15 Wisata Kaliurang Terpopuler Hits dan Asyik Untuk Dikunjungi

Kaliurang merupakan salah satu daerah yang terdapat di Yogyakarta. Kaliurang sendiri terletak di ketinggian kurang lebih 850 meter di atas permukaan laut, tepatnya di selatan lereng Gunung Merapi yang mana masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Tidak heran jika udara di Kaliurang ini terkenal dingin nan sejuk.

Eitss tapi sobat semua harus mengetahui, bahwasannya Kaliurang ini menyuguhkan berbagai wisata karena Kaliurang sendiri dikenal masyarakat akan destinasi wisatanya yang memikat wisatawan. Sobat semua penasaran kan pastinya, ada apa saja si di Kaliurang? Nih kali ini kita akan berbagai destinasi wisata yang ada di Kaliurang.

1. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang
Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya di Jalan Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, DIY. Taman Wisata Kaliurang ini dapat menjadi solusi liburan akhir pekan bersama keluarga, pasalnya menghabiskan waktu di taman ini sangat menyenangkan. Apalagi suasananya yang sungguh sejuk nan damai dengan keindahan pemandangan sekitar, dapat membuat pikiran anda tenang.

 Selain menyuguhkan akan pemandangan, Taman Wisata Kaliurang ini juga menyediakan wahana outbound seperti flying fox sampai rumah pohon Ridz High Rope. Harga tiket masuk Taman Wisata Kaliurang adalah Rp 8.000, dan untuk jam bukanya mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

2.Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang
Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri merupakan sebuah embung dengan dilengkapi penyewaan kano dan bebek air. Wisata ini terletak di Jalan Tlogo Putri, Kaliurang. Wahana yang tersedia di tempat ini antara lain flying fox, ayunan, bianglala, jungkat-jungkit dan lain sebagainya.

Tlogi Putri ini sering menjadi tempat pertunjukkan seni, adapun seni yang biasanya di tampilkan di wisata ini yaitu jathilan, topeng ireng, campur sari, orkes melayu, kubro siswo, dangdutan. Selain itu, di Tlogo Putri Kaliurang ini juga menyedikakan kuliner kha Kaliurang seperti sate kelinci, jadah tempe, tongseng kopyok kelinci. Tiket masuk wisata ini yaitu Rp 5.000 dan buka pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

3. The World Landmarks-Merapi Park Yogyakarta

The World Landmarks-Merapi Park Yogyakarta
The World Landmarks-Merapi Park Yogyakarta

Merapi Park merupakan salah satu wisata yang berada di Kaliurang tepatnya di Jalan Kaliurang KM 22, Hargobinangun. Merapi Park ini sering disebut juga dengan The World Landmark, karena di Merapi Park ini terdapat miniatur-miniatur yang ada di berbagai kota besar di dunia. Adapun miniatur-miniatur tersebut seperti Menara Pisa, Menara Eiffel. Bunga-bunga menghiasi berbagai miniatur yang ada, yang tentunya akan menambah kecantikan wisata ini. Dengan adanya miniatur dan bunga-bunga ini akan menghasilkan foto yang instagramable.

Wisata Merapi Park ini memiliki tiga tempat utama diantaranya meliputi Cowboy Town, Taman Icon Dunia, Kids Waterpark. Cowboy Town merupakan tempat dimana anda akan diajak berjalan-jalan dengan menunggangi kuda. Kemudian Taman Icon Dunia yaitu spot foto yang menjadi daya tarik pengunjung. Dan Kids Waterpark yang mana area bermain anak, dimana anak-anak akan diberikan kesenangan dengan menikmati berbagai wahana yang ada. Untuk harga tiket masuk Rp  20.000 dan buka pukul 09.00 – 16.30 WIB.

Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

4. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Jogja

Blue Lagon sendiri terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Blue Lagoon merupakan destinasi wisata air dimana aliran sungai tersebut berwarna biru kehijauan. Kesegaran air di Blue Lagoon ini akan membuat tubuh anda menjadi rileks dan menenangkan pikiran.

Pepohonan hijau nan rindang akan mengelilingi sekitar wisata ini, yang tentunya akan menambah suasana sejuk di wisata ini sembari anda menikmati indahnya pemandangan sekitar. Suasana di Blue Lagoon ini akan membuar anda ingin berlama-lama di wisata ini. Wisata Blue Lagoon ini buka setiap hari pukul 06.00 – 17.00 WIB. Adapun untuk tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Area Sawah, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

5. Wisata Edukasi Omah Salak

Wisata Edukasi Omah Salak
Wisata Edukasi Omah Salak

Omah Salak terletak di Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman, Jl. Pojok, Pojok, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman. Omah Salak merupakan agrowisata sekaligus wisata edukasi. Seperti yang sudah diketahui Jogja merupakan salah satu produsen dari salak pondoh.

Omah Salak ini didirikan pada tahun 2011, tepat setahun setelah meletusnya Gunung Merapi. Dimana pada saat itu, Omah Salak didirikan untuk membangkitkan para petani salak setelah adanya letusan Gunung Merapi dimana perkebunan pada saat itu hangus.

Kebun salak ini memiliki luas lahan 27 hektar, untuk anda yang berkunjung di Omah Salak dapat melakukan aktivitas  menyusuri perkebunan, memetik salak, makan-makan, outbound dan camping. Adapun jenis salak yang ada di Omah Salak ini beragam, diantaranya Salak Pondoh, Salak Gading, Salak Bali, dan 14 jenis salak lainnya.

Untuk tiket masuk Rp 10.000, pengunjung juga dapat menikmati wisata Omah Salak dengan sistem paket dimulai dari Rp 50.000 sampai Rp 900.000 dan harga salaknya sendiri per kilo kisaran Rp 3.000 – Rp 5.000, untuk rasanya sudah tidak diragukan lagi pastinya enak.

Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman Jl. Pojok Pojok, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551

6. Desa Wisata Kaliurang Timur

Desa Wisata Kaliurang Timur
Desa Wisata Kaliurang Timur

Desa Wisata Kaliurang Timur merupakan destinasi wisata yang teletak di Hargobinangun, Pakem. Wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan baik hari libur maupun hari-hari biasa. Desa Wisata Kaliurang Timur ini memberikan pesona keindahan yang sangat menajubkan dan memberikan sensasi berbeda yang dengan aktivitas anda sehari-hari.  Bagi anda yang akan mengunjungi desa wisata ini, biasanya sebelum masuk akan disambut dengan tarian dari punakawan yang dibawakan oleh ibu-ibu lansia setempat.

 Selain itu desa wisata ini dilengkapi dengan home stay dengan jumlah sekitar 30 untuk kapasitas kurang lebih 300 orang. Nah bagi anda yang ingin sembari belajar melukis, tersedia juga sanggar untuk belajar melukis di desa wisata ini. Kawasan Desa Wisata Kaliurang Timur ini dibuka pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Kaliurang Timur, RT. 05 / RW. 15, Hargobinangun, Pakem, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

7. Ullen Sentalu Museum

Ullen Sentalu Museum
Ullen Sentalu Museum

Ullen Sentalu Museum ini terletak di kawasan Pakem, Kaliurang. Museum ini merupakan musem yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Kerajaan Mataram.  Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan sebuah singkatan kata dari Bahasa Jawa yaitu  “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang memiliki makna nyala lampu blencong (lampu yang digunakan untuk pertunjukkan wayang) merupakan petunjuk bagi manusia dalam meniti kehidupan. Museum ini mengisahkan tentang Kerajaan Mataram yang terbagi atas 4 bagian yaitu Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, Kadipaten Pakualaman.

Bagi para pengunjung yang datang ke wisata ini dapat melihat lukisan-lukisan, foto para bangsawan, koleksi kain batik dari Solo maupun Yogyakarta, arca-arca Hindu dan Budha, gamelan kuno, serta masih banyak lagi peninggalan yang lainnya. Untuk jam buka museum ini pukul 08.00 – 16.00 WIB (Selasa – Jumat) dan 08.30 – 17.00 WIB (Sabtu – Minggu). Harga tiket masukpun beragam untuk pengunjung domestik: Rp40.000 (Dewasa), Rp20.000 (5-12 tahun) dan untuk pengunjung mancanegara: Rp100.000 (Dewasa), Rp60.000 (5-12 tahun).

Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

8. The Lost World Castle

The Lost World Castle
The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan wisata di kawasan lereng Gunung Merapi yang letaknya di Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Bangunan TheLost World Castle ini mirip dengan Benteng Takeshi. Untuk wahana yang ada di wisata ini merupakan pemanfaatan dari erupsi Gunung Merapi.

Untuk mengambil gambar sangat cocok jika anda mengambilnya pada saat kabut turun di kawasan World Castle ini. Daya tarik dari wisata ini diantaranya adalah bentuk bangunan yang unik, spot foto instagramable, terdapat lukisan 3D. The Lost World Castle ini buka setiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB dan untuk harga tiket masuk per orang akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000.

Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

9. Bukit Klangon

Bukit Klangon
Bukit Klangon

Bukit Klangon terletak di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Nama asli dari Bukit Klangon sendiri yaitu Wisata Alam Bukit Glagaharjo. Wisata ini mulai dibuka pada tahun 2011. Salah satu daya tarik dari Bukit Klangon ini, anda bisa menyaksikan pemandang Gunung Merapi di gardu pandang Bukit Klangon dengan gagahnya tanpa harus mendakinya terlebih dahulu. Bukit Plangon sendiri berjarak sekitar 4 km dari Gunung Merapi. Selain itu di Bukit Klangon  tersedia track sepanjang 20 km cocok bagi anda yang senang bersepeda.

Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

10. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem
Bunker Kaliadem

Jika anda berkunjung ke Sleman, Yogyakarta rasanya masih kurang jika melewatkan wisata yang satu ini yaitu Bunker Kaliadem. Bunker merupakan sebuah bangunan yang memiliki fungsi sebagai perlindungan jika terjadi letusan Gunung Merapi. Namun, terlepas dari itu Bunker Kaliadem sendiri menyimpan keindahan alam yang cantik, tentunya sangat memanjakkan mata para pengunjung. Mata pengunjung akan dimanjakkan dengan kegagahan Gunung Merapi yang tepat berada di depan mata, bahkan sesekali akan nampak pepohonan hijau Gunung Merapi dengan garis-garis alur pohon yang nampak hitam.

Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

11. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu museum bersejarah yang ada di Yogyakarta. Museum ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009. Luas bangunannya sekitar 4,470 dengan luas tanah 3,5 hektare. Museum Gunung Merapi ini dikenal dengan semboyan Merapi Jendela Bumi. Di dalam museum menyimpan berbagi informasi terkait dengan Gunung Merapi, sangat cocok bagi pelajar untuk mengunjungi museum ini, karena dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan.

Terdapat dua lantai di Museum Gunung Merapi ini. Pada lantai pertama akan ditampilkan foto-foto erupsi Gunung Merapi dan juga alat pemantaunya. Pada lantai dua anda bisa melihat lantai dasar dan menikmati replika Gunung Merapi dari atas. Salah satu daya tariknya di lantai ini terdapat bioskop mini yang mana di bioskop tersebut akan ditampilkan film dokumenter “Mahaguru Merapi.”

Untuk harga tiket masuk terbagi dalam beberapa klasifikasi diantaranya masuk : Rp 5000/orang, mancanegara : Rp 10.000/orang, masuk ruang audio visual: Rp 5000/orang, masuk ruang audio visual mancanegara : Rp 10.000/orang.

Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

12. Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge Yogyakarta
Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge Yogyakarta ini dari segi bangunan hampir mirip bangunan Stonehenge di Inggris. Nah anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Inggris, cukup pergi ke Yogyakarta saja tepatnya di Kabupaten Sleman, anda sudah dapat menikmati konsep semacam di Inggris.

Stonehenge merupakan situs peninggalan prasejarah pada zaman manusia purba yang mana monumen ini ditata sedemikian rupa di tengah lapangan. Stonehenge ini letaknya berdekatan dengan The Lost World Castle, jadi bagi anda yang ingin menjelajahi Jogja bisa untuk mengunjungi dua tempat sekaligus.

Unnamed Road, Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55583

13. Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari
Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari merupakan salah satu desa yang berada di Yogyakarta tepatnya di Pulesari, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman. Walaupun letak dari desa wisata ini di kawasan pedesaan, tidak dipungkiri juga banyak wisatawan yang beradatangan. Nuansa yang ditawarkan dari Desa Wisata Pulesari ini masih kental akan nuansa budaya dan nuansa alam yang terus dilestarikan.

Desa wisata ini dibentuk pada tahun 2012, yang mana atas inisiatif dari warga desa. Wisata ini dibuat atas ide kreatif warga untuk membudiyakan salak, karena pada dasarnya Desa Pulesari ini merupakan agrowisata salak. Masyarakat mengolah salak dalam berbagai makanan seperti dodol, bapkia, wingko, kolak salak dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, desa wisata ini menawarkan anda untuk outbound.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke Desa Wisata Pulesari angan khawatir untuk masalah tiket masuk, pasalnya tiket masuk di desa wisata ini gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

Pulesari, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551

14. Goa Jepang

Goa Jepang
Goa Jepang

Masa penjajahan Jepang dibisa dipungkiri dengan peninggalan-peninggalan Jepang sendiri, salah satunya yaitu goa. Goa peninggalan jepang sering disebut dengan goa jepang. Yogyakarta tak lepas dari sejarah, peninggalan-peninggalan Jepang di Yogyakarta ini banyak, salah satunya yaitu Goa Jepang ini. Goa Jepang terletak di.

Bagi anda yang menyukai travelling, ajaklah teman-teman kalian untuk datang ke Goa Jepang ini. Anda akan berjalan sekitar 45 menit dari parkir kendaraan untuk mencapai bangunan goa ini. Kemudian untuk jam kunjungan para wisatawan maksimal pukul 15.00 WIB demi menjaga keselamatan bersama.

Jalan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

15. Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang
Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang ini menyuguhkan wisata magis bagi para wisatawan yang datang, khususnya bagi para penggemar serial The Lord of The Rings. Bangunan Rumah Hobbit ini memiliki ketinggian 2 meter dan lebar sekitar 4 meter. Desain dari Rumah Hobbit ini sangat elegant dan rapi yang mana membentuk sebuah taman yang sejuk dan asri. Rumah Hobbit ini sangat cocok untuk foto prewedding. Untuk tiket masuk, pengunjung perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000.

Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Demikian 15 wisata yang ada di Kaliurang Yogyakarta. Tentunya sobat travelers semuanya jangan sampai terlewat untuk eksplor wisata-wisata yang ada di Kaliurang ini. Salam travelers. Selamat liburaaann…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *