13 Tempat Menarik Wisata Pekalongan Keren & Asyik untuk Liburan

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang berada di provinsi Jawa Tengah, daerah pekalongan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Pekalongan Kota dan Kabupaten Pekalongan.  Kota Pekalongan sendiri berbatasan dengan laut Jawa di bagain utara, di timur Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan dan barat. Kota ini berada pada jalur pantura yang dimana menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Sedangkan Kabupaten Pekalongan berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara.

Pekalongan dikenal sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, dimana banyak industri yang berkembang di daerah Pekalongan. Salah satunya industri batik, batik merupakan identitas dari bangsa Indonesia dimana Pekalongan ini dikenal sebagai kota batik. Namun terlepas dari itu, selain batiknya yang dikenal di masyarakat Pekalongan sendiri memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjung. Nah penasaran apa saja destinasi wisata yang ada di Pekalongan? Berikut ini kita paparkan destinasi wisata yang ada di Pekalongan.

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Pekalongan mendapatkan jaringan kota kreatif UNESCO pada tahun 2014 dalam kategori craft & folk. Dikenal dengan kota BATIK yang artinya adalah Bersih, Aman, Tertib, Indah, Komunikatif. Museum Batik Pekalongan berdiri pada tanggal 12 Juli 1972. Museum batik ini pada awalnya seluas 40 m2 dan hanya tersedia koleksi batik sebanyak 60 jenis, penataan pada zaman dulu sangat sederhana.

Namun pada tahun 2006 diresmikan Museum Batik Pekalongan yang baru dengan luas 2500 m2. Pada saat itu peresmian museum tersebut diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus memperingati Hari Koperasi ke 59 di Pekalongan. Saat ini Museum Batik Pekalongan memiliki kurang lebih 1149 koleksi batik. Di dalam museum ini terdapat beragam koleksi di antaranya adalah:

Ruang Pamer Utama

Ruang Pamer Utama berisi koleksi batik dari pesisir Jawa yaitu Cirebon, Pekalongan, Rembang, dan Batang dan lain sebagainya. Selain koleksi batik, di ruangan ini juga terdapat berbagai alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan batik. Motif batik yang dipamerkan di ruangan ini bergama mulai dari Kujang Kijang Bogor, Parang Cucuk Garut, Megamendung Cirebon, sampai Lereng Bunga Rampai karya Iwan Tirta.

Ruang Pamer Kedua

Ruangan ini berisi koleksi batik yang diberi oleh pejabat Republik Indonesia seperti SBY dan Ani Yudhoyono, Ainun Habibie dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ruang Pamer Ketiga

Ruangan ini dinamakan ruang batik nusantara, karena berisi koleksi batik Indonesia.

Ruangan lain yang berada di Museum Batik Nusantara adalah ruang perpustakaan, ruang workshop, kedai batik, ruang audio visual, ruang konsultasi dan ruang pertemuan.

Museum ini dibuka pukul 08.00 – 15.00. Untuk tiket masuk Rp 5.000 bagi orang dewasa, Rp 1.000 bagi pelajar, dan untuk wisatawan asing Rp 5.000.

Wisata Mangrove Park Pekalongan

Wisata Mangrove Park Pekalongan

Wisata Mangrove Park Pekalongan ini terletak di Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Mangrove Park ini mempunyai peranan yang penting karena sebagai dasar pembentukan rantai makanan ekosistem laut dan mencegah abrasi pantai dengan beradasar pada banyaknya pantai di Kota Pekalongan karena termasuk wilayah pesisir.

Wisata ini merupakan ekowisata, berbagai fasilitas tersedia di Mangrove Park ini seperti menara pandang, jalur pejalan untuk melihat pemandang sekitar, shelter dan terdapat area pembibitan. Selain itu, bagi anda para pengunjung Mangrove Park Pekalongan ini dapat juga mencoba naik banana boat, hanya dengan membayar Rp 10.000 – Rp 15.000 anda sudah dapat menikmatinya. Ada juga lorong cinta, yaitu deretan tanaman bakau yang rimbun sehingga berbentuk seperti lorong. Harga tiket masuk kawasan Mangrove Park ini kurang lebih sebesar Rp 4.000, dan ditambah biaya parkir kendaraan.

Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan memiliki ketinggian 2117 mdpl, terletak di antara Kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara tepatnya di Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Dibawah kaki gunung ini terdapat beberapa desa yaitu Semego, Balun, Gumelem.

Untuk jalur pendakian terdapat dua jalur yaitu via Desa Semego dan Gumelem. Tepat dibawah kaki Gunung Rogojembangan terdapat tujuh air terjun di antaranya adalah Curug Muncar, Curug Lawe, Curug Banteng, Curug Sibedug, Curug Kedunglumbu. Untuk dapat mencapai puncak gunung ini memakan waktu sekitar 3 jam.

Wisata Pendakian Puncak Anjir / Nganjir

Wisata Pendakian Puncak Anjir / Nganjir

Wisata pendakian Puncak Anjir terletak di Kabupaten Pekalongan tepatnya di Desa Kaliboja, Kecamatan Paninggaran. Puncak Anjir ini berada pada ketinggian 1716 Mdpl. Letak puncak ini pun berbatasan langsung dengan Desa Gunung Langit yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara. Jarak dari pusat Kabupaten Pekalongan sendiri sekitar 20 km. Puncak Anjir ini tepat berada pada ujung dari Kabupaten Pekalongan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara.

Puncak Anjir dikenal di masyarakat bahkan menjadi tempat favorit untuk menikmati keindahan alam khusunya dikenal sebagai tempat yang cocok menikmati sunset dan juga sunrise. Tidak heran jika wisatawan banyak yang berdatangan untuk ngecamp menikmati indahya matahari terbenam maupun matahari terbit.

Wisatawan yang ingin ngecamp di sekitar puncak anjir hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5-10 ribu rupiah per orang dan membayar parkir kendaraan. Untuk membantu lancarnya perjalanan, wisatawan juga dapat menggunakan jasa petunjuk jalan yang berasal dari warga setempat.

Wisatawan yang ingin ngecamp di sekitar puncak anjir hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5-10 ribu rupiah per orang dan membayar parkir kendaraan. Untuk membantu lancarnya perjalanan, wisatawan juga dapat menggunakan jasa petunjuk jalan yang berasal dari warga setempat.

Objek Wisata Linggo Asri

Objek Wisata Linggo Asri

Objek Wisata Linggo Asri ini terletak di Yosorejo, Linggoasri, Kec. Kajen, Kabupaten Pekalongan. Jarak dari Kota Pekalongan 14 km atau kurang lebih 1,5 jam. Berbagai wahana ada di Objek Wisata Linggo Asri ini mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, area outbound, camping ground, bumi perkemahan. Masih dalam satu kawasan dengan Linggo Asri juga terdapat taman bunga matahari.

Sudah tidak diragukan lagi jika kalian mengajak keluarga ataupun teman pada hari wekeend pasti ramai pengunjung, pemandangan di sekitar Linggo Asri ini pun masih terbilang sangat asri namanya juga Linggo Asri. Untuk HTM wisata ini relatif murah, pengunjung cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 6.000 dan untuk anak-anak kurang lebih Rp 3.000.

Watu Bangkong Adventure

Watu Bangkong Adventure

Wisata Watu Bangkong Adventure berada di Sinyareng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Wisata ini termasuk wisata baru namun pengunjung yang berdatangan ramai tiap harinya. Wisata Watu Bangkong Adventure merupakan wisata spot river tubing dengan memanfaatkan saluran irigasi. Pengunjung cukup membayar Rp 3.000 – Rp 5.000 dan sudah dapat menikmati river tubing. Aliran sungai ini memiliki panjang sekitar 200 meter dengan diapit persawahan di sekitar Watu Bangkong Adventure.

Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto menjadi tempat favorit wisata, pantai ini berada tidak jauh dari pantura sehingga mudahnya akses jalan ini membuat para pengunjung banyak yang berdatangan. Panorama disekitar Pantai Wonokerto ini terbilang indah, pada pagi hari kita dapat menyaksikan sunrise begitu pula pada sore hari akan melihat sunset yang merah menawan.

Wisata ini tepat berada di Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan. Adanya pohon cemara di sekitar pantai membuat anda tak perlu khawatir akan panasnya terik matahari. Selain rindangnya pohon cemara, para pengunjung jika ingin mengambil foto tersedia landmark bertuliskan Pantai Wonokerto. Untuk hari-hari biasa HTM Pantai Wonokerto Rp 3.000 dan untuk weekend Rp 5.000.

International Batik Center

International Batik Center

Berbica tentang Pekalongan tidaklah ketinggalan dengan item yang satu ini yaitu Batik. International Batik Center tepat berada di Jl. Ahmad Yani No.573, Pegantungan, Pekuncen, Kec. Wiradesa, Pekalongan. Jika anda berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk ke International Batik Center (IBC) untuk membeli oleh-oleh. International Batik Center (IBC) merupakan pusat penjualan batik di Pekalongan, di IBC sendiri terdapat kurang lebih 700 kios. Tidak hanya menawarkan produk baju namun batik sendiri dikemas dalam bentuk lain yaitu kerajinan seperti gantungan kunci, vas bunga, home decoration dan lain sebagainya. Selain kios, di IBC ini memiliki daya tarik lain yaitu terdapat tempat kursus membatik, museum batik, area wisata kuliner dan area bermain anak.

Dupan Water Park

Dupan Water Park

Dupan Water Park merupakan wahana kolam renang yang berada di area Plaza Pekalongan. Tepatnya berada di Jalan Soetomo, Nomor 31, Kota Pekalongan. Dupan Water Park ini buka pukul 07.00 – 21.00 WIB. Fasilitas yang tersedi di Dupan Water Park Pekalongan ini diantaranya adalah kolam renang, ember tumpah, water sliding, pancuran air. Harga tiket masuk Dupan Water Park ini masih terjangkau yaitu Rp 20.000 per orang.

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Dalam kisah pewayangan Hanoman merupakan Dewa yang berasal dari bangsa kera putih, dan dipercaya memiliki kesaktian. Puncak Hanoman sendiri berada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Puncak ini memiliki ketinggian 1695 mdpl. Puncak ini mulai dibuka pendakian untuk umum pada tahun 2014. Terdapat 3 pos untuk mencapai puncak, dan memakan waktu sekitar 45-60 menit.

Desa Wisata Lolong

Desa Wisata Lolong

Desa Wisata Lolong ini terletak di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Jarak dari pusat Kabupaten Pekalongan sekitar 9 km, dan 34 km dari jalur pantura Kota Pekalongan. Di perjalanan menuju desa Lolong, anda akan disuguhi dengan pemandangan pepohonan durian. Di penghujung musim durian, biasanya di kawasan Desa Wisata Lolong ini diadakan festival durian sekitar bulan februari-maret. Jika anda berkunjung ke desa wisata ini, anda dapat menikmati berbagai wahana yang ada di Lolong Adventure yang diantaranya adalah rafting (arum jeram), tubing, junggle trekking (curug lowo), camping.

Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran

Berkunjung ke Agrowisata Kebun Teh Pagelaran ini dapat menjadi solusi liburan anda bersama keluarga ataupun kerabat. Agrowisata ini terletak kurang lebih 1000 meter di atas permukaan laut, dan memiliki temperatur suhu rata-rata pada siang hari 15-21 derajat celcius dan pada malam hari 15-18 derajat celcius. Kebun teh ini sangat eksotis dengan pemandangannya yang indah dan sejuk. Bagi para wisatawan yang ingin bermalam di agrowisata ini, tak perlu risau ataupun khawatir karena disekitar Teh Pagilaran ini terdapat penginapan. Lokasi Kebun Teh Pagilaran ini berada di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Pantai Depok pekalongan

Pantai Depok pekalongan

Pantai Depok ini terletak di Blacanan, Depok, Kec. Siwalan, Pekalongan. Pantai Depok merupakan salah satu destinasi pantai yang ada di Pekalongan. Keindahan pasir di tepian pantai ini membuat indah pemandangan pantai, suasana sejuk, indah, dan damai pun ikut mengiringi Pantai Depok ini, tidak heran jika banyak wisatawan yang terpesona akan keindah Pantai Depok. Untuk melihat panorama di sekitar Pantai Depok juga disediakan shelter yang dapat juga dijadikan objek ketika berfoto. Untuk dapat menikmati pesona Pantai Depok ini, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000.

Nah itu tadi 13 tempat rekomendasi kami wisata Pekalongan yang asyik dan keren untuk dikunjungi. Anda bisa pergi bersama sanak family ataupun bisa juga dengan teman sambil mengisi waktu weekend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *