35+ Destinasi Wisata Sleman Seru yang Lagi Hits 2020

Destinasi tempat wisata di Sleman tidak kalah dengan daerah lainnya di Jogja. Ada banyak sekali tempat wisata yang bagus dan seru untuk dikunjungi. Beberapa destinasi wisata yang hits di media sosial berada di Kabupaten Sleman seperti misalnya Gunung Kidul dan Bantul.

Sesuai dengan slogannya yakni “Amazing Sleman” Kabupaten Sleman menyiman destinasi wisata yang “Amazing” seperti contohnya adalah lereng Gunung Merapi. Keberadaan Gunung Merapi yang masih aktif hingga saat ini sangat mempengaruhi kondisi geografis di wilayah ini. Selain itu Kabupaten Sleman juga terkenal dengan banyak nya Candi yang tersebar diberbagai daerah.

Selain didominasi dengan wilayah pegunungan di sisi sebelah utara Sleman, Kondisi alam yang ada berpotensi untuk dikembangkan. Tak ayal jika akhir akhir ini banyak bermunculan wisata wisata baru yang hits di media sosial, seperti Stonehenge Cangkringan, Merapi Park, Bukit Teletubbies, dan The Lost World Castle Jogja.

Selain Kawasan Gunung Merapi yang Indah, yang tak kalah menarik yakni dengan adanya situs bersejarah Candi Prambanan yang menjadi salah satu tempat favorit ketika berkunjung ke Sleman. Destinasi ini sangat populer tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung, melainkan hingga mancanegara rela datang ke sini hanya untuk melihat keindahan relief yang ada di Candi Prambanan. Bisa dibilang destinasi ini termasuk wisata yang diunggulkan di Sleman.

Itu tadi baru secuil dari destinasi wisata yang di Kabupaten Sleman, masih ada banyak lagi destinasi yang seru untuk dikunjungi. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah kumpulan tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

1. Kampung Teletubbies

Jam Buka : Setiap Hari

Tiket Masuk : –

Sobat traveler yang dilahir di tahun 90-an pasti tidak asing lagi dengan serial Teletubbies bukan ? Serial yang senantiasa menemani masa kecil kalian dulu.

Dikabupaten Sleman terdapat kampung yang dekorasinya mirip dengan yang ada di serial tv Teletubbies. dengan berkunjung kesini sobat traveler bisa merasakan langsung sensasi yang ada pada serial Teletubbies sambil bernostalgia masa kanak kanak dulu.

Dikampung ini sobat traveler bisa menemukan berbagai macam spot yang menarik untuk dijadikan spot berfoto, seperti misalnya Bukit Teletubbies ( rumah dome / kubah yang mirip dengan bukit ).

Karena tempatnya yang berbentuk kampung sobat traveler bisa mengunjungi tempat ini kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk alias GRATIS.. TISS..

Tapi ingat ya sobat, ketika mengunjungi tetap selalu menjaga adab dan etikanya yaaa.

Lokasi objek wisata kampung teletubbies berada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

2. Candi Prambanan

Jam Buka : Setiap Hari

Tiket Masuk : Rp 40.000,00 (lokal)

Candi Prambanan merupakan salah satu wisata ikonik di Sleman yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya wisatawan lokal saja melainkan wisatawan mancanegara juga berdatangan kesini. Destinasi wisata ini menawarkan daya tarik berupa Candi Hindu kuno yang sarat akan legenda dan keindahan arsitektur candinya. Tidak heran jika Candi Prambanan diberi gelar sebagai “Situs Bersejarah Warisan Dunia” oleh UNESCO.

Berdasarkan catatan sejarah, Candi Prambanan dibangun pada abad ke 9 Masehi. Hebatnya, walaupun sudah berusia lebih dari 1000an tahun, bangunan candi masih berdiri kokoh sampai sekarang. Tidak kelihatan seperti bangunan tua pada umumnya.

Didunia perwisataan sendiri Candi Prambanan merupakan salah satu ikon kota Yogyakarta. Konon saking terkenalnya wisata ini banyak yang bilang jika belum afdhol rasanya bila berwisata ke Yogyakarta namun tidak mengunjungi Candi Prambanan.

Untuk lokasinya Candi Prambanan terletak di daerah Krangan, Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Kecamatan Prambanan. Objek wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Diwaktu-waktu tertentu terutama jika ada event jam operasional bisa sampai malam hari.

Nah, bagi sobat traveler yang berkeinginan untuk mengunjungi Candi Prambanan kalian harus merogoh kocek sebesar Rp 40.000 untuk tiket masuknya. Untuk wisatawan dari luar negri sedikit lebih mahal tiket masuknya

3. Candi Ratu Boko

Jam Buka : Setiap Hari 08.00 – 17.00

Tiket Masuk : Rp. 40.000,00

Pernah menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2 ? Film yang dibintangi oleh aktor terkenal Nicholas Saputra dan Dian Sastro Wardoyo. Pasti tidak asing dong lokasi ini. Yup, Candi Ratu Boko merupakan salah satu tempat lokasi pengambilan syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2.

Lokasi Candi Ratu Boko tidak terlalu jauh dengan Candi Prambanan. Berdasarkan catatan sejarah yang ada candi ini dulunya daerah kekuasaan Kerajaan Ratu Boko. Ratu Boko sendiri merupakan ayah dari Roro Jonggrang. Jika dibanding kan dengan Candi Prambanan kemegahan Candi Ratu Boko memang belum ada apa apanya.

Beberapa bagiaan yang di kawasan Candi Ratu Boko sudah mengalami kerusakan. Konon katanya, kerusakan tersebut akibat dari sisa sisa peperangan pada masa era kerajaan dulu. Mengingat dulunya kompleks ini merupakan kawasan benteng peperangan.

Lokasinya berada di Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kab Sleman, DIY. Jika anda sedang berada di Candi Prambanan tidak ada salahnya untuk sekalian mampir kesini karena jaraknya yang tidak berjauhan kurang lebih 3KM dan dapat ditempuh dalam kurun waktu 10 menit saja menggunakan kendaraan bermotor.

Pada hari hari biasa wisata ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Waktu yang disarankan untuk pergi kesini yaitu pada pagi hari atau sore hari waktu ketika matahari tidak terlalu terik. Untuk tiket masuknya sendiri dibanderol dengan harga Rp 40.000.

4. Candi Kalasan

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp. 2000,00 \ Anak-anak Rp. 1000,00

Tempat wisata selanjutnya yaitu Candi Kalasan. Jika dibandingkan dengan Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko memang popularitas Candi Kalasan memang kalah. Namun, bukan berarti objek wisata ini tidak layak untuk dikunjungi lo yaa.

Bahkan diwaktu-waktu terkadang akan jauh lebih nikmat untuk mengunjungi Candi Kalasan dibanding Candi Prambanan atau Candi Ratu Boko. Kenapa ? Karena diwaktu waktu tertentu, terutama pada waktu liburan tiba kawasan wisata Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko akan ramai oleh pengunjung. Nah, diwaktu tersebut akan jauh lebih baik berkunjung ke Candi Kalasan yang pengunjung nya tidak terlalu ramai.

Berdasarkan catatan sejarah yang ada Candi Kalasan merupakan bangunan candi tertua yang ada dikawasan Yogyakarta. Jadi bagi sobat traveler yang hobi akan mempelajari dan mendalami situs sejarah maka objek wisata ini wajib masuk kedalam list daftar perjalananmu ketika berkunjung ke Kabupaten Sleman.

Untuk lokasinya sendiri Candi Kalasan terletak di Desa Kalasan, Kecamatan Prambanan, Kab Sleman, DIY

5. Candi Ijo

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,00

Masih disekitar daerah Prambanan, ada satu lagi candi yang tidak kalah bagus untuk dikunkungi yaitu Candi Ijo. Berdasarkan catatan sejarah Candi ini didirikan pada kisaran abad 7 sampai 8 Masehi, walaupun sudah lama namun bangunannya masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Jika dilihat sekilas bangunan Candi Ijo mempunyai bentuk yang mirip dengan Candi Kalasan dan Candi Prambanan. Bedanya, ukuran Candi Ijo mempunyai ukuran yang lebih kecil selain itu jumlah bangunan candinya juga lebih sedikit.

Waktu yang tepat untuk berkunjung kesini yaitu pada waktu sore hari. Banyak orang berkunjung kesini untuk berkumpul bersama teman sambil menikmati sunset disore hari. Spot foto yang disajikan juga tak kalah indah. Tak ayal jika tempat ini menjadi tempat favorit sobat senja untuk menikmati sunset sambil merangkai kata kata bijak.

Tiket masuk yang murah dan terjangkau juga menjadikan faktor utama tempat ini banyak dikunjungi. Kalian cukup merogoh kocek sebesar 5000 saja per orang nya.

6. Candi Sari

Jam Buka : Setiap Hari (Pagi-Sore)

Tiket Masuk : Rp 2000,00

Masih seputar wisata candi, yang berikutnya ini yaitu Candi Sari. Candi ini terbilang cukup unik, jika bangunan candi pada umumnya cenderung tidak memeliki ruangan. Candi sari terdapat sekat sekat ruangan didalamnya. Sebab dulunya jadi ini dijadikan sebagai vihara tempat tinggal/asrama para biksu.

Berdasarkan catatan sejarahnya candi ini dibangun pada kisaran abad 8 Masehi dan merupakan candi peninggalan agama Buddha.

Untuk lokasinya sendiri, candi ini terletak di Dusun Bendan, Desa Tirtamani, Kec Kalasan, Kab. Sleman, DIY. Candi ini dapat dikunjungi setiap hari dari pagi sampai sore dengan hanya merogeh kocek sebesar Rp. 2000,00 per orang nya

7. Candi Sambisari

Jam Buka : Setiap Hari ( Pagi – Sore )

Harga Tiket Masuk : Rp 3000,00 / Orang

Masih ada wisata candi di Sleman yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Candi Sambisari. Masih satu komplek dengan Candi Sari dan Candi Kalasan. Letak nya yang tidak begitu jauh membuat sobat traveler bisa langsung sekaligus mengunjungi ketiga candi tersebut.

Candi yang satu ini sedikit berbeda dengan candi lainnya. Jika candi pada umumnya dibangun pada posisi yang tinggi, Candi Sambisari justru malah dibangun dilokasi yang lebih rendah daripada tanah disekitarnya.

Komplek candi Sambisari ini terdiri atas satu candi induk dan tiga candi pendamping. Didalam nya juga terdaoat mini museum yang menceritakan sejarah Candi Sambisari. Suasananya yang tenang dan panorama yang cukup indah cocok buat kalian yang ingin sekedar menghirup udara segar dan menenangkan diri. Selain itu sobat traveler juga bisa menikmati tenggelamnya sang fajar dari pinggiran candi.

Untuk lokasi detailnya, Candi Sambisari terletak di JL. Candi Sambisari, Puromartani, Kalasan, Kab. Sleman, DIY

8. Candi Banyunibo

9. Desa Wisata Kaliurang

Setelah tadi mengulas candi-candi yang ada di Kabupaten Sleman, mari beralih menuju ke tempat yang lebih tinggi dikawasan Sleman. Yang pertama adalah desa Wisata Kaliurang. Desa wisata kaliurang merupakan desa wisata yang terletak dibawah kaki Gunung Merapi.

Di desa wisata ini sobat traveler bisa dapat melakukan berbagai macam aktivitas seru seperti berkendara dengan sepeda motor trail, sensai off road dengan menggunakan mobil Jeep, sampai dengan melihat indahnya puncak Gunung Merapi. Semuanya bisa kalian lakukan di desa wisata ini.

Karena letaknya yang berada di daerah dataran tinggi, suhu udara disini cukup dingin. Maka dari itu kami sarankan jika ingin berkunjung ke desa Wisata Kaliurang untuk pergi dalam kondisi yang sehat dan menggunakan pakaian tebal supaya tubuh tidak kedinginan.

10. Objek Wisata Kali Kuning

Masih di daerah kawasan kaki Gunung Merapi, ada satu objek wisata yang menawarkan daya tarik utama berupa view alam yang indah dan juga menjadi saksi bisu atas peristiwa dahsyatnya letusan Gunung Merapi.

Objek wisata ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat camping bersama teman atau keluarga. Bagi sobat travaler yang mempunyai hobi photography, view yang disuguhkan juga bisa menjadi bahan hunting foto kalian.

Bagi kalian pasangan muda mudi yang sedang bingung mencari tempat spot foto Pre Wedding, mungkin disini bisa menjadi pilihan sebab lokasinya yang bagus dan mudah dijangkau

11. Museum Gunung Merapi

Ingin tahu bagaimana jejak bekas peninggalan peristiwa meletusnya Gunung Merapi di tahun 2010 silam ? Jika ya, silahkan berkunjung ke meseum ini.

Didalamnya sobat traveler bisa melihat berbagai macam hal yang terkait dangan peristiwa meletusnya Gunung Merapi. Dari mulai foto foto sampai benda-benda milik juru kunci kondang Mbah Maridjan, semuanya bisa anda lihat disini.

Untuk lokasinya sendiri, Museum Gunung Merapi terletak di Desa Harjobinangun, Kec Pakem, Kab Sleman, Yogyakarta. Dari daerah Kaliurang tidak begitu jauh, hanya kisaran 5KM dan dapat ditempuh dalam kurun waktu 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

12. Kampung Kinahrejo

Kinahrejo adalah nama sebuah dusun di kaki Gunung Merapi. Kampung ini dianggap spesial sebab, kampung ini dulunya merupakan kampung tempat tinggal sang juru kunci yaitu Mbah Maridjan.

Saat Gunung Merapi meletus pada tahun 2010 lalu, kampung ini sempat hancur rata dengan tanah. Setelah 8 tahun setelahnya kampung ini sudah direnovasi dan kembali ditinggali oleh masyarakat seperti biasa.

Salah satu bagian yang menarik saat berkunjung ke sini yaitu sobat traveler bisa mengunjungi dan melihat langsung bangunan tempat kediaman rumah Mbah Maridjan dulu.

Dibangunan tersebut kalian bisa melihat sisa lava yang telah membeku dan ada juga tumpukan barang barang bekas peninggalan Mbah Maridjan yang telah rusak akibat terkena lava dan debu panas.

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut lokasi tempat dusun Kinahrejo berada di Desa Umbulharjo, Kec Cangkringan, Kab. Sleman. Dusun ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk alias gratis.

13. Batu Alien Cangkringan

Masih di daerah kawasan Cangkringan, ada satu objek wisata unik yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu wisata Batu Alien Cangkringan. Objek wisata ini dinamai wisata batu alien sebab terdapat sebongkah batu besar yang berbentuk aneh dan masyarakat sekitar menganggap itu adalah barang peningalan alien.

Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini, wisatawan biasanya hanya singgah sejenak untuk berfoto dengan “batu alien” tersebut dengan view Gunung Merapi yang dapat terlihat jelas dari sini. Jika sobat traveler sedang ada di Cangkringan dan ingin singgah sejenak disini wisata ini terletak di Dusun Jambu, Desa Kepuharjo, Kec Cangkringan, Kab. Sleman.

Waktu terbaik saat berkunjung kesini yakni saat musim kemarau. Yaitu ketika Gunung Merapi dapat terlihat jelas tidak tertutup kabut dan awan.

14. Stonehenge Cangkringan

Anda pasti sudah tidak asing dengan objek wisata Stonehenge yang ada di Inggris bukan ? Tidak perlu jauh jauh pergi ke Inggris untuk dapat pergi ke tempat tersebut. Di Sleman, ada objek wisata yang mirip dan oleh pengelolanya diberi nama serupa yaitu, Stonehenge Cangkringan.

Di objek wisata ini kalian dapat berfoto dengan latar belakang bebatuan besar yang telah disusun sedemikian rupa sehingga mirip dengan objek wisata Stonehenge yang ada di Inggris. Orang yang tidak tahu pasti akan mengiri itu diluar negri, padahal di Indonesia juga ada tempat yang serupa.

Jika klen tertarik dan ingin mengunjungi tempat ini, kalian bisa datang ke Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab Sleman, DIY.

15. Bukit Klangon Merapi

Sobat traveler ingin berfoto view Gunung Merapi yang terlihat dengan jelas? Sekarang tidak perlu repot repot mendaki ke Gunung Merapi untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Di desa Glagaharjo, Kec Cangkringan, kab Sleman, DIY, ada sebuah objek wisata yang menawarkan sensasi berfoto dengan view Gunung Merapi. yaitu bernama wisata Bukit Klangon Merapi. Dari situ klen bisa melihat secara langsung mulut puncak Gunung Merapi yang pernah memuntuhkan material lava pada tahun 2010 silam.

Jika dibandingkan dengan objek wisata yang lain, wisata ini masih tergolong baru. Walaupun begitu fasilitas yang ada sudah tergolong cukup lengkap. Mulai dari tempat untuk berteduh, toilet, tempat makan, sampai dengan gardu pandang semuanya sudah tersedia dan dapat digunakan oleh pengunjung.

Dihari libur atau akhir pekan, wilayah ini sering digunakan untuk tempat Camping, klen bisa berkunjung kesini kapanpun sebab objek wisata ini buka 24 jam non stop

Nah, mumpung masih baru, segera buat rencana trip kesini sebelum nantinya ramai oleh pengunjung.

16. Lava Tour Merapi

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket : Rp 350.000/jeep untuk rute pendek | Rp 450.000/jeep untuk rute menengah \ Rp 650.000/jeep untuk rute panjang

Selanjutnya yaitu wisata yang ada di daerah cangkringan yang bernama Lava Tour Merapi. Wisata ini menawarkan pengalaman advanture yang penuh tantangan. Sedikit berbeda dengan wisata wisata yang sudah kami paparkan sebelumnya, wisata yang ini sedikit agak ekstrem dan menguji adrenalin kalian.

Di tour ini, sobat traveler bakal diajak keliling kaki Gunung Merapi dan yang seru adalah klen bakal keliling dengan menggunakan mobil off road. Jalur yang naik turun dan menyusuri sungai akan membuat perjalanan semakin seru.

Untuk memacu adrenalin pengunjung, pihak pengelola menyediakan paket khusus perjalanan dini hari dan dimaksudkan untuk mengajak pengunjung untuk menikmati sensasi sunrise di kaki Gunung Merapi.

Namun, untuk bisa menikmati pengalaman seru dan luar biasa ini klen harus mengeluarkan biaya yang lumayan menguras kantong yaitu mencapai ratusan ribu rupiah. Yahhh sekali seumur hidup gapapa kali yah mencoba wisata adrenali seperti ini. Tidak bakal menyesal jika berkunjung ke sini karena klen bakal mendapatkan pengalaman seru dan mungkin pertama kali seumur hidup.

Nah, jika klen ingin mencoba sensasi off road di kaki Gunung Merapi, klen bisa mengikuti tour di daerah Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kec Cangkringan, Kab, Sleman, DIY

17. Lava Bantal

Destinasi wisata di Sleman yang selanjutnya adalah Lava Bantal, Objek wisata ini diberi nama Lava Bantal karena dulunya tempat ini menjadi jalur perlintasan muntahan lava pijar Gunung Merapi. Salah satu bagian paling menarik yaitu aliran sungai yang ada disitu. Aliran sungai yang pernah menjadi jalur perlintasan lava pijar ini sangat jernih, segar, dan dingin. Aliran sungainya lumayan deras, jadi berhati hati jika hendak mandi, atau sekedar bermain air disana.

Lokasi wisata ini berada di Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kab Sleman, DIY

18. The World Landmarks Merapi Park

Jam Buka : Setiap hari ( Pagi – Sore )

Harga Tike Masuk : Rp. 15.000,00

Beralih ke wisata edukasi, ada satu tempat di Sleman yang menawarkan ikon wisata dari berbagai pelosok dunia, yaitu bernama The World Landmarks Merapi Parks. Disini klen bisa merasakan sensasi mencoba destinasi wisata yang ada di berbagai macam negara seperti Menara Eiffel di Paris, Menara Pisa di Itali, hingga kincir angin khas yang ada di Belanda atau menara Big Ben yang ada di London.

Tempat ini cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Klen bisa sekalian mengenalkan pengetahuan baru ke anak-anak. Untuk tiket masuknya sendiri cukup ramah dikantong, klen cukup membayar Rp 15.000,00 per orang untuk tiket masuknya. Wisata ini terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, DIY

19. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Jam Buka : Setiap Hari ( Pagi – Sore )

Harta Tiket Masuk : Rp 3000 / Orang

Objek wisata yang selanjutnya yaitu Taman Gardu Pandang Kaliurang yang belakangan ini cukup ramai oleh pengunjung sebab masih terbilang baru. Disini klen sobat traveler bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dari ketinggian berbarengan dengan view Gunung Merapi yang tak kalah menakjubkan.

Banyak spot spot selfie kekinian yang bisa klen coba satu persatu lengkap dengan atribut atribut penunjang sehingga foto akan tampak lebih keren. Jika sedang beruntung, klen bisa sekalian menyaksikan pagelaran Festival of Light yang sangat indah

Nah, jika ingin berkunjung kesini, lokasi ini berada di Kalirang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kab Sleman, Yogyakarta

20. Goa Jepang

Wisata Sleman yang selanjutnya yakni Goa Jepang yang berlokasi di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kec Berbah, Sleman, Yogyakarta. Goa ini dulunya digunakan oleh para sekutu pasukan Jepang untuk bersembunyi dari serangan musuh. Secara total keseluruhan terdapat 25 Goa.

Karena peperangan telah usai maka seluruh Goa tersebut sudah tidak difungsikan sebagai tempat untuk bersembunyi dan dapat dikunjungi kapan saja oleh wisatawan. Namun perlu diperhatikan, tempatnya agak gelap dan berada diperhutanan alangkah lebih baik untuk kesana dengan membawa penerangan dan tidak pergi pada waktu sudah gelap

21. Agrowisata Bumi Merapi

Jam Buka : Setiap Hari ( Pagi – Sore )

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000 / Orang

Masih dikawasan daerah dataran tinggi, wisata sleman yang selanjutnya yaitu Agrowisata Bumi Merapi. Tempat ini cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga dan kerabat. Klen bisa bermain sambil menjelajahi kekayaan Gunung Merapi

Disini, nantinya anak anda akan diajak untuk bagaiman cara bercocok tanan, beternak, bahkan berkuda. Lokasinya yang menyatu dengan alam membuat suasana belajar menjadi lebih seru dan anak-anak akan dapat menyerap dengan baik

Salah satu objek yang menarik disini adanya Rumah Hobbit, rumah mungil yang ada di film Lord of The Ring. Wisatawan bisa merasakan sensasi berada di Film Lord of The Ring sambil berfoto ria.

22. Objek Wisata Monumen Jogja Kembali (MONJALI)

Jam Buka : Selasa – Minggu ( 08.00 – 17.00 WIB )

Harga Tiket Masuk Monjali : Rp. 10,000 / Orang

Nah, jika sebelum sebelumnya objek wisata sleman yang berada di kawasan dataran tinggi, sekarang mari beralih ke wisata edukasi yang ada di Kabupaten Sleman. Ada beberapa tempat wisata di Sleman yang menunjang untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para wisatawannya.

Yang pertama yaitu Monumen Jogja Kembali atau orang orang sekitar biasa menyebutnya dengan “Monjali”. Ini adalah monumen khusus yang dibangun untuk mengenang dan mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang dan gugur dalam serangan 1 Maret 1949.

Pada saat itu, Yogyakarta yang berstatus sebagai ibu kota negara republik Indonesia diserang oleh pasukan Belanda yang berusaha untuk mengambil alih dan menguasai daerah Yogyakarta. Namun, pasukan Indonesia tidak tinggal diam. Dengan perjuangan para pahlawan pasukan Belanda berhasil dipukul mundur dan Yogyakarta akhir kembali dalam kekuasaan Republik Indonesia.

Selain dibangun untuk mengenang jasa jasa para pahlawan, saat ini Monjali telah dibuka untuk masyarakat umum sebagai objek wisata guna mengedukasi masyarakat untuk selalu mengenang dan menghormati jasa jasa para pahlawan yang telah gugur dalam medan perang.

Jika kalian ingin berkunjung ke sini, Monumen Jogja Kembali terletak di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kab Sleman, Yogyakarta.

23. Museum Affandi

Jam Buka : Setiap hari ( Pagi – Sore )

Harga Tiket Masuk Museum Affandi : Rp 25.000 Dewasa \ Rp 5.000 Anak-anak \ Rp 50.000 Wisatawan asing

Sobat traveler pernah mengenal seniman benama Affandi ? Bapak Affandi merupakan seniman hebat asal Cirebon yang terkenal dengan karya karyanya yang spektakuler dan memukau. Nah untuk menyimpan dan juga mengabadikan karya karya beliau maka dibuatlah Museum Affandi.

Secara keseluruhan total ada lebih dari 200 lukisan yang terpajang dan bisa dinikmati oleh para wisatawan dan pecinta karya karya beliau. Mulai dari lukisan bertam oriental, sampai dengan lukisan yang bertema perncintaan sarat dengan romantisme semuanya bisa kalian temukan di museum ini.

Jika sobat traveler ingin berkunjung kesini lokasi Museum Affandi ada di pinggir Sungai Gajah Wong lebih tepat nya di Jl. Laksda Adisucipto No 167, Papringan, Caturtunggal, Kec depok, Kab Sleman, Yogyakarta.

24. Museum Ullen Sentalu

Jam Buka : Setiap hari ( Pagi – Sore )

Harga Tiket Museum Ullen Sentalu : Rp 30.000 Dewasa \ Rp 15.000 untuk anak anak

Masih seputar museum, di Kabupaten Sleman ada sebuah museum yang dibangun untuk menyimpan dan mengabadikan barang barang bersejarah bekas peninggalan kerajaan Mataram

Dimuseum ini kalian dapat menemukan berbagai macam benda berharga peninggalan dinasti Kerajaan Mataram mulai dari benda pusaka, arca, kain batik, perlengkapan perang, dan masih banyak lagi benda benda lainnya.

Berbeda dengan Museum Affandi dan juga Monjali yang tempatnya mudah dijangkau, Museum Ullen Sentalu ini tempatnya relatif tersembunyi. Klen bisa tanya tanya kepada masyarakat sekitar untuk bisa menuju kesana.

Bangunan museumnya sendiri terbilang cukup luas dan berliku liku. Nah, Supaya tidak tersesat ketika mengunjunginya kami sarankan untuk menyewa jasa guide yang banyak tersedia disana.

Perlu diperhatikan, jika ingin berkunjung ke museum ini ada beberapa aturan dan tata krama yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung, yakni terkait larangan untuk tidak mengambil foto dan video.

Kalaupun anda ingin mengambil foto, anda hanya diperbolehkan untuk memfoto pada bagian luarnya saja. Ada satu spot unik dan menarik untuk dijadikan tempat berfoto yaitu sebuah tembok miring yang berisi pahatan patung.

25. Blue Lagon Jogja

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket Masuk Blue Lagon : Rp 10.000,00 / orang

Berbeda dengan kecamatan Bantul dan Kulon Progo, Kecamatan Sleman tidak memiliki wisata pantai sama sekali. Untuk itu ketika berkunjung ke Sleman jangan harap untuk bisa bermain ombak dan berjemur layak ketika sedang bermain pantai di Bantul dan Kulonprogo.

Namun, jangan khawatir jika janya sekedar berenang saja di Sleman juga ada tempat yang tidak kalah menarik dibanding bermain dipantai. Klen bisa pergi ke Blue Lagon yang terkenal akan aliran airnya yang jernih dan segar.

Di objek wisata ini klen dapat bebas bermain sambil berenang sembari menikmati suasana alam sekitar yang sejuk. Selain itu karena aliran airnya yang cukup jernih klen bisa bikin foto underwater untuk dipajang di sosial media. Sangat keren bukan ?

26. Jogja Bay Waterpark

Jam Buka Jogja Bay :

Weekdays : 09.00 – 16.00

Weekend : 08.00 – 18.00

Harga Tiket Jogja Bay : Rp 90.000 (Weekday) \ Rp 100.000 (Weekend)

Masih seputar destinasi wisata air, kali ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Objek wisata ini menyuguhkan wahana yang memacu adrenalin dan keberanian kalian. Jogja Bay Waterpark adalah objek wisata keluarga di Sleman Yogyakarta yang menyuguhkan wahana permainan air dan termasuk ke dalam salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara.

Di sini sobat traveler bisa menikmati 20 lebih wahanan permainan yang tentunya cukup menantang dan memacu adrenalin kalian. Mulai dari perosotan, ember tumpah, dan yang cukup seru disini ada kolam ombak jadi kalian bisa merasakan sensasi bermain dipantai. Untuk wahana ombaknya sendiri, Jogja Bay menawarkan 8 jenis yang disesuaikan dengan usia pengunjung.

Selain ada wahana permainan air disana juga ada pertunjukan theater, namun tidak diadakan setiap hari hanya pada waktu tertentu saja. Jika sedang beruntung kalian bisa bermain main wahana lalu menonton pertunjukan teater yang diselenggarakan

Objek wisata ini beroperasi dari pagi mulai jam 08.00 sampai jam 17.00, untuk bisa menikmati keseruan dan tantangan yang ada disini kalian harus merogoh kocek yang lumayan yakni sebesar

Siap untuk memacu adrenalin kalian ? langsung saja pergi ke Jl. Utara Stadion Maguwoharjo, Kec Depok, Kab Sleman, Yogyakarta.

27. Upside Down World

Jam Buka : Setiap Hari

Harga Tiket : –

Lokasi : Jl Ring Road utara, Maguwoharjo, Kec Depok, Kab Sleman, Yogyakarta

Objek wisata yang satu ini sedikit ini dan berbeda dari yang lainnya. Upside Down merupakan sebuah tempat yang perabotan dan dekorasinya dibuat terbalik. Secara keseluruhan tidak banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini.

Rata-rata pengunjung datang kesini hanya untuk berfoto ria untuk diposting di media sosialnya

28.Kids Fun Park

Jam Buka : Setiap Hari ( Pagi – Sore )

Harga Tiket Masuk Kids Fun : Rp 55.000 anak usia 1 – 13 th \ Rp 45.000 dewasa

Tiket Terusan : Rp 69.000 Dewasa \ Rp 59.000 Anak anak

Lokasi : Jl Wonosari, Madugondo, tegaltirto, Berbah, Kab Sleman, Yogyakarta

29 Spot Riyadi

Jam Buka : Setiap Hari (Pagi – Sore )

Harga Tiket : –

Lokasi : Jl Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, Kab Sleman, Yogyakarta

30. Tlogo Muncar Kaliurang

Jam Buka : Setiap Hari ( Pagi – Sore )

Harga Tiket : –

Lokasi : Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

31. Sindu Kusuma Edupark

Jam Buka : 09.00 – 22.00

Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark

Rp 15.000 belum termasuk wahana

Tiket Terusan : Rp 50.000 Anak \ Rp 70.000 Dewasa

Lokasi : Jl Jambon, Sinduadi, Mlati, Kab Sleman, Yogyakarta

32. Green Kayen

Jam Buka : Setiap Hari

Tiket Masuk : Gratis hanya dikenai biaya parkir

Lokasi : Dusun Kayen, Condongcatur, Depok, Kab Sleman, Yogyakarta

33. Taman Pelangi

Jam Buka : Setiap Hari ( Sore – Malam )

Harga Tiket : –

Lokasi : Jl Ring Road Utara, Sariharjo, Kec Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

34. Omah Salak Sleman

Jam Buka : Setiap Hari (Pagi – Sore )

Harga Tiket Masuk Omah Salak : Rp 10.000,00

Lokasi : Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kec Turi, Kab Sleman, Yogyakarta

35. Trans Studio Mini Jogja

Jam Buka : Setiap Hari ( 11.00 – 19.00 )

Harga Tiket Masuk : Rp 50.000 – Rp 240.000 (Deposit di kartu bermainnya )

Lokasi : Transmart Carrefour Lantai 3, Jl. Raya Solo KM 8 No 234, Corongan, Maguwoharjo,Depok,Sleman,DI Yogyakarta

36. Tebing Breksi

Jam Buka : Setiap Hari ( Pagi – Sore )

Harga Tiket : Gratis (hanya bayar parkir )

Lokasi : Ds Groyokan, Kel Sambirejo, Kec Prambanan, Sleman, Yogyakarta

37. Candi Barong

candi-barong-jogjaku

Jam Buka : Setiap Hari (Pagi – Sore )

Harga Tiket Masuk Candi Barong : Rp 5000 / Orang

Lokasi : Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY

Nah itu tadi tempat tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman, cukup banyak bukan ? tinggal atur jadwal bersama keluarga, teman, atau pacar untuk trip mengisi waktu liburan. Akhir kata selamat liburan dan semoga perjalan anda di Sleman menyenangkan yaaa, see youu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *