10 Destinasi Wisata Cianjur Keren & Asyik Yang Instagramable Hits 2020

Cianjur yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini sebagian daerahnya merupakan pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Sungai terpanjang di Cianjur adalah Sungai Cibuni, yang bermuara di Samudra Hindia.  Kabupaten Cianjur berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Kabuaten Karawang, Kabupaten Purwakarta di Utara, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut di Timur, Samudra Hindia di Selatan, dan Kabupaten Sukabumi di Barat.

Cianjur adalah kota yang memiliki citra filosofi yakni Ngaos: tradisi mengaji, Mamaos: seni budaya, Maen Po: seni bela diri Pencak Silat. Selain terkenal dengan filosofisnya Cianjur juga di kenal sebagai kota penghasil panda wangi, Kota Cianjur menawarkan pesona alam seperti, pegunungan, arsitektur gedung yang banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Objek wisata Cianjur semakin lama semakin banyak diminati karena selalu ada pembaharuan yang dilakukan pemerintah guna meningkatkan jumlah wisatawan. 

Bagi kamu yang sudah bosan dan lelah dengan kesibukan pekerjaan, wisata Cianjur merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat. Kami akan memberikan kamu daftar objek wisata Cianjur yang keren dan menarik untuk dikunjungi. Cekidot.

The Little Venice Cianjur

The Little Venice Cianjur

Kamu pengen liburan bernuansa luar negeri? Pas banget, Objek wisata The Little Venice Cianjur adalah pilihan yang tepat. Kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan suasana luar negeri. The Little Venice menawarkan gedung-gedung tinggi ala-ala Eropa yang di bangun di tepi danau. Jika berkunjung ke objek wisata ini kamu bisa menelurusi danau dengan menggunakan perahu, kapal, sepeda air, banana boat, perahu naga, buble ball, rubber boat, dan kapal misisipi yang sudah disediakan oleh pengelola. 

The Little Venice sangat cocok untuk kamu yang menyukai traveling dan photografi, karena The Little Venice memiliki sudut-sudut yang keren untuk diabadikan. Karena arsitektur yang sangat keren dan menarik, seperti bangunan-bangunan lama yang ada di Eropa. Kota Bunga ini mirip dengan kota dengan Venice, atau Venecia di Itali

The Little Venice terletak di Kawasan Villa Estate, tepatnya di Desa Sukanagalih, Pacet, Puncak, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Jawa Barat. The Little Venice memiliki luas 125 hektar.

Istana Presiden Cianjur

Istana Presiden Cianjur

Kamu tau ga si, ternyata presiden itu memiliki Istana Presiden berjumlah 6? Salah satu Istana Presiden terletak di Cianjur. Istana Presiden ini berlokasi di Desa Cipanas Kabupaten Cianjur, di lereng Gunung Gede yang memiliki ke tinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Istana Presiden berjarak sejauh kurang lebih sekitar 103 kilometer dari Ibu Kota Jakarta atau sekitar 20 kilometer dari Pusat Kota Cianjur. Bangunan Istana Presiden berdiri tegak di atas lahan dengan luas tanah 26 ha dan luas bangunan mencapai 7.760 m2, bangunan Istana Presiden ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. 

Nah bagi kamu yang ingin melihat Istana Presiden dan ingin merasakan bagaimana suasana di sekitar Istana, kamu bisa mengunjungi Istana. Berlibur sembari belajar sejarah, semakin menambahkan rasa nasionalisme bukan?

Curug Citambur

Curug Citambur

Objek wisata Cianjur selanjutnya adalah wisata alam. Keindahan alam memang taka da habisnya, dan tidak pernah bosan untuk melihatnya. Nah, wisata alam yang menjadi objek wisata cianjur yang akan kami rekomendasikan adalah wisata alam Curug Citambur. Sudah terbayangkan bukan apa saja yang akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Curug Citambur. 

Curug Citambur ini merupakan curug atau air terjun yang memiliki ketinggian kira-kira 130 meter. Curug Citambur memiliki tiga tingkatan air terjun yaitu 12meter, 116meter dan 2 meter. Air Terjun Citambur memiliki ketinggian 1.400 mdpl, ketinggian ini lah yang menyebabkan air terjun Citambur ini selalu dingin, dan area di sekitar air terjun selalu di selimuti kabut tipis.

Suasana yang masih asri, dan suara gemuruh air terjun yang mengalir deras membuat lelah mu menjadi hilang. Tapi, sayangnya kamu tidak dianjurkan untuk berenang di air terjun ini. Karena ada beberapa tebing yang curam serta aliran air yang deras. Tetap saja kamu harus ke sana menikmati air terjun dan sejuknya udara di sekitar Curug.

Curug Citambur berlokasi di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan. Jika dari Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung jarak tempuhnya kira-kira 40 kilometer ke arah Selatan. Nah, kalian bisa menggunakan bantuan google maps untuk menuju lokasi. Akses menuju air terjun Citambur tidak terlalu sulit, hanya saja agak sedikit jauh dari jalan utama.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Objek wisata Taman Bunga Nusantara sangat cocok untuk menjadi objek wisata keluarga yang harus di kunjungi. Taman Bunga Nusantara ini berada di ketinggian pegunungan dan tidak jauh jaraknya dari Gunung Gede, karena letaknya tidak terlalu jauh dari Gunung Gede membuat udara dan suasana di Taman Bunga Nusantara segar, karena di area Taman Bunga Nusantara kamu akan melihat hamparan rumput hijau yang bisaa membuat mata kamu segar, juga ada rangkaian bunga dengan bermacam-macam jenis, dan berbagai spot foto yang pastinya Instagramable.

Di Taman Bunga Nusantara terdapat beberapa jenis taman yang bisa kamu nikmati. Diantaranya ada Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Labirin, Taman Bali, Taman Palem, Taman Jepang, Green house/Rumah Kaca, Menara Padang, Wahana Alam Imajinasi. Jika kamu pergi ke Taman Bunga kamu akan terasa mengelilingi dunia, karena tersedia taman dengan mengusung konsep beberapa negara, seperti yang sudah kamu baca di atas.

Untuk fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, mulai dari kereta dotto, Garden Tram, Mobil Wira Wiri, Poli Klinik, Nany’s Gallerya, Café, Tenda, ada wisma/ camping ground, lokasi piknik dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara kamu akan dikenakan biaya Rp40.000/orang. Nah jika kamu ingin menikmati fasilitas, kamu harus membayar lagi, mulai dari Rp5.000-Rp10.000.

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

Telaga Biru

Telaga Biru cianjur

Objek wisata Telaga Biru Cianjur ini merupakan objek wisata yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Telaga Biru menawarkan pemandangan alam dan air yang berwarna biru. Suasana di sekitar Telaga Biru masih sangat asri karena di kelilingi oleh pohon-pohon yang rindang. Jika kamu ke sini kamu akan merasa tenang. Kamu juga bisa sekaligus memanjakan matamu dengan melihat pemandangan yang ada di sekitar Telaga Biru.

Telaga Biru memiliki lebar 2-3 meter, dengan bebatuan alam tersusun rapi sepanjang jalan. Luas Telaga Biru sekitar 500meter persegi dengan warna air sering berubah menjadi warna coklat, hijau dan biru. Hal ini disebabkan faktor pertumbuhan alga yang ada di dalamnya. Untuk fasilitas seperti area parkir, mushola, kamar mandi/MCK, dan penginapan sudah tersedia. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan hal itu.

Lokasi Telaga Biru terletak di Desa Cimacan, Cianjur Jawa Barat. Telaga Biru berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan. Rute perjalanan menuju Telaga Biru ini merupakan jalur pendakian ke Puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Air terjun Cibeureum ini adalah salah satu air terjun yang di dapat jika kamu mendaki gunung Gede Pangrango melalui jalur Cibodas. Karena Air Terjun Cibeureum merupakan salah satu wisata yang berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango sehingga Air Terjun ini masuk masuk dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrangon.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Cibeureum kamu akan di suguhkan oleh pemandangan yang indah dan mempesona. Jarak tempuh menuju Air Terjun dari pos tiket sekitar 2.7 kilometer dan memakan waktu 45 menit – 1 jam dengan berjalan santai untuk sampai. Medan yang menanjak dengan undakan bebatuan di kelilingi hutan yang lebat menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun Cibeureum ini. Kamu juga akan melihat beberapa jenis burung dan kera bergelantungan saat menuju air terjun.

Kandang Badak

Kandang Badak

Kandang Badak merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Cimacan, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kandang Badak ini sangat ramai di kunjungi para wisatawan di setiap harinya. Objek wisata Kandang Badak ini sangat cocok menjadi objek wisata keluarga yang harus anda kunjungi jika sedang berada di Cianjur. 

Objek wisata Kandang Badak ini adalah tempat tinggal badak-badak yang berasal dari kota lain untuk di kembang biakkan sebagai Objek Wisata Kandang Badak di Ciapanas, Cianjur. Lokasinya terletak di tengah hutan dengan dikelilingi pohon-pohon yang lebat dan hijau yang membuat suasana di sekitar Kandang Badak menjadi Sejuk dan segar.

Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung Cianjur

Masjid yang berlokasikan di Jalan Siti Jenab No. 14, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik. Bangunan yang mengusung tema timur-barat dengan pintu penting ada di bagian timur. Kemudian ada tiga pintu yang digunakan untuk beberapa jamaah, yakni pintu yang diberi Babussalam berada di selatan dan pintu Babul Marhamah bagian Timur.

Arsitektur dengan gaya kombinasi modern serta classic sangat kental tampak dari luar ataupun di dalam masjid. Yang menjadi ciri khas utama pada Masjid Agung ini adalah atapnya yang tetap mempertahankan model lama, selain itu bangunan ini sama seperti masjid pada umunya yang berkubah besar. Bentuk atap masjid Agung Cianjur yaitu berbentuk persegi empat bertingkat dengan satu kubah kecil di puncaknya. 

Bangunan masjid ini sudah 7 kali mengalami renovasi, saat ini Masjid Agung dapat menampung 4.000 jamaah dengan keseluruhan ruang 2.500m2.

Alun-alun Surya Kencana

Alun-alun Surya Kencana

Alun-alun Surya Kencana merupakan padang savanna yang terletak di Taman Nasioanl Gunung gede Pangrango. Hamparan luas Surya Kencana seperti di dunia imajinasi. Objek wisata Alun-Alun Surya Kencana ini menawarkan keindahan yang bisa membuat kita sennag melihatnya. Objek wisata ini memiliki luas sekitar 50 ha dengan ketinggian 2.750 meter di atas permukaa laut. Yang paling menarik adalah endelweiss yang tumbuh di sekitar padang. Tanaman endelweiss yang memiliki ukuran yang besar bisa mencapai tinggi manusia.

Fasilitas yang tersedia jika kamu berkunjung ke Alun-Alun Surya Kencana adalah area parkir kendaran, mushola, kamar mandi/MCK, area camping dan penginapan. Kamu bsa menghabis kan akhir pekan atau liburan mu disini bersama teman dan keluarga tentunya.

Pantai Agrabinta

Pantai Agrabinta

Pantai Agrabinta terletak di Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jarak dari pusat Kota Cianjur sekitar 150 kilometer. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra dan kabupaten Sukabumi. Pantai Agrabinta memiliki perairan yang sangat bersih dari timur hingga barat. Pantai Agrabinta yang memiliki ombak yang besar ini sangat jarang di kunjungi wisatawan, hanya warga lokal yang sering berkunjung.

Nah itu diat rekomendasi objek wisata Cianjur yang sudah kami berikan untuk kamu. Tunggu apa lagi rencanakan liburanmu bersama teman dan keluarga. Selamat liburaaann



Leave a Comment