36 Wisata Pacitan Keren Terbaru & Terpopuler 2021

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pacitan ini dikenal dengan keindahan alam yang sangat menawan, tidak diragukan lagi jika banyak wisatawan yang berdatangan memburu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pacitan. Nah pastinya sobat travelers penasaran kan? Apa saja wisata yang ada di Pacitan, berikut kami paparkan beberapa wisata yang ada di Pacitan.

Wisata di Pacitan Terbaru dan Terpopuler

1. Goa Gong Pacitan

gua gong pacitan
gua gong pacitan

Goa Gong Pacitan merupakan goa yang terkenal di Pacitan, pantas saja jika sebagian orang banyak yang mengenal goa ini. Wisata ini termasuk wisata terfavorit untuk dikunjungi para wisatawan. Bahkan untuk sebagian orang menyebutkan, bahwa Goa Gong merupakan goa terindah di Asia Tenggara.

Lorong Goa Gong memiliki panjang kurang lebih 256 meter. Ketika sobat travelers memasuki goa ini, sobat akan disambut dengan stalakmit yang indah dan formasi stalaktit. Setelah sobat travelers menelusuri lorong goa, sobat akan disuguhkan dengan keindahan yang luar biasa, yang mana menjadikan Goa Gong ini disematkan sebagai goa terindah di Asia Tenggara.

Nah ujung dari lorong goa adalah ruangan yang membentuk kubah raksasa yang memiliki panjang 100 meter, lebar 15 – 40 meter, tinggi 20-30 meter. Dengan memandang kubah itu, sudah dipastikan sobat travelers akan terpana dan membuatnya berdecak kagum.

Stalakmit dan Stalaktit begitu menarik menghiasi goa ini, dan beberapa ada yang dinamai, diantaranya adalah Selo Bantaran Angin, Selo Adi Citro Buwono, Selo Jengger Bumi, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo dan lain sebagainya.

Mengelilingi Goa Gong ini kurang lebih sobat travelers akan memakan waktu kurang lebih 2 jam, namun waktu yang lama itu tidak terasa karena sobat travelers akan dibuat terlena dengan keindahan yang sangat luar biasa dan menajubkan. Justru sobat travelers ingin berlama-lama di Goa Gong untuk menjelajahi dari awal sampai akhir.

Goa Gong sendiri tidak terlepas dari sejarah, goa ini ditemukam pada tahun 1930-an. Sejarah Goa Gong dimulai dari dimana pada saat dahulu di Pacitan terjadi kekeringan, sehingga warga kekurangan air. Nah pada waktu itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat 2 orang yaitu Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo, yang mana keduanya mencari mata air.

Dan sampai akhirnya keduanya menemukan sumber air di sebuah lubang, setelah ditelusuri ternyata lubang itu dalam. Namun selang beberapa waktu, Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo menemukan air di tempat itu. Hal itu merupakan kabar baik bagi penduduk, sejak saat itu penduduk berbondong-bondong untuk mengambil air di goa tersebut.

Harga tiket masuk Goa Gong yaitu Rp 5.000 per orang, dan jika sobat travelers ingin menyewa senter sebagai penerangan untuk memperlancar perjalanan di goa, sobat travelers perlu membayar biaya sewa sebesar Rp 5.000 per orang, ataupun jika ingin lebih mudah dalam perjalanan sobat travelers juga dapat menyewa guide tour dengan membayarnya sebesar Rp 30.000.

Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

2. Goa Tabuhan

goa tabuhan pacitan
goa tabuhan pacitan

Goa Tabuhan memiliki pesona yang tak kalah menarik dari Goa Gong. Goa Tabuhan dikenal dengan bebatuan di dalamnya yang jika ditabuh akan memunculkan bunyi gamelan. Jika sobat travelers memasuki bagian pintu utama dari Goa Tabuhan, sobat akan disuguhi dengan stalagtit dan stalagmite yang tentunya sangat cantik.

Goa Tabuhan menyimpan sejarah, dimana goa ini merupakan tempat bertapa Pangeran Diponegoro. Goa Tabuhan memiliki beberapa wahana, diantaranya adalah Sendang Bidadari, Ruang Marmer, Ruang Kristal, Ruang bekas konser.

Jam buka wisata ini 24 jam, sehingga tidak ada batasan waktu untuk para pengunjung. Untuk harga tiket masuknya pun masih terjangkau yaitu Rp 3.000 untuk anak-anak (weekday), Rp 5.000 (weekend). Untuk dewasa Rp 5.000 (weekday), Rp 7.000 (weekend). Sobat travelers pun dapat menyaksikan pagelaran seni dengan membayar sebesar Rp 150.000.

Tabuan, Wareng, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

3. Beiji Park

beiji park
beiji park

Beiji Park merupakan wisata baru yang ada di Pacitan, wisata ini diresmikan pada tanggal 31 Mei 2019. Sebelum menjadi Beiji Park, wisata ini bernama Pacitan Indah. Dari perbukitan Beiji Park sobat travelers dapat melihat pesona keindahan Pacitan dari sisi selatan, dimana di Beiji Park ini terdapat gardu pandang yang memang sengaja dibuat untuk melihat panorama Kota Pacitan.

Jika sobat travelers berkunjung ke Beiji Park, jangan sampai lewatkan sesi untuk mengambil gambar. Pasalnya gambar yang dihasilakan dengan latar belakang pemandangan di Beiji Park akan bernuansa instagramable.

Banyaknya pepohonan mahoni yang berjejer rapi juga dapat dijadikan spot foto sobat travelers bersama keluarga ataupun kerabat-kerabat sobat travelers. Jarak dari pusat Kota Pacitan sendiri terbilang tidak terlalu jauh, sekitar 20 menitan.

Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

4. Monumen Jendral Soedirman Pakis Baru

monumen jendral soedirman pakis baru
monumen jendral soedirman pakis baru

Monumen Jendral Soediran dibangun ini di Desa Pakis Baru memiliki alasan tersendiri, yaitu  karena Sang Jenderal pernah bermarkas di sini pada tanggal 1 April 1949 sampai 7 Juli 1949.

Monument ini berbentuk sebuah patung Jendral Soedirman yang memiliki ketinggian 8 meter, dan untuk sampai di patung tersebut, terdapat 70 anak tangga yang harus dilewati. Anak tangga pertama 45, kedua 8 dan ketiga 17 tangga. Dimana anak tangga tersebut disatukan dengan angka hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17-08-45. Setelah sampai pada patung Jendral Soedirman, akan tampak lapangan yang begitu luas dan dikelilingi bangunan berbentuk persegi.

Terdapat 38 relief, dimana relief tersebut menggambarkan kisah hidup dari Jendral Soedirman. Perjalanan Jenderal Sudirman yang bisa disaksikan melalui relief adalah sejak kelahirannya, ketika dirinya belajar mengaji, mengikuti kepanduan, bergabung dalam anggota PETA (Pembela Tanah Air pada zaman Jepang), perjuangan gerilya, hingga wafat di Magelang.

Monument Jendral Soedirman di Pakis Baru ini diresmikan oleh Presiden SBY pada 15 Desember 2008. Untuk tarif masuknya per orang membayar sebesar Rp 5.000.

Monumen Sudirman Pakis Baru Pacitan, Pakisbaru, Nawangan, Tempel, Pakisbaru, Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63584

5. Pemandian Air Hangat Tirto Husodo

Pemandian Air Hangat Tirto Husodo
Pemandian Air Hangat Tirto Husodo

Meskipun jauh dari gunung api aktif, Kabupaten Pacitan memiliki pemandian air hangat yang sumber airnya berasal dari dalam bumi. Jarak dari pusat Kota Pacitan sendiri yaitu 16,5 KM. Air yang disalurkan ke dalam kolam disesuaikan dengan suhu, sehingga aman untuk pengunjung. Terdapat tiga tingkatan kolam renang di pemandian air hangat ini yaitu kolam anak-anak, kolam sedang dan kolam dewasa.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Pemandian Air Hangat Tirto Husodo yaitu terkait dengan jam bukanya. Pasalnya di pemandian air hangat ini dibuka 24 jam. Untuk tarif masuknya sebesar Rp 10.000 per orang.

Jalan Arjosari-Banyu Anget, Krajan RT.1/RW.2, Karangrejo, Arjosari, Krajan, Karangrejo, Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63581

6. Pantai Klayar Pacitan

pantai klayar

Pantai di Pacitan juga terkenal akan keindahan alam dan pemandangan yang mempesona. Salah satu yang terkenal yaitu Pantai Klayar. Belum lengkap rasanya liburan anda jika belum menyambangi pantai indah yang satu ini.

Hamparan pasir putih dan ombak yang ramah membuat siapa saja bakal tergoda untuk bermain bersamanya. Ditengah tengah pantai terdapat sebuah bongkahan batu karang besar yang memiliki rongga-rongga. Setiap kali ombah datang dan menghantam batu karang tersebut akan menghasilkan bunyi siulan.

Oleh karena itu orang orang juga menyebutnya Pantai Klayar dengan Pantai seruling laut. Selain itu, terdapat batu karang raksasa yang menyerupai seperti bentuk Sphinx.

Bagaimana banyak sekali buka keunikan-keunikan yang dapat anda temukan di Pantai Klayar ini.

Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

7 Pantai Watu Karung

Salah satu pantai di Pacitan yang merupakan surganya para peselancar yaitu Panti Watu Karung. Ombak yang cukup besar akan membuat siapa saja tergoda untuk menaklukannya. Para surfer bisa dengan leluasa bermanja ria dengan ombak bertipe barrel dan reef break yang memacu adrenalin.

Salah satu peselancar top Indonesia, Rizal Tanjung pernah menaklukan ombak Pantai Watu Karung bersama dengan Bruce Irons, juara Rip Curl Search 2008

Lokasi Pantai Watu Karung memang terbilang cukup tersembunyi dan agak sulit dijangkau. Namun jangan khawatir, segala jerih payah dan lelah mu bakal terbayar dengan view pantai yang indah dengan pemandangan pulau karang, air laut yang kehijauan, dan hamparan pasir putih yang lembut.

Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

8. Pantai Banyu Tibo

Banyu Tibo diambil dari Bahasa Jawa, yang artinya “air jatuh”. Yup, sesuai dengan namanya, dipantai ini terdapat sebuah air terjun kecil yang terletak di bibir pantai. Uniknya, air terjun ini memiliki air yang tawar.

Setelah puas bermain dipantai, basuh rasa lengket ditubuhmu di air terjun ini. Ga mau renang atau basah basahan ? Kamu cukup duduk dibongkahan karang sekitar pantai sambil menikmati view panorama alam yang indah.

Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

9. Sungai Maron

Jikalau Amerika punya Green Canyon, maka Indonesia juga punya “Green Canyon” nya sendiri di Pacitan. Anda bisa menikmati sensasi berada di Green Canyon, Amerika. Anda bisa menyusuri sungai yang bersih sambil menikmati hamparan pepohonan hijau yang menyejukan mata tentunya.

Sungai Maron merupakan sungai vital di Desa Dersono dan Sendang. Oleh karena itu sungai ini dijaga kebersihan dan keasriannya karena merupakan sumber perairan desa dan tempat habitat air tawar yang biasa dimanfaatkan oleh warga desa setempat.

Sungai Maron sendiri mempunyai kedalaman air sekitar 20 meter. Untuk bisa menyusuri sungai, anda dapat menyewa perahu kecil milik warga sekitar yang memang sengaja disediakan untuk para wisatawan. Selain itu, para warga sekitar juga siap untuk menjadi tour guide anda selama diperjalanan.

Harga sewa perahu kisaran antara Rp 100.000 – Rp 150.000, tergantung dengan jenis dan kondisi perahu yang disewa.

Maron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

10. Gowa Luweng Jaran Pacitan

Bagi kamu yang suka dengan wisata dengan adrenalin yang tinggi, mungkin tempat ini cocok kamu masukan kedalam list trip perjalananmu. kamu bisa berpetualang menuju perut bumi di dalam gua yang memacu adrenalin ini.

Goa Luweng Jaran ini memiliki lorong yang sangat panjang dan terhubung dengan goa-goa lainnya. Sepanjang perjalanan menyusuri goa ini, kamu bisa menikmati keindahan alam ornamen ornamen unik yang terbentuk secara alami.

Jlubang, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

11. Goa Putri

Tempat wisata di Pacitan yang selanjutnya masih bernuansa gua, yaitu bernama Gua Putri yang lokasinya tidak begitu jauh dengan Goa Gong. Dinamai Goa Putri karena didalam nya terdapat sebuah tempat peristirahatan yang konon adalah tempat peristirahatan seorang putri.

Meski tidak seterkenal dengan Goa Gong, namun panorama alam yang disajikan tidak kalah eksotis. Batuan stalaktit dan stalakmit membuat sekitaran goa menjadi tampak lebih eksotis.

Penerangan yang ada di Goa Putri ini sudah cukup memadai, sehingga kamu tidak perlu membawa senter untuk bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit yang ada.

Karena pengunjungnya tidak seramai dengan Goa gong, anda bisa lebih lama dan leluasa berkunjung kesini.

12. Goa Song Terus

13. Bukit Pakis

14. Sungai Cokel

Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

15. Mandi Angin Pacitan

Pelem, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

16. Alun Alun Pacitan

Jl. Sugiyo Pranoto No.1, RW.01, Krajan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511

17. Bukit Watu Karung

Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

18. Masjid Agung Pacitan

Jl. T. Imam Bonjol, Krajan, Pacitan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511

19. Grojogan Dhuwur Pacitan

Kerok Kulon, Candi, Pringkuku, Pacitan Regency, East Java 63552

20. Curug Sabun

21. Jurug Gringsing

Krajan, Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63582

22. Gerojogan Mbedayu

23. Tlogo Sono

Petung, Kalikuning, Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63571

24. Waduk Tukul

Arjosari, Krajan, Karanggede, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63581

25. Beiji Park

Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

26. Gunung Lanang Pacitan

Mantren, Kebonagung, Wates, Mantren, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561

27. Pinus Gemaharjo Pacitan

Kaligondang, Gemaharjo, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63582

28. Bukit Panorama Sambi

Brangkal, Borang, Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63581

29. Wisata Tugu Biru Pacitan

Salam, Ngadirejan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63518

30. Perahu Gupit

Bubakan, Kembang, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63518

31. Museum dan Galeri Seni SBY

Jl. Teluk Tambora No.16, Plelen, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514

32. Kolam Renang Wonogondo

Pangutan, Wonogondo, Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561

33. Goa Kembang

Gesing, Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

34. Kolam Renang Jaten Garden

Kriyan, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514

35. Air Terjun Tluvalley

Grojogan Tluvalley adalah wisata alam air terjun yang berada di Kabupaten Pacitan. Secara Geografis Curug Tluvalley terletak di Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Air terjun Grojogan Dhuwur adalah  bagian dari wisata alam lainnya yang masih 1 Desa yaitu dengan wisata alam Kali Barong yang populer dengan dayung prau mancung dan sepeda airnya. Grojogan Dhuwur memiliki panorama alam yang cukup indah , dengan di kelilingi aneka pohon rindang akan menambah keasrian tempat ini. Air yang bening berwarna hijau kebiruan menjadi daya tarik utama di tempat ini.

Grojogan Tluvalley bisa dibilang tempat wisata baru bagi traveler, pasalnya tempat ini belum banyak yang menyebarkan ke media sosial. Dari team EDUCATRIP sendiri mengetahui adanya tempat ini yaitu dari beberapa teman di media sosial yang juga merupakan sesama penggiat wisata Pacitan yaitu sdr. Doni Diadon, Yayak Antara dan mas Awik Baidawi.  Dari Foto-Foto mereka yang di upload ke media sosial kini Grojogan Tluvalley menjadi ramai di datangi para wisatawan yang penasaran akan tempat ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya di mempersiapkannya dengan matang pasalnya, Mobil maupun  roda 2 masih sulit untuk bisa samapai di lokasi, Anda harus berjalan kaki mengikuti arus sungai sekitar kurang lebih 1 jam. Untuk menjaga kelestarian alam yang ada di Grojogan Tluvalley Anda sebaiknya tidak membuang sampah di tempat ini. Waktu yang tepat untuk menikmati Wisata air terjun ini sebaiknya tidak setelah hujan karena air akan berwarna keruh kecoklatan.

Kerok Wetan, Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

36. Air Terjun Kedung Pinihan

Kwangen, Cokrokembang, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63572

Bagaimana ? Sudah tidak sabar untuk segera liburan ke Pacitan ? Silahkan pilih dan tentukan destinasi mana yang ingin anda tuju nanti selama liburan di Pacitan. Nah, itu tadi rekomendasi tempat wisata di Pacitan dari kamu, mungkin anda punya cerita sendiri selama liburan di Pacitan, jangan sungkan untuk membagikan pengalaman liburanmu kepada kami, silahkan tulis dikolom komentar, nantinya kami akan menambahkan kedalam artikel ini supaya bisa menjadi rujukan untuk para wisatawan yang ingin berlibur ke Pacitan. Sekian dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *