10 Destinasi Tempat Wisata Terbaru di Kuningan yang Asik & Keren Terpopuler 2020

Kabupaten Kuningan yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini, memiliki 32 Kecamatan dan 361 Desa. Wilayah Kuningan memiliki kontur yang datar dan berbukit di Kawasan bagian barat dan selatannya. Luas yang dimiliki Kabupaten Kuningan ini adalah seluas 1.178,58 km2 dan berbatasan dengan beberapa kabupaten yang lainnya. Seperti, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Cirebon.

Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Brebes yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.  Masyarakat di Kuningan terkenal dengan kehangatan dan keramahan dengan budaya sunda yang kental. 

Kabupaten banyak menyimpan pesona keindahan wisata didalamnya, seperti wisata alam, wisata budaya, wisata wana, wisata ziarah, dan wisata adat.  Wisata alam di Kuningan sangat indah dan mempesona. Wisata Kuningan sangat di rekomendasikan untuk kamu sebagai tujuan wisata, karena di Kuningan memiliki keindahan wisata alam yang bisa menghilangkan stress kamu.

Wisata alam seperti curug atau air terjun, pemandian air panas, taman dan hutan kota, dan masih banyak wisata alam lainnya yang akan kami bahas disini. Berikut kami berikan beberapa tempat wisata Kuningan yang sangat hits dan instagramable.

Wisata Bukit Panembang

Wisata Bukit Panembang

Wisata Bukit Panembong berlokasi di wialayah Tembong, Kadatuan, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan. Bagi kamu yang sedang mencari spot wisata alam yang memilki panorama yang cantik nan indah dan tentunya instagramable, maka objek wisata ini adalah pilihan yang tepat.

Wisata Bukit Panembong memiliki pemandangan yang asri dan alami. Selain itu, pemandangan Kota Jawa Barat bisa kamu lihat dari bukit Panembong ini. Wisata Bukit Panembong menawarkan pemandangan hamparan perkebunan the yang hijau, hutan yang asri dan perkampungan warga yang terlihat seperti sebuah foto dan lukisan alam. 

Selain menikmati panorama alam, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Bukit Panembong ini adalah outbound, kamu juga bisa camping dan meilih bukit ini sebagai tempat pemotretan prewedding dan masih banyak yang lainnya. Fasilitas yang tersedia di wisata Bukit Panembong ini sudah lengkap, karena wisata ini dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Untuk harga tiket masuk ke wisata Bukit Panembong, kamu akan di kenakan biaya sebesar Rp5.000 perorang.

Taman Rekreasi Salsabila Kuningan

Taman Rekreasi Salsabila Kuningan

Wisata Taman Rekreasi Salsabila berlokasi di wilayah Desa Panawuan No. 2, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. Taman Rekreasi Salasabia menawarkan berbagai spot bermain yang unik dan khas, tentunya wisata kuningan satu ini sangat cocok dijadikan wisata keluarga. Di wisata ini juga terdapat kolam renang  dilengkapi dengan seluncuran yang bisa kamu nikmati seperti yang ada pada waterpark.

Nah, yang membuat tempat wisata ini unik adalah di Taman Rekreasi Salsabila memiliki bungalow yang bergaya ala Eropa. Tempat ini juga dilengkapi dengan cafe dan restoran yang bertemakan Cowboy. Untuk tiket masuk wisata ini, kamu cukup membayar Rp9.000/orang dewasa dan Rp4.000/anak. Sangat cocok sekali jika kamu membawa anak dan ponakan berlibur ke tempat ini.

Kolam Terapi Ikan Cigugur

Wisata satu ini cocok sekali dijadikan sebagai tempat terapi plus wisata keluarga. Karena di Kolam Terapi Ikan ini kamu bisa merendamkan kaki kamu ke dalam air dan ikan-ikan Mangut kecil yang ada di kolam akan mengerumuni kaki kamu dan memakan sel-sel kulit mati pada kaki. Terapi ini guna merelaksasi otot kaki dan merangsang syaraf pada bagian sekitar kaki. Untuk dapat masuk ke objek wisata Kolam Terapi Ikan ini kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp10.000/orang.

Lembah Cilengkrak

Lembah Cilengkrak

Lembah Cilengkrang terletak di Desa Pajambon, Kecamatan Ktamatmulya, Kabupaten Kuningan. Tepatnya berada di kaki Gunung Ciremai sebelah Timur. Keindahan alam yang dimiliki Lembah Cilengkrang akan melepaskan penat anda. dengan udara sekitar yang asri dan alami, wiasata ini cocok untuk kamu yang senang berpetualanga.

Banyak yang bisa kamu nikmati jika kamu berkunjung ke Lembah Cilengkrang, seperti menimati pemandangan air terjun yang sangat deras airnya. Ada juga kolam pemandian air panas, kamu bisa berendam di kolam pemandian itu sambil mendengar deburan air serta memandanng indahnya panorama alam sekitar dan air terjun.

Selain itu, ada juga Curug Selain air terjun Sabuk, disekitar situ juga terdapat air terjun lain yang tak kalah indahnya. Curug Sawer Namanya, yang memiliki ketinggian mencapai 80 meter. Spot favorit para wisatwan yang berkunjung ke Lembah Cilengkrang adalah Zona Kopi Gede dengan pepohonan yang cukup rimbun, Air Terjun Sabuk dan Air Terjun Sawer.

Kalian tidak perlu khawatir akan fasilitas yang ada di Lembah Cilengkrang, karena fasilitas seperti toilet dan musala sudah disediakan. Bagi kamu yang senang mengabadikan moment, kamu wajib memotret keindahan alam di sekitar Lembah Cilengkrang ini. Lokasi Lembah Cilengkrang berada sekitar 7 kilometer dari Jalan Raya Kuningan-Cirebon.

Ada dua pos pemberhentian untuk menuju Lembah Cilengkrang. Perjalanan awal di tempuh 5 kilometer untuk sampai ke Desa Pajambo. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju Lembah Cilangkreng ini.

Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem Jalaksana

Wisata Kuningan Balong Dalem Jalaksana ini berlokasi di wilayah Babakanmulya, Sadamantra, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Bolang Dalem Jalaksana adalah objek wisata yang mirip seperti waterpark. Balong Dalem Jalaksana ini didalamnya memiliki kolam renang dengan air murni alami dari mata air.

Fasilitas yang tersedia di Balong Dalem Jalaksana diantaranya adalah kolam renang untuk anak-anak, kolam renang untuk dewasa, outbound, jalur hikinh dan tracking bagi kamu yang suka berpetualang, bumi perkemahan, tempat konservasi, wisata sejarah, penginapan seperti homestay, restora, dan masih banyak yang lainnya.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingi berlibur dengan keluarga besar. Untuk masuk ke wisata Balong Dalem Jalaksana, kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.500/orang.

The Montain Recreation Park

The Montain Recreation Park

The Mountain Recreation Park ini berlokasikan di wilayah Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Raya Cirendang-Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi saat weekend, dan cocok untuk wisata keluarga. Karena banyak wahana yang bisa kamu nikmati di The Mountain Recreation Park ini, seperti kolam renang, waterpark, dan wisata edukasi, waterboom, kolam memancing, kora-kora, komedi putar, onang-anting, kereta mini, dan masih banyak lagi wahana lainnya. The Mountain buka setiap hari, mulai pukul 09.00-17.00. Untuk dapat masuk dan menikmati wahana yang ada di The Mountain Recreation Park, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000-Rp20.000/orangnya.

Taman Nasional Gunung Ciremai

taman nasional gunung ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai terletak di wilayah Jalan Raya Kuningan-Cirebon Km.9 No.1, Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.  Taman Nasional Gunung Ciremai ini bisa digunakan untuk berkemah dan tempat ini juga menjadi tempat konservasi di Jawa Barat. Ada tiga zona yang ada di dalam gunung Ciremai, yaitu zona tropic yang paling rendah, ada juga zona pegunungan atau montana untuk daerah pertengahan, dan zona subalpine sebagai puncaknya.

Selain itu, di Taman Nasional Gunung Ciremai terdapat Situ Sangiang yaitu berupa pemandangan alam danau yang asri dan alami yang masuk dalam Kawasan Majalengka. Untuk masuk ke dalam Kawasan Sangiang kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp3.000/orang. Nah, untuk masuk ke Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 hingga Rp.50.000 peroang untuk sekali mendaki dan berkemah.

Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari terletak di Jalan Purbakala, Cipari, Cigugur.  Jarak tempat ini dari Kota Kuningan adalah sekitar 4 kilometter. Awal dari adanya Taman Purbakala, bermula dari sebuah penemuan batu peti kubu oleh Wijaya pada tahun 1971, oleh sebab itu tempat ini dijadikan sebagai tempat situs purba dan kemudian dibangunlah taman dan museum yang diresmikan pada tahun 1978 oleh Prof Dr Syarif Thayeb selaku Menteri Pendidikan Kebudayaan saat itu. Taman Purbakala Cipari menyimpan banyak barang-barang peninggalan purbakala. Ada juga bukti dari manusia pada Zaman Megalitium yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi dari pengalamn hidup manusia pada masa itu, yaitu manusia telah mengenal bercocok tanam. 

Disini kamu akan melihat benda-benda didalam museum seperti: kapak batu, gelang batu, kapak perunggu, gelang perunggu, lumping batu, batu obsidian, hematit, batu bahan, bulatan tanah, kendi, pendil, jembaran, kekeb, delepak (lampu), bokor, cangkir, tempat sayur, dan guci.  Untuk masuk ke taman ini kamu tidak dikenakan biaya masuk, alias gratis.

Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kuningan maka tidak sah jika kamu tidak berkunjung ke Taman Kota Kuningan. Taman Kota Kuningan adalah alun-alun dari Kota ini sendiri, banyak anak muda Kota Kuningan yang memanfaatkan taman ini sebagai tempat tongkrongan.  Taman ini berlokasi di Jalan Veteran, Kecamatan Kuningan. Jarak Taman Kota Kuningan hanya 2 kilometer dari hutan Kota Bungkirit, sangat srategis bukan?

Spot favorit yang paling disenangi pengunjung di Taman Kota Kuningan adalah terdapat patung kuda yang dibuat di pusat taman sebagai lambing tertentu. Kamu bisa mengunjungi kapanpun kamu mau, dan tidak dikenakan tarif sepeserpun.

Desa Wisata Sitonjul Kuningan

Desa Wisata Sitonjul Kuningan

Desa Sitonjul Kuningan terletak di wiayah Sangkanhurip ata sekitar 13 kilometer kea rah utara dari Kota Kuningan atau 24 kilometer dari arah Kota Cirebon kea rah selatan. Objek wisata Desa Sitonjul Kuningan ini adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan, karena Desa Sitonjul ini menyimpan keindahan yang menarik.

Jika kamu berlibur ke daerah Kuningan, kamu wajib berkunjung ke Desa Wisata Sitonjul Kuningan. Objek wisata Desa Sitonjul Kuningan sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata bersama keluarga.

Yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Desa Sitonjul Kuningan adalah suasa pedesaan yang sangat asri dan tradisional. Karena masyarakat di Desa Sitonjul hidup dari Bertani. Jadi kamu akan mendapatkan pemandangan-pemandangan perkebunan palawijaya, hingga pepohonan hijau dan rindang.

Saat jalan menuju ke Desa Sitonjul Kuninagan kamu akan melihat perumahan warga, makam umum, tegalan dan pesawahan, bulak jati, tanggul imigrasi, bendungan katiga. Sesampai di Desa Sitonjul kamu bisa menikmati seni tari khas sunda dan beberapa tradisi sunda khas Kuningan. 

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi/MCK, penginapan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Demikianlah informasi wisata Kuningan dan pesona keindahan yang dimiliki masing-masing onjek wisata Kuningan. Semoga informasi ini bisa menginspirasi kamu untuk mencoba dan menikmati wisata Kuningan. Selamat liburan.

Leave a Comment