36 Wisata Hits & Seru di Klaten yang Wajib Anda Kunjungi Terbaru 2020

Kabupaten Klaten merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai banyak tempat wisata seru dan menarik untuk dikunjungi. Kabupaten ini mempunyai sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum tahu akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kabupaten Klaten.

Banyak spot wisata klaten yang keren dan seru, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, kerajinan, wisata alam, dan masih banyak lagi. Selama ini, Klaten terkenal dengan banyaknya wisata umbul atau mata air, namun ternyata Klaten mempunyai banyak spot wisata alam yang tidak kalah keren dengan wisata yang ada di kota Yogyakarta, Solo, Semarang dan kota besar lainnya.

Klaten sendiri berbatasan dengan beberapa wilayah diantaranya Kabupaten Boyolali di utara, Kabupaten Sukoharjo di timur, dan Provinsi DIY Yogyakarta di selatan dan barat. Klaten mempunyai banyak sejarah mengenai peradaban kerajaan-kerajaan hindu-budha. Karena itu, di Klaten banyak sekali peninggalan-peninggalan seperti misalnya candi bekas pada masa kerajaan hindu-budha dulu.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan tempat wisata di Klaten yang sekiranya seru dan asyik untuk dikunjungi, berikut telah kami ulas secara singkat 26 tempat wisata di Klaten terbaru yang sedang hits.

1. Candi Prambanan Klaten

Jam Buka : Setiap Hari (08.00 – 18.00)

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan :

Rp 50.000 (Dewasa 10th keatas)

Rp 25.000 (Anak 3-10 th)

Rp 25.000 (Tarif khusus rombongan pelajar >20 orang)

Rp 75.000 Tiket terusan Prambanan – Borobudur

Siapa yang tidak kenal dengan wisata candi yang satu ini. Sepertinya tempat wisata ini sudah terdengar oleh seluruh masyarakat di Indonesia bahkan sampai mancanegara dan sudah sepatutnya menjadi destinasi yang wajib anda kunjungi ketika sedang berkunjung ke Klaten. Candi Prambanan termasuk kedalam candi termegah se Asia Tengggara, dan sudah masuk kedalam situs warisan budaya dunia UNESCO.

Candi Prambanan mempunyai arsitektur yang sangat estetik dengan arsitektur tingkat tinggi, yang sampai sekarang belum diketahui bagaiman teknik pembangunannya. Kompleks candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten. Sekitar 17 KM timur laut dari Yogyakarta, 50 Km barat daya dari Surakarta, dan 120 KM selatan dari Semarang.

Letak geografis komplek candi ini terbilang unik pasalnya Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk komplek candi prambanan terletak di wilayah administrasi Desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

2. Wisata Alam Umbul Air Ponggok

Jam Buka : Setiap Hari ( 08.00 – 17.00)

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok : Rp 15.000

Tempat wisata di Klaten yang selanjutnya yaitu Umbul Ponggok. Umbul mata air ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan, Polanharjo, Kab Klaten. Wisata umbul mata air ponggok sangat unik dan menarik, bagi anda yang hobi diving, maka umbul ponggok merupakan tempat di Klaten yang wajib anda coba untuk menyelam. Disini anda bisa menyelam, bermain dengan ikan, foto dalam air, bisa juga “menonton tv”, “mengendarai motor”, dan aktivitas unik lainnya.

Bagi anda yang ingin belajar menyelam disini merupakan tempat yang cocok. Dengan luas kolam sekitar 6000 meter persegi dan kedalaman 1-3 meter membuat anda bisa bebas menyelam dan bermain air. Kemudian untuk anda yang tidak bisa berenang pihak pengelola juga telah menyediakan persewaan pelampung lengkap dengan alat selamnya.

Kini umbul Ponggok sudah mulai terkenal ke pelosok nusantara, banyak orang ramai berdatangan dari berbagai daerah untuk merasakan sensasi diving sambil berfoto bersama ikan ikan yang eksotis. Untuk masuk anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 dan jika kalian ingin menyewa peralatan menyelam anda akan harus merogoh kocek sebesar Rp 45.000/ jam nya.

3. Mata Air Cokro Tulung Klaten

Jam Buka : Setiap Hari ( 08.00 – 17.00 )

Harga Tiket Masuk Umbul Cokro : Rp 10.000 / orang

Satu lagi tempat wisata mata air di Klaten yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Obyek Mata Air Cokro (OMAC), atau masyarakat sekitar menyebutnya umbul cokro. Disini terdapat dua jenis kolam yang bisa anda pilih, kolam dengan air biasa atau air payau dan juga kolam alami yang berasal dari mata air murni. Dikolam air payau terdapat beberapa wahana air ala ‘waterboom’.

Jika anda ingin berkunjung ke sini, Umbul Cokro terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Untuk tiket masuknya sendiri anda harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang nya.

4. Wisata Alam River Boarding Kali Pusur Klaten

Jam Operasional : Setiap hari ( 08.00 – 17.00 )

Harga tiket : Rp 150.000 / orang

Bagi anda yang menyukai aktivitas menantang dan menguji adrenalin, di Klaten, tepat nya di Kali Pusur tidak jauh dari umbul cokro, terdapat wisata air River Boarding. Anda akan susur sungai dengan menggunakan pelampung sejauh 10 KM dengan melintasi 3 desa dik Kecamatan Tulung dan Polanharjo.

Anda akan menemui aliran sungai yang berbeda beda, kadang deras, jeram, da n ada juga yang pelan. Bagaimana seru bukan ? Selama bermain nanti anda akan ditemani dengan 2 orang guide yang siap membantu anda selama berpetualang. Jika anda tertarik untuk mencoba wisata yang penuh tantangan dan memacu adrenalin ini anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, yaitu sebesar Rp 150.000 per orang nya

5. Umbul Mata Air Jolotundo

Tempat wisata di Klaten yang selanjutnya masih seputar umbul mata air. Umbul Jolotundo merupakan umbul yang bersumber dari mata air pegunungan oleh karena itu air nya sangat segar dan terjaga kebersihannya. Disini anda bisa berenang sambil ditemani oleh ikan kecil-kecil didalamnya.

Umbul Jolotundo terletak di Kecamatan Jatinom, 10 Km utara dari Kota Klaten. Tempat wisata ini konon katanya dibuat oleh pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1924. Bangunannya belum banyak mengalami perubahan masih tampak seperti bangunan tua pada umumnya. Untuk bisa berenang dan bermain air disini, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 saja per orang nya.

6. Obyek Wisata Air Lepen Kencana Klaten

Wisata air di Klaten yang selanjutnya adalah Obyek Wisata Air Lepen Kencana, tempat ini cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga dan anak anak. Wahana yang ada disini menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi tempat bermain untuk anak anak, air nya yang segar dan jernih membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh orang yang ingin mengahabiskan waktu bersama.

7. Umbul Kapilaler Klaten

Umbul di Klaten yang selanjutnya yaitu Umbul Kapilaler. Letaknya tidak jauh dari Umbul Ponggok tepatnya di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Umbul Kapipaler bisa menjadi alternatif lain jika misalnya Umbul Ponggok sedang ramai pengunjung sebab umbul kapipaler masih belum seramai umbul ponggok.

Umbul Kapipaler ini tempatnya tidak terlalu besar, disekelilingnya tumbuh pohon beringin yang besar. Tempatnya yang dinaungi rerimbunan pohon membuat umbul ini menjadi lebih asri dan sejuk, membuat pengunjung betah berlama lama disini. Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk bisa bermain / berenang disini alias gratis. Namun, perlu diketahui pada waktu pagi dan sore hari umbul ini banyak digunakan oleh masyarkat sekitar untuk mencuci baju dan mandi.

8. Kolam Renang Galuh Tirtonirmolo Klaten

Galuh Tirtonirmolo merupakan salah satu kolam renang favorit di Klaten yang tidak boleh terlewatkan ketika sedang berlibur di Klaten. Ada banyak sekali wahana permainan seru dan menarik yang bisa anda coba disini seperti, mandi bola, kolam renang dengan seluncuran, kolam renang laba laba, kolam anak, kolam arus, kolam air terjun, kolam taman air, kolam renang dewasa, kolam renang dengan seluncuran khusus anak, kolam kuda laut. Bagaiman cukup banyak bukan ?

Selain kolam-kolam tersebut masih ada banyak aneka permainan yang disediakan untuk memanjakan para pengunjung yang datang seperti komedi putar, kereta mini elektrik, mobil elektrik, animal elektrik, motor trek besar dan kecil, motor ATV, boom boom car, boom boom boat, pesawat putar, bianglala, jungle train, flying fox, gokart, becak mini, bioskop 3 dimensi, trampolin.

Bagaimana ? sangat banyak sekali bukan ? Pantas saja tempat wisata ini menjadi salah satu favorit keluarga untuk mengisi waktu bersama keluarga dan anak anak. Dengan banyak nya wahana permainan yang disuguhkan akan membuat anak-anak senang bermain disina dan bikin betah berlama lama disana.

Taman bermain Galuh Tirtanirmala buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.30 sore. Untuk bisa bermain dan berenang disini anda dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk tiket masuk dan bebas akses ke seluruh kolam yang ada. Sedangkan untuk bisa bermain permainan lain yang ada disana, anda masih memerlukan tiket bermain yang disediakan di setiap permainan dengan harga yang bervariasi tergantung jenis permainan dan juga hari kunjungan. Jika pada weekend akan sedikit lebih mahal dibanding pada hari hari biasanya. Harga tiket permainan kisaran antara Rp 3.500 hingga Rp 25.000.

Pihak pengelola taman bermain juga menyewakan peralatan renang bagi pengunjung yang membutuhkan seperti, kacamata renang, pelampung, baju renang, dengan harga kisaran Rp 3000 hingga Rp 6000.

9. Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor

Warung Apung Rowo Jombor merupakan tempat makan yang berada di atas danau. Disini menyediakan berbagai macam olahan ikan air payau. Setelah capek capek berkeliling Kota Klaten perut mulai lapar, waktunya untuk mengembalikan beristirahat sejenak sambil menikmati olahan ikan segar. Untuk anda yang hobi mancing, anda juga bisa mancing di danau, hasil tangkapannya bisa dibawa pulang atau bisa juga dimakan ditempat. Menikmati wisata kuliner yang satu ini menjadi pengalaman seru yang tidak terlupakan. Jika dari pusat kota Klaten, Warung Apung Rowo Jombor hanya berjarak sekitar 6-8 Km. Jika anda ingin berkunjung kesini, Warung Apung Rowo Jombor terletak di Desa Jombor Krakitan, Bayat, Klaten.

10. Candi Merak Klaten

Candi Merak memang tidak sepopuler Candi Prambanan dan Candi Sewu. Namun, tidak ada salahnya untuk mengunjungi candi yang lain.Sesuai dengan namanya, dulunya kawasan candi ini banyak terdapat sarang burung merak, oleh karena itu candi ini dinamai oleh masyarakat sekitar dengan nama Candi Merak. Candi Merak terletak di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangongko. Bangunan candi ini berukuran kecil dan ditemukan sekitar tahun 1925.

11. Museum Gula Gondang Winangoen

pergi berwisata ke Museum Gula Gondang Winangoen menjadi pengalaman unik dan seru tersendiri di Klaten, pasalnya, anda bisa melihat berbagai macam jenis peralatan pabrik gula pada masa tempoe doeloe. Konon katanya pabrik ini merupakan museum gula terbesar se Asia Tenggara.

Berada dikomplek pabrik gula yang luasnya mencapai 100 hektar, anda bisa melihat bagaimana replika alat alat mesin pembuatan gula, diaroma pabrik gula, dan perkebunan tebu, foto-foto bersejarah, alat komunikasi model lama, serta lokomotif jadul pengangkut tebu. Disekitar museum juga terdapat perpustakaan, tempat bermain, dan cafe.

12. Pengrajin Tanduk Kerbau Keprabon Klaten

Selain terkenal dengan wisata alam umbulnya, Klaten juga terkenal dengan hasil kerajinannya. Di Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo terdapat pengrajin unik yang menggunakan tanduk kerbau sebagai bahan dasarnya. Desa ini merupakan pusat kerajinan tandauk kerbau dan penyu. Anda tidak hanya bisa melihat lihat dan berbelanja souvenir, namun juga bisa melihat langsung bagaiman proses pembuatannya.

13. Wisata Alam Puncak Clongop Klaten

Wisata di Klaten yang selanjutnya yaitu Puncak Clongop. Secara geografisnya lokasi puncak clongop masuk kedalam kawasan wilayah Watugajah, Gedangsari, Gunungkidul. Namun, jika anda dari Jogja atau Solo, maka akan lebih dekat melalui jalur dari Klaten via jalan penghubung Klaten – Gunungkidul. Melewati Bayat, disepanjang jalan nanti anda akan menemui beberap tempat eksotis, seperti Curug Luweng Sampang, dan Curg Indah.

Untuk mencapai puncak, anda harus melalui jalur yang menanjak dan cukup curam. Sehingga kami himbau untuk selalu berhati-hati dan menggunakan kendaraan dengan kondisi yang baik agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Dipuncaknya anda akan disuguhkan dengan keindahan panorama kota Klaten jika dilihat dari ketinggian.

14. Candi Sewu Klaten

Jika dilihat dari namanya mungkin banyak yang mengira jumlah candi yang ada disana 1000, namun pada kenyataannya, jumlah candi yanh ada hanya terdiri 249 buah, terdiri atas 1 candi utama, 8 candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara.

Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. candi ini masih satu kawasan dengan komplek Candi Prambanan hanya berjarak sekitar 800 m dari sebelah selatan Arca jonggrang.

15. Wisata Religi Ziarah Makam Sunan Panandaran

Tempat wisata di Klaten yang selanjutnya yaitu Makam Sunan Panandaran Bayat atau dikenal juga dengan beberapa julukan yaitu Sunan Bayat, Pangeran Mangkubumi, Susuhan Tembayat, Sunan Pandanaran II. Beliau merupakan salah satu tokoh yang turut serta dalam penyebar ajaran agama islam ke masyarakat.

Walaupun tidak termasuk ke dalam jajaran para Wali Songo namun jasanya masih selalu dikenang oleh masyarakat sekitar. Banyak masyarakat yang pergi berziarah ke makamnya untuk sekedar mengirimkan doa atas jasa jasa yang telah diperbuatnya.

Jika anda ingin berziarah, makam Sunan Panandaran terletak diatas puncak Gunung Jabalkat yang sebenarnya hanyalah sebuah bukit, di dalam wilayah Desa Paseban Bayat, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Layaknya seperti makam para wali yang lain, makam Sunan Panandaran tidak pernah sepi dari para peziarah yang datang dari berbagai pelosok daerah.

16. Candi Lumbung Klaten

17. Candi Plaosan

candi plaosan

18. Taman Lampion Klaten

19. Deles Indah Klaten

20. Pemandian Lumban Tirto

21. Umbul Pluneng

22. Umbul Manten

23. Candi Sojiwan

24. Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani

25. Taman Hutan Kota Gergunung Klaten

26. Kebun Kamboja Klaten

27. Candi Bubrah

28. Candi Gana

29. Umbul Sigedang

30. Umbul Nilo

31. Umbul Gedaren

32. Curug Indah Tegalrejo

33. Sendang Gemuling

34. Wisata Kali Talang

35. Riveboarding Cokro

36. Waterpark Pluneng

Nah itu tadi rekomendari dari kami mengenai tempat wisata seru dan menarik untuk dikunjungi ketika sedang berlibur atau berkunjung ke Klaten. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman, saudara, keluarga yang membutuhkan, agar bisa menjadi panduan wisata ketika berlibur di Klaten. Selamat berlibur, semoga liburannya seru dan menyenangkan. Jangan kapok untuk kembali ke Klaten ya guyss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *