16 Destinasi Tempat Wisata di Kebumen yang Keren & Asik Cocok untuk Wisata Keluarga

Hello travelers! Kali ini aku akan mengajak kamu ke salah satu kabupaten yang ada di jawa tengah yaitu kebumen, untuk melihat wisata indah dan keren yang tersembunyi disana. Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang berada di jawa tengah. Walaupun tidak banyak diketahui ternyata kebumen ini memiliki banyak tempat wisata yang tersembunyi, mulai dari wisata alam gua, air terjun hingga pantai tersaji di bumi kebumen. Karena belum banyak diketahui, tempat wisata yang ada di kebumen masih sangat asri dan alami. Berikut ini beberapa rekomendasi yang menarik di kebumen untuk kamu kunjungi ketika berlibur :

Gua jatijajar

Gua jatijajar

Wisaa gua jatijajar berada di desa jatijajar, kecamatan ayah, kabupaten kebumen, jawa tengah. Gua jatijajar terbentuk dari batu kapur yang mempunyai panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sekitar 250 meter, dengan lebar gua jatijajar sekitar 15 meter, tinggi gua jatijajar 12 meter dan ketebalan langit-langit gua jatijajar sekitar 10 meter sedangkan ketinggian gua jatijajar dari permukaan laut adalah 50 meter.

Pada tahun 1975 gua jatijajar mulai dibangun dan dikembangkan menjadi objek wisata kebumen. Di dalam gua jatijajar juga telah dibangun jalan setapak yang sudah dilengkapi dengan pagar pembatas yang dapat memudahkan wisatawan untuk menikmati ornamen-ornamen alam di dalam gua ini.

Dengan memiliki luas area kurang lebih 5,5 hektar. Di dalam gua jatijajar terdapat tujuh sungai atau , tetapi yang dapat dicapai dengan mudah hanya  empat sungai yaitu, sungai puser bumi, sungai jombor, sungai mawar, dan sungai kantil.

Pada dalam gua jatijajar juga banyak terdapat stalagmit dan juga tiang kapur, yaitu pertemuan antara stalagtit dengan stalagmit. Semuanya ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang sudah ber-reaksi dengan batu-batu kapur yang ditembusnya.

Konon katanya, proses pembentukan stalagtit itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam 1 tahun terbentuknya stalagtit paling tebal hanya setebal 1 cm saja. Oleh sebab itu, gua jatijajar termasuk salah satu gua kapur tertua di dunia.

Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473

Gua petruk

goa petruk

Gua petruk terletak tidak jauh dari gua jatijajar hanya berjarak sekitar 4,5 km. Epatnya berada di wisata eko-karst gombong selatan, tepatnya di dukuh mandayana desa candirenggo kecamatan ayah.

Gua ini memiliki keunikan tersendiri dari gua sebelumnya, di gua ini terdapat pada tiga lantai yang menyusunnya, yakni dasar, hindu, dan petruk. Pada gua dasar memiliki panjang sekitar 100 meter dengan hiasan stalaktit dan stalagmit yang sangat menakjubkan. Untuk bisa menelusuri gua ini, anda wajib didampingi oleh pemandu. Ketika sudah sampai pada ujung gua, anda akan disuguhkan pemandangan pantai dan air terjun penuh pesona yang berada di dekat ujung gua ini .

Jl. Goa Petruk, RT.04/RW.01, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473

Gua barat

Gua barat

Gua barat ini berada di kawasan kecamatan ayah. Gua barat merupakan salah satu tempat wisata di kebumen yang super keren dengan panorama alam yang benar-benar masih asri dan menunjukkan pesona yang luar biasa. Keunikan yang menjadi daya tarik bagi tempat wisata ini yaitu keberadaan air terjun setinggi 32 meter yang ada di dalam gua.

Stalaktit dan stalagmit yang menyembul di dinding, atap serta lantai gua membuat takjub setiap wisatawan yang melihatnya. Namun sangat disayangkan, jumlah pengunjung yang diperkenankan memasuki gua ini dibatasi maksimal 10 orang dalam satu kali kunjungan saja dan itu pun wajib didampingi oleh pemandu. Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dan keindahan gua agar tetap natural dan terhindar dari tangan-tangan yang jahil.

Kalikarang, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473

Pantai menganti

Pantai menganti

Pantai menganti berada di di desa karangduwur, kecamatan ayah yang berjarak sekitar 40 km dari kecamatan gombong. Uniknya pantai ini memiliki bangunan mercusuar setinggi 20 meter yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai menganti.

Benteng van der wijck

Wisata Benteng van der wijck berada di kota gombong, sekitar 20 km sebelah barat dari ibukota kabupaten kebumen, jawa tengah, 7 km barat kota karanganyar, atau 100 km dari yogyakarta. Benteng ini merupakan benteng pertahanan hindia belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini terletak di kota gombong, sekitar 20 km sebelah barat dari ibukota kabupaten kebumen, jawa tengah, 7 km barat kota karanganyar, atau 100 km dari yogyakarta.

Nama benteng ini diambil dari van der wijck, yang diambil dari nama komandan pada saat itu.

Benteng ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan benteng peninggalan belanda yang lainnya. Karena benteng ini dibangun 2 lantai dengan bentuk segi delapan satu-satunya yang ada di indonesia dengan rwarna merah bata dan tinggi benteng mencapai 10 meter serta luas sekitar 7.170 meter persegi.

Pada lantai 1 merupakan barak bagi peristirahatan para tentara belanda. Selain itu, difungsikan juga sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan persenjataan. Atap benteng yang kokoh digunakan sebagai pertahanan sekaligus pengintaian.

Untuk bisa masuk ke benteng van derwijck hanya dengan membayar tiket sebesar rp25.000 saja dan sibuka setiap hari pada pukul 18:00-16:00 wib.

Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Sidayutengah, Sidayu, Kec. Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54416

Pantai ayah

Pantai ayah

Pantai logending atau juga sering disebut dengan pantai ayah tidak memiliki pasir putih yang menjadi idaman para penggemar pantai. Namun, pesona pantai ini sangat indah dan layak untuk dijelajahi. Dengan dikeliling oleh tebing-tebing karang, ombak yang membuat pantai ini sangat indah menakjubkan.

Pantai suwuk

Pantai suwuk

Pantai suwuk yang berada di desa suwuk, kecamatan puring. Sekitar 50 km dari kota kebumen ini. Merupakan tetangga sebelah dari pantai karangbolong. Panai ini termasuk sebagai salah satu objek wisata yang cukup ramai dan sangat terkenal. Ketika berada dipantai ini kamu bisa menjelejah pantai sambil menunggang kuda dan terdapat sebuah pesawat garuda boeing 737 yang sekaligus menjadi salah satu daya tarik pantai.

Pantai karangbolong

Pantai karangbolong

Pantai yang tak mau kalah dengan tetangga seperti pantai suwuk, pantai karang bolong juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun bertetangga, pantai suwuk dan pantai karang bolong terletak di kecamatan yang berbeda. Jika pantai suwuk berada di kecamatan puring namun pantai karang bolong berlokasi di kecamatan buayan.

Ciri khas kedua pantai juga tidak jauh berbeda. Yakni memiliki pasir abu-abu serta terdapat banyak batu karang. Pantai karang bolong juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang cukup tinggi serta dereta pohon kelapa yang membuat suasana pantai nya benar-benar terasa sejuk dan indah.

Pantai petanahan

pantai-petanahan-kebumen-jawa-tengah

Pantai petanahan berada di desa munggu, kecamatan petanahan ini merupakan primadonanya pantai di kebumen yang konon katanya karena memiliki air laut yang sangat jernih. Pantai ini dulunya bernama pantai karanggadung, hingga akhirnya diganti menjadi pantai petanahan.

Pantai karang agung

Pantai karang agung

Jangan mengharapkan pasir putih jika anda berkunjung ke pantai ini. Karena pantai ini tidak memiliki pasir putih, hanya ada batu-batu karang yang memenuhi sepanjang pantai karang agung ini. Karena tidak memiliki pasir, justru itulah yang menjadi daya tarik dari pantai ini. Tak hanya memiliki batu batu karang kecil saja. Jika sedikit melihat ke laut ada sebuah batu karang yang sangat besar berdiri di pantai ini.

pantai pecaron

 pantai pecaron

Pantai pecoran ini berada di kecamatan ayah. Sama dengan pantai meganti dan pantai logending. Pantai pecaron ini tidak terlalu luas. Namun, suasana disana masih terasa alami karna masih sangat sepi dan natural. Sama seperti pantai-pantai lain di kebumen, pantai ini memiliki pasir berwarna abu. Namun cukup bersih dikarenakan tidak banyak wisatawan yang datang ke pantai ini. Dengan kondisi yang sepi dan hening .pantai ini sangat cocok untuk anda yang menyukai pantai yang tidak terlalu ramai.

curug silancur

Setelah puas berwisata dan menikmati keindahan pantai, anda bisa melanjutkan perjalanan wisata ke curug silancur. Sobat traveling wajib mengunjungi air terjun ini. Air yang jatuh dari ketinggian tebing yang tinggi terasa menyegarkan. Ditambah lagi dengan suasana yang masih sangat sepi karna aksesnya yang tak mudah dan juga curug ini masih belum banyak diketahui orang. Wisata curug silancar ini belum dikelola sebagai objek wisata komersial murni. Belum ada loket penjual karcis. Yang ada hanyalah penitipan kendaraan denga tarif rp 5.000.

Wadasmalang, Karangsambung, Pujegan, Wadasmalang, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353

Waduk sempor

Waduk sempor berada di waduk sempor berada di desa sempor, kecamatan sempor atau sekitar 4 km dari gombong. Waduk sempor merupakan waduk cantik yang menawarkan indahnya pesona alam di sekeliling waduk ini. Hijaunya pemandangan di sekitar waduk mampu menghadirkan kesejukan mata dan pikiran. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1958 dan selesai pada tahun 1978. Waduk sempor berhasil menghadirkan kesejukan di tengah udara kebumen yang sangat panas.

Gombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54421

Bukit pranji

Bukit pranji

Bagi sobat traveler yang ingin mencari panorama sunrise di kebumen, ada  bukit pranji yang tepanya berada di desa pengaringan, kecamatan pejagoan ini menjadi tempat yang sangat pas untuk melihat sunrise ataupun sunsate. Di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan sunrise yang sangat sangat menakjubkan. Tempat ini juga menjadi lokasi favorite di kebumen untuk menikmati sunrise.

Bahkan, ada juga yang sengaja mendirikan tenda dan bermalam di bukit ini demi menikmati indahnya matahari pagi yang menyembul dari ufuk timur.

Mesjid saka tunggal

Mesjid saka tunggal

Tidak hanya sekadar wisata alam saja, kebumen juga memiliki wisata religi. Yaitu masjid saka tunggal yang merupakan salah satu masjid tertua di kebumen. Letaknya berada di desa pakuncen, kecamatan sempor.

Konon katanya masjid ini dibangun pada tahun 1722 oleh bupati kenduren, yang bernama putra adipati mangkuprojo yang merupakan seorang wrongko dalem keraton kartosuro. Dinamain masjid saka tunggal, karena masjid ini hanya memiliki satu saka guru, sehingga dinamakan masjid saka tunggal.

Bukit pentulu indah

Bukit pentulu indah ini mempunyai pesona keindahan alam bukit yang wajib dinikmatati, apalagi saat pagi hari saat sunset ataupun saat sunrise. Di bukit ini, anda juga bisa melihat matahari terbit yang berlatar belakang kabut gunung sindoro dan gunung sumbing yang indah. Untuk sampai di lokasi ini, anda tidak perlu khawatir karena tidak perlu mendaki terlalu sulit.

Karena bukit ini hanya memiliki ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Sepanjang mata memandang anda akan disuguhkan oleh pemandangan hijau dan sejuknya hutan pinus, pohon pinus disini tergolong masih muda, sehingga sangat cocok dijadikan spot untuk berfoto. Untuk bisa menikmati keindahan di bukit ini, pengunjung cukup membayar sebesar 5.000 perorang dan parkir sebesar 2.000.

Jl. Karangsambung, Area Kebun Dan Hutan, Kaligending, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353

Nah, itu 16 rekomendasi wisata terpopuler kebumen yang wajib masuk ke daftar list liburan kamu yaa! Selamat berlibur !

Leave a Comment