seluncuran. Aneka wisata air yang ditawarkan oleh ciblon waterboom ini sangat pas untuk dinikmati ketika Anda beramai-ramai datang bersama rombongan keluarga. Senangnya lagi dengan harga tiket masuk ke Ciblon Waterboom ini sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 13.000 saja, Anda sudah dapat menikmati wisata air yang menyenangkan bersama keluarga.

Agro Wisata Besaran

Agro Wisata Besaran

Agro wisata besaran ini berlokasi di daerah jatibarang, kabupaten brebes, jawa tengah. Agro wisata ini menawarkan berpa ojek wisata air seperti, kolam renang, terapi ikan, dan perahu hotel, flaying fox serta kereta wisata yang tidak kalah menari di coba. Di bagian tengah agro wisata besaran ini terdapat bangunan yang di dirikan dengan arsitektur yang klasik yang cocok digunakan sebagai laar utung berfoto. Wisata ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap, dari mulai lahan parker, mushola tepat berteduh, toilet dan tempat makanan . walaupun dengan fasilitas yang sangat lengkap, tempat ini hanya menjual tiket seharga Rp. 3,000 saja per orang.

Nah itu tadi 15 rekomendasi wisata Brebes pilihan yang wajib di kunjungi saat berlibur ke kabupaten brebes jawa tengah ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *