10 Rekomendasi Wisata Purwakarta Keren & Asyik Terpopuler 2020

Purwakarta merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Purwakarta ini memiliki banyak panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya secara langsung keindahan wisata alamnya. Kabupaten Purwakarta memiliki berbagai jenis objek wisata yang banyak diminati wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Objek wisata Purwakarta meliputi wisata alam, wisata budaya, wisata ziarah, wisata buatan, dan kuliner yang akan menggugah selera anda pastinya.  

Mengenal Purwakarta secara mendalam sangatlah penting, agar saat berlibur kamu tidak merasa asing lagi dengan Purwakarta. Purwakarta dikenal oleh masyarakat sebagai tempat kelahiran beberapa negarawan dan pemimpin-pemimpin besar asal Jawa Barat pada masa awal berdirinya Republik Indonesia.

Kabupaten Purwakarta berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian utara kemudian sebagian wilayah Barat, berbatasan juga dengan Kabupaten Subang dibagian Timur dan KAbupaten Bandung Barat di bagian Selatan. Daerah Purwakarta ini meliputi daerah pegunungan, daerah perbukitan dan danau dan daerah daratan. Nah, kalian tidak perlu khawatir kepanasan jika sedang berlibur di Purwakarta, karena suhu udara purwakarta berkisar antara 17 derajat celcius sampai 28 derajat celcius.  Berikut kami akan memberikan informasi berbagai tempat wisata Purwakarta untuk kamu. Cekidot.

Taman Pancawarna

Taman Pancawarna

Taman Pancawarna ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Taman Pancawarna terletak di samping pendopo Kabupaten Purwakarta. Kaindahan yang dimiliki oleh taman Pancawarna terletak pada bunga-bunga yang mengelilingi area tersebut, bunga-bunga yang tertata sangat rapi yang dilengkapi air mancur sebagai objek utama Taman Pancawarna.

Selain itu, yang menjadi ciri khas objek wisata ini adalah patung macan putih yang dibuat sangat garang serta sebuah jembatan kayu yang bisa dijadikan sebagai spot foto yang instagramable. Pepohonan yang mengelilingi Taman Pancawarna memberikan nuansa asri dan nuansa alam yang sangat indah, yang akan memanjakan mata anda.

Taman Pancawarna sangat cocok dijadikan sebagai wisata keluarga, kamu bisa mengajak keluargamu piknik atau sekedar berolahraga pagi di taman ini. Lokasi taman ini terletak di wilayah Nagri KIdul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Waduk Cirata

Waduk Cirata

Waduk Cirata adalah waduk tertinggi yang ada di Indonesia. Waduk ini dimanfaatkan sebagai pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Karena waduk ini memiliki aliran air sungai Citarum yang dibendung oleh waduk ini, mampu menghasilkan daya listrik sebesar 1.000 MW. Luas waduk Citara sendiri yaitu, 43.000 hektare. Ada informasi menarik yang harus kamu tau, bahwa waduk Cirata ini terbentang di antara 3 kabupaten berbeda di Provinsi Jawa Barat, yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur. Betapa luasnya ya waduk ini. 

Selain itu waduk Cirata menyimpan banyak sekali panorama alam, dan pesona alam yang cantik nan indah. Pemandangan yang dimiliki waduk Cirata adalah perbukitan hijau dan sunset di sore hari yang sangat indah. Sunset yang terpancar akan memantul di air waduk, jika kamu melihat pemandangan ini kamu akan terhipnotis dan matamu akan dimanjakan dengan keindahannya. Jika kamu ingin berkunjung dan melihat langsung keindahan objek wisata ini kamu bisa pergi ke Desa Margalaksana, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Purwakarta.

Air Mancur Sri Baduga

Air Mancur Sri Baduga

Air Mancur Sri Baduga didirikan sejak tahun 2013 dan mulai aktif di operasikan lagi pada awal tahun 2017. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud merupakan salah satu objek wisata Purwakarta yang paling banyak dikenal masyarakat. Bahkan, banyak yang bilang bahwa, kemegahan Taman Air Mancur Sri Baduga ini melebihi Air Mancurr WingTime yang berada di Singapura.

Air Mancur Sri Baduga memiliki pancaran air setinggi 6meter keindahannya semakin terlihat karena air mancur ini dibalut dengan cahaya laser warna-warni serta diiringi lantunan musik tradisional sunda yang sangat khas. Jika kamu melihat secara langsung kamu akan langsung terpesona akan keindahannya. Luas Taman Air Mancur Sri Baduga ini adalah 4 hektare, dengan suasana yang sangat asri, sehingga menambahkan sensasi yang berbeda ketika menyaksikan pertunjukan air mancur Sri Baduga.

Pertunjukan air mancur ini diselenggarakan sebanyak empat kali setiap akhir pekan, yaitu pada hari jumat dan sabtu malam. Jadwal pertunjukannya akan dimulai pada pukul 19.30 WIB dan pertunjukan kedua akan dimulai pada pukul 20.30 WIB. Kamu bisa menghabiskan malam weekend mu disini bersama keluarga, teman atau sahabat. Lokasi objek wisata ini bisa kamu temukan di Negeri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat.

Sky Pool Giri Tirta Kahuripan

Sky Pool Giri Tirta Kahuripan

Kalo mau ingin bersantai ria dan berenang sambil menikmati pemandangan indah. SkyPool Giri Tirta Kahirupan adalah empat yang cocok untuk melakukan itu semua. Giri Tirta Kahirupan adalah sebuah resor mewah yang ada di Purwakarta. Pesona yang menarik dari objek wisata ini adalah kolam renang dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Wah, sangat menarik bukan?

Lokasi SkyPool Giri Tirta Kahuripan terletak di atas bukit, karena itu membuat kolam renang ini terkenal dengan sebutan SkyPool. Dari atas SkyPool ini, kamu bisa menikmati hamparan nan indah pesona sekitarnya sembari kamu berenang.

Kamu juga bisa menginap di resor ini, untuk mendapatkan sensasi yang lebih nikmat lagi. Lokasi objek wisata ini bisa kamu temukan di Jalan Raya Wanayasa, Desa Tarunggul Tonggoh, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Goa Jepang & Goa Belanda

Goa Jepang & Goa Belanda

Bagi kamu yang sangat senang dengan sejarah-sejarah peninggalan, objek wisata ini sangat cocok untuk kamu yang sedang ada di Purwakarta. Lokasi Goa Jepang dan Goa Belanda terletak di wilayah gunung Gokaramai, Gua Jepang ini dibangun dengan menggunakan tenaga romusha yang digunakan sebagai tempat persembunyian. Goa Jepang memiliki panjang sekitar 2 meter, dengan tinggi 1.5 meter dan kedalaman goa 300 meter. Goa ini memiliki 3 pintu masuk dan pintu keluar. Sedangkan di dalam Goa Jepang terdapat 12 ruangan yang masing-masing ruangan memiliki ukuran 3 hingga 6 meter.

Hal yang paling menarik dari wisata ini adalah, sekitar 800 meter dari goa Jepang kamu akan mendapati Goa Belanda yang juga tidak kalah menariknya dari goa Jepang. Goa Belanda memiliki 3 lubang, dan 3 diantaranya memiliki ukuran yang kecil, sedangkan satu memiliki ukuran yang lebih besar. Goa Belanda ini di buat pada tahun 1941. Awalnya gua ini difungsikan sebagai saluran PLTA Bengkok yang kemudian digunakan sebagai Radio Telekomunikasi bagi pemerintah Hindia Belanda. Lokasi Goa Jepang dan Goa Belanda ini terletak di Jalan Pusakamulya, Desa Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Curug Cipurut

Curug Cipurut

Pesona dan keindahan alam memang selalu membuat siapapun yang melihatnya akan selalu jatuh cinta. Salah satunya adlah objek wisata Purwakarta yang satu ini, Curug Cipurut. Curug Cipurut berlokasikan di wilayah Cagar Alam Gunung “Burangrang” yang dikelola langsung oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat I. Curug Cipurut ini pada dasarnya terdiri dari 3 curug yang berbeda.

Curug utama yaitu memiliki ketinggian sekitar 25 meter, nah untuk curug yang lainnya memiliki ketinggian yang lebih landau lagi. Kamu bisa menikmati curug Cipurut dengan santai karena air pada curug ini cukup tenang dan aman jika digunakan untuk aktivitas berenang. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang asri, pohon-pohon dan tumbuhan hijau yang ada disekitar curug akan memanjakan matamu.

Selain aktivitas bermain air, kamu bisa camping juga lo di wilayah curug ini. Lokasi Curug ini terletak di wilayah Babakan, Purwakarta, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Curug Suhada

Curug Suhada

Selain curug Cipurut, Purwakarta juga memiliki Curug lainnya seperti Curug Suhada. Curug Suhada menyimpan panorama dan pesona alam yang indah nan eksotis. Curug Suhada memiliki ketinggian mencapai 7 meter, dengan gemericik air yang jatuh dari tebing. Jika kamu berkunjung ke objek wisata satu ini, dijamin kamu akan ketagihan dengan keindahan alam yang diberikan Curug Suhada ini.

Curug Suhada ini belum dikelola secara maksimal oleh masyarakat setempat, jadi untuk fasilitas umum belum tersedia di Curug ini. Selain itu, akses menuju lokasi juga terbilang sulit, jika dari jalan utama, waktu tempuh menuju Curug Suhada  sekitar 1-2 jam perjalanan dari pusat kota Purwakarta.

Tenang saja, kamu tidak akan dikenakan biaya retribusi.. Curug Suhada berlokasikan di wilayah Sindanglaya, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas ini disebut sebagai sumber air mata purba, disebut demikian karena sumber mata air panas Ciracas ini sudah ada sejak zaman penjelahan Belanda. Lokasi Sumber Air Panas Ciracas terletak di wilayah Ciracas, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Berlokasikan di antara hamparan persawahan dan disekitarnya terdapat pepohonan yang hijau.

Saat kamu berendam di Sumber Air Panas Ciracas ini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang asri dengan udara yang segar dan sejuk. Sumber Air Panas Ciracas memiliki 12 titik sumber air panas, tetapi sampai saat ini baru 2 titik yang di gunakan untuk khalayak umum. Karena sumber air panas ini mengandung sulfur, masyarakat setempat pun percaya bahwa sumber air panas ini bisa mengobati berbagai jenis penyakit kulit bagi mereka yang berendam. Mitosnya, penyakit kulit seperti gatal-gatal, jerawat, dan rematik pun bisa disembuhkan jika kamu berendam disini. Gimana, mau coba?

Grama Tirta Jatiluhur

Grama Tirta Jatiluhur

Lokasi Grama Tirta terletak di wilayah Kawasan Jatiluhur, Desa Margalaksana, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Yang menjadi daya tarik waduk Jatiluhur adalah Grama Tirta. Grama Tirta adalah salah satu ikon wisata Purwakarta yang menyediakan fasilitas seperti naik perahu, sepeda air, serta permainan outbound. Selain itu Grama Tirta Jatiluhut juga memiliki Convention Hall yang bisa digunakan untuk acara seperti makrab, reuni dan acara-acara lainnya. 

Jika kamu ingin berkunjung ke objek wisata satu ini, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp27.500/orang di weekday, dan Rp40.000/orang saat weekend.

Kampoeng Sadang

Kampoeng Sadang

Objek wisata Purwakarta selanjutnya adalah Kampoeng Sadang. Kampoeng Sadang sangat cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga. Karena kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di Kampoeng Sadang ini. Seperti berkemah, melakukan aktivitas outbound, ditempat ini juga disediakan area bermain anak dan panggung konser. Untuk tiket masuk ke Kampoeng Sadang, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp150.000/orang.

Walaupun kamu merogoh kocek agak mahal, hal ini sangat sebanding dengan fasiltas yang ada di Kampoeng Sadang ini, karena kamu juga bisa mengadakan acara seperti makrab, pelatihan dan masih banyak lagi. Lokasi Kampoeng Sadang terletak di Jalan Veteran Gang Buana Indah, Desa Mulya Mekar, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Nah itu dia daftar objek wisata Purwakarta yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga, teman dan pasangan. Selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *