10+ Wisata Purwokerto Keren & Asyik Terpopuler Hits 2020

Purwokerto merupakan sebuat kota di Jawa Tengah yang mana adalah ibu kota dari Kabupaten Banyumas. Penduduk dari Kota Purwokerto sendiri berjumlah 292.782 pada tahun 2014, mungkin sekarang ini sudah lebih banyak. Sebelum kita mengupas lebih jauh tentang wisata Purwokerto, kita kenali terlebih dahulu letak geografis dari Kabupaten Banyumas ini.

Kabupaten Banyumas dikelilingi kabupaten-kabupaten lain, di sebelah utara ada Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara dan di sebelah timur ada Kabupaten Kebumen, dan di sebelah selatan dan barat ada Kabupaten Cilacap. Purwokerto sendiri pada era sekarang ini sudah semakain maju dan ramai dikunjungi masyarakat. Dimana Kota Purwokerto ini tidak kalah dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia, Kota Purwokerto pun menyuguhkan berbagai destinasi wisata.

Nah penasaran kan pastinya sobat-sobat semua, wisata apa saja yang ada di Purwokerto ini. Nih beberapa tempat wisata yang ada di Purwokerto dan rekomendasi banget buat kalian yang suka traveling keliling kota.

Taman Andhang Pangrenan

Taman Andhang Pangrenan

Taman Andhang Pangrenan terletak di Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Banyumas, Kabupaten Banyumas. Taman ini resmi beroprasi sebagai objek wisata yaitu pada tanggal 13 April 2011, yang diresmikan oleh Drs. Mardjoko sebagai Bupati Banyumas. Sebelum dibangun menjadi taman, lokasi taman ini dulunya merupakan terminal bus.

Taman Andhang Pangrenan ini merupakan taman kota, yang dapat menjadi alternatif anda sekalian selain alun-alun kota.Perilah nama Andhang Pangrenan sendiri memiliki makna, kata andhang berarti tempat sedangkan pangrenan berarti  hati yang senang atau riang. Jadi Taman Andhang Pangrenan ini berarti sebuat tempat untuk bersenang-senang atau berekreasi.

Disekeliling taman terdapat pepohonan rindang, dimana itu menjadi sebuah peran tersendiri dari taman kota yang menjadi paru-paru kota. Ketika anda berkunjung di taman ini ada dapat menikmati angin yang sejuk nan damai, selain itu di Taman Andhang Pangrenan ini sering ada acara pertunjukan pentas seni, kebudayaan dan masih banyak lagi pertunjukkan-pertunjukkan yang lainnya. Sarana yang disediakan dari taman ini pun beragam komedi putar, taman bermain anak, sepeda, kereta mini, odong-odong dan lain sebagainya.

Untuk dapat menikmati rekreasi di Taman Andhang Pangrenan, hanya memerlukan uang sebesar Rp 2.500 untuk tiket masuk. Dan ada daya tarik tersendiri, bagi anda yang mengunjungi taman ini dapat mengakses wifi secara gratis.

Museum Panglima Besar Jendral Soedirman

monumen-jenderal-soedirman

Berbicara mengenai objek wisata di Purwokerto tidak terlepas juga dari wisata edukatif yakni Monumen sekaligus Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman. Monumen ini terletak di Jl. Patimura, Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, Karanglewas Lor, Banyumas, Kabupaten Banyumas. Destinasi wisata ini cocok bagi anda yang memiliki anak kecil. Dengan berkunjung kesini dapat liburan sekaligus memperkenalkan sejarah kepada anak.

Pada monumen ini memiliki 2 lantai, pada lantai pertama diceritakan sejarah perjuangan Jenderal Soedirman untuk merebut Ibu Kota Indonesia ke Yogyakarta dan di lantai kedua yaitu patung Jenderal Soedirman yang sedang menunggangi kuda. Perunggu seberat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter menjadi material dari patung ini.

Untuk memudahkan pengunjung mengerti sejarah perjuangan Jenderal Soedirman, di lantai satu selain dipajang sebuah foto juga ditamabah dengan keterangan atau yang disebut dengan diorama. Sedangkan di patung kuda Jenderal Soedirman di bahwahnya terdapat relief-relief mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Di belakang patung ini juga terdapat Garuda Pancasila sebagai lambang negara Republik Indonesia. Bagi anda yang ingin mengunjungi monumen ini, dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 15.30 WIB. Untuk tiket masuk kisaran 3-5 ribu rupiah per orang.

Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Raykat Indonesia atau yang akrab disebut BRI ini merupakan pejelasan sejarah mengenai berdirinya Bank Rakyat Indonesia. Museum ini sendiri terletak di Jl. Jend. Soedirman No.57, Pesayangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Kab. Banyumas. Museum ini terdiri atas 3 bagian yaitu gedung bank priyayi, monumen Raden Aria Wirjaatmadja dan gedung museum.

Gedung Bank Priyayi merupakan kantor yang digunakan oleh De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren. Tempat ini dioperasikan pertama kalinya pada tanggal 16 Desember 1895. Tempat ini pun mempunyai dua bagian ruangan, yaitu ruangan khusu untuk kerja Raden Aria Wirjaatmadja sedangkan yang satunya adalah sebagai tempat para pembantu kerja sang Raden.

Monumen Raden Aria Wirjaatmadja, monumen ini didirikan untuk mengenang jasa-jasa dari Raden Aria Wirjaatmadja yang mana merupakan tokoh pencetus berdirinya bank ini. Raden Aria Wirjaatmadja merupakan patih Purwokerto.

Gedung Museum ini terbagai atas dua lantai yaitu lantai dasar dan lantai atas. Pada lantai atas ditampilkan sejarah perjalanan bank BRI sendiri dan di lantai atas ditampilkan mengenai informasi sistem keuangan bank di Indonesia dengan patung kuwera. Juga dipaparkan mengenai keterangan awal penggagas pendiri bank yaitu  Raden Aria Wirjaatmadja yaitu dari masa awal sampai saat ini. Di museum ini juga terdapat perpustkaan yang berisii mengenai buku-buka kegiatan operasional keuangan bank BRI dan arsip dokumen-dokumen penting dahulu hingga sekarang.

Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden

Mengenai wisata di daerah Purwokerto tidak terlepas dari wisata alamnya yang cukup fenomenal dan terkenal yakni wisata Baturraden, pasalnya wisata ini wisata yang ramai dukunjungi oleh wisatawan. Jarak antara wisata Baturraden sendiri dengan Kota Purwokerto adalah 7,5 km.

Lokawisata Baturraden ini merupakan paket komplit dari sebuah wisata, karena di dalamnya disuguhkan berbagai wahana seperti sepeda air, kolam renang, kolam luncur, terapi ikan, pemandian air panas. Selain itu di kawasan wisata Baturraden juga terdapat mini kebun bintanag, nah ini bisa anda jelajahi bersama keluarga anda.

Museum pun ada di wisata Baturraden ini, museum ini menyimpan teater Baturraden yang diputarkan dalam bentuk film berdurasi 10-15 menit di dalamnya memuat tentang kebudayaan, pariwisatan dan kekayaan Baturraden dan terdapat kerangka satwa Indonesia. Untuk harga tiket masuk yaitu sebesar 14 ribu rupiah, dan untuk anda yang ingin mengunjungi kebun binatang, hanya perlu menambahkan uang sebesar 8 ribu rupiah.

The Village Purwokerto

The Village Purwokerto

The Village Purwokerto ini merupakan wisata dengan kategori baru, pasalnya objek wisata ini diresmikan pada tanggal 7 Februari 2018. Wisata ini terletak di Dusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Walaupun terbilang masih sangat baru, namun wisata ini sudah banyak dikenal di masyarakat. Wisatawan banyak yang berdatangan ke The Village Purwokerto ini, karena wisata ini menyuguhkan panoraman yang indahnya bukan main.

Selain didesain sebagai wisata rekreasi, tempat ini juga merupakan wisata edukasi dimana para pengunjung akan diperlihatan mengenai seputar dunia kesenian. Tempat ini dibangun dengan luas 2,8 hektar. Bangunan The Village Purwokerto ini pun dibangun dengan sangat elegean, hal ini membuat cocok bagi anda yang merasa penat dan bosan dengan hiruk-pikuk suasana perkotaan.

Mengenai harga tiket masuk yang berlaku di hari senin-jumat yaitu 10 ribu rupiah per orang. Sedangkan di hari  sabtu-minggu yaitu 18 ribu rupiah per orang. Wisata ini dibuka dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Oh ya untuk kalian yang datang ke wisata ini pada malam hari, dan hanya untuk jalan-jalan biasa dan ngopi, anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja.

Kampung Pelangi

kampung pelangi purwokerto

Kampung Pelangi Purwokerto ini terletak di pemukiman warga tepatnya di Jl. Jend. Soedirman No.383, Brubahan, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, upaya untuk mempercantik kampung ini para warga iuran untuk membeli cat yang dimulai dari tahun 2018. Sebelumnya kampung ini RT 03 RW 07 terbilang kumuh, namun pihak elemen masyarakat berhasil mengubahnya dengan cantik yaitu disulap menjadi kampung pelangi. Indahnya warna-warnian cat yang menghiasi kampung ini, membuat masyarakat  menarik dengan berdatangan untuk sekedar mengambil foto.

Miniatur Dunia Purwokerto (Small Word)

Miniatur Dunia Purwokerto (Small Word)

Miniatur Dunia Purwokerto (Small Word) ini terletak tidak jauh dari objek wisata Baturaden, yaitu terletak di Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Purwokerto. Untuk kalian yang ingin melihat bangunan-bangunan yang masuk dalam keajaiban dunia, tidaklah perlu jauh-jauh mengunjunginya. Cukuplah datang di objek wisata yang satu ini yang berada di Purwokerto, dimana disana terdapat miniatur-miniatur kecil dunia. Wisata ini dikonsep sebagai wahana rekreasi sekaligus wahana edukasi. Untuk harga tiket masuk yaitu sebesar 15 ribu rupiah pada hari biasa dan di wekeend sebesar 20 ribu rupiah.

Museum Wayang Sendhang Mas

Museum Wayang Sendhang Mas

Museum Wayang Sendang Mas terletak di Jl. Budi Utomo No.1, Banyumas, Sudagaran, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas. Tempat ini dibuka pukul 07.00 WIB-15.00 WIB untuk hari senin-jumat dan untuk hari sabtu-minggu pukul 08.00 WIB-12.00 WIB. Untuk tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah. Nah untuk anda-anda sekalian pecinta wayang, cocok nih tempat ini untuk dikunjungi. Berbagai jenis wayang pun ada mulai dari wayang zaman dahulu samapi wayang modern. Seperti, wayang krucil, wayang golek, wayang beber, wayang kulit hingga benda-benda purbakala pun ada.

Batur Agung Mount of Fun

Batur Agung Mount of Fun

Batur Agung Mount of Fun berada di Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Harga tiket masuk wisata ini yaitu kisaran 10 ribu rupiah. Batur Agung Mount of Fun ini dibuka mulai pukul 08.00-17.00. Fasilitas yang disediakan di tempat ini beragam di antaranya yaitu flying fox, kolam pemancingan, arung jeram kali Logawa waterpark. Wisata ini tepat berada di bawah kaki Gunung Slamet, yang cocok bagi anda para pecinta outbound,

Wisata Kuliner Mendoan Khas Purwokerto

tempe-mendoan purwokerto

Jika kalian sedang berkunjung ke Purwokerto eitss…jangan lupa untuk mencicipi kuliner Purwokerto ini yaitu Mendoan, anda bisa databg langsung ke kawasan GOR Satria Purwokerto. Mendoan yang dijajakan disana memiliki rasa yang khas Purwokerto dengan kegurihannya

Dreamland Park Pancasan

Dreamland Park Pancasan

Dreamland Park Pancasan ini terletak di Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Objek wisata ini menyuguhkan kolam renang, sepeda air, ember tumpah, seluncuran. Selain itu objek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagi unggas langka, taman reptil, batu karts yang memiliki kemiripan dengan terumbu karang. Anda dapat menikmati kebebasan berwisata di Dreamland Park Pancasan ini hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Bagi anda yang mengunjungi Kota Purwokerto dan ingin menikmati wahana air, jangan lupa untuk datang ke objek wisata Dreamland Park Pancasan.

Demikian wisata-wisata hits yang ada di Purwokerto, bagi kalian para pecinta traveling, jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Purwokerto ini.


Leave a Comment