10 Wisata Semarang yang Asyik & Keren untuk Dikunjungi Terpopuler 2020

Semarang adalah Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah ini masuk dalam kategori kota metropolitan terbesar urutan kelima di Indonesia setelah Kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Medan dan Kota Bandung. Wilayah Kota Semarang adalah wilayah yang strategis dan merupakan tempat roda perekonomian nasional. Saat ini Kota Semarang semakin memperlihatkan perkembangannya, mulai dari berbagai pembangunan gedung-gedung tinggi, tempat wisata yang selalu dikelola dengan baik dan adanya pembaharuan pada objek wisata.

Kota Semarang memiliki banyak objek wisata yang terkenal dan hits dikalangan masyarakat Indonesia. Wisata yang ada di Kota Semarang seperti wisata alam, wisata bersejarah, wisata kuliner, wisata keluarga, wisata malam, wisata religius sudaah menjadi wisata favorit wisatawan lokal dan wisatawan asing. Semarang juga terkenal akan gedung-gedung tua yang masih berdiri tegak di sudut kota ini. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa tempat wisata Semarang yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Semarang.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah salah satu wisata sejarah yang saat ini masih hits dan banyak dikunjungi wisatawan. Karena rasanya tidak sah jika kamu sedang berada di Semarang tapi belum menginjakkan kaki mu ke Lawang Sewu. Lawang Sewu sendiri merupakan objek wisata berupa bangunan bersejarah. Karena bangunan ini dulunya digunakan sebagai kantor administrasi NIS (Nederlandsch-Indische Spoorweg).

Kantor ini adalah kantor perusahaan kereta api swasta yang ada pada masa Hindia Belanda. Alasan kenapa objek wisata ini diberi nama Lawang Sewu, karena pada bangunan peninggalan Belanda ini memiliki banyak jendela besar yang terlihat seperti pintu. Jadi bukan berarti nama gedung ini Lawang Sewu, gedung ini memiliki seribu pintu ya. 

Jika kamu berkunjung ke Lawang Sewu kamu tidak hanya akan mendapatkan pelajaran tentang sejarah tapi kamu juga bisa menikmati bangunan ini sebagai objek foto. Karena bangunan ini memiliki keunikan sendiri, karena merupakan bangunan lama. Untuk dapat masuk ke objek wisata Lawang Sewu kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000.

Karena gedung ini sangat luas dan besar, terkadang ada beberapa wisatawan yang menyewa jasa tour guide untuk menjelajahi ruang-ruang yang ada di Lawang Sewu. Jika memakai jasa tour guide kamu cukup membayar Rp30.000 saja. Tapi jika kamu ingin menjelajahi Lawang Sewu tanpa tour guide juga tidak masalah, hal ini tidak akan mengurangi keseruan kamu dalam menjelajahi Lawang Sewu.

Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

Kota Lama

Kota Lama semarang

Jika Ibu Kota Jakarta memiliki objek wisata Kota Tua, maka Semarang memiliki objek wisata Kota Lama. Objek wisata Kota Lama Semarang dulunya adalah sebuah pusat perdagangan pada abad 19-20. Kota Lama menyimpan banyak sejarah didalamnya. Di penuhi dengan bangunan-banguna tua nan megah peningalan Belanda, objek wisata ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting film Ayat-Ayat Cinta.

Bangunan yang identik dengan jendela-jendela besar khas Eropa dan bentuk atap bangunan yang unik membuat objek wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi. Kamu juga akan menemukan banyak sekali tempat yang bisa dijadikan spot fotomu. Objek wisata Kota Lama Semarang ini terletak di Jalan Letjen Suprapto.

Jl. Letjen Suprapto, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50000

Kampung Pelangi

kampung-pelangi-semarang

Pasti kamu sering melihat foto kampung pelangi ini di feed Instagram kan? Kampung Pelangi merupakan salah satu objek wisata yang sedang hits saat ini. Kampung pelangi sendiri dulunya adalah kampung yang kumuh dan kotor, kemudian kampung ini disulap menjadi kampung yang cantik nan unik.

Rumah warga yang ada di kampung ini di cat warna warni, seperti dinding rumah dicat dengan warna kuning, kemudian atapnya juga dicat. Hal ini lah yang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kampung pelangi ini. Selain itu, berfoto dengan latar belakang Kampung Pelangi adalah yang paling menjadi favorit wisatawan. Selain di Semarang ada juga kampung pelangi lainnya yang tidak kalah keren dan indah yakni ada di kota Purwokerto

Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

Brown Canyon

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar nama Brown Canyon? Kamu teringat dengan objek wisata Grand Canyon yang ada di Amerika? Untuk melihat keindahan tebing terjal dan tinggi kamu tidak perlu jauh-jauh ke Amerika, karena di Indonesia terdapat objek wisata yang sama yaitu Brown Canyon.

Brown Canyon adalah salah satu objek wisata Semarang yang wajib kamu kunjungi. Karena objek wisata satu ini menyimpan pesona alam yang cantik. Kamu akan disuguhkan pemandangan tebing-tebing cokelat yang menjulang tinggi. Bagi kamu yang menyukai fotografi, Brown Canyon sangat cocok dijadikan objek potretan mu. 

Brown Canyon terletak di wilayah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Objek wisata ini dekat dengan stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen. Saran dari kami ketika kamu ingin mengunjungi objek wisata ini, kamu lebih baik datang saat jam kerja telah usai. Karena Kawasan ini merupakan tempat proyek galian yang sudah diluncurkan 10 tahun lalu.

Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50279

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung merupakan salah satu wisata religi yang ada di Semarang. Masjid Agung memiliki arsitektur yang megah pada bangunan masjidnya. Gaya arsitektur yang diterapkan pada Masjid Agung semarang di mix dengan arsiektur JAwa, Roma dan Arab. Pada masjid ini kamu akan melihat motif batik yang terdapat pada bangunan, motif ini dipakai untuk memperlihatkan seni tradisional masyarakat Jawa.

Selain motif batik, ukiran-ukiran kaligrafi yang menjadi kekhasan arsitek Timur Tengah menambah kemegahan Masjid Agung ini. Yang lebih unik lagi adalah, pada bagian serambi masjid ditambahkan payung-payung hidrolik raksasa yang bisa menutup dan membuka secara otomatis, mirip seperti di Madinah ya.

Desain interior yang dipakai untuk menambah kemegahan masjidnya ini adalah desain yang di adaptasi dari arsitektur khas Roma. Untuk bisa menikmati kemegahan Masjid Agung ini kamu bisa langsung datang ke Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. 

Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

wisata-kebun-durian semarang

Jika kamu sedang berlibur dengan keluarga ke Semarang, wisata satu ini sangat cocok untuk dijadikan wisata keluarga. Kebun durian yang ada di wisata ini sudah ada sejak tahun 1989. Sebelumnya kebun ini bukan merupakan tempat wisata agronomi, tapi sejak tiga tahun belakangan barulah wisata ini dijadikan sebagai tempat wisata. Saat memasuki Kawasan wisata ini, kamu akan disuguhkan pemandangan pepohohan sangat banyak.

Untuk menelusuri kebun nan luas ini, kamu akan berjalan di jalan setapak. Di sini kamu bisa makan buah durian langsung di kebunnya. Ada sekitar 50 jenis durian yang bisa kamu nikmati di sini.  Pilihan durian yang sangat bervariasi seperti daging buah durian yang tebal, adapula jenis durian glewer yang memiliki rasa sangat manis namun agak sedikit pahit. Selain menikmati buah durian kamu juga bisa menikmati wisata .

Museum Rekor Indonesia

Museum Rekor Indonesia

Setelah berwisata ke gedung-gedung bersejarah dan menikmati enaknya makan durian di kebun durian, kamu bisa mampir ke Museum Rekor Indonesia. Di Museum Rekor Indonesia ini kamu bisa mengenalkan hal-hal baru ke anak-anak. Di Museum ini kamu akan mendapati rekor Muri lipstic terbesar di Indonesia. Kamu akan menemukan berbagai rekor yang berhasil dicapai.

Ada beberapa rekor yang disajikan dalam bentuk foto dan juga bentuk dokumen. Sangat menarik bukan? Untuk melihat berbagai rekor yang sudah tercapai kamu bisa datang langsung ke Museum Rekor Indonesia yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263

Hutan Wisata Penggaron

Hutan Wisata Penggaron

Pemandangan alam memang selalu mampu membuat kita ketagihan untuk melihatnya lagi. Jika kamu bosa dengan wisata yang terletak di tengah kota yang padat, Semarang memiliki objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Hutan Wisata Penggaron merupakan hutan wisata yang dikelola oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutan Unit I Jawa Tengah. Hutan Wisata ini memiliki luas sekitar 500n hektar.

Jika kamu berkunjung ke hutan wisata Penggaron kamu bisa melakukan aktivitas seperti jungle trackng, outbound training, latihan SAR, pramuka, rekreasi, penelitian dan untuk wahana edukasi. Selain aktivitas itu kamu juga bisa melakukan prewedding, camping dan berfoto ria dengan spot alam yang sangat eksotis. Untuk masuk ke Kawasan Hutan Wisata Penggarong kamu cukup membayar Rp6.000/orang dan membayar tiket parkir Rp2.000 hingga Rp3.000.

Desa Susukan, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Susukan, Kec. Ungaran Tim., Semarang, Jawa Tengah 50516

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti

Umbul sidomukti

Jika kamu membutuhkan tempat untuk rehat dari segala penat, wisata satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Tempat yang sangat nyaman dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang alami yang air nya berasal dari mata air pegunungan. Kawasan ini berada di bawah kaki gunung ungaran dengan memiliki ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Kawasan wisata Umbul Sidomukti menyuguhkan pemandangan panorama keindahan kaki Gunung Unggaran sekaligus pepohonan yang hijau dan menyegaran.

Selain fasilitas kolam berenang kamu juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti flying fox, marine bridge, highest triangle, ATV, sewa kuda, taman berani, paralayang, camping ground. Untuk bisa menikmati fasilitas yang disediakan kamu harus membayar lagi ya, tarif yang dikenakan mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000. Kawasan wisata

Umbul Sidomukti berlokasi di daerah Blanten Lor, Jetis, Bandungan Semarang, Jawa Tengah.

Jembatan Harapan

 Jempatan Harapan merupakan kafe yang berdiri di atas danau. Objek wisata ini biasa disebut sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah. Pada objek wisata ini terdapat dua Gazebo yang tersaling terhubung karena adanya jembatan panjang. Nuansa sekitar yang disuguhkan oleh objek wisata ini adalah nuansa romantic karena kamu bisa mendapatkan pemandangan danau yang tenang dan pepohonan yang hijau dan segar.

ketika kamu mengunjungi jembatan harapan pada saat malam hari, kamu akan disuguhkan pemandangan lampu-lampu yang menghiasi jembatan dan gazebo. Jembatan harapan sangat cocok dijadikan sebagai spot-spot foto yang instagramble. Kamu juga bisa memesan makanan disini sambil menikmati suasana yang ada di sekitar.

Jika berkunjung ke Semarang kamu tidak perlu bingung memilih tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi. Kami sudah memberikan rekomendasi tempat wisata Semarang yang hits dan kekinian dan wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke Semarang.  Selamat Liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *