12 Wisata di Ciwidey yang Menarik dan Asyik Dikunjungi Bersama Keluarga

Ciwidey merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ciwidey sendiri dikenal dengan daerah wisata, karena banyak terdapat objek wisata yang tentunya menarik. Ciwidey mempunyai keindahan pada pesona alamnya. Destinasi wisata yang ada di daerah Ciwidey ini beragam seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya. Selain di Ciwidey masih banyak wisata Bandung yang tidak kalah keren dari ini. Baiklah pastinya sobat travelers penasaran kan destinasi apa saja yang ada di Ciwedey, nah berikut ini akan kami paparkan beberapa wisata yang ada di Ciwidey.

  1. Kawah Putih

Kawah Putih merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Ciwidey tepatnya di Desa Alam Endah. Objek wisata ini terletak di bawah kaki Gunung Patuha. Sudah tidak diragukan lagi keindahan dari Kawah Putih ini. Warna kawah yang sangat mempesona ini, menjadi daya tarik wisatawan.

Di kawasan Kawah Putih juga anda bisa menikmati aktivitas lain seperti hiking dan berkuda. Fasilitas yang ada di wisata Kawah Putih ini di antaranya adalah Musholla, pusat informasi, toilet, transportasi dari gerbang menuju lokasi, area parkir yang luas.

Bagi anda yang ingin bermalam di kawasan wisata ini jangan khawatir, karena di kawasan ini terdapat tempat penginapan yang diantaranya Cimanggu Cottage Ciwidey, Saung Gawir, Villa Patengan. Harga tiket masuk wisata Kawah Putih Rp 17.000 (domestik) dan Rp 50.000 (mancanegara).

Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

2. Desa Wisata Lebakmuncang

Desa Wisata Lebakmuncang

Desa Wisata Lebakmundung yang terletak di Ciwidey ini merupakan agrowisata dan juga wisata edukasi. Bagi sobat travelers yang datang ke wisata ini, sobat melihat dan mengetahui secara langsung dari cara menanam, memelihara, memanen, sampai dengan cara memasarkan. Adapun tanaman yang terdapat di desa wisata ini yaitu tomat starwberry, seledri, bawang, serta budidaya jamur.

Selain itu sobat travelers juga dapat melakukan aktivitas alam terbuka yaitu jungle tracking, mengenal alam sekitar dan juga menikmatinya. Sebagai bentuk untuk melestarikan budaya, sering juga di desa wisata ini digelar pertunjukkan kesenian dan membuat makanan khas dari desanya.

Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973

3. Gunung Patuha

Gunung Patuha

Bagi sobat travelers tentunya sudah tidak asing lagi dengan wisata Kawah Putih, namun banyak dari mereka yang tidak mengerti asal dari Kawah Putih Sendiri. Nah sobat, Kawah Putih itu berasal dari Gunung Patuha. Dimana pada abad 13 Gunung Patuha meletus dan yang pada akhirnya menghasilkan kawah yang saat ini kawah itu dikenal dengan Kawah Putih.

Gunung Patuha memiliki dua kawah yaitu Kawah Putih dan Kawah Saat. Pesona keindahan Gunung Patuha ini dapat dilihat dari keindahan hutan tropisnya. Dengan suasana yang sejuk dan alami ini, Gunung Patuha sangat cocok buat sobat travelers yang suka mendaki gunung. Gunung Patuha juga menyuguhkan Situ Patenggang, yang mana tempat tersebut sebagai tempat habitat ikan seperti nila, mujair, mas dan juga paray.

Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

4. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini merupakan salah satu wisata pemandian air panas yang berada di Ciwidey. Fasilitas yang terdapat di pemandian air panas ini diantarnya waterboom, motor cross, sepeda tour, berbagai jenis kendaraan ATK, terapi ikan, kamar rendam, flying fox, Musholla, gazebo, kolam renang. Untuk kenyamanan pengunjung terdapat 2 kolam renang yang mana kolam renang keluarga dan private room yang hanya untuk satu orang saja.

Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Ciwalini ini Rp 20.000 (belum termasuk parkir kendaraan). Untuk harga tiket di kolam 2 senilai Rp10.000 per orang, kolam keluarga Rp150.000 per jam. Kemudian untuk kamar rendam dengan harga tiket Rp20.000 per orang dan terapi ikan Rp10.000 per orang.

Jl. Raya Ciwidey – Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40972

5. Ranca Upas

Ranca Upas

Ranca Upas merupakan bumi perkemahan yang ada di Bandung tepatnya di Ciwidey yang menjadi tempat ngecamp terfavorit. Ranca Upas ini pasalnya menyuhkan pesona keindahan alam yang sangat menajubkan sobat. Dengan suasana yang masih alami dan suhu udara yang khas dataran tinggi pegunungannya, hal tersebut yang menarik para travelers untuk bersinggah di Ranca Upas.

Ranca Upas sendiri terletak di ketinggian 1.700 mdpl, wisata ini pun dijadikan sebagi pusat konservasi flora dan fauna langka. Adapun flora langka yang ada di Ranca Upas ini di antaranya huru, jamuju, ki hujan, hamirug, ki tambang dan tanaman yang lainnya. Untuk jenis fauna yang ada di antaranya monyet, satwa burung, babi hutan, rusa dan yang lainnya.

Fasilitas yang ada di Ranca Upas ini yaitu Ranca Upas Smart Camp Adventure, yang mana tempat ini menawarkan berbagai tempat seperti Pine Forest Camp, D’camp Cibodas Alam Madani Park, Cantigi Camp, Grafika Cikole, Ciwangun Indah Camp, Kampung Bambo dan masih banyak yang lagi.

Selain itu terdapat juga camping yang berfasilitas hotel berbintang seperti Trizara Resort, Dusun Bambu, Glamping Lakeside. Untuk harga tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.946, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

6. Punceling Pass Ciwidey

Punceling Pass Ciwidey

Wisata Punceling Pass Ciwidey memanglah belum terkenal di kalangan masyarakat apalagi masyarakat dari luar kota, karena kalah pamor dengan wisat-wisata Ciwidey yang lainnya. Eitss sobat, namun jangan salah, meskipun belum terkenal di kalangan masyarakat tempat wisata ini menyimpan pesona alam yang sungguh sangat luar biasa. Wisata Punceling Pass Ciwidey ini menawarkan wisata hutan alami yang asri di lereng Gunung Patuha.

Wisata ini pun menawarkan tempat untuk camping yang mana per orang akan dikenakan biaya Rp 15.000 untuk masuknya. Untuk sewa area campung Rp 200.000, sewa hamoch Rp 15.000. Selain itu, wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemandian air panas (gratis) dan juga terapi ikan (Rp 5.000), spot foto bukit keraton, pancuran tujuh (Rp 5.000).

Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

7. Happy Farm Ciwidey

Happy Farm Ciwidey

Sobat travelers bagi yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga jangan sampai terlewatkan objek wisata satu ini yaitu Happy Farm Ciwidey. Objek wisata ini memiliki konsep eduwisata anak. Wahana yang ditawarkan di Happy Farm Ciwidey sendiri beragam diantaranya candy house, petting zoo, taman kelinci, menyusui anak sapi, bermain dengan domba, memanah boneka dan menunggangi kuda mini.

Untuk memasuki objek wisata ini per orang dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000, yang mana tiket tersebut dapat ditukarkan dengan segelas susu sapi murni. Kemudian untuk memasuki setiap wahana yang berada di Happy Farm Ciwidey sobat travelers harus membayar sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000 per orang dan apabila sobat travelers ingin membeli makanan untuk domba kelinci, maka sobat travelers perlu merogoh kantong saku sebesar Rp 15.000.

Jl. Raya Ciwidey No.km 33.7, Panundaan, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973

8. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey ini mampu menghipnotis para wisatawan yang datang. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam, dimana berjejer penuh pohon cemara. Namun sobat travelers harus tahu, bahwasannya pohon cemara yang satu ini beda dari pohon cemara pada umumnya. Pasalnya pohon cemara yang ada di Bukit Jamur Rancabolang ini berbentuk seperti jamur, hal ini sesuai dengan namanya yaitu bukit jamur.

Wisatawan yang datang di bukit jamur ini, tak akan dibuatnya bosan justru mereka akan dibuat ingin berlama-lama di bukit jamur. Para wisatawan ramai-ramai datang ke wisata ini selain untuk menikmati keindahan alamnya, mereka juga ingin memotret gambar yang menarik dengan berbagai pose.

Ketika waktu liburan datang, wisatawan yang datang akan membludak. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey ini buka setiap hari. Jika sobat travelers ingin datang ke bukit jamur, sobat travelers tak perlu membayar tiket masuk. Pasalnya wisatwan hanya perlu membayar parkir kendaraan saja, untuk motor kurang lebih Rp 2.000 dan mobil kurang lebih Rp 5.000.

Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972

9. Curug Cipanji Ciwidey

Curug Cipanji Ciwidey

Curug Cipanji Ciwidey merupakan salah satu air terjun yang terletak di Ciwidey. Curug ini letaknya tersembunyi, wajar saja jika belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat. Nah wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata hidden paradise yang ada di Ciwidey. Sobat travelers sebelum sampai di curugnya, sobat akan disuguhkan pemandangan hamparan perkebunan teh yang tentunya sangat indah dan sejuk.

Curug Cipanji dinamai dengan Cipanji karena keberadaan curug ini yang mana berada di bawah kaki Gunung Cipanji. Terdapat 4 aliran air dalam Curug Cipanji salah satunya berbentuk batu datar halus yang panjangnya sekitar 5 meter dan dapat dijadikan seluncuran layaknya waterboom. Air terjun yang paling tinggi di Curug Cipanji yaitu air terjun dengan ketinggian 25 meter. Keunikan dari curug ini salah satunya adalah kejernihan air yang jatuh dari atas tebing memerikan kesejukan kepada wisatawan, hal tersebut yang menjadi magnet wisatawan berdatangan.

Margamulya, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972

10. Kebun Teh Rancabali Ciwidey

Kebun Teh Rancabali Ciwidey

Kebun Teh Rancabali Ciwidey berada pada ketinggian 1.628 mdpl. Suasana asri dan sejuk di Kebun Teh Rancabali ini menjadi magnet bagi para wisatawan. Dilihat dari segi lokasi Kebun Teh Rancabali, memanglah sangat strategis. Wisatawan hanya perlu menepikan kendaraannya dari jalan raya, karena kebun teh ini tepat berada di samping jalan raya. Bagi sobat travelers yang datang ke sini, sobat bisa menikmati suasana yang sejuk dan asri diseling pastinya dengan berfoto-foto. Namun ingat sobat, tetap jaga tanaman tehnya yaa jangan sampai merusak tanaman.

Nah daya tarik dari kebun teh ini juga ada yang lain sobat, selain sobat travelers menikmati keindahan alamnya, sobat juga dapat menikmati secara langsung air terjun mini yang tentunya akan menambah kesan asri di kawasan wisata kebun teh ini. Adapun spot wisata yang ada di Kebun Teh Rancabali Ciwidey diantaranya adalah permainan anak dan camping ground, flying fox ekstrim, visitasi pabrik teh. Dengan membayar Rp 5.000 sobat travelers sudah dapat menikmati keindahan Kebun Teh Rancabali.

Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

11. Teras Bintang

Teras Bintang

Objek wisata Teras Bintang terletak di kawasan Kecamatan Rancabali. Di wisata Teras Bintang ini anda dapat menikmati indahnya hamparan perkebunan teh dan juga pemandangan Situ Patengang. Jauh mata memandang, keindahan pemandangan itu menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Teras Bintang ini berdiri di atas perkebunan teh dan terbuat dari balikon yang yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Jika sobat travelers ingin mengunjung wisata yang satu ini, untuk akses masuknya menyatu dengan wisata Glamping Lake Side dan untuk tiket masuknya Rp 20.000 per orang.

Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

12. Wisata Situ Patengang

Wisata Situ Patengang

Wisata Situ Patengang merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Ciwidey. Suasana sejuk dan asri ini akan terasa jika sobat travelers tiba di kawasan wisata Situ Patengang. Dedaunan teh dan pohon yang berjejer di wisata ini menambah suasana damai, dan pikiran pun akan terasa lebih fresh. Apalagi jika kabut tipis turun, sungguh akan menambah suasana romantis di Wisata Situ Patengang ini.

Danau di Wisata Situ Patengang memiliki luas 45.000 hektar di dalam cagar alam yang luasnya 123.077,15 hektar. Untuk harga tiket masuk wisata Situ Patengang sendiri yaitu Rp 18.000 – Rp 20.000 per orang.

Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat

Nah demikian destinasi wisata yang ada di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat sobat. Jangan sampai terlewatkan ya sobat untuk eksplor tempat-tempat di atas. Salam travelers, happy holiday sobat travelers…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *