17 Rekomendasi Tempat Wisata Salatiga yang Asik untuk Mengisi Waktu Liburan

Salatiga yang merupakan salah satu kota yang termasuk ke dalam provinsi jawa tengah. Salatiga juga berada di dataran yang tinggi dan hanya mempunyai 4 kecamatan . Namun walaupun kota ini kecil, Kota Salatiga memiliki beragam destinasi wisata yang asik dan seru untuk dikunjungi bersama sanak saudara. Berikut ini rekomendasi wisata salatiga yang wajib anda kunjungi saat berada di salatiga

Atlantic Dreamland Salatiga

Atlantic Dreamland salatiga

Atlantic Dreamland berada di Jl. Seokarno Hatta No. 303, Ise-Isep, Salatiga, Jawa Tengah.wisata ini memiliki Beberapa wahana permainannya antara lain yaitu watertoys, waterboom, bombom car, flying fox, jet coaster, game center, balon loncat, water ball, sampai dengan bioskop 4 dimensi.

Wisata kopeng Salatiga

Wisata kopeng Salatiga

Wisata kopeng berda di lereng Gunung Merbabu ini mempunyai tinggi sekitar 150 meter di atas permukaan air laut.  Tempat yang segar dan sangat sejuk  sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga tercinta. Dengan memiliki berbagai fasilitas dan udara yang sejuk menenangkan, Wisata ini mempunyai pasar buah dan sayuran, rumah makan, kolam renang, penginapan. Dengan memiliki berbagai fasilitas dan udara yang sejuk menenangkan

Tlogo Plantation Salatiga

Tlogo Plantation Salatiga

Tlogo Plantation merupakan  salah satu obyek wisata alam yang ada di Salatiga.Saat datang ke obyek wisata tlago plantation ini, wisatawan dapat melakukan tour ke kebun kopi. Selain itu ada juga kegiatan berkebun yang dapat diikuti oleh anak-anak agar pengetahuan mereka bertambah. Wisata ini juga menyediakan penginapan bagi pengunjung yang akan menginap. Terdapat 22 cottage dan 15 kamar superior. 

Tempat wisata ini tersembunyi di kerimbunan pohon. Jarak antar-cotatge lumayan jauh. Jalan setapak dari tatanan batu merahmenjadi penghubungnya yang harus dilewati. Sementara untuk jalan yang lurus menggunakan paving block. Jalan lain ditutup menggunakan batu kali. Semua memberikan kesan alami.

Gunung merbabu

Gunung merbabu

Gunung merbabu berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng dari sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng dari sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di sebelah lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai Pemandangannya yang sangat indah di puncak merbabu.

Dari puncak Merbabu, kita dapat melihat keindahan lampu-lampu kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, bahkan hingga kota Semarang. Jika anda menoleh ke belakang atau arah selatan maka keindahan gunung Merapi juga terlihat sangat jelas. Apalagi  gunungnya sedang aktif, maka lelehan lahar yang menyala terlihat sangat indah dari puncak gunung Merbabu ini.

Gunung ini mempunyai ketinggian lebih dari 3000 meter . ketinggian ini termasuk yang cukup sulit didaki dan memiliki beberapa jalur yang dapat digunakan untuk menuju puncak Gunung merbabu yang indah ini.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa berada di Jalan Stasiun No. 1. Jika bagi anda yang ingin merasakan kehidupan pedesaan asli Jawa, sangat tepat jika berkunjung ke ambarawa. Selain itu, terdapat Museum Kereta Api Indonesia yang bisa anda kunjungi. Museum ini mempunyai koleksi 21 lokomotif tua dan kereta api peninggalan pada zaman Belanda.

Di museum kereta api ini Wisatawan dapat naik kereta wisata. Sayangnya kita harus sewa satu gerbong sekaligus jika ingin naik. Jadi sebaiknya bawa rombongan ya. Tiket masuk museum sangat terjangkau, hanya membayar sebesar  Rp 5.000,- per orang. Jika ingin melihat lokomotif tua, keliling naik kereta wisatanya. Tiket kereta wisata pun murah, hanya Rp 10.000,- saja perorang.

Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih berada di Jalan Hasanudin km 4, Salatiga-Kopeng. Agrowisata Salib Putih ini adalah ecopark hotel yang memiliki taman bermain, outbond, area perkemahan dan lain-lain. Udara disini sangat segar, maka penginapan ini merupakan salah satu yang sangat direkomendasikan.

Dengan Fasilitas yang lengkap dan sangat mendukung, membuat pengunjung pasti nyaman berada di sini. Kolam renang dengan pemandangan yang mempesona di sekitarnya yaitu kerlip lampu Kota Salatiga. Indahnya malam yang berhias dengan lampu-lampu dilihat dari ketinggian . Apabila anda tidak tahan menginap di Kopeng disebabkan dinginnya udara di sana, karena lokasi yang sanga strategis dan berdekatan dengan Salib Putih, mungkin anda dapat mencoba menginap di sini.

Cagar Budaya Prasasti Plumpungan

Cagar Budaya Prasasti Plumpungan

Cagar Budaya Prasasti Plumpungan berada di Jalan Batu Tulis, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Salatiga. Prasasti Plumpungan ini adalah sebuah batu tulis yang dalamnya ditulis menggunakan bahasa sansekerta yang berbunyi “Shir Astu Swasti Prajabyah” yang memilki  arti  semoga selamat dan sejahtera rakyat sekalian.

Cagar budaya Prasasti ini adalah salah satu bukti keberadaan Kota Salatiga di zaman itu. Prasasti ini juga akan dikembangkan menjadi lokasi wisata sejarah yang luasnya kurang lebih sekitar 2.765 meter persegi. Selain adanya prasasti, Daerah di sekitar Plumpungan ini dikenal juga sebagai pusat penghasil batik. Di dukuh ini ada pula wisata membatik atau belajar membuat batik Plumpungan.

Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo

Tempat wisata ini sebenarnya tidak tepat berada persis di Salatiga, tetapi lebih tepatnya berada di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Meski demikian, tempat wisata ini tak terlalu jauh dari Salatiga, kurang lebih sekitar 15 km dari kota Salatiga.

Air terjun Umbul Songo memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter yang mempunyai Panorama yang sangatlah mempesona, tak sekadar panorama yang indah tetapi juga menenangkan karena dengan udaranya yang sejuk dan segar. Sayangnya jalur untuk menuju lokasi cenderung cukup sulit dan harus berjalan kaki lumayan jauh. Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyewa kuda untuk mengantarkan hingga air terjun ubul songo ini.

Danau rawa pening

Danau rawa pening

Danau rawa pening ini memiliki kisah legenda yang konon katanya danau ini ada dari sebuah lidi yang ditarik dari tanah kemudian mengeluarkan air dan menenggelamkan sebuah desa. Danau ini masih satu kawasan dengan bukit cinta.

Di danau rawa penang ini, Anda tak hanya bisa menikmati keindahan danau hanya dengan duduk-duduk di pinggir danau saja saja, tetapi bisa berjelajahi danau yang dipenuhi dengan tanaman enceng gondok ini dengan sampan. Selain itu Anda bisa menikmati kuliner yang disajikan oleh warung-warung makan yang berjajar di sekitar pinggiran danau rawa pening ini.

Umbul sidomukti

Umbul sidomukti

Umbul Sidomukti ini memang tepatnya berada di Semarang, namun lokasinya dekat dengan Salatiga. Tempat wisata  umbul sidomukti yang berupa kolam renang ini menarik karena berada di puncak bukit sehingga airnya dingin dan masih alami. Di umbul ini, wisatawan tak hanya bisa berenang atau bermain air saja, tetapi juga bisa menikmati wahana lain seperti flying fox. Keunikan lain yang ada di tempat wisata ini adalah kolam renang yang dibangun bertingkat sesuai dengan kedalamannya.

Bukit cinta

bukit cinta

Bukit Cinta berada di desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru, Semarang dan merupakan sebuah bukit yang letaknya berada tepat di tepi Rawa Pening. Bukit cinta memiliki pemandangan yang menakjubkan serta hawa udara yang sangat sejuk. Bukit ini ccocok sekali bagi anda yang ingin bersantai . konon katanya ada sebuah mitos bahwa jika ada pasangan belum sah datang kesini maka kisah cintanya akan kandas atau berakhir. Percaya ataupun tidak, ini hanya mitos saja.

Pemandian Air Alam Muncul

pemandian air alam muncul salatiga

Pemandian Air Alam Muncul berada didesa Rawa Boni kecamatan Banyubiru, Semarang yang Jaraknya sekitar 9 km dari kota Salatig. pemandian alam muncul ini memiliki lebar sekitar 20×40 meter. Sumber yang ada di kolam ini berasal dari mata air alami yang berada di dasar kolam sehingga airnya benar-benar jernih dan segar. Di pemandian ini juga terdapat banyak ikan-ikan kecil yang berenang bebas di kolam, sehingga kesan alaminya benar-benar terasa.

Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman merupakan Wisata keluarga yang ada di Salatiga. Kolam renang  ini dikenal juga dengan sebutan nama Kolam Renang Kali Gedong.. Kolam renang ini juga merupakan kolam renang yang paling tua di Salatiga. namun Sangat di Sayangkan lokasi ini masih belum mempunyai fasilitas yang lengkap, jadi hanya ada kolam renang saja yang ada di tempat ini, belum dikembangkan. 

Tetapi fasilitas dilengkapi  kolam renang untuk dewasa, kolam renang untuk anak-anak, ruang ganti, ruang bilas, papan loncat indah, ruang tunggu dan kantin. Yang menariknya lagi kolam ini pernah dijadikan salah satu arena kejuaraan Pekan Olahraga Nasional sekitar pada tahun 1948.

Sumber Mata Air Senjoyo

Sumber Mata Air Senjoyo

sumber mata air sunjoyo ini berada di Kabupaten Semarang dan dekat dengan Salatiga. Lokasi mata air ini lebih ramai pada sore hari dan dapat juga puas mandi di Mata Air Senjoyo ini . letak Daerah wisata mata air ini meliputi lereng Timur Gunung Merbabu, yang merupakan daerah resapan porus dengan luas skitar 40 km2, yang menyimpan air hujan selama musim hujan dan dikeluarkan di Mata Air Senjoyo dan memiliki keindahan mata air yang sangat jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini dan tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

Arrowhead Park

Arrowhead Park

Tempat wisata arrowhead ini berada di Salatiga yang lokasinya di tengah pedesaan Tegal Waton. Ketika berwisata ke arrowhead park akan disajikan pemandangan berupa alam pedesaan yang masih sangat asri, hijau, rindang, dan bebas polusi, tidak seperti di kota besar yang sudah tercemar oleh asap dari kendaraan bermotor ataupun industri. Bagi wisatawan yang ingin merasakan berkuda, dapat datang ke lokasi wisata Arrowhead Park ini . karena  Ada kuda yang dilatih khusus oleh para staf disini.

Desa Wisata Tingkir Lor

Desa Wisata Tingkir Lor

Desa Wisata Tingkir Lor  memiliki nilai sejarah karena inilah lokasi tempat tinggal dari Jaka Tingkir. Jaka tingkir adalah Pemuda yang dahulu pernah menjadi Sultan Kasultanan Pajang. Peresmian desa ini dilakukan pada tahun 2014 dan masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di sini antara lain adalah belanja pakaian atau kemeja dengan harga yang cukup relatif terjangkau, oleh-oleh khas dari Salatiga atau atraksi kesenian daerah yang disebut dengan drumblek. Atraksi ini tergolong unik karena adanya kemiripan dengan drumband akan tetapi alat yang dipakai adalah blek atau kaleng bekas.

Wisata Budaya

Beberapa event budaya yang ada di Salatiga ini antara lain adalah suran Ki Hajar Sampurno yang dilaksanakan tiap tanggal 1 suro, saparan, tirakatan hari jadi (23 Juli), kirab budaya hari jadi (24 Juli). Istilah pariwisata di tengah gelombang abad ke-21 yang masih cukup populer dan marketable. Terlebih persoalan pariwisata terkait dengan kebudayaan.

Sejumlah pakar budaya mensinyalir bahwa teori Alvin Toffler yang terkenal dengan istilah The Third Wave atau gelombang ketiga, yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah menjadi kenyataan. Sebagaimana kemajuan peradaban sebelumnya di bidang pertanian dan industri.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota salatiga yang menarik untuk dikunjungi cocok digunakan sebagai kegiatan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga atau teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *