19 Pilihan Tempat Wisata Dieng Terbau Keren, Asyik & Menyenangkan

Dieng merupakan merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif. Dieng sendiri berada di dua kawasan yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Kawasan Dieng meripakan kawasan pegunungan yang di sebelah barat dari gunung sumbing dan gunung sindoro. Kawasan Dieng ni memiliki ketinggian sekitar 2000 m, dan sudah tak asing lagi dengan keindahan wisata alamnya, wisata yang ada di Dieng ini mayoritas adalah wisata alam. Sepanjang jalan menuju Dieng kamu akan disuguhkan dengan panorama yang sangat menawan, di setiap samping kanan-kiri kita akan diperlihatkan dengan wewarnaan hijau, yang tentunya membuat segar mata kita. Nah berikut ini wisata yang ada di Dieng

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo tepatnya di Dieng Wetan. Wisata ini menjadi wisata andalan para wisatawan. Dinamainya Telaga Warna, karena telaga ini dapat berubah-ubah warna. Adapun warnanya, kadang warna hijau, kuning, dan pelangi. Perubahan warna tersebut disebabkan dengan adanya kandungan sulfur dan ketika tersorot sinar matahari, danau itu akan berubah warna.

Telaga warna merupakan terlaga terluas yang ada di Dieng dibandingkan dengan telaga-telaga lainnya. Telaga ini mempunyai luas tiga kali dari lapangan bola. Di sekeliling Telaga Warna terdapat bukit-bukit, salah satunya Batu Pkamung Ratapan Angin. Untuk tiket masuk per orang akan dikenakan kisaran Rp 10.000.

Batu Ratapan Angin Dieng

Kawasan-Wisata-Batu-Pandang-Ratapan-Angin

Batu Pandang Ratapan Angin merupakan wisata yang berada di kawasan Telaga Warna. Lokasi Batu pandang Ratapan Angin yang ada di bukit sekitar Telaga Warna membuat panorama telaga terlihat begitu menawan dari ketinggian. Pengunjung dapat melihat jelas Telaga Warna dari ketinggian Batu pandang Ratapan Angin. Selain pemkamungan yang bagus ini, Batu pandang Ratapan Angin ini menyuguhkan spot foto dengan latar belakang yang sangat menawan. Tiket masuk untuk pengunjung adalah Rp 10.000 per orang.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Meskipun banyak telaga di kawasan Dieng, namun Telaga Pengilon tak kalah untuk menarik pengunjung. Letak Telaga Pengilon ini berdekatan dengan Telaga Warna yang dikelilingi perbukitan yang hijau, yang tentunya membuat pemkamungan di sekitar semakin eksotis.

Nama pengilon ini disebabkan karena air di danau yang begitu jernih, nah karena kejernihan itu danau ini dapat untuk bercermin atau ngilo dalam bahasa jawa. Maka dari itu dinamai Telaga Pengilon. Selain itu masih juga terdapat mitos-mitos lain yang berkembang di masyarakat.

Daya tarik dari Telaga Pengilon ini adalah jernihnya air di telaga ini memungkinkan ikan-ikan dapat hidup di dalam danau, berbeda dengan Telaga Warna dimana karena banyaknya kandungan belerang akan memungkinkan ikan-ikan mati di dalam danau. Luas Telaga Pengilon ini lebih kecil dari Telaga Warna. Telaga ini dibuka pada pukul 06.00 – 18.00. Sementara untuk harga tiket Telaga Pengilon adalah Rp 10.000 per orang.

Wisata Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng

gunung prau dieng

Wisata Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng menjadi jalur terfavorit para pendaki, karena Patak Banteng merupakan jalur terdekat untuk sampai ke puncak, ataupun turun dari puncak Prau. Untuk mencapai puncak Gunung Prau, jika melalui jalur Patak Banteng akan memakan waktu 2-3 jam.

Selain itu Jalur pendakian Gunung Prau lewat Dusun Patak Banteng menjadi favorit pendaki karena jaraknya hanya sekitar empat kilometer. Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung itu menawarkan panorama seperti Gunung Sindoro, Sumbing, awan-awan menggumpal, dan tentunya momen matahari terbit dan tenggelam.

Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Bukit Sikunir menjadi objek wisata favorit untuk memburu sunrise. Untuk mencapai puncak dari Bukit Sikunir ini hanya memakan waktu 30 menit saja. Bagi kamu yang ingi  mengecamp tidak perlu khawatir, karena telah disediakan arena khusus untuk mengecamp yang lokasinya tidak jauh dari parkir kendaraan. Dalam perjalanan menuju bukit, wisatawan akan disuguhkan dengan eloknya panorama hamparan air yaitu Telaga Terong.  Bukit ini memiliki ketinggian 2.262 mdpl.

Kawasan Komplek Candi Arjuna

candi arjuna dieng

Di kawasan komplek ini terdapat 4 candi yang berjejeran diantaranya Candi Arjuna, Candi Sembrada, Candi Semar, dan Candi Sri Kandi. Keempat candi tersebut merupakan candi peninggalan Hindu yang dibangun pada 9 masehi. Komplek ini merupakan tempat dilaksanakan ritual pemotongan rambut gimbal yang diadakan satu tahun sekali. Untuk tiket masuk jika kamu berkunjung dihari-hari biasa, kamu tidak di kenakan biaya tiket masuk. Tetapi jika kamu berkujung dihari weekend akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000, yang sudah termasuk tiket masuk ke kawah Sikidang.

Kawah Sikidang

kawah sikidang dieng

Sebelum kamu berkunjung ke kawah Sikidang, alangkah baiknya untuk menyiapkan masker lebih dulu karena kawah ini mengahasilkan bau belerang yang sangat menyengat. Di Kawah Sikidang terdapat satu kawah besar dengan suhu 80-90 derajat celcius. Selain itu juga terdapat kawah-kawah kecil di sekitar lokasi objek wisata Kawah Sikidang. Biasanya, beberapa wisatawan sengaja memasak telor rebus dengan cara memasukkan ke dalam keranjang. Wisatawan cukup menunggu sekitar 8-10 menit hingga telor tersebut matang.

D’Qiano Hot Spring Water Park

D’Qiano Hot Spring Water Park

D’Qiano Hot Spring Water Park merupakan wisata air panas yang berada di Dieng. Fasilitas di wisata ini diantaranya adalah kolam renang panas, kolam semi olympic, kolam permainan anak, kolam refleksi dan terapi, kolam balita dan kolam arus. Selain fasilitas tersebut, D’Qiano Hot Spring Water Park juga menawarkan beberapa wahana outbound yaitu halang rintang, gokart, mini trail, kolam pencing, paintball, Flying Fox, jembatan tali, spider web, mandi bola, gantole, kereta mini dan juga mini castle.

Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng

Letak dari Bukit Sidengkeng ini di samping area Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Untuk mencapai puncak dari Bukit Sidengkeng hanya perlu memakan waktu 15-20 menit saja. Di kawasan bukit ini kamu juga dapat ngecamp karena sudah disediakan tempat khusus untuk camping yang memuat sekitar 100 tenda.

Gardu Pandang Dieng

Gardu Pandang Dieng

Gardu Pandang Dieng ini memiliki ketinggian 1789 mdpl, tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati golden sunrise. Perkampungan deretan perbukitan yang hijau dengan kabut-kabut tipis yang menyelimuti menjadikan panoraman di Gardu Pandang Dieng ini sangat menawan, selain itu kamu dapat menikmati view pedesaan yang berada di bawah yang tentunya akan memanjakan mata. Di bagain lain mata kamu akan ditujukan dengan pemkamung gunung sindoro dengan kebiruannya yang sangat epic.

Telaga Cebong

Telaga Cebong

Telaga Cebong ini terbentuk dari kawah purba, telaga ini memiliki luas sekitar 12 hektar. Bentuk dari telaga ini menyerupai kecebon sehingga disebutlah Telaga Cebong, apalagi ditambah  dengan banyaknya katak yang berkembang biak di Telaga Cebong ini. Suasana yang identik di daerah dieng ini yaitu perbukitan hijau dan hawa sejuk dingin menjadi kenyamanan untuk kamu singgah di tempat ini. selain itu pengunjung juga diperbolehkan untuk ngecamp di sekitar Telaga Cebong.

Telaga Menjer

Telaga Menjer

Telaga ini berada pada ketinggian 1200 mdpl, sumber air dari telaga ini tidak hanya berasal dari air hujan namun juka berasal dari sumber air yang berada di Telaga Menjer ini. Telaga ini dimanfaatkan sebagai PLTA untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat setempat. Telaga ini tepatnya berada di Jalan Raya Dieng No. 88, Kuripan, Garung, Kabupaten Wonosobo.

Bukit Seroja

bukit seroja dieng

Bukit Seroja ini sangat cocok bagi kamu untuk menikmati keindahan dari Telaga Menjer, tempatnya tidak jauh dari Bukit Sikunir. Panorama lain seperti Gunung Sindoro dan Gunung Kembang juga tak kalah cantik jika dinikmati dari bukit ini. wisata ini menghasilkan foto yang instagramable. Bukit Seroja sendiri tepatnya berada di Perbatasan Desa Maron dan Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Dieng Plateu Theater

Dieng Plateu Theater

Dieng Plateu Theater ini mengusung konsep seperti halnya bioskop. Film yang ditayangkan adalah film dokumenter mengenai Dieng, yaitu Bumi Kahyangan Dieng Plateu dengan durasi sekitar 20 menit. Dieng Plateu Theater memuat kapasitas tempat duduk sebanyak 60 orang. Selain untuk refreshing, dengan menonton film dokumenter Dieng ini dapat menambah wawasan pengetahuan kamu.

Air Terjun Sirawe

Air Terjun Sirawe

Air Terjun Sirawe ini memiliki ketinggian 80 meter yang dikeliling dengan tebing dan pepohonan. Daya tarik dari air terjun ini adalah suasana yang masih asri dan sejuk. Terdapat dua jalur untuk menuju Air Terjun Sirawe ini yaitu jalur Pawuhan-Siglagah-Sigemplong dan jalur Kepakisan-Kawah Sileri-Bitinga.

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda dieng

Sumur Jalatunda terbentuk adanya fenomena geologi yaitu terbentuk karena letusan gunung berapai jutaan tahun yang lalu.  Sumur Jalatunda memiliki diamter 90 meter. Bekas letusan tersebut kemudian membentuk lubang kawah seperti sumur, yang lambat laun terisi dengan air.

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka terletak di atas bukit yang dikelilingi dengan lembah yang alami dan eksotis. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, kawah ini merupakan tempat Gatot Kaca direbus sehingga memperoleh kesaktian otot kawat tulang besi. Kawah ini merupakan kawah yang masih aktif, dari dalam kawah masih sering semburan gas tetapi tidak berbahaya.

Kawah Sileri

kawah sileri dieng

Kawah Sileri ini terletak di Desa Kepakisan, air dari kawah ini berwarna putih keabuan seperti air leri atau air dari bekas cucian beras. Hal itu yang menyebabkan kawah ini danamai dengan Kawah Sileri. Kawah ini menurut masyarakat setempat merupakan kawah yang paling aktif diantara kawah-kawah yang lainnya, pasalnya kawah ini pernah meledak. Jadi, bagi kamu yang berkunjung ke Kawah Sileri ini hendaklah berhati-hati.

Museum Kaliasa Dieng

Museum Kaliasa Dieng

Museum Kaliasa merupakan wisata sejarah yang berada di Dieng. Di museum ini kamu dapat menemukan peninggalan-peninggalan pada zaman purbakala. Museum ini terletak di bagian Dieng Kulon pada seberang Candi Gatut Kaca dan berajarak 500 meter dari Komplek Candi Arjuna. Museum Kaliasa ini berdiri pada tahun 1984, dan baru diresmikan pada tanggal 28 Juli 2008. Nah, bagi kamu yang berkunjung ke Dieng tidak ada salahnya mampir ke Museum Kaliasa untuk melihat koleksi peninggalan pada zaman purbakala.

Nah itu tadi 19 Rekomendasi dari kami mengenai tempat wisata yang ada di Dieng. Kalian bisa mengajak keluarga, teman, saudara, pasangan untuk pergi liburan bersama ke Dieng. Wisata di Dieng sangat cocok bagi kalian yang suka dengan keindahan wisata alam karena letaknya yang berada di daerah dataran tinggi.

Leave a Comment