15 Rekomendasi wisata Sumedang Keren & Asyik Terpopuler 2020

Kabupaten sumedang merupakan kabupaten yang terletak di jawa barat . sumedang yang terkenal dengan tahunya yang enak, ternyata memiliki banyak destinasi tempat wisata dengan pesona alam yang sangat menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi. Sumedang punya banyak wisata, mulai dari situs budaya, bersejarah, air terjun sampai spot-spot foto yang kekinian. Berikut ini wisata sumedang yang menarik untuk kita kunjungi

Wisata Alam Panjungjungan Sumedang

Wisata Alam  Panjungjungan Sumedang

Salah satu wisata sumedang yang  wajib dikunjungi yaitu wisata alam panjungjungan. Wisata alam ini menawarkan liburan alam untuk keluarga dan cocok untuk kamu yang ingin berlibur dengan keluarga . Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5,000 saja, sangat murah dan terjangkau untuk berlibur dengan keluarga tercinta.

Wisata ini menyajikan beberapa fasilitas seperti, arena bermain anak, play ground, lesehan , terapi ikan, batu refleksi, curug, lapangan futsal, kolam berenang, pemancingan, flaying fox , becak mini, tunggang kuda dan peperahuan. Tempat wisata ini terus berkembang, terutama dibidang pertanian, perternakan, dan pariwisata.  

Tempat ini juga memiliki perternakan sapi, domba, kambing, lele, kelinci dan ayam. Selain hewan ternak tempat wisata ini ditanami dengan banyak macam sayuran dan buah-buahan yang bisa di petik sendiri. Tempat ini juga bisa digunakan sebagai pelatihan dan outbond.

Wisata Kampung Toga

Wisata Kampung Toga

Wisata ini berada di kec sumedang atau sekitar 2km dari pusat kota arah selatan. Tempat yang terletak di desa sukajaya dengan ketinggian 650 DPL ini Dikenal dengan keindahan alam, udara yang menyegarkan  dan juga tempat untuk olahraga paralayang. Tempat ini disediakan banyak fasilitas untuk para wisatawan yang berkunjung, seperti  terdapat 20 villa-villa yang bisa disewa dengan tarif mulai 300 ribu hingga jutaan sesuai fasilitas dan kapasitas villa dengan berbagai jenis villa yang berbeda.

Kolam renang untuk anak dan dewasa dengan tiket masuk sebesar Rp. 15,000 .  berbagai tempat makan khas sunda yang disajikan di saung dengan lesehan dan bernuansa alam terbuka. dua Ruangan pertemuan tertutup dan terbuka, ruang tertutup digunakan untuk meeting dan ruangan terbuka untuk gathering. Disediakan juga fasilitas outbond, seperti olahraga dirgantara paralayang dan gantole. Juga ada beberapa wisata alam surug sabuk, curug haurlawang, banteng belanda pasirlaja, hingga benteng belanda pasir kolecer.

Kita juga dapat melihat pemandangan kota sumedang dari atas puncak bukit toga, dengan view keindahan alam siang malam yang sangat indah dilihat dari puncak bukit. Bagi para wisatawan yang suka memancing, bisa memancing di danau buatan di atas  perahu bersama keluarga. Dengan fasilitas yang lengkap, tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunungi wisatawan

Sumber Air Panas Sekarwangi

Sumber Air Panas Sekarwangi

Wisata alam air panas sekarwangi merupakan salah satu tepat pemandian cipanas yang berada di kabupaten sumedang. Pemandian ini berdiri sekitar pada tahun 1960. Tak hanaya kolam air panas , disini juga terdapat villa-villa yang bisa disewakan. Ada banyak khasiat mandi air panas salah satunya untuk menghilangkan penyaki kulit seperti gatal-gatal dsb.

Curug Cinulag

Curug Cinulag

Wisata ini terletak di kecamatan sindulag, perbatasan kabupaten sumedangdan kabupaten  bandung timur. Air terjun ini berada di lereng pegunungan yang masih dalam wilayah gunung masigi kareumbi, taman bulu. Seperti dengan curug lainya, curug ini memiliki hawa sejuk serta air yang dingin.

Rute untuk bisa sampai ke curug ini sangat mudah, karena terdapat 2 jalur alternatif yang disediakan. Namun di rekomendasikan untuk para wisatawan yang ingin berkunjung menggunakan jalur cicalengka saja. Dengan hanaya berjalan 100 meter anda sudah sampai menuju curug cinulang.

Sesampai di curug anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang sangat indah Dengan curug yang tingginya mencapai 30 meter yang sangat menakjubkan, yang dapat membuat anda tidak sabar untuk mandi di bawah curug. Biaya untuk masuk ke curug ini sangat terjangkau, hanya perlu membayar Rp.8,000 , 5,000 untuk tiket masuk dan Rp.3,000 untuk bayar parkir kendaaraan.

Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi

Wisata curug ciputrawangi berada di narimbing, conggeang, kabupaten sumedang, jawa barat. Curug yang di kenal dengan sumber air minum macan kumbang tampomas. Maka jangan heran jika anda berkunjung ke wisata ini akan melihat empat hewan satwa kumbang yang turun dari gunung tampomas untuk minum di curug ciputrawangi ini. Bahkan tak hanya hewan satwa kumbang, jika anda beruntung akan menemui hewan lain nya seperti monyet, babi hutan, landak hutan.

Namun jangan khawatir satwa-satwa ini tidak akan mengganggu wisatawan ataupun warga lainnya. Warga juga tidak pernah memperasalahkan maupun ada konflik dengan satwa-satwa yang ada di sekitar curug karena warga setempat sangat menjaga asat istiadat yang ada dan juga menjaga kelestariannya oleh warga.

Curug yang terletak di kaki gunung tampoas yang merupakan kawasan taman wisata alm gunung tampoas, dengan keasrian nya memiliki pesona keindahan untuk dikunjungi wisatawan. Curug ini dikelilingin dengan pohon besar. Untuk bisa sampai ke curug ini sangatlah mudah, karena askes jalan yang mudah namun harus tetap berhati-hati ketika hujan, karena jalanya akan menjadi licin. Untuk tiket masuk ke wisata ini hanya perlu membayar sekitar Rp. 5,000 saja, For your Information Curug ini buka 24 jam jadi kalian bebas datang kesini kapan saja tanpa harus khawatir akan tutup atau tidak buka.

Situ cilembang Sumedang

Situ cilembang Sumedang

Danau ini berada di dusun curug, desa hariang, kecamatan buah dua, sumedang, jawa barat. Situ cilebang atau terkenal dengan danau berwarna biru ini disebut mirip dengan Labuan cermin di Kalimantan timur. Danau ini sangat jernih dan masih alami. Wisatawan yang berkunjung tidak bisa berenang di danau ini, karena takut mengkotori dan merusak keasrian danau.

Namun jangan khawatir bagi wisatawan yang ingin berenang, disediakan kolam untuk wisatawan yang ingin berenang. Untuk bisa menikmati keindahan situ biru cilembang anda hanya perlu berjalan sekiar 10-15 menit dari tepat parkir. tidak dikenakan tariff untuk masuk, namun hanya membayar Rp.2,000 untuk bayar parkir saja. 

curug cigorobong

curug cigorobong

Wisata curug cigorobong yang berada di citengah sumedang selatan atau 15 km dari pusat kota sumedang. Dari gerbang masuk wisata menuju curug cigorobong hanya 500 meter menuju lokasi.  Dengan dilengkapi fasilitas tempat parkir, mushola dan warung-warung. Ciri khas dari curug ini dari beberap undakan air.

Dengan ketinggian curug sekitar 40 meter dengan tiga buah undakan yang masing-masing undakan memiliki teras aitr yang bisa digunakan untuk berenang ataupun berendam. Curug ini juga yang menayajikan pesona keindahan alam yang sangat indah.  Untuk tiket masuk curug ini hanya Rp. 3,000 per orang saja.

mata air sirah cipelang

mata air sirah cipelang

Wisata mata air sirah cipelang yang berada di desa cipamekar, kecamatan conggeang, kabupaten sumedang, jawa barat, tepanya di kaki gunung tampomas bagian timur. Air sirah ciperang ini sangat jernih karena dari sumber mata air langsung yang keluar dari sebuah bukit kecil diantara rimbunya pepohonan yang ada di sekitar mata air ini. Selain digunaan untuk berenang, Mata air ini juga digunakan sebagai sumber air bagi perkampungan warga dan pengairan perkebunan, ladang dan perternakan kampung warga sekitar mata air ini. 

Museum prabu geusan ulun

Museum prabu geusan ulun

Museum prabu geusan ulun berada di tengah kota sumedang, 50 meter sebelah selatan dari alun-alun, berhadapan dengan gedung-gedung pemerintah dan berdampingan dengan gedung Negara. Museum ini di dirikan pada tanggal 13 bulan maret tahun 1973 dengan nama museum yayasan pangeran sumedang yang dikelola langsung oleh yayasan pangeran sumedang.

Hingga akhirnya berubah nama menjadi museum prabu geusan ulun yang namanya mengacu pada raja terakhir yang memerintah kerajaan sumedang larang. Museum ini mimiliki 6 gedung dengan masing masing gedung di berikan nama diantaranya gedung srimanganti, gedung bumi kaler, gedung gendeng, gedung gamelan, gedung pusaka, dan gedung kereta, dengan luas museum seluas 1,99 ha.

Museum ini di dalamnya menyimpan berbagai macam benda bersejarah peninggalan para raja dan bangsawan sumedang dari abad ke 15 sampai abad ke 19 masehi. Benda-enda tersebut di simpan di empat gedung yaitu, gedung Srimanganti, gedung Bumi Kaler, gedung Gendeng, dan gedung Gamelan.

Museum ini dibuka umum setiap hari senin-kamis dan sabtu pukul 08:00 – 16:00 , untuk hari jumat atau hari libur nasional museum ini tutup. Untuk masuk ke useum ini hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 3,000 untuk orang dewasa dan Rp. 2,000 untuk anak-anak . sedangakan untuk wisatawan asing membayar Rp. 10,000 .

Situs prabu tajmalela

Situs prabu tajmalela yang ada di gunung lingga, kecamatan cisitu, kabupaten sumedang. Tempat ini merupakan tempat wisata yang dikenal sangat bersejarah dan religi. Tempat ini sangat ramai di kunjungi dengan tujuan untuk berziarah ke makan raja pertama sumedang larang yaitu eyang prabu tajimalela, yang makamnya bercirikan kain putih dan berada di puncak gunung, sekitar 400 m dari permukiman penduduk.

Kebun Teh Margawindu

Kebun Teh Margawindu

Tempat wisata perkebunan teh wargawindu berada di citengah sumedang jawa barat. Untuk bisa melihat pemandangan perkebunan teh ini bisa melalui jalan besar yang bisa di tepuh sekitar 30 sampai 45 menit ke arah selatan dari pusat kota sumedang. Hanya saja sangat di sayangkan jalanan nya masih jelek dan berbolong-bolong .

Sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah seperti perbukitan, sungai yang jernih dan hamparan persawahan yang luas. Dengan udara yang masih segar dan alami karena tidak ada polusi udara. Perkebunan teh ini dulunya merupakan bangunan bekas milik belanda.

Wisata Mata Air Cikandung

Wisata Mata Air Cikandung

Wisata mata air cikandung berada di nyalindung, cimalaka, kabupaten sumedang , jawa barat . wisata mata air dikandung merupakan sebuah danau yang tidak begitu luas tetapi memiliki air yang sangat jernih dan di kelilingi oleh pepohonan yang rimbun, sehingga wisata ini dikenal masih begitu asri.

Tak heran banyak wisatawan yang berkunjung unuk berenang menikati dinginya mata air cikandung ini. Untuk berkunjung dan berenang ke wisata ini tidak dikenakan biaya atau gratis . namun jika ingin menyewa ban untuk berennag, bisa membayar Rp. 5,000 untuk ban bekas dan Rp.10,000 untuk ban renang pelampung. 

Taman burung masigit

Taman burung masigit

Wisata taman burung masigit merupakan salah satu wisata yang berada leuwiliang. Taman burun masigit ini memiliki luas 12.420,70 hektar. Dengan sejuknya udara khas pegunungan, yang di kelilingin oleh banyak pepohonan flora diantaranya , Pasang, Saninten, Puspa, Rasamala. Dengan tumbuhan yang hidup dibawah pohon seperti tepus, congok, cangkuang dan yang lainnya.

Sementara dari jenis liana atau bunga dan epiphyt yang tumbuh di sini antara lain seuseureuhan, angbulu, anggrek merpati, anggrek bulan, kadaka dan yang lainnya. Banyak juga Jenis fauna yang bisa di temukan di kawasan wisata hutan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi ini seperti, babi hutan, rusa tutul, kijang, anjing hutan, macan tutul, kucing hutan, ayam hutan, kukang, bultok, kera, lutung serta burung walik.

Waduk Jatigede

Waduk Jatigede

Wisata jati gede di sumedang, jawa barat memiliki luas genangan 4.983 hektar, menjadi waduk terbesar di Indonesia bahkan sampai se-Asia Tenggara setelah Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta. Waduk ini dibangun dengan membendung aliran sungai cimanuk. bendungan tersebut digunakan sebagai cadangan air tawar untuk mengairi areal pertanian di wilayah indramayu, majalengka dan Cirebon. Selain berfungsi sebagai sarana irigasi. Waduk Jatigede pun berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Nah itu tadi beberapa destinasi wisata Sumedang yang kami rekomendasikan ketika anda berkunjung atau sedang berlibur dikota Sumedang. Semoga bermanfaat dan selamat liburann

Leave a Comment