55+ Tempat Wisata Kulon Progo Keren Terpopuler yang Lagi Hits

Disela-sela aktivitas yang sibuk ditengah perkotaan, polusi dan macet sangat membuat tidak nyaman. Tentu saja kita membutuhkan waktu liburan untuk mengisi penat. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata mulai dari pantai, waduk, pegunungan, desa wisata dan masih banyak yang lainya.

Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Yogyakarta adalah  tempat wisata yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Kulon Progo terkenal akan banyaknya wisata alamnya, banyak surga tersemunyi di tanah Kulon Progo yang bisa anda sambangi ketika waktu liburan tiba, tentunya akan menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan bermain ke sana.

Kulon Progo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta, Indonesia. Ibu kotanya adalah Wates. Kabupaten ini ialah kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di Timur, Samudra Hindia di Selatan, Kabupaten Purworejo di Barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Bagian barat laut kabupaten ini berupa pegunungan (bukit menoreh), dengan puncak Suroloyo (1019 m), di perbatasan dengan kabupaten Magelang. sedangkan di bagian selatan merupakan dataran rendah yang landai hingga ke pantai. Pantai yang ada di Kabupaten Kulon Progo adalah Pantai Congot, Pantai Glagah (10 km arah barat daya kota Wates atau 35 km dari pusat Kota Yogyakarta dan Pantai Trisik. 

Tempat wisata Kulon Progo tak kalah menariknya dari tempat wisata yang lain, berikut kami berikan beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi.

10 Tempat Wisata Kulon Progo yang Wajib Anda Kunjungi

1. Wisata Alam Kali Biru

wisata alam Kali Biru

Tempat wisata Kulon Progo yang diberi nama Kali Biru ini akan memanjakan mata anda dengan pemandangan kali berwarna biru dan hutan yang masih hijau. Kali Biru juga  memiliki spot foto dengan aksen panggung yang menghadap ke atau menjorok ke perbukitan. Tempat wisata ini menjadi trending topik di internet tahun 2014 dikarenakan jepretan panorama alamnya yang sangat luar biasa. 

Daya tarik utama objek wisata Kali Biru terletak di gardu pandangnya di pohon pinus. Dari gardu pandang tersebut, para wisatawan dapat menikmati indahnya panorama alam daerah Kulon Progo dengan sangat leluasa. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan wahana flying fox yang juga disematkan di antara pohon pinus.

Untuk fasilitas lain yang ada di Kali Biru cukup banyak mulai dari homestay, pendopo, camping ground, arena outbond seperti yang sudah kami sebut diatas, toilet, area parkir serta warung makanan. Warung makanan yang ada di Kali Biru pun cukup beragam seperti cafe, restoran dan lesahan. Jadi anda tidak perlu khawatir kelaparan jika sedang berlibur di Kali Biru.  Untuk tarif spot cukup beragam mulai dari 10 ribu – 35 ribu rupiah.

Rute menuju Kali Biru inipun tidak sulit. Dari pusat Yogyakarta kamu cukup menuju ke arah Barat menuju Kota Wates, selanjutnya menuju ke Waduk Sermo, selanutnya kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Kali Biru dengan menggunakan google maps. Perjalanan menuju Kali Biru membutuhkan waktu 1-1.5 jam atau sekitar 39 kilometer.

2. Waduk Sermo Kulon Progo

Waduk Sermo Kulon Progo

Waduk Sermo wisata Kulon Progo ini ada sebuah bendungan irigasi yang membendung kali Ngrancah yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 Noember 1996. Waduk Sermo dibangun dengan biaya Rp22 miliar. Waduk Sermo adalah sumber air bersih untuk PDAM dan untuk air irigasi persawahan daerah Wates dan sekitarnya. Selain dijadikan sebgaia sumber air minum dan irigasi, Waduk Sermo juga menjadi salah satu tempat latihan dan lomba dayung.

Masyarakat sekitar mengelola sebagian area objek wisata ini untuk dijadikan sebagai Taman Bambu Air Sermo. Di Taman ini, para wisatawan dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang tersedia seperti tempat duduk, spot untuk berfoto, dan rakit tradisional, yang seluruh alatnya terbuat dari bambu.

Selain itu di Waduk Sermo para wisatawan juga dapat menikmati fasilitas pemancingan. Beberapa wisatawan sangat gemar di Waduk Sermo karena keberadan ikan “Setan Merah” yang merupakan ikan predator di Waduk Sermo. Selain itu wisatawan juga dapat menyewa perahu wisata untuk berkeliling Waduk Sermo sambil menikmati perbukitan Menoreh. 

Para anak muda yang sangat menikmati senja dan fotografi sangat sering berkunjung ke Waduk Sermo. Mereka sangat menikmati moment ketika sore hari hingga tenggelamnya matahri di Waduk Sermo. Para anak muda dari pusat Kota Yogyakarta juga sering berdatangan untuk camping di Waduk Sermo. Ada beberapa yang sengaja mengadakan makrab bersama teman kampus, ada juga yang membawa keluarganya untuk camping di Waduk Sermo.

Untuk tarif yang perlu anda keluarga agar dapat menikmati objek wisata ini berkisar antara Rp5.000 – Rp10.000. Sangat terjangkau bukan?

3. Gunung Ijo

Gunung Ijo

Berwisata ke Gunung Ijo adalah salah satu cara yang tepat untuk menikmati kawasan Kulon Progo dari atas ketinggian. Dari Ketinggian di atas Gunung Ijo, anda bisa melihat betapa hijaunya kawasan pegunungan yang ada di Kulon Progo. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Khusus untuk anda para pecinta aktivitas hiking dan trekking, objek wisata Kulon Progo yaitu Gunung Ijo ini sangat cocok untuk anda. Untuk mendaki gunung, anda dapat melalui dua jalur trekking, yaitu jalur yang bagus namun jauh dan jalur yang kurang bagus namun pendek. 

Gunung Ijo merupakan puncak tertinggi dari areal Perbukitan Menoreh. Dari Puncak Gunung ini anda dapat melihat hampir seluruh areal Provinsi Yogyakarta, baik itu areal pantainya maupun kotanya.

Lokasi menuju Gunung Ijo sangat mudah di telusuri. Lokasi pintu masuknya  ada di daerah kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Desa Palmping, Kecamatan Kokap dan di Daerah Purworejo, Jawa Tengah yaitu di Desa Durensari, Kecamatan Bagelan.

4. Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo

Untuk kalian yang sedang berlibur ke Yogyakarta tapi ingin menikmati suasana kebun teh seperti yang ada di Bogor, kebun teh Nglinggo adalah pilihan yang tepat. Kebun teh ini menawarkan panorama alam berupa pemandangan kebun teh yang sangat luas dengan hamparan langit dan juga awan. Selain itu pemandangan hutan pinus yang sangat eksotis akan membawa anda merasa tenang dan tentram. 

Saat cuaca sedang bagus anda akan mendapati panorama Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu dengan jelas. Tumbuhan Camellia Sinensis memenuhi teras-teras lereng perbukitan di kawasan ini. Sekilas seperti undakang yang ditutup permadani hijau. Udara dingin pun perlahan menghangat, berganti dengan udara sejuk khas pegunungan. Jika anda sangat menyukai aktifitas outdoor anda bisa trekking di antara hamparan tanaman teh, off road mengelilingi kawasan kebun teh. 

Anda juga bisa bermalam di homestay atau camping di kawasan yang tak jauh dari kebun teh, agar dapat melihat sunrise

5. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo

Tempat wisata alam Kulon Progo yang lainnya adalah Goa Kiskendo. Goa Kiskendo merupakan salah satu objek wisata alam goa di Kulon Progo yang menawarkan daya tarik utama berupa stalagtit dan stalagmit yang sangat eksotis. Goa Kiskendo ini dulunya merupakan tempat pertempuran antara Lemusur dan Maesuro melawan Subali dan Sugriwo. Kisah Pertempuran empat ksatria tersebut dapat dilihat dan dibaca dengan jelas di areal relief yang ada di dinding goa ini.

Goa Kiskendo memiliki panjang 1,5 kilometer, goa di dalam bumi Bukit Menoreh. Ada dua percabangan besar di dalamnya dan mengarahkan pengunjung pada bekas tempat banyak orang di masa lalu dalam melakonis pertapaan. Untuk masuk ke Goa Kiskedo anda cukup membayar Rp5.000/orang dan membayar parkir Rp2.000 untuk roda dua, Rp5.000 untuk roda empat.

pengunjung yang membawa rombongan bisa memakai jasa pemandu susur goa dengan membayar Rp40.000. Tetapi jika anda tidak mebutuhkan jasa pemandu anda tida perlu memakai jasa pemandu.

6. Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Nah bagian kalian yang masih bingung kenapa nama Air Terjun Sidoharjao, karena air terjun ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini memilki tingkat ketinggian sekitar 75 meter dengan aliran air yang cukup deras. Di waktu-waktu tertentu, terutama saat matahari sedang terik, anda dapat melihat pelangi yang luar biasa cantik. 

Untuk anda yang menyukai aktivitas diving, pemandangan bawah air terjun sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menyalurkan hobi anda. 

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Sidoharjo anda harus pergi ke Tugu Dekso, dari Tugu Dekso ikuti jalan menuju ke arah Samigaluh atau arah jalan yang kita kenal menuju ke Puncak Bukit Suroloyo. Pada sebuah tanjakan menikung terdapat papan nama MTs Sidoharjo yang mengarah ke gang atau jalan sempit. Ikuti jalan sempit tersebut hingga memasuki kawasan permukiman penduduk. Dari tempat ini sudah banyak papan petunjuk jalan menuju Curung Sidoharjo disetiap persimpangan jalan.

7. Pantai Glagah Kulon Progo

Pantai Glagah Kulon Progo

Pantai Glagah yang merupakan wisaata Kulon Progo ini menyuguhkan pemandangan yang cantik berpadu dengan hamparan pasir, laguna yang menjadi wisata air, dermaga, serta keberadaan perkebunan buah naga. Hamparan besi yang luas sering digunakan wisatawan untuk menguji adrenalin, yakni dengan mengendarai motor cross atau ATV yang bisa disewa di lokasi.  Fasilitas yang disediakan di Pantai Glagah juga bermacam-macam seperti toilet, area parkir, tempat berteduh, dan mushola pun disediakan untuk kenyamanan pengunjung. 

Untuk rute menuju Pantai Glagah tidak lah sulit. Ada dua alternatif jalan yang bisa anda pilih untuk sampai ke Pantai Glagah. Alternatif pertama, dari pusat Kota Yogyakarta anda langsung menuju ke arah jalan Bantul hingga Kota Bantul. Selanjutnya anda menuju kearah Jalan Srandakan hingga tiba di Jembatan Srandakan. Jika anda melihat ada lampu merah, anda belok kiri, kemudian ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai. 

Alternatif ke dua, dari pusat Kota Yogyakarta, anda menuju ke arah Barat yakni menuju Jalan Wates, lalu Sentolo, hingga tiba di Kota Wates. Perjalanan terus berlanjut hingga kamu tida di Jalan Raya Wates-Purworejo. Ketika anda melihat papan petunjuk arah ke Pantai Glagah, maka ikuti petunjuk arah tersebut. Anda akan sampai ke Pantai Glagah.

8. Goa Kebon Krembangan

Goa Kebon Krembangan

Tempat wisata Kulon Progo selanjutya adalah Goa Kebon Krembangan. Goa Kebon ini terletak di Dusun Tujuh, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo. Air terjun merupakan salah satu spot yang banyak dikunjungi di Goa Kebon, Air terjun nan indah ini menyimpan kisah menarik dibalik keindahannya. 

Alkisah daerah ini dulunya dibuka oleh seorang bernama Kiai Abdul Soleh pada 1510 silam. Sang Kiai berinisiatif membuka lahan agar penduduk sekitar mulai bercocok tanam dan menikmati hasilnya. Di dalam air terjun sendiri terdapat gua yang konon digunakan Kiai Abdul untuk mengajar muridnya. Dari situlah kemudian muncul sebutan Goa Kebon atau gua di dekat lahan yang ditanami. 

Gua Kebon menyuguhkan pemandangan berupa gugusan stalaktit dan stalagmit yang kedua ujungnya sudah saling bertemu, hingga membentuk semacam tiang penyangga. 

9. Air Terjun Setawang

Air Terjun Setawing

Air Terjun Setawing terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Giriloyo, Kabupaten Kulon Progo. Bagi anda yang ingin bermain air, anda wajib untuk masuk ke kubangan air di bawah air terjun, atau anda bisa juga unutk sekedar membasahi wajah anda untuk mendapatkan sensasi segar. Bagi anda yang tidak ingin basah-basahan, anda dapat mengambil foto pemandangan Air Terjun yang sangat Indah dan mempesona.

Akan lebih menyenangkan jika anda mebawa banyak teman untuk menikmati keindahan Air Terjun ini. Air Terjun Setawang bisa menjadi salah satu alternatif untuk foto grup dialam terbuka lo. 

10. Puncak Moyeng

Puncak Moyeng

Puncak Moyeng terletak di Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo, salah satu puncak yang langsung berhadapan dengan hamparan sawah, sungai Progo, Laut Lepas, sekaligus Gunung Merapi dan Merbabu ini menjadi salah satu pilihan bagi pecinta lansekap alam terbuka. Anda dapat melihat sinar keemasan saat matahari muncul dipagi hari di Puncak Moyeng ini. Bagi kalian penikmat sunrise, sambil menikmati kopi Puncak Moyeng adalah salah satu tempat yang tepat. 

11. Puncak Gunung Lanang

Wisata Kulonprogo yang selanjutnya yaitu Puncak Gunung Lanang. Tempat wisata ini masih terbilang baru. Wisata Gunung Lanang menawarkan daya tarik utama berupa view pemandangan yang indah dan eksotis. Dari atas puncak tersebut anda dapat menyaksikan view panorama alam Kulonprogo dari atas ketinggian.

Untuk bisa sampai ke atas puncak anda harus mendaki banyak anak tangga. Walaupun harus ditempuh dengan perjuangan yang ekstra, namun semua rasa lelah akan terbayarkan dengan view panorama yang disuguhkan. Puncak Gunung Lanang terletak di Desa Jatimulyo, Kec Girimulyo, Kulonprogo.

12. Waduk Mini Kleco

Tempat wisata selanjutnya di Kulonprogo yaitu Waduk Mini Kleco yang terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo. Sama halnya seperti Waduk Sermo, pada dasarnya waduk ini merupakan waduk irigasi. Namun, karena tempat nya yang bagus dan view pemandangannya yang indah, maka waduk ini kemudian dikomersilkan menjadi tempat wisata di Kulonprogo.

Untuk menarik perhatian para wisatawan yang akan berkunjung ke sini. Pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa destinasi wahana permainan, salah satunya yaitu flying fox. Dengan menaiki flying fox, anda bisa melihat indah nya panorama alam waduk yang begitu memukau jika dilihat dari ketinggian.

Tempat wisata ini tergolong masih baru dan masih belum begitu ramai oleh pengunjung. Oleh karena itu tempat ini cocok bagi anda yang tidak terlalu suka dengan tempat keramaian.

13. Kedung Pedut

Masih dalam satu kawasan di Desa Jatimulyo, masih seputar wisata alam tersembunyi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, Tempat wisata tersebut adalah Kedung Pedut. Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa air terjun dan kedungan air yang luar biasa eksotis.

Karena bersumber langsung dari mata air, kandungan airnya sangat jernih dan masih terjaga kebersihannya. Karena itu lokasi ini cocok untuk dijadikan sebagai spot berfoto underwater sambil berenang.

Wisata Kedung Pedut masih tergolong wisata baru di Kulonprogo, walaupun demikian, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitasi yang bisa digunakan oleh pengunjung. Seperti anak tangga untuk agar pengunjung mudah untuk ke lokasi, ada juga beberapa joglo yang bisa digunakan untuk berteduh.

14. Air Terjun Grojogan Sewu

Dari namanya saja anda pasti sudah bisa menebak bagaimana bentuk objek wisata alam yang satu ini. Yupp, air terjun ini mempunyai aliran air terjun yang banyak sekali. Saking banyaknya aliran air terjun yang ada, masyarakat sekitar menamainya dengan Air Terjun Grojogan Sewu, yang jika diartikan Gerojogan Seribu.

Jika dibandingkan dengan air terjun yang lainnya, ketinggian grojogaj sewu memang tidak terlau tinggi. Namun, bukan berarti tempat wisata ini tidak eksotis dan tidak menarik untuk dikunjungi lho yaa. Air terjun ini sangat indah dan eksotis, bahkan bisa dibilang tingkat keindahannya 11-12 dengan air terjun Sidoharjo yang sudah dibahas tadi.

Sama seperti Air Terjun Sidoharjo, kandungan air yang ada disini masih jernih dan terjaga kebersihannya serta aliran airnya yang cukup deras. Dibagian ujung air terjun terdapat sebuah kedung yang dapat di digunakan untuk berenang, menyelam, atau sekedar bermain air saja.

Anda bisa mengunjungi kapanpun anda mau. Sebab, wisata ini buka setiap hari selama 24 jam non stop. Untuk lokasinya sendiri, air terjun grojogan sewu terletak di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DIY.

15. Pantai Trisik

Jika anda ingin melihat sekumpulan penyu dipinggir pantai, anda bisa berkunjung ke Pantai Trisik yang terletak di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo. Dipantai ini anda bisa bermain sekaligus melihat balai konservasi penyu.

Secara keseluruhan pantai ini masih terbilang cukup asri. Kondisi lingkungan disekitar pantai masih bersih dan cukup baik. Namun sayangnya, sama seperti pantai glagah. pantai ini mempunyai ombak yang cukup tinggi sehinga tidak disarankan untuk berenang dan bermain air.

16. Pantai Congot

Pantai selanjutnya yang ada di Kulonprogo yaitu Pantai Congot. Pantai ini terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kab. Kulon Progo. Pantai Congot menawarkan daya tarik utama berupa kawasan hutan mangrove dan deretan pohon kelapa yang tumbuh berjejer disekitar areal pantai.

Lokasi Pantai Congot ada disebelah barat Kab Kuloprogo. Karena letaknya tersebut, pantai ini bisa anda jadikan tempat untuk menyaksikan indahnya sunset pada sore hari.

Bagi anda yang suka hunting foto, banyak spot menarik dan instagramable . Dari mulai hutan mangrove, pohon kelapa, sampai dengan gardu pandang dengan monumen unik berbentuk gitar, semuanya telah tersedia dan bisa anda jadikan sebagai latar belakang tempat berfoto.

17. Arung Jeram Sungai Progo

Khusus bagi anda yang suka dengan olahraga ektrem dan aktivitas yang penuh tantangan memacu adrenalin. Anda harus mencoba tempat wisata yang satu ini. Disini anda akan diajak untuk susur sungai di Kali Progo yang berbatu dan berarus deras dengan menggunakan kapal karet yang telah disediakan.

Secara total ada tiga rute arung jeram yang disediakan oleh pihak pengelola. Ada rute untuk pemula, rute untuk yang sudah berpengalaman, dan rute yang dikhususkan untuk yang sudah profesional. Tinggal disesuaikan dengan jam terbang anda mau memilih rute yang mana.

Untuk bisa menikmati arung jeram di Sungai Progo, ada banyak agen tur Arung Jeram, seperti : Delta Rafting, Progo Rafting, Citra Elo Reiverindo, dan masih banyak lagi.

18. Wildlife Rescue Center

Untuk anda yang pecinta satwa, saat berkunjung ke Kulon Progo jangan lewatkan untuk berkunjung ke destinasi yang satu ini. Disini anda bisa melihar berbagai macam koleksi hewan liar yang sedang dalam proses perawatan. Satwa yang dirawat disini mayoritas merupakan hewan yang nyaris punah selain itu banyak juga hewan liar yang populasinya masih banyak juga dirawat disini sebab sedang dalam kondisi sakit dan perlu perawatan.

Untuk menunjang aktivitasnya, pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti, pusat eco wisata, fasilitas untuk seminar, dan pelatihan outbond. Wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Berlibur sekalian mengedukasi kepada anak mengenai hewan satwa asli Indonesia.

Jika anda ingin berkunjung ke sini, Wildlife Rescue Center terletak di Jl. Pengasih – Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Pengasih, Kab Kulon Progo. Dihari normal objek wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 10.00 pagi hingga jam 15.00 sore.

19. Air Terjun Kembangsoka

Masih seputar wisata alam yang ada di Kulonprogo. Kali ini ada sebuah air terjun yang berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kab Kulon Progo. Air terjun ini bernama Air Terjun Kembangsoka. Aliran airnya masih sangat jernih dan segar. Tingkat ketinggiannya memang tidak tergolong biasa, namun alirannya berbentuk bertingkat tingkat sehingga tampak estetik.

Air terjun ini cocok bagi anda yang suka hunting foto, sebab disini banyak spot foto yang instagramable. Dengan aliran yang bertingkat, air terjun ini benar-benar sangat pas untuk dijadikan latar belakang spot berfoto. Selain itu, karena aliran airnya yang tidak terlalu deras, air terjun ini relatif lebih aman digunakan untuk berenang dan bermain air.

20. Goa Sriti Kulonprogo

Wisata Kulon Progo yang selanjutnya yaitu Goa Sriti. Goa ini merupakan tempat yang menyimpan banyak sejarah. Dulunya goa ini sering digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk tempat persembunyian. Pangeran Diponegoro sering mengasingkan diri dan bertapa didalam goa. Jika dibandingkan dengan goa goa yang ada di Yogyakarta, memang tidak ada apa apanya. Satu satunya daya tarik utamanya hanyalah pada kisah sejarahnya.

Jika anda tertarik kesini, Goa Sriti terletak di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kab Kulonprogo. wisata ini terbuka untuk umum dan kalian bisa kesini kapan pun anda mau.

21. Balai Konservasi Hutan Mangrove Pantai Congot

Seperti yang sudah kami sebutkan tadi, dikawasan Pantai Congot terdapat objek wisata Hutan Mangrove yang sangat eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Hutan mangrove ini merupakan balai konservasi yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Ketika pertama kali dibuat, pusat konservasi ini tidak ditujukan untuk tempat wisata hanya sekedar untuk pencegahan abrasi pantai. Namun karena tingginya minat wisatawan akan objek wisata hutan mangrove dan disaat yang bersamaan Provinsi Yogyakarta tidak mempunyai hutan mangrove, maka dibukalah konsevari hutan mangrove ini sebai tempat wisata di Kulon Progo.

Jika ingin berkunjung ke kawasan hutan mangrove ini, anda tidak perlu membayar biaya sama sekali, alias gratis. Sayangnya, karena masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, fasilitas dan akses lokasi menuju ke objek wisata ini hanya seadanya.

22. Puncak Widosari

23. Pantai Bugel

24. Bendungan Ancol

25. Bukit Isis Kulon Progo

26. Taman Sungai Mudal

27. Pantai Pasir Kadilangu

28. Embung Banjaroya

29. Puncak Dipowono Kulon Progo

30. Hutan Mangrove Jembatan Api

31. Hutan Pinus Girimulyo

32. Bendung Kayangan

33. Kebun Bunga Krisan Gerbosari

34. Rafting Kalibawang

35. Bukit Cendana

36. Air Terjun Kedung Ingas

37. Kedung Bendo

38. Pule Payung

39. Umbul Cleneng Kulon Progo

40. Tebing Gunung Gajah

42. Puncak Kuda Sembrani

43. Ayunan Langit Watu Jaran

44. Curug Siluwuk

45 Gunung Kukusan

46. Hutan Mangrove Pantai Kadilangu

47 Hutan Mangrove Wana Tirta

48. Kebun Bunga Matahari

49. Kedung Gender Josutan

50. Wahana Pelangi

51. Curug Silangit

52. Goa Seplawan

53. Curug Glimpang

54. Goa Maria Sendang Lawangsih

55. Wisata Bukit Beton

57. Air Terjun Watu Jengger

58. Puncak Proman Tritis

Bagaiamana? apakah anda sudah menentukan objek wisata Kulon Progo mana yang akan anda kunjungi bersama teman, keluarga dan pasangan? Nah, Bagi anda yang ingin berlibur jangan lupa melakukan persiapan ya agar liburan anda mendapatkan kesan yang seru dan tak terlupakan. Selamat berlibur. semoga liburanmu seru dan menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *