6 Wisata Terpopuler dan Keren di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Tangerang merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Banten, dimana jarak Tangerang sendiri sangat berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta yaitu di sebelah baratnya. Tangerang sendiri dikenal dengan banyaknya industri-industri besar yang berkembang, namun terlepas dari itu tangerang pun memiliki potensi untuk mengembangkan pariwisata yang ada. Wisata-wisata yang di Tangerang pun banyak, nah berikut ini akan kita suguhkan beberapa wisata yang ada di Tangerang sendiri untuk mempermudah sobat travelers dalam melakukan traveling khususnya di Tangerang.

Scientia Square Park

 Scientia Square Park

Scientia Square Park merupakan salah satu rekreasi yang terletak di Tangerang. Tempat ini sangat recommended bangat buat sobat travelers yang ingin melepas penatnya, tak ada batasan usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Aktivitas yang dapat anda lakukan di Scientia Square Park ini bervariasi, diantaranya:

Sweet Treats, merupakan tempat petualangan imajinasi, yang mana tempat ini memiliki konsep yang mengingatkan dongeng soal rumah permen penyihir yang berkembang  pada anak-anak eropa. Sweet Treats ini cocok dijadikan objek foto, karena tempat ini memiliki dekorasi yaitu pastel-pastel meriah. Menariknya lagi, pintu dari gerbang utama Sweet Traets berbentuk donat raksasa.

Playground, ada beberapa permainan yang ada di setiap playground yang ditawarkan. Untuk setiap mainannya, rata-rata ditujukan untuk anak 2 tahun ke atas yang mana seperti ayunan, jungkat-jungkit, halang rintang dan lain sebagainya.

Vertical limit biasanya dikenal dengan panjat dinding yang mana dapat dimanfaatkan dari pengunjung dari anak-anak usia 2 tahun hingga dewasa. Variasi dinding yang mana didesain dengan warna-warna menambah menarik pengunjung untuk memanjat dinding.

The Bars terletak di sampinh Vertical Limit, the bars merupakan wahana yang ditujukan untuk melatih otot-otot tubuh seperti gymnastic freestyle.

Velocity Skatepark merupakan tempat untuk para skater yang ingin mengasah kemampuannya ataupun ingin bermain skater di papan skatenya. Jam buka Velocity Skatepark yaitu untuk hari biasa pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB dan 16.00 WIB – 21.00, sedangkan untuk hari libur pukul 06.00 WIB – 11.00 WIB dan 14.00 WIB – 23.00 WIB.

Gravity Zone, tempat ini dapat digunakan untuk beberapa kegiatan diantaranya adalah  inline skate (sepatu roda), bersepeda dan scooter.

Selain di atas juga masih banyak lagi yang lainnya seperti Water Feature, Paddy Field, Rabbit And Serenity Koi Farm, The Metamorphosis, The Twister Track, Brewok’s – Food Court, The Torque Zone Jr., Permainan Cahaya Di Universal Amphitheater.

Harga tiket Scientia Square Park bermacam-macam mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000. Sobat travelers juga dapat menjadi member untuk mendapat akses yang lebih hemat, adapun untuk member yaitu Rp 88.000 untuk seminggu di hari-hari biasa, Rp 15.000 untuk sebulan dan Rp 1.000.000 untuk setahun.

Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810

Ocean Park BSD City

Ocean Park BSD City

Keindahan Ocean Park BSD City sudah tidak perlu diragukan lagi sobat, pasalnya Ocean Park BSD City ini pernah mendapatkan penghargaan yang mana masuk dalam peringkat waterpark terbaik no 17 di Asia Pasifik. Mengenai wahana-wahan menarik ataupun raksasa yang pastinya anti-mainstream di sinilah gudangnya.

Fasilitas yang tersedia di BSD ini diantaranya adalah Musholla, free wifi, ATM center, area parkir yang luas, toilet, food curt. Sobat travelernya juga perlu tahu, bahwasannya di BSD ini terdapat ruanh khusu menyusui dan ruang ibu dan anak.

Wahana di Ocean Park BSD City ini beragam yaitu Flying Tower, dimana flying tower ini menyediakan 4 wahana lain yakni Wave Splash, Giant Swing. Shocking Quae dan Stroom Scream.

Slide n Fun, wahana ini berbentuk seluncuran yang memiliki ketinggian 15 meter dengan panjang kurang lebih 96 meter. Nah jika sobat travelers berkunjung ke BSD jangan sampai terlewatkan untuk mencoba wahana ini karena dengan ketinggiannya wahana ini dapat memacu adrenaline para pengunjung.

Kolam Arus (Carribean River), wahana ini sangat cocok buat sobat travelers sehabis mencoba wahana-wahana lain. Karena sobat akan merasakan seperti sedang di arung jeram, namun bedanya arus di wahana ini terasa lebih tenang.

Racer Slide merupakan wahana yang mirip dengan Slide n Fun, bedanya hanya seluncuran di Racer Slide ini tidak begitu ekstrim.

Lagoona The Bahama merupakan wahana yang menawarkan pijatan air terjun buatan, tentunya di waterpark lainnya tidak ada. Jadi jangan sampai terlewatkan untuk mencoba wahana ini sobat travelers.

Flying Fox di Ocean Park BSD City berbeda dari flying fox biasanya, jika flying fox pada umumnya melintasi sawah, sungai atau lembah. Flying fox di Ocean Park BSD City ini melintasi wahana permainan air.

Wahana-wahana lain yang ada do BSD diantaranya adalah Kolam Ombak (Pacific Wave), Splash Town, Theater 4 Dimensi, Wall Climbing.

CBD Area, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage merupakan salah satu bangunan tertua yang ada di Tangerang. Pada museum ini umumnya memperkenalkan budaya dan sejarah khususnya Tionghoa Tangerang. Jika sobat travelers berkunjung ke museum ini, sobat dapat mengetahui bahwasannya

Museum Benteng Heritage buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sobat travelers juga dapat menggunakan jasa guide tour untuk memudahkan perjalanan di museum. Harga tiket masuk museum beragam di antarnya

  • Umum Rp 20.000
  • Pelajar Rp 10.000
  • Mahasiswa Rp 15.000
  • Foreigner Rp 50.000
  • Heritage Walk Rp 50.000 untuk rombongan lebih dari 10 orang. 

Dengan berkunjung Tionghoa ini, sobat travelers dapat mengetahui lebih menariknya sejarah di balik museum Tionghoa ini yang mana merupakan museum Tionghoa pertama yang ada di Indonesia.

Barang-barang peninggalan Tionghoa pun banyak ditemukan di museum ini diantaranya adalah Timbangan Opium, Botol Kecap, Rupa Rupa Artefak Kuno, Karya Sastra, Aksesoris Wanita Tionghoa Kuno, Alat Elektronik Tua, Relief Asli Abad 17.

Jalan Cilame No. 18&20, RT.001/RW.004, Pasar Lama, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Citra Raya World Of Wonders Theme Park

Citra Raya World Of Wonders Theme Park

Citra Raya World Of Wonders Theme Park kini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit masyarakat. Karena wahana yang tersedia di world of wonder ini diperuntukan untuk banyak usia tanpa adanya batasan. Tidak hanya wahana yang didesain secara menarik, namun spot foto yang ada di world of wonder terbilang anti mainstream.

Selain dijadikan untuk tempat rekreasi, tempat inipun dapat dijadikan sebagai tempat edukasi. Pasalnya di world of wonder ini terdapat berbagai miniatur-miniatur keajaiban dunia seperti Candi Borobudur, Colloseum, Menara Pisa,  Piramida, Spinx Mesir, Pisa,  Piramida, Kuil Karnak, Mercusuar Iskandariyah dan Ziggurat.

Dengan adanya miniatur-miniatur tersebut tentunya membuat sobat travelers ingin berlama-lama di world of wonder ini. Karena biasanya para pengunjung ramai untuk mengambil gambar dengan latar belakang miniatur-minuatur.

Jika sobat travelers berkunjung ke worls of wonder ini, sobat travelers bisa juga mencoba beberapa wahana yang ada. Nah diantaranya adalah Cinema Phartenon, Kereta Minoan, Gasing Alexandria, FR Riders, E-Bike, Mobil Gladiator, Kebat Kebit, Keliling Dunia, Ayunan Kaisar, Arena Tangkas, Kincir Jurasic, Rumah Angker, Perahu Liberty, Paralayang, Sepeda Layang, Cangkir Puntir, Perahu Tambang, Outdoor Playground, Kuda Ria.

Jalan Ecopolis Boulevard Mekar Bakti Panongan Mekar Bakti Panongan, Mekar Bakti, Kec. Cikupa, Tangerang, Banten 15710

Taman Wisata Situ Gintung

Taman Wisata Situ Gintung

Danau buatan Situ Gintung ini dibuat pada tahun 1932-1933 yaitu sebagai waduk. Fungsi dari danau ini sendiri yaitu sebagai tempat penampungan air hujan yang digunakan sebagai perairan pertanian. Di tengah danau buatan terdapat pulai kecil dengan luas 1,5 hektar yang mana disebut dengan pulau Situ Gintung. Dan tempat ini dimanfaatkan sebagai wisata mulai sejak tahun 1970-an.

Di Taman Wisata Situ Gintung banyak terdapat wahana-wahana yang tentunya menarik dan seru jika mencoba. Nah sobat travelers penasaran kan? Apa saja ya wahana-wahana yang ada di Wisata Situ Gintung sendiri, nah berikut wahana yang ada di Wisata Situ Gintung.

Water park, bagi sobat travelers jika berkunjung ke wisata ini jangan sampai terlewatkan bermain air. Water park yang disuguhkan di Taman Wisata Situ Gintung ini sungguh sangat eksotis yaitu kejernihan air yang membuat kita ingin berlama-lama berkcengkrama dengan air.

Outbound, dengan bentangan taman yang hijau nan asri outbound pun dihadirkan di Taman Wisata Situ Gintung. Adapun yang dapat anda coba di wahana Outboundi ini yaitu flying fox, jembatan gantung, jembatan hoyang, haling rintang.

Selain wahana-wahana di atas sobat travelers pun dapat melakukan aktivitas lain di wisata ini yaitu dengan mengeliling taman dengan menggunakan ATV, untuk melihat ketinggian taman sobat travelers juga dapat menggunakan sepeda laying. Taman Wisata Situ Gintung juga menawarkan olahraga tenis dan futsal, pasalnya di wisata ini disediakan lapangan tenis maupun futsal.

Fasilitas yang tersedia yaitu Musholla, Restoran dengan menu ala Sunda dan Toilet. Harga tiket masuk wisata ini yaitu Rp 10.000 per orang. Dan jika sobat travelers ingin mencoba wahan kolam renang atau water park sobat travelers harus mengeluarkan uang sebesar Rp 45.000 untuk weekday dan Rp 65.000 untuk weekend. Taman wisata ini dibuka pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.

Jl. Pisangan Raya No.20, RT. 03/09, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal

Taman yang berdiri di atas tanah seluas 7.000 meter persegi ini menyugukan keindahan nuansa yang berkonsep daur ulang. Taman ini terinspirasi dengan semangat akan menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan pada manusia dengan melakukan daur ulang.

Ketika sobat travelers memasuki pintu utama dari Taman Gajah Tunggal, maka sobat akan disambut dengan patung gajah yang berwarna hitam. Pengunjung yang berdatangan ke taman ini ramai tidak memandang hari libur ataupun hari biasa, para pengunjung biasanya ramai mengujungi pada sore hari ini dengan bersantai di taman ini.

Selain menjadi tempat wisata, Taman Gajah Tunggal ini juga dijadikan sebagai wisata edukasi yang mana menumbuh kesadaran menjaga lingkungan hidup kepada manusia seperti pemanfaatan limbah yang digunakan sebagai bahan utaman ornamen dan fasilitis penunjang lainnya yang ada di taman.

Fasilitas yang ada di taman ini pun ada dua yaitu rekreasi aktif dan rekreasi pasif. Dimana di rekreasi aktif digunakan untuk tempat bermain anak dan tempat-tempat jajanan, untuk rekreasi pasif merupakan ruang terbuka yang digunakan untuk aktivitas olahraga, piknik dan bird watching.

Taman Gajah Tunggal ini dibuka 24 jam, tanpa adanya batasan waktu yang ditentukan. Jika sobat travelers datang ke taman ini, sobat tidak diperlukan untuk membayar tiket masuk. Hanya saja pengunjung akan ditarik untuk parkir kendaraan Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jl. Perintis Kemerdekaan I No.1, RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Nah sobat travelers demikian di atas merupakan 6 tempat wisata yang merupakan recommended dari kita jika traveling ke Tangerang. Semoga dapat membantu sobat travelers dalam melakukan traveling. Salam travelers dan selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *